Lokasi Wisata Curug Putri Pulosari Pandeglang Banten

0

Curug Putri Pulosari – Banten memang surganya wisata air terjun. Banyak air terjun indah yang ada di wilayah provinsi Banten ini. Salah satunya adalah Curug Putri Pandeglang Banten. Air terjun ini sangat populer di kalangan wisatawan karena keadaannya masih sangat asri dan alami. Sehingga air terjun curug putri pandeglang sekarang telah menjelma sebagai salah satu tujuan wisata favorit di Pandeglang.

Curug Putri Pulosari
Instagram by @mazzdimas90

Provinsi Banten khususnya kabupaten Pandeglang memang menyimpan banyak keindahan alam yang sangat luar biasa. Ada beragam pilihan objek wisata di kabupaten Pandeglang ini, mulai dari wisata budaya, wisata pantai, ataupun wisata pegunungan yang siap memanjakan mata para wisatawan. Untuk kali ini kita akan membahas tentang salah satu destinasi wisata yang akan sangat memanjakan mata wisatawan yaitu Curug Putri Pandeglang Banten.

Lokasi curug putri tahura banten berada di desa Cilentung, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Banten. Curug putri terletak di lereng gunung Pulosari, sebuah gunung yang memiliki ketinggian lebih dari 1.300 Mdpl, air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan rindang yang masih terlihat asri menjadikan pemandangan kian menarik dan terlihat sejuk.Lokasi ini terletak 22 km dari pusat kota Pandeglang, dan dengan waktu tempuh yag hanya 30 menit dari pusat kota Pandeglang. Wisatawan dapat menggunakan motor ataupun mobil untuk menuju ke lereng gunung Pulosari dan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Sedikit berbeda dari kebanyakan air terjun, di curug putri di pandeglang aliran air yang jatuh dari atas langsung mengalir ke sungai dibawahnya. Terkadang wisatawan bingung dengan nama curug putri karena ada dua curug putri di Pandeglang, yaitu di pegunungan Pulosari dan di daerah Carita, nah yang kita bicarakan ini adalah curug yang berada di pegunungan Pulosari.

Kunjungi :  Tengok Kampung Edukasi di Watu Lumbung Bantul

Sejarah curug putri Pandeglang cukup unik untuk disimak karena menyimpan berbagai mitos yang berkembang di masyarakat.Curug putri mempunyai tinggi sekitar 10 meter dengan aliran air yang sangat jernih. Para pengunjung dapat santai dan berenang dikolam dibawah air terjun. Mereka dapat merasakan keasrian yang disuguhkan oleh gunung pulosari. Lokasinya yang dikelilingi oleh pohon membuat udara disekitar curug menjadi sangat sejuk. Keadaan air yang tidak mengalir begitu keras dapat menambah kenikmatan wisatawan dalam berenang sehingga menambah nilai plus bagi curug yang satu ini.

Curug Putri Pulosari Pandeglang
Instagram by @vidotea

Tidak disediakan kamar ganti bagi anda sehingga anda harus menyiapkan penutup sendiri untuk mengganti pakaian anda. Biaya masuk untuk curug ini pun gratiis karena berada dijalur pendakian. Dengan biaya yang gratis inilah wisatawan diharapkan menjaga dan melestarikan alam yang ada di sekitar curug putri ini. Curug ini benar-benar masih perawan dengan bebatuan yang licin sehingga bagi wisatawan diharapkan untuk berhati-hati dalam menikmati keindahan alam di Pandeglang ini.

Untuk menuju ke lokasi Curug Putri kita harus berjalan dan melakukan pendakian trek yang cukup sulit, jadi persiapkan staminamu terlebih dahulu dan pastikan bagi anda yang kurang olahraga untuk pemanasan terlebih dahulu. Selain melihat keindahan Curug Putri, kita juga bisa mendaki di gunung Pulosari yang terkenal dengan trek vertikalnya, sangat cocok bagi kamu yang suka mendaki gunung dan suka sensasi pendakian gunung yang cukup vertikal.

Bagi anda yang sedang menghadapi banyak masalah, curu yang satu ini mungkin cocok bagi anda untuk sejenak melepas penat agar anda lebih rileks. Udara yang segar ditambah dengan air yang segar pula akan menambah pikiran anda lebih sehat sehingga ketika kembali ke rumah anda sudah siap menghadapi masalah-masalah tersebut.

Kunjungi :  14 Tempat Wisata di Jakarta Timur yang Ramai Saat Akhir Pekan Tiba

Kucuran airnya yang berasal dari mata air murni membuat air di curug ini sangat jernih dan dapat diminum oleh wisatawan. Sehingga bagi anda yang ingin merasakan nikmatnya rasa dari air sumber mineral asli maka datanglah ke curug yag satu ini. Air di curug ini dipercaya juga dapat membuat wajah anda awet muda.

Curug Putri Pulosari Pandeglang Banten
Instagram by @kozul_oi

Pemandangan di curug putri pandeglang masih sangat asri. Dikanan kiri air terjun masih banyak tumbuhan-tumbuhan hijau yang menambah keindahan dari curug yang satu ini. lokasi Curug Putri sendiri berada tepat di jalur pendakian gunung Pulosari, jadi bagi kamu yang ingin mendaki tinggal meneruskan saja melalui jalur yang sudah ada. Biasanya curug putri pulosari pandeglang menjadi tempat beristirahat para pendaki setelah turun atau sedang naik, untuk kamu yang akan mendaki ke puncak Pulosari harus mampir ke curug ini karena pemandangan yang disuguhkan akan menjadi pengalaman yang tidak akn bisa dilupakan.

Karena lokasinya yang berada di Jalur pendakian jadi cukup mudah untuk ditemukan, nah untuk kamu yang berdomisili di Jakarta bisa melalui tol Jakarta – merak lalu keluar di tol Serang, dan dilanjutkan menuju ke kota Pandeglang saja. Rutenya sebagai berikut, Pandeglang – Mengger – Mandalwangi – Cilentung – Curug Putri. Jika anda berasal dari luar Jakarta, anda bisa mencari rute sendiri yang menuju ke Kota Pandeglang sehingga untuk menuju ke curug ini tidak terlalu sulit.

Fasilitas yang tersedia masih sangat terbatas, oleh karena itu wisatawan disarankan untuk membawa keperluannya masing-masing secara mandiri. Di curug ini jarang dijumpai toko yang menjual keperluan pribadi sehingga disarankan untuk menyediakan keperluan pribadinya. Untuk makanan juga silahkan membawa sendiri dan usahakan jangan membawa barang dengan potensi sampah yang besar dikarenakan terbatasnya tempat sampah yang ada sehingga wisatawan diharapkan membawa sampahnya masing-masing.

Kunjungi :  31 Tempat Wisata di Purwokerto yang Hits dan Ramai Dikunjungi
Wisata Alam Curug Putri Pulosari Pandeglang Banten
Instagram by @i.praasr

Sebelum menuju ke curug yang satu ini, wisatawan hendaknya melihat cuaca terlebih dahulu. Ketika cuaca dinilai akan hujan maka urungkanlah niat anda untuk berlibur ke curug putri ini. Karena ketika hujan trek yang akan anda lalui akan berubah menjadi licin sehingga akan berbahaya bagi keselamatan anda. Selain itu, air curug akan berubah bmenjadi kecoklatan sehingga mengurangi keindahan dari curug putri ini.

Bagi anda yang ingin mengajak anak-anak diharapkan mengawasi anak-anaknya dengan baik. Karena fasitilas keamanan yang kurang dan medan yang akan membuat anak anda lelah menjadi hal yang harus diperhatikan. Lebih baik anda mengunjungi curug ini bersama dengan teman atau kekasih saja daripada dengan anak-anak. Jika ingin menikmati indahnya curug putri iini lebih baik wisatawan datang pada hari biasa karena akan ramai pada saat hari libur.

Destinasi wisata Pandeglang memang sangat beragam. Curug Putri Pandeglang Banten ataupun air terjun lainnya merupakan khas daripada kota yang satu ini, tetapi untuk anda yang ingin berlibur ke tujuan wisata lain, tidak usah khawatir karena di sekitar kota Pandeglang banyak destinasi wisata lan seperti pantai tanjung lesung banten, pulau umang ujung kulon, dan pulau peucang ujung kulon. Banyak destinasi yang bisa dituju agar liburan anda menyenangkan tetapi jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan tempat wisata yang anda tuju ya.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */