Keindahan Wisata Alam di Gantole Wonogiri

0

Gantole Wonogiri – Provinsi Jawa Tengah banyak menyimpan potensi wisata yang teramat indah. Tempat wisata yang ada kebanyakan berupa tempat wisata alam, baik berupa suguhan keindahan alam murni, maupun yang mempunyai nilai sejarah dan religi. Salah satunya adalah Kabupaten Wonogiri. Kabupaten yang terletak di pucuk timur Provinsi Jawa Tengah ini pun memilik pesona wisata yang tak kalah menarik. Tiga wisata utama yang ditawarkan kabupaten ini adalah Waduk Gajah Mungkur, Pantai Nampu, dan yang sekarang-sekarang sedang menjadi incaran para pemburu sunset adalah tempat wisata Gantole Wonogiri Sendang Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Mungkin bagi Anda yang tidak gemar melakukan kegiatan di ketinggian seperti mendaki, tempat ini tidak familiar untuk Anda. Namun, jangan keliru, para olahragawan gantole mulai dari tingkat pemula hingga profesional banyak yang memanfaatkan tempat ini sebagai tempat berlatih. Tidak perlu membayangkan keindahan alam luar negeri ketika melihat foto-foto payung gantole di dunia maya. Anda bisa menemukannya di wisata Wonogiri Gantole.

Tempat ini mempunyai pemandangan alam yang sangat eksotis. Siapa yang tidak terpukau dengan hamparan pemandangan cantik dari atas ketinggian? Lokasi Gantole ini dekat sekali dengan Waduk Gajah Mungkur. Anda bisa menyaksikan view air waduk bak lautan dari landasan Gantole Wonogiri. Tidak hanya landasan ini saja yang bisa Anda kunjungi. Ada tempat-tempat menarik dengan panorama indah yang dapat Anda datangi. Memang lokasi Gantole Wonogiri ini hanya satu tempat, akan tetapi, ada titik-titik tertentu yang memang disediakan oleh pengelola wisata setempat dengan lokasi yang sudah tertata, sehingga meskipun berada di puncak gunung, namun tetap bisa Anda nikmati dengan nyaman.

Alamat dan Spot Puncak Tempat Wisata Gantole Wonogiri Jawa Tengah

Gantole
Instagram by @yi_purwokerto

Sebenarnya wisata Gantole ini sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Hanya saja, baru akhir-akhir ini pemerintah dan warga setempat lebih memperhatikan keberadaan dan pembangunan the only launching ramp di Indonesia ini. Anda bisa melihat adanya bangunan beton yang mulai menutupi beberapa tempat di kawasan puncak Gantole Wonogiri. Meskipun dari segi fasilitas, wisata Gantole ini bisa dibilang masih sangat minim. Walau demikian, hal tersebut tidak menyurutkan wisatawan untuk berkunjung.

Kunjungi :  30 Tempat Wisata Alam di Salatiga dan Sekitarnya

Awalnya, Gantole Wonogiri alamat yang pertama berada di Dusun Prampelan. Puncak tersebut bernama Watu Cenik. Dalam bahasa Jawa, watu mempunyai arti batu, sedangkan cenik berarti sendiri. Bila digabungkan bisa membentuk arti sebuah batu yang berada di atas puncak bukit. Landasan peluncuran tersebut pada zaman dahulu hanya berupa kayu. Lama kelamaan, para atlet menganggap tempat tersebut kurang aman sampai tim menemukan tempat yang lebih tinggi dan nyaman sebagai lokasi peluncuran. Lokasi bukit Gantole Wonogiri 1 ini berada di Desa Sendang. Hingga kini, wisata Watu Cenik mashur sebagai spot untuk melakukan foto selfie dengan pemandangan yang amat elok.

Landasan dan Puncak Tempat Wisata Gantole Wonogiri Jawa Tengah
Instagram by @desi_rw3

Masih pada desa yang sama, lokasi peluncuran selanjutnya atau yang lebih dikenal dengan peta Gantole Wonogiri 2 ini berada di Dusun Kembang. Lokasi ini ditemukan sekitar tahun 1990. Puncak peluncuran 2 mashur dengan nama Bukit Joglo. Jika Anda pernah mendengar wisata Gantole Wonogiri 2, maka Desa Kembang inilah tempatnya berada. Sekarang, pusat aktivitas gantole dan paralayang berada di Bukit Joglo ini. Anda bisa menyaksikan secara langsung kegiatan para olahragawan mulai dari persiapan, penyiapan peralatan, hingga mulai penerbangan gantole. Anda tidak akan menyesal berkunjung ke tempat wisata Wonogiri ini.

Selain memdapatkan hiburan, Anda akan mendapatkan banyak pengalaman yang sebelumnya belum pernah Anda dapatkan. Tertarik ingin mencoba olahraga gantole? Anda bisa turut serta dalam pelatihan yang diadakan dengan syarat-syarat tertentu. Anda dapat melihat peta Gantole Wonogiri 2 untuk menemukan lokasi. Namun, tanpa peta pun, Anda akan dengan mudah menemukan wisata ini sebab walau tersembunyi, rutenya cukup mudah.

Alamat Gantole Wonogiri

Secara lengkap, lokasi Gantole berada di Desa Sendang, sebuah pedesaan dengan lokasi berbukit di Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Anda tidak akan kesulitan menemukan lokasi gantole ini, sebab, selain pemandangan utamanya yang berupa perairan waduk, jalan menuju Gantole Wonogiri ini searah dengan Waduk Gajah Mungkur. Dari arah mana saja, Anda bisa mematok rute menuju waduk sebagai tujuan utama untuk memudahkan perjalanan. Setelah Anda berada di atas jembatan, berarti sebentar lagi, Anda akan menemukan gapura di sebelah kanan sebagai tanda masuk ke lokasi wisata.

Kunjungi :  40 Aneka Tempat Wisata di Blitar dan Alamatnya
Alamat Gantole Wonogiri
Instagram by @hermawan_gondhanks

Ketinggian Gantole Wonogiri Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah Indonesia ini mulai dari 50 hingga 300 meter di atas permukaan laut. Anda akan dibawa menuju puncak bukit dengan perjalanan menanjak. Untuk transportasi, pastikan Anda mengendarai kendaraan pribadi berupa sepeda motor, dan, kendaraan Anda harus benar-benar dalam kondisi baik. Selain itu, Anda sebagai pengendara juga harus dalam keadaan prima, sebab jalan yang ada senantiasa mengajak Anda untuk mengeluarkan tenaga ekstra dalam mengolah mesin. Selalu berhati-hati. Jalanan sempit dan terjal serta menanjak adalah kombinasi sempurna dalam kepayahan berkendara. Gantole Wonogiri jalan ini merupakan satu-satunya akses jalan, sehingga mau tidak mau, pengunjung harus melalui jalan tersebut. Tapi jangan khawatir, rasa pegal dan lelah akan segera dibayar lunas oleh pandangan mata terhadap panorama yang disajikan.

Gantole Wonogiri Sunset

Gantole Wonogiri Sunset
Instagram by @iqfanagfianto

Selain pantai, tempat yang paling tepat untuk menikmati keindahan pesona sunset adalah di puncak ketinggian. Ketika Anda hendak menikmati pemandangan matahari tenggelam, Anda bisa datang ke tempat ini pada waktu sore hari. Wisata gantole memang banyak dicari oleh penikmat sunset dari semua kalangan. Pancaran sinar oranye di perairan waduk akan menambah keindahan pemandangan sore menjelang petang di Kabupaten Wonogiri ini. Jangan lupa untuk mengambil foto dalam momen seperti ini. Setelah itu, Anda bisa mengupload foto tersebut ke media sosial, agar tempat wisata ini semakin ramai dikunjungi wisatawan. Aktivitas tersebut bisa menjadi ajang promosi bagi wisata setempat. Agar, pemerintah daerah dengan segera memperbaiki fasilitas dan jalan akses menuju Gantole Wonogiri. Sebab, meskipun arena jalan yang sedemikian rupa disukai oleh para petualang, jalan yang aman dan nyaman adalah hal utama yang dicari ketika berkunjung ke sebuah tempat wisata.

Kunjungi :  Primadona Baru Pantai Srau Pacitan Jawa Timur

Untuk menikmati sunset di puncak Bukit Joglo, Anda tidak dikenakan biaya sama sekali. Cukup membayar retribusi parkir sebesar Rp. 2.000 saja. Murah sekali bukan? Jangan lupa bawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Sebelum tiba di lokasi, Anda kemungkinan akan berhenti sejenak melepas lelah dan menyegarkan tenggorokan yang kering dengan air mineral. Tiba di tempat parkir, Anda sudah akan disuguhi pemandangan alam yang nyentrik. Sebetulnya ada warung makan kecil-kecilan yang berada di puncak, namun warung makan tersebut hanya menyediakan makanan ringan. Untuk itu, Anda harus mempersiapkan bekal sebaik mungkin. Segera agendakan libur panjang Anda untuk melihat pemandangan sunset di Wonogiri. Demikianlah ulasan singkat tentang Gantole Wonogiri. Semoga semakin membuat Anda penasaran dan lekas mengambil tas ransel untuk melakukan perjalanan. Happy Holiday!

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */