Misteri dan Lokasi Curug Sawer Pandeglang Banten

0

Curug Sawer – Indonesia memang menjadi surganya pariwisata dunia. Keadaan alam Indonesia yang indah menyebabkan Indonesia menjadi salah satu negara dengan daya tarik wisata yang luar biasa. Tidak cukup dengan Bali, sebenarnya Indonesia memiliki potensi yang merata di seluruh wilayahnya. Untuk kali ini kita akan membahas objek wisata di Pandeglang, salah satu kota di provinsi Banten.

Provinsi Banten selain pantai sawarna lebak banten, di kabupaten Pandeglang memang menyimpan banyak keindahan alam yang sangat luar biasa. Ada beragam pilihan objek wisata di kabupaten Pandeglang ini, mulai dari wisata budaya, wisata pantai, ataupun wisata pegunungan yang siap memanjakan mata para wisatawan. Untuk kali ini kita akan membahas tentang salah satu destinasi wisata yang akan sangat memanjakan mata wisatawan yaitu Curug Sawer Pandeglang.

Curug Sawer
Instagram by @eriyana406

Dalam bahasa Indonesia Curug berarti Air terjun. Tidak seperti kebanyakan air terjun, curug Sawer Banten ini memiliki dua tingkatan air terjun. Yang satu bernama curug lalakina yang berada di bagian atas dengan ketinggian yang mencapai 25 meter. Sedangkan yang kedua bernama curug bikang dengan ketinggian 7 meter. Selain kedua air terjun tersebut ternyata dibawah curug bikang terdapat goa bawah air yang panjangnya bisa mencapai 8 km dan berujung didaerah muara Babakan Nangka. Hal inilah yang menambah keindahan dari curug yang terletak di Pandeglang, Banten ini.

Lokasi curug sawer berada tidak jauh dari pusat kecamatan Cigeulis, yaitu sekitar 1 km dari pusat kecamatan. Karena lokasinya yang sangat dekat dengan pemukiman warga, akses menuju curug sawer Pandeglang ini sangat mudah. Para pengunjung dapat menggunakan sepeda motor ataupun berjalan kaki untuk menuju ke objek wisata ini. Waktu yang akan ditempuh hanya 10 menit jika dihitung dari pusat kecamatan Cigeulis.

Kunjungi :  Air Terjun Sekar Langit, Wisata Mempesona dengan Legenda Jaka Tarub

Kecamatan Cigeulis sebenarnya tidak terlalu populer sebagai kecamatan dengan pariwisata yang bagus. Tetapi kecamatan ini hanyalah wilayah yang dilewati pada saat wisatawan akan menuju ke wisata Pulau Umang ataupun Pantai ciputih. Para wisatawan yang akan menuju ke Pulau Umang atau Pantai Ciputih dapat menikmati indahnya curug ini terlebih dahulu sebelum menuju ke destinasi utama mereka. Keindahan yang disuguhkan tidak akan membuat wisatawan kecewa.

Sejarah curug sawer erat dengan nama yang melekat terhadapnya. Sawer sendiri berarti air yang selalu menyawer, dalam artian bahwa jangkauan air jeramnya seperti hujan. Selain sejarahnya yang unik, mitos dan misteri curug sawer menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Konon ada seekor buaya putih yang menjaga keperawanan dari curug sawer ini. Buaya puti tersebut akan berubah menjadi sosok kakek-kakek tua berjenggot putih panjang pada saat bulan purnama. Tugas utama dari buaya putih ini adalah menjaga curug sawer agar tidak terkena tangan usil manusia.

Keindahan Curug Sawer
Instagram by @mayanurmayantii

Curug sawer juga sering digunakan sebagai tempat bersemedi bagi beberapa orang. Spot yang biasanya dijadikan tempat semedi adalah batu datar yang ada di semak-semak curug lalakina. Mitos yang berkembang mengatakan bahwa ada penjaga di curug sawer memancing masyarakat untuk meminta pertolongan atau sekedar menenangkan diri dengan cara bersemedi. Hal ini dipercaya karena curug ini diyakini sebagai tempat pengaduan yang tepat kepada sang pencinta.

Air yang ada di curug Sawer Banten terkenal sangat jernih dan mempunyai kasiat memberi pesona tersendiri bagi yang berenang di curug ini. Hal ini tidah lepas dari mitos yang berkembang di masyarakat Cigeulis itu sendiri. Konon dahulu wilayah Cigeulis hanyalah jalur kerajaan dan hanya dijadikan sebagai tempat persinggahan sementara tetapi ada satu wanita cantik yang kagum dan memutuskan untuk menetap di wilayah tersebut. Nama Cigeulis konon berasal dari kata geulis yang berarti cantik, nama tersebut dipilih karena yang membabad wilayah tersebut adalah wanita cantik.

Kunjungi :  Wisata Cantik Bukit Bintang Jogja Wonosari Malam Hari

Wanita cantik tersebut dikisahkan menunggu teman hidupnya yang telah digariskan oleh sang pencipta. Tetapi sang pendamping tidak kunjung datang sehingga memaksanya untuk menyusuri sungai untuk mencarinya. Suatu saat, ketika sang wanita memanjat tebing kakinya tergelincir dan tubuhnya terhempas bersama air curug yang mengalir kebawah. Pada saat itu pula sang pendamping datang, tetapi terlambat sudah karena wanita yang ditakdirkan bersamanya telah tiada dan hanyut bersama jernihnya air curug sawer.

Pesona Curug Sawer
Instagram by @obiebiah

Dibalik mits-mitos tersebut, keindahan curug sawer sudah tidak diragukan lagi. Tebing yang sangat indah dan diiringi dengan aliran air menjadi daya tarik utama dan tidak dapat anda temui dimanapun. Keadaan alam sekitar yang sangat terjaga keasriannya akan membuat mata anda terpesona. Suara kucuran air yang jatuh akan menimbulkan melodi alam yang menenangkan diri anda. Sehingga tempat ini cocok bagi anda yang sedang stres dan ingin menenangkan diri anda dari pekerjaan atau masalah hidup yang sedang anda hadapi.

Di curug sawer ini wisatawan tidak hanya bisa melihat dan berfoto saja, tetapi wisatawan dapat berenang dan merasakan dinginnya air di curug ini. Air yang jernih dan berasal dari sumber air pegunungan akan membuat tubuh anda segar lagi. Selain itu, anda juga dapat memijat diri anda dengan kucuran air yang jatuh dari atas sehingga badan anda akan terasa seperti dipijat. Tetapi berenang tidak disarankan bagi anak-anak karena kolam air terjun yang dalam dan debit air yang lumayan kencang tidaklah aman bagi anak-anak. Sehingga jika anda mengajak putra putri anda ke curug ini cukuplah berfoto atau berpiknik bersama keluarga dikawasan curug sawer yang masih sangat asri.

Kunjungi :  25 Tempat Wisata di Batu Malang yang Murah Meriah

Sebelum mengunjungi curug atau air terjun sawer ini, wisatawan hendaknya melihat cuaca terlebih dahulu. Karena cuaca hujan akan mengganggu liburan anda. Air akan berubah menjadi kecoklatan dan disekitar curug pun akan sangat licin sehingga berbahaya bagi wisatawan. Wisatawan juga disarankan untuk membawa makanan sendiri agar perjalanan liburan tidak menghabiskan biaya yang banyak. Mendatangi curug sawer pada hari minggu merupakan pilihan yang tidak dianjurkan, mengingat pada hari libur curug sawer akan penuh dengan pengunjung. Maka dari itu, jika ingin menikmati curug sawer, lebih baik datang pada hari-hari biasa sehingga anda dapat menikmati keindahan curug sawer dengan nyaman. Apabila cuaca tidak memungkinkan maka silahkan mampir ke pantai bagedur malingping banten agar lebih kondusif.

Banten dengan seluruh keindahan alamnya memang sangat mempesona yang membuat setiap wisatawan ingin mampir sejenak ke provinsi ini. Suguhan wisata yang lengkap dan beragam membuat wisatawan tidak perlu bingung-bingung lagi untuk menentukan objek wisata yang dikunjungi. Selain curug, ada beberapa objek lain yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Objek wisata tersebut diantaranya adalah pantai pasir putih carita. Tetap jaga kebersihan objek wisata ya gaes, karena menjaga alam merupakan tanggung jawab bersama agar anak cucu kita tetap bisa menikmati keindahan alam Indonesia ini. Selamat berlibur dan tetap utamakan keselamatan anda.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */