Goa Petruk di Kebumen, Obyek Wisata Dengan Sejuta Pesona

0

Goa Petruk di Kebumen, Obyek Wisata Dengan Sejuta Pesona – Ngomongin soal Kebumen? Pasti udah pada tahu kalau Kebumen memiliki banyak tempat wisata yang perlu di jajali saat berkunjung ke sana. Karena sayang aja kalau ke sana tapi nggak mampir ke tempat wisatanya yang indah-indah. Nah, ada satu tempat wisata yang cukup menarik untuk di telusuri nih, Guys!. Yap, Goa Petruk salah satu obyek wisata di Kabupaten Kebumen, selain Bukit Langit dan Pantai Suwuk. Goa Petruk, berada di dukuh Madayana Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah atau sekitar 4,5 Km dari Jatijajar menuju arah setalan.  Jika mendengar nama Petruk, pasti semua orang akan kembali teringat nama Punokawan. Ki Semar yang berbadan tinggi, namun hidungnya sangat mancung. Konon, legenda di dalam cerita wayang, Petruk di gambarkan sebagai anak dari lelembut Banaspati yang akhirnya kemudian diambil anak oleh Ki Semar. Sama seperti halnya Abunawas, Petruk pun seorang anak yang memiliki banyak akal. Sayangnya, meskipun masyarakat sekarang telah banyak mendengar Goa Petruk, namun mereka masih terlalu enggan mengunjungi obyek wisata yang menarik ini. Padahal kalau mengunjungi Goa Petruk banyak hal yang bisa di intip dari mulut Goa yang menganga lebar ini.

goa-petruk-kebumen
by instagram @tan_pujianto

Sekedar intermezzo Guys! Kemungkinan di dalam Goa terkesan terlihat menakutkan, karena nggak ada pijaran cahaya seperti halnya Goa jatijajar atau Goa lainnya di Indonesia. Menurut catatan dari seorang Doktor Koo, pakar Goa dari luar negeri, bahwasannya beliau telah mengatakan jika Goa ini merupakan Goa terindah di Nusantara. Wow! Kemudian Beliau pun meminta kepada Pemerintah Daerah Kebumen, agar Goa tersebut tetap dijaga kealamiannya bahkan untuk diterangi listrik pun sangat nggak diperkenankan loh. Namun, Guys! Para pengunjung yang datang nggak perlu khawatir dan kecewa terlalu banyak sebab Goa ini menyediakan jasa guide yang bakalan sigap mengantar para pengunjung dengan lampu yang memadai.

Kunjungi :  Backpaker ke Wisata Pulau Tunda Serang Banten
goa-petruk-di-kebumen
by instagram @tan_pujianto

Goa Petruk sebenarnya memiliki tiga bagian, Guys! Nah untuk bagian pertama atau tepatnya berada di lantai satu, hanya akan terdapat kelelawar dengan bau yang nggak sedap dan juga berterbangan. Untuk di lantai kedua, diberi nama Goa Semar. Nah disini nantinya para pengunjung akan disuguhi oleh pemandangan dari bebatuan yang indah nan mempesona. Bahkan Guys! Adapula yang mengatakan, ketika masuk ke Goa Petruk laksana memandang keindahan alam yang tiada tara, nggak ada bandingannya sama tempat indah manapun apalagi terdapat batu stalaktit dan stalagmit yang mempesona. Kemudian untuk Goa yang terakhir, nah inilah yang disebut Goa Petruk, kenapa disebut Petruk? Dikarenakan dalam Goa tersebut terdapat batu yang mempunyai wujud seperti hidungnya Petruk. Namun sayang banget, Guys! Karena ulah kolonial Belanda saat melakukan penebangan phosfat, maka hidung Petruk yang menjadi logo dari Goa pun putus.

Lokasi Goa Petruk Jateng

Nggak perlu kawatir, Guys! Yang ditawarkan oleh Goa ini sebenarnya keindahan dari dalam Goa. Panoramanya emang cukup indah untuk dinikmati. Para pengunjung bahkan betah menikmati hingga berjam-jam.

goa-petruk
by instagram @menikikariyani

Bentuknya aja udah indah apalagi harus memasuki hingga ke dalam mulut Goa ya, Guys! Di jamin kalian dan para wisatawan betah terus memandangi keseluruhan Goa hingga ke detail-detail kecilnya sambil geleng-geleng kepala saking mempesonanya. So, kata siapa Indonesia nggak memiliki wisata yang indah? Buktinya udah terpampang nyata dari Goa Petruk Kebumen bukan? Bahkan dari mancanegara pun berdatangan ke Indonesia, khususnya ke Kebumen hanya untuk menikmati pesona dari Goa tersebut.

Kunjungi Tempat Wisata di Kebumen Lainnya : 

Panorama Indah Serasa di Surga Pantai Lampon Kebumen
Indahnya Wisata Baru Pantai Petanahan Kebumen yang Mempesona
Jelajah Surga di Pesisir Selatan Pantai Menganti Kebumen
Kunjungi :  12 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Seru untuk Dikunjungi

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */