Surganya Wisata Indonesia

Asyiknya Main Cave Tubing di Goa Pindul Gunung Kidul

0
Asyiknya Main Cave Tubing di Goa Pindul Gunung Kidul
Nilai Artikel Ini

Harga Tiket Masuk Cave Tubing di Goa Pindul

Cave Tubing Gua Pindul
Instagram by @ega_jessyca

Goa Pindul Bantul – Jogja memang istimewa, sebagaimana orang-orang menyebutnya dengan julukan itu. Karena Yogyakarta memang pantas dikatakan istimewa. Pasalnya, bukan hanya penduduknya yang ramah, tetapi Yogya mempunyai banyak sekali tempat-tempat wisata alam hingga tempat bersejarah. Apalagi jika Anda mendengar Gunung Kidul, pasti sudah banyak list tempat-tempat wisata yang akan Anda kunjungi di daerah ini.

Gunung Kidul memang kaya akan tempat wisata alam, tidak hanya pantai dan air terjun saja. Daerah ini juga mempunyai tempat wisata goa yang pastinya bagi kalangan traveler muda sudah tidak asing mendengarnya. Ya, siapa yang belum pernah mendengar nama Goa Pindul ini, tempat yang sangat ramai setiap harinya. Dengan keindahan panorama alamnya, pengunjung pun dapat menikmati banyak paket yang disediakan di wisata Goa Pindul jogja.

Wisata Alam Goa Pindul
Instagram by @goa.pindul

Salah satunya adalah Anda bisa menikmati paket cave tubing Goa Pindul jogja, bagi Anda yang suka dengan berpetualang di air, tidak ada salahnya mencoba tubing di sini. Namun saran untuk pengunjung yang ingin datang ke wisata ini yaitu membawa rombongan, keluarga, teman sekelas maupun sahabat-sahabat Anda. Karena untuk menikmati wirawisata Goa Pindul sendirian, atau berdua bersama pasangan kurang menarik dan asyik tentunya.

Lokasi Goa Pindul ini berada di daerah pedalaman Beji, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tepatnya sekitar jarak 10 Km dari kota Wonosari, namun jika Anda berangkat dari pusat kota Yogyakarta, akan membutuhkan waktu kisaran 1,5 jam untuk sampai ke lokasi ini. Nah, mengingat daerah Beji ini termasuk daerah pedalaman di gunung kidul, tentu untuk datang ke lokasi ini cukup sulit.

Disarankan bagi Anda yang ingin berkunjung ke lokasi Goa Pindul, sebaiknya datang mengendarai kendaraan pribadi. Sebab, transportasi di daerah ini sangat minim. Namun jangan khawatir jika tidak ada kendaraan pribadi, Anda bisa mengAndalkan warga sekitar yang menawarkan dengan mobil pickup terbuka. Untuk harganya pun relatif murah, jika satu rombongan ada 10 orang, maka Anda hanya perlu membayar Rp.50.000,- saja untuk sampai di lokasi Goa Pindul.

Kunjungi :  Wisata Ramai nan Permai Baturraden Banyumas

Cave Tubing Goa Pindul Jogja

Goa Pindul Jogja
Instagram by @goa.pindul

Kegiatan tubing adalah kegiatan berpetualang di air menggunakan pelampung dan ban dalam mobil, kegiatan rafting hampir sama, tetapi yang membedakan hanya alat yang digunakan. Jika rafting yaitu menggunakan kapal. Nah, bagi pengunjung wisata Goa Pindul jogja, wajib untuk tubing di sini bersama keluarga.

Supaya mengenal lebih lanjut tentang tempat ini, Goa Pindul memiliki panjang sekitar 350 m, lebar kedalam goa hingga 5 m, jarak permukaan air dengan atap gua 4 m, dan kedalaman air sekitar 5-12 m. dengan keindahan khasnya, goa ini mempunyai 3 zona, yakni zona gelap, zona terang, dan zona remang. Untuk mencapai ketiga zona tersebut, butuh waktu sekitar 45 menit hingga mencapai zona akhir.

Yang pertama yaitu zona terang, dimana pengunjung menikmati keindahan dari luar goa, yaitu stalagtit, kelelawar dan ornament batu yang apik dipAndang. Berlanjut ke zona berikutnya, yaitu zona remang, tentunya cahaya matahari semakin berkurang. di sini pengunjung dapat menyaksikan stalagtit yang begitu besar, oh ya, stalagtit di sini juga di nobatkan sebagai stalagtit alami ke-4 di dunia. Nah, berlanjut di zona terkhir, yaitu zona gelap. Dari namanya saja sudah jelas ya, di zona ini, tidak ada cahaya alias gelap sekali. Pengunjung hanya bisa mendengar suara alami air yang gemercik dan suara kelelawar, sungguh indah sekali.

Namun jangan kaget, kini setiap harinya terlebih pada hari libur tiba, Goa Pindul sangat padat oleh pengunjung lokal maupun luar kota. Karena memang tempat rekomendasi liburan keluarga yang asyik dan menarik, tak heran di Goa Pindul ini punya daya Tarik tersendiri bagi pengunjungnya.

Tentunya di artikel sebelumnya sudah di jelaskan, bahwa setiap tempat wisata yang ramai, tentu dibaliknya mempunyai sejarah dan misteri tersendiri. Sejarah Goa Pindul Gunung Kidul sendiri masih menjadi rahasia, akan tetapi pemandu wisata di sini pernah bercerita kira-kira seperti ini, Nama Goa Pindul berasal dari kisah Ki Ageng Panembahan dan Ki Juru Mertani yang diutus oleh Panembahan Senopati di Mataram untuk membunuh seorang bayi putra dari Mangir Wonoboya (putri Panembahan Senopati).

Kunjungi :  40 Tempat Wisata di Gresik yang Memukau Pengunjung

Dalam perjalanannya kedua abdi tersebut sepakat untuk tidak membunuh bayi tersebut dan saat mereka akan memandikan bayi tersebut, jidat sang bayi terbentur (Bahasa Jawa: kebendhul) batu yang ada di dalam goa. Peristiwa inilah yang membuat goa ini disebut Goa Pindul. Goa Pindul juga merupakan salah satu tempat persembunyian dan merupakan bagian dari jalur gerilya Jendral Soedirman pada zaman penjajahan BelAnda dulu. Dan ternyata Goa Pindul baru saja diresmikan pada Oktober 2010.

Namun misteri Goa Pindul wonosari gunung kidul ini juga masih simpang siur, konon di dalam goa ada makhluk halus yang menjaga tempat ini. Makhluk halus tersebut hanya bisa dilihat dengan mata batin orang-orang tertentu yang bisa melihatnya. Tetapi yang terpenting adalah, kita sebagai pengunjung adalah tamu. Jangan berniat mengganggu mereka, dan perlu ditekankan yaitu untuk tidak berbuat senonoh di tempat wisata manapun. Terlebih mengenai kebersihan, banyak juga yang belum sadar arti menjaga alam, membuang sampah sembarangan, mengotori dan sebagainya. Anda sebagai pengunjung yang budiman, pasti bisa menjaga alam agar tetap lestari.

Tiket Masuk dan Paket Wisata Goa Pindul Jogja

Goa Pindul
Instagram by @goa.pindul

Tentunya tidak cave tubing saja yang bisa Anda lakukan di wisata ini, selain itu, Anda juga bisa menikmati rafting Goa Pindul yang rutenya meyusuri Sungai Oya. Bagi yang ingin mengadakan kegiatan outbond, Goa Pindul adalah tempat yang harus dijadikan rekomendasi. Karena banyak pilihan paket wisata di sini. Seperti, memancing ikan, templo guling, sandal teklek dan game seru lainnya yang bisa dinikmati.

Untuk Anda yang belum tahu harga paketnya, berikut ini adalah daftar paket wisata Goa Pindul Jogja :

  • Paket Caving Goa Pindul
    Harga : Rp. 35.000/orang
  • Paket Rafting/River Tubing Sungai Oya
    Harga : Rp.45.000,-/orang untuk track pendek
    Rp.60.000,-/ orang untuk track panjang
  • Paket Susur Goa Gelatik
    Harga : Rp.35.000,-/ Orang
  • Susur Goa Sriti
    Harga : Rp.30.000,-/Orang
  • Susur Goa Baru
    Harga : Rp.30.000,-/Orang
  • Susur Goa Emas
    Harga: Rp.25.000,-/Orang
  • Susur Goa Asri
    Harga Rp.20.000,-/Orang
  • Susur Monumen Jendral Sudirman
    Harga : Rp.10.000,-/ Orang
Kunjungi :  Wisata Religi ke Masjid Agung Demak Jawa Tengah

Banyak sekali bukan? Anda jika berkunjung ke lokasi wisata ini ibarat sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Jadi tidak ada salahnya jika ingin berkunjung di Goa Pindul membawa rombongan. Karena memang wisata ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata perjalanan.

Setelah Anda puas bermain air di Goa Pindul, jangan berpuas hati terlebih dahulu. Sebab masih sangat banyak destinasi Tempat Wisata di Gunung Kidul. Seperti mempesonanya Goa Jomblang, yang letaknya tidak jauh dari Goa Pindul. Namun jika mungkin Anda ingin menikmati destinasi wisata yang lainnya, Anda bisa mengunjungi Green Village Gedangsari Jogja untuk melihat indahnya panorama alam yang hijau dan indah.

Dan tidak lupa dengan khas Gunung Kidul, yaitu wisata pantainya yang cantik . Anda juga bisa mengunjungi Pantai Sadeng dengan pasirnya yang lembut dan cocok untuk mendirikan tenda di tepi pantainya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */