Goa Terindah Asean itu Bernama Goa Gong Pacitan

0

Sejarah Asal Mula Wisata Goa Gong Pacitan

Sejarah Asal Mula Wisata Goa Gong Pacitan
Instagram by @anggit.andriyanto

Goa Gong Pacitan – Pacitan, sebuah kota kecil di selatan Jawa Timur ini memang menyimpan sejuta potensi wisata di dalamnya yang cocok sekali untuk mengisi momen liburan Anda. Selain pantai – pantai yang indah seperti Pantai Soge dan Pantai Buyutan, terdapat juga banyak sekali goa untuk berwisata di sini hingga kota ini disebut kota 1001 Goa. Diantara goa – goa yang ada di pacitan, Goa Gong adalah salah satu goa yang terkenal di Pacitan. Karena keindahannya, goa ini bahkan disebut goa terindah di kawasan Asia Tenggara. Selain keindahan skalagmit dan skalaktit di dalam goa nya, rupanya goa ini juga menyimpan cerita yang unik dan patut untuk diketahui apabila Anda datang ke sana. Oleh karena itu, Goa Gong Pacitan ini harus berada di dalam daftar tempat yang harus Anda kunjungi bila wisata di Pacitan.

Lokasi dan Rute Menuju Goa Gong

Lokasi Goa Gong Pacitan berada kurang lebih 40 km ke arah timur apabila Anda dari Kota Pacitan, dapat ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 1 jam. Atau bila Anda dari arah Solo, Anda dapat langsung mengambil rute melalui Jl. Raya Solo – Pacitan dengan membutuhkan waktu sekitar 2,5 – 3 jam karena jarak yang ditempuh cukup jauh yaitu sekitar 100 km. Dan untuk menuju kesana, Anda kami sarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi baik motor atau mobil, meskipun kendaran umum seperti bus juga tersedia, akan tetapi jumlah armadanya terlalu sedikit. Atau Anda juga bisa menggunakan travel bila dari arah Solo atau Yogyakarta, kemudian berhenti di Punung, dan untuk ke Goa Gong dapat menggunakan ojek yang banyak tersedia di sana.

Kunjungi :  Wisata Inap di Tembi Rumah Budaya Bantul Jogja
Wisata Goa Gong
Instagram by @rury.tandio

Alamat Goa Gong Pacitan Jawa Timur tepatnya berada di Desa Bomo, Kecamatan Punung. Daerah ini merupakan jalur utama Solo – Pacitan, jadi untuk menemukannya tidak terlalu sulit. Daerah ini memang berupa pegunungan, dan di sekelilingnya juga merupakan pegunungan, namun gunung – gunung ini sudah tidak aktif, seperti Gunung Manyar di sebelah utata, Gunung Karang Pulut di selatan, Gunung Gede di sebelah timur, dan Gunung Grugah di sebelah barat. Jadi, perjalanan Anda selama menuju objek wisata ini akan selalu ditemani pemandangan pepohonan yang hijau. Selain itu, jika diteruskan perjalanan ke selatan dari Goa Gong, Anda akan sampai di objek wisata Sungai Maron Pacitan.

Tiket Masuk Goa Gong Pacitan

Tiket Masuk Goa Gong Pacitan
Instagram by @dhika.olala.ph

Tiket masuk goa gong pacitan jawa timur ini terbilang murah sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Cukup 5000 rupiah per orang, Anda sudah bisa masuk ke dalam goa dan menikmati keindahannya. Meskipun sudah ada banyak sekali lampu di berbagai titik, namun di dalam goa ini masih cukup gelap. Di dekat pintu masuk, ada banyak orang yang menyewakan senter atau lampu led yang dapat membantu Anda agar dapat melihat keindahan goa lebih jelas.

Keindahan Goa Gong Pacitan

Keindahan Goa Gong Pacitan
Instagram by @uswtn_

Wisata Goa Gong Pacitan ini memiliki kedalaman goa sepanjang 256 m dan sepanjang Anda menelusuri goa, di kanan kiri Anda terdapat stalagmit dan stalaktit yang berusia ratusan tahun. Stalaktit yang tergantung di langit – langit goa ini terbentuk karena pengendapan mineral tanah kapur yang terus mengalir sehingga membentuk endapan, dan menurut para peneliti, stalaktit ini dapat tumbuh hingga 3 mm per tahun.

Ketika Anda di dalam Goa Gong di Pacitan ini, Anda akan merasakan nuansa ketegangan dan petualangan. Dari mulut goa saja, Anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah, dimana terdapat sebuah pagar kristal yang sangat indah, dibalut dengan pancaran lampu yang tidak kalah menarik. Di ujung goa, Anda juga akan menemukan stalaktit yang sangat besar dan ketika dipukul akan mengenluarkan suara “gong”, seperti suara gong dalam gamelan. Tidak heran lagi, mengapa para wisatawan menyukai untuk datang ke lokasi ini. Namun Anda perlu berhati – hati karena tangga untuk menelusuri goa ini cukup licin. Karena jika tidak berhati – hati dalam melangkah, Anda bisa saja terpeleset di dalam goa. Jadi Anda yang mengajak anak – anak, pastikan mereka dalam kondisi aman dengan selalu berpegangan pada pegangan yang sudah disiapkan.

Kunjungi :  Pantai Slili Gunung Kidul yang Mungil nan Eksotik
Goa Gong Pacitan
Instagram by @dayu89

Ketika berada di dalam Goa Gong Pacitan, jangan lupa abadikan momen terbaik Anda. Atau Anda bisa mengambil pemandangan di dalam goa untuk diabadikan. Sebab, pemandangan yang disuguhkan tumpukan stalagmit di goa ini sangatlah mempesona. Akan tetapi, karena cahaya di dalam goa ini terbilang kurang, pastikan Anda menggunakan kamera yang mumpuni ya, atau menggunakan flash agar gambar Anda tidak tampak gelap dan tetap terlihat indah.
Sejarah dan Misteri Goa Gong

Dibalik keindahannya yang luar biasa, goa ini rupanya menyimpan cerita mistis yang penuh misteri. Sebagian orang percaya bahwa asal mula Goa Gong Pacitan ini berawal dari masyarakat sekitar yang sering mendengar adanya suara tabuhan gamelan gong yang bersumber dari dalam goa itu sendiri. Namun, munculnya suara tersebut dapat dijelaskan secara ilmiah. Suara gong dari dalam goa tersebut merupakan hasil dari pantulan tetesan air alam dari dalam goa yang menimpa stalaktit atau stalagmit goa tersebut sehingga suara yang dihasilkan dari tetesan ini sebenarnya terdengar indah, dan tidak terasa unsur mistis di dalamnya.

Sebenarnya, jika melihat dari sejarah Goa Gong Pacitan Jatim, Anda akan mengerti bagaimana nama goa ini muncul. Menurut pemandu wisata di sana, goa ini ditemukan kurang lebih 60 tahun yang lalu oleh seseorang bernama Mbah Noyo dan Mbah Joyo. Kedua orang tersebut pada awalnya tidak bermaksud untuk mencari goa, akan tetapi mencari sumber mata air untuk kehidupan sehari – hari, karena memang saat itu Pacitan sedang dilanda musim kemarau sehingga masyarakat kesulitan untuk mendapatkan air. Dari pencariannya, mereka akhirnya memutuskan untuk memasuki suatu goa yang pada saat itu dianggap angker oleh masyarakat sekitar.

Kunjungi :  14 Tempat Nongkrong di Solo yang Keren
Wisata Goa Gong Pacitan
Instagram by @anjarnandiswara10

Ketika mereka berdua sudah ada di dalam goa tersebut, ternyata ditemukan beberapa tempat yang banyak menyimpan air yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari – hari seperti mandi dan memasak. Setelah itu, bertahun – tahun kemudian warga perlahan – lahan mulai ikut menggunakan air yang berasal dari dalam goa. Setelah air di dalam goa itu habis, tetesan air alam tersebut langsung mengenai bebatuan yang ada di dalam goa dan menimbulkan suara seperti gamelan dan warga kemudian menamakannya Goa Gong, yang dikenal hingga saat ini.

Memang Goa Gong Pacitan ini memiliki keindahan dan misteri yang menjadikan goa ini semakin menarik untuk dikunjungi dan ditelusuri. Tempat ini memang cocok untuk berlibur Anda bersama keluarga. Namun ingat, Anda perlu berhati – hati ketika berada di dalam goa agar tidak terpeleset. Jangan lupa untuk menikmati semuanya ya, dan selamat berlibur !

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */