Seribu Satu Keindahan Wisata Alam Curug Sewu Kendal

0

Curug Sewu Kendal merupakan wisata yang sudah sejak lama ada di Kendal dan sampai sekarang masih menjadi wisata andalan di Kabupaten ini lebih tepatnya dibuka pada 26 Juni 2002. Terletak di Kecamatan Patean, Curug Sewu memiliki banyak keunikan yang pastinya akan membuat pengunjung yang datang takjub dan ingin kembali lagi kesana. Keunikan yang ada menjadikan curug ini sebagai destinasi yang wajib didatangi saat berkunjung ke Kendal. Untuk lebih tepatnya, Curug Sewu terletak di Desa Curug Sewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal.

Tahukah Anda bahwa Curug Sewu merupakan air terjun tertinggi di Jawa Tengah, tingginya yang mencapai 80 meter tidak hanya menarik tetapi juga menjadi daya pikat tersendiri. Bukan hanya itu, Curug Sewu memiliki tiga tingkatan dengan total tingkatan 70 meter, air terjun yang kesemuanya memiliki pesonanya sendiri-sendiri. Untuk lebih tepatnya, tingkatan pertama memiliki tinggi 45 meter, tingkatan kedua memiliki tinggi 15 meter dan tingkatan ketiga mempunyai tinggi 20 meter. Mengagumkan bukan?

Tiket Masuk, Asal Usul dan Rute Wisata Curug Sewu Kendal Jawa Tengah

Wisata Curug Sewu Kendal Jawa tengah
Instagram by @djoepoy

Keindahan yang ada tidak hanya sebatas itu saja, disaat tertentu seperti pagi hari dengan cuaca cerah biasanya akan muncul pelangi dengan berbagai warna dan keindahannya. Pelangi itu biasanya muncul dari sisi air terjun melengkung hingga sisi lainnya, keindahan yang patut untuk diabadikan. Pelangi yang ada berasal dari perpaduan cahaya matahari yang terkena percikan air dari air terjun dengan intensitas tertentu sehingga memunculkan warna yang berbeda sesuai frekuensinya yang biasa kita sebut pelangi.

Saat pertama tiba di Curug Sewu, pengunjung akan disambut oleh dua patung Baladewa yang berada dipintu masuk, dan ketika mulai memasuki area pendopo, pengunjung akan dikagetkan dengan keberadaan Vespa Raksasa yang berdiri kokoh didepan pendopo. Disampingnya terdapat taman dengan beberapa gazebo yang dibangun diatas rumput hijau. Pemandangan yang sangat indah untuk dinikmati.

Banyak hal yang bisa dijumpai disini, mulai dari keberadaan patung-patung di taman, bunga yang warna warni sepanjang mata memandang, serta keberadaan hutan pinus yang menambah suasana asri di lokasi Curug Sewu. Sepanjang taman ini memiliki jalur datar dengan landscape pemandangan perbukitan hijau yang menawan. Disekitar kawasan Curug Sewu sendiri merupakan kawasan hutan wisata yang dikelola langsung oleh Kesatuan Pemangku Hutan Perhutani Kendal.

Kunjungi :  Eksotisnya Taman Nasional Baluran Africa Van Java

Untuk menuju lokasi Curug Sewu atau melihat air terjun dari dekat, pengunjung diharuskan berjalan kaki menuruni anak tangga. Jika ingin sampai di bagian bawah air terjun, pengunjung harus melewati ratusan anak tangga yang jaraknya bisa mencapai 2 km. diantara perjalanan, pengunjung akan dibawa kedalam nuansa sejuk karena kabut air dari air terjun akan menemani pengunjung selama perjalanan. Tapi harus berhati-hati karena jalannya yang cukup licin dibeberapa titik anak tangga.

Bagi yang ingin berkunjung, datanglah saat hari kerja, karena biasanya akan padat pengunjung saat libur Hari Raya dan saat liburan tiba. Datanglah bersama keluarga karena pastinya kebersamaan yang ada akan lebih terasa.

Asal Usul Nama Curug Sewu

Asal Usul Nama Curug Sewu
Instagram by @malik.soeriject

Curug Sewu memiliki dua versi sejarah nama, yang pertama diberi nama Curug Sewu karena letaknya yang berada di Desa Curug Sewu. Sedangkan yang kedua memiliki alasan yang berbeda. Kata curug berasal dari bahasa Sunda yang berarti air terjun, sedangkan Sewu dari bahasa jawa yang artinya seribu, seribu disini diartikan sebagai banyaknya tingkatan dan jumlah air terjun yang sangat banyak diartikan seribu, jadi Curug Sewu berarti air terjun yang memiliki banyak tingkatan. Begitulah asal usul dari pemberian nama Curug Sewu.

Tiket Masuk dan Fasilitas yang Tersedia di Curug Sewu

Tiket masuk dan Fasilitas yang tersedia di Curug Sewu
Instagram by @mella9492

Sebagai retribusi atau biaya masuk ke Curug Sewu, pengunjung hanya harus membayar Rp. 5.000,00 saja. Sebagai wisata andalan kota Kendal, Curug Sewu menyediakan sejumlah fasilitas demi memuaskan pengunjung yang datang, dari tahun ke tahun fasilitas yang ada semakin bertambah dan dijaga kebersihan maupun keberadaannya. Demi melakukan pembenahan fasilitas dan guna memperindah tampilan Curug Sewu, pengelola mengucurkan dana hingga 3 Milyar.

Kunjungi :  Nikmati Serunya Berwisata di Jatim Park 1 Malang

Secara umum, seperti wisata pada umumnya disini terdapat mushola yang disertai perlengkapan ibadah, area parkir yang luas, kamar mandi, taman bermain anak, kereta mini, kolam renang, kebun binatang mini, lapangan tenis, gedung pertemuan, penginapan, panggung hiburan, dan tentunya warung makan. Disini banyak menyediakan makanan dengan berbagai menu, mulai dari opor ayam, nasi goring babat pete, sate sapi, tongseng kambing, sate ayam kampong, ayam goring dengan sambal khasnya, jagung bakar dan masih banyak lagi. Apabila musim durian tiba, akan banyak durian disini dengan harga yang lebih murah tentunya.

Yang menjadi pilihan favorite pengunjung adalah adanya gardu pandang yang dilengkapi dengan teropong. Dari gardu pandang ini, pengunjung dapat melihat air terjun dari atas berbeda dari yang lainnya bukan? Tidak hanya air terjun saja, tapi pengunjung dapat melihat jajaran pegunungan hijau dan hutan yang akan membuat mata menjadi lebih jernih dan segar. Karena memang letak dari wisata Curug Sewu yang berada di dataran tinggi dengan ketinggian 650 mdpl.

Rute menuju Curug Sewu

Curug Sewu terletak disebelah Selatan Kota Kendal dengan jarak tempuh kurang lebih 40 km. Untuk menuju Curug Sewu sangat mudah, jalannya yang beraspal mulus menjadikan pengunjung mudah mencapainya. Banyak jalur yang bisa dilewati, salah satunya dari Kendal. Dari arah Kendal sendiri memiliki 2 jalur utama yang kesemuanya bisa mencapai lokasi. Bagi yang dari arah Barat bisa menuju Weleri yang kemudian dilanjutkan ke Cepiring, lalu menuju Sukorejo nanti akan menemukan petunjuk arah menuju lokasi. Atau bagi yang dari arah Timur bisa melewati jalan Boja-Patean nanti akan langsung ke lokasi dengan petunjuk arah yang ada.

Jika pengunjung berasal dari daerah Temanggung atau Wonosobo, bisa berangkat menuju Parakan yang kemudian mengambil arah Ngadirejo lurus sampai Kecamatan Patean dan tidak jauh dari situ akan ada petunjuk arah menuju Curug Sewu yang letaknya di kiri jalan. Dari jalur Temanggung ini memakan waktu kurang lebih 1,5 jam.

Kunjungi :  23 Tempat Wisata Terpopuler di Tuban Jawa Timur, Recomended !!!

Bagi pengunjung yang ingin datang bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Bagi pengguna kendaraan pribadi bisa langsung menuju lokasi dengan rute seperti yang disebutkan diatas, tapi bagi yang menggunakan kendaraan umum dari Semarang bisa naik bis menuju Sukorejo, yang sebelumnya melewati Mijen dan Boja. Dari Sukorejo sendiri bisa naik angkutan umum (angkot) atau naik ojek, dari Sukorejo sampai lokasi sekitar 7 km. bagi yang berasal dari Temanggung, mengambil bis arah Sukorejo juga dengan pilihan yang sama.

Misteri dan Mitos Curug Sewu

Misteri dan Mitos Curug Sewu
Instagram by @kamuswisata

Sama seperti tempat yang lainnya, disini juga terdapat mitos dan misteri yang dipercaya warga sekitar Curug Sewu. Di Curug Sewu ini, pengunjung yang datang tidak diperbolehkan mengosongkan pikirannya atau melamun karena hal itu bisa mengundang hal ghaib untuk mendekati. Hal tersebut dibuktikan dengan pernah ada pengunjung yang terjatuh di air terjun tanpa alasan yang jelas, bukan hanya satu kali tetapi kejadian itu terjadi dua kali dan korban meninggal ditempat. Inti dari semuanya kita harus berhati-hati saat berada dimanapun, karena sejatinya kita tidak akan pernah tahu kapan maut akan menjemput.

Wisata The Sea Pantai Cahaya

Wisata The Sea Pantai Cahaya
Instagram by @ariefahannazwa

Meninggalkan misteri dari Curug Sewu, masih dengan pesona Kendal. Kali ini akan ada sedikit informasi tentang wisata baru yang ada di Kendal. Pantai Cahaya merupakan pantai dengan segudang wahana yang akan membuat pengunjung takjub. Wisata baru ini digadang-gadang sebagai yang terbaik di kawasan Pantai Utara. Mulai dari mini zoonya, pertunjukan lumba-lumba, terapi lumba-lumba, water boom, semuanya dapat pengunjung nikmati. Terletak di Desa Sikucing, Kecamatan Rowosari, Kendal. Jadi tidak usah ragu untuk datang ke Kendal, karena kami menyediakan apa yang Anda mau. Selamat berlibur.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */