Curug Lawe Semarang, Air Terjun Eksotis dan Mempesona

0

Curug Lawe Semarang – Diantara wisata yang ada di Semarang, kali ini kita akan membahas beberapa yang lain yaitu Brown Canyon Semarang, wisata hits yang menjadi idola kawula muda ini menampakkan keeksisannya sejak beberapa tahun terakhir ini. Hal itu disebabkan karena banyaknya wisatawan yang datang mengunggah gambar Brown Canyon dengan berbagai caption yang menarik. Berbentuk seperti Grand Canyon Amerika menjadi salah satu nilai jual yang ada. Terletak di dekat stasiun penyiaran TVRI menjadi lokasi yang strategis bukan?

Selain itu, jika datang ke Semarang pastikan ke kawasan Bandungan Semarang. Disini banyak penginapan yang menjadi tujuan saat datang ke Semarang. Dapat dikatakan bahwa disinilah surganya menginap di Semarang. Berbagai macam kelas hotel ada disini sesuai dengan keinginan pelanggan, selain itu lokasinya yang dekat dengan wisata alam di daerah Bandungan membuatnya selalu ramai dikunjungi dan menjadi salah satu jalur utama provinsi.
Selain wisata diatas, masih ada Candi Gedong Songo dengan segala misteri dan keindahan yang akan nampak saat mendatanginya. Letaknya yang berada di pegunungan dengan ketinggian 1200 mdpl membuatnya berkabut disaat tertentu sehingga harus mendekat untuk mengetahui keberadaan lokasi ini. Berada di kawasan lereng Gunung Ungaran membuatnya lebih mudah dijangkau.

Lokasi, Rute, Harga Tiket Masuk dan Tips Menuju Curug Lawe Ungaran Semarang Jawa Tengah

Lokasi, Rute, Harga Tiket Masuk dan Tips Menuju Curug Lawe Ungaran Semarang Jawa Tengah

Membicarakan tentang Semarang tidak akan ada habisnya. Mengingat Semarang sebagai ibukota provinsi Jawa Tengah sudah pasti sarana prasarana yang ada sangat memadai,mulai dari tempat rekreasi sampai studi. Selain menjadi pusat perbelanjaan, Semarang juga memiliki potensi alam yang terletak jauh di dalam keramaian Kota Semarang. Wisata apakah itu? Mungkin sudah banyak yang tahu tentang Curug Lawe Ungaran Semarang. Wisata yang satu ini menyajikan keindahan air terjun yang berada di lereng gunung dengan udara yang segar ditambah lagi dengan puluhan pohon yang rindang.

Curug Lawe unik karena bentuknya yang hampir menyerupai setengah lingkaran, terdiri dari air terjun utama satu buah dan beberapa air terjun kecil yang berasal dari sela-sela dinding bebatuan yang ada. Dengan ketinggian mencapai 30 meter membuatnya semakin indah dan eksotis. Karena keindahan yang ada gambar Curug Lawe Semarang 2015 bahkan mencuri perhatian berbagai kalangan karena keindahan yang diciptakan dari Curug Lawe sendiri, ditambah dengan sedikit sentuhan fotografer membuatnya seperti nyata dan siapapun yang melihat akan terpana dan merasakan apa yang tertuang di gambar itu.

Kunjungi :  4 Tempat Wisata Alam di Magelang yang Wajib Dikunjungi

Nama Curug Lawe sendiri diambil dari bahasa Jawa, dari kata Selawe yang jika diartikan adalah dua puluh lima dalam bahasa Indonesia. Dan 25 ini merupakan jumlah air terjun yang ada. Dan curug sendiri merupakan bahasa sunda yang artinya air terjun. Jadi dengan kata lain, Curug Lawe adalah air terjun dengan jumlah 25 buah. Versi lain menyatakan Curug Lawe diambil dari kawa lawe atau jaring laba-laba karena air yang jatuh dari air terjun terlihat seperti benang-benang putih menyerupai jaring-jaring laba-laba. Kira-kira begitulah asal nama Curug Lawe.

Selain Curug Lawe, ada juga Curug Benowo yang letaknya disebelahnya sesuai keterangan di peta Curug Lawe Semarang Jawa Tengah 56283 jaraknya 500 meter. Keindahan yang ada juga hampir sama, bahkan untuk menuju ke Curug Benowo dari Curug Lawe bisa melewati jalan pintas yang ada di bawah air terjun, tidak membutuhkan waktu lama kurang dari satu jam sudah sampai. Dan tahukan kalian? Bahwa Curug Lawe dan Curug Benowo ini menjadi sumber utama dari Kali Banjir Kanal Barat atau lebih dikenal di Kota Semarang dengan sebutan Kali Garang. Tidak ada yang tahu persis mitos Curug Lawe Semarang ini, hanya cerita yang disampaikan warga yang entah untuk kebenarannya. Bagaimanapun kita harus menjaganya agar tetap lestari.

Lokasi Curug Lawe Semarang

Wisata Curug Lawe Semarang ini berada di Desa Kalisidi, Gunung Pati, Kota Semarang. Lebih tepatnya berada di lereng Gunung Ungaran, sudah jelas bagaimana suasana dan keindahan yang ada. Berada 12 km dari Kota Semarang dan dari Ungaran sekitar 7 km. Untuk menuju ke Curug Lawe ini pengunjung harus berjalan kaki dari parkiran yang sudah disediakan oleh pengelola. Yang sebelumnya harus menempuh jarak 5 km dari loket sampai ke parkiran. Sepanjang perjalanan menuju lokasi, pengunjung dapat melakukan sesi foto karena pastinya indah. Pengelolaannya yang baik membuat pengunjung yang datang merasa puas.

Kunjungi :  Wisata Terindah di Dunia Kediri Waterpark

Medan menuju ke lokasi memang sedikit sulit karena akses jalan yang sempit dan hanya bisa dilalui satu orang membuat pengunjung yang ingin naik atau turun harus bergantian saat berpapasan. Ada dua jalur yang bisa pengunjung pilih, yaitu melewati jalur lama atau jalur baru. Jika jalur lama maka akan melewati jembatan irigasi yang ditutup kayu bagian atasnya sebagai pijakan pengunjung dan lumayan panjang dengan sisi kirinya yang berupa jurang curam, tapi akan terhibur dengan hamparan perkebunan kopi dan sungai kecil akan pengunjung dapatkan saat berada di lokasi.

Jika melalui jalur baru maka akan lewat Sendang Pengantin yang kemudian mengikuti jalan turun ke arah bendungan dengan sungai kecil disampingnya. Setelah 10 menit perjalanan akan ada pertigaan dimana kanan akan menuju ke Curug Benowo dan kekiri menuju ke Curg Lawe. Perjalanan yang ada memakan waktu sekitar 30 menit perjalanan.

Rute Curug Lawe Semarang

Rute Curug Lawe Semarang
Instagram by @zulul310

Untuk menuju ke lokasi ada beberapa rute menuju Curug Lawe Semarang. salah satunya jika pengunjung berasal dari luar Semarang, langsung saja menuju ke Terminal Ungaran Sisemut dilanjutkan kearah Utara atau ke arah Gunung Pati. Sepanjang jalan nanti akan ada petunjuk arah menuju ke Desa Kalisidi, dimana petunjuk itu ada setelah makam di kanan jalan. Atau bisa mencari melalui Curug Lawe Maps atau Curug Lawe Semarang Maps.
Bagi yang berasal dari Semarang ada dua jalur alternatif yang bisa dilewati, denah Curug Lawe Semarang jika dari pusta Kota bisa diawali dari Tugumuda menuju ke arah UNNES (Universitas Negeri Semarang) Gunung Pati. Alternatif dari Tugumuda menuju ke Mapangan yang merupakan arah ke Kota Ungaran. Dari kedua jalur alternatif itu nantinya akan sampai dipertigaan Sumurgunung. Dari pertigaan ambil arah kiri lalu jalan terus ke arah Selatan melewati perkebunan cengkeh Zanzibar menuju lokasi, jangan khawatir ada petunjuk arah menuju lokasi dan jalan ke Curug Lawe Semarang dalam kondisi beraspal dan baik.

Kunjungi :  Explore Aset Tempat Wisata di Provinsi Jawa Tengah

My Trip My Adventure Curug Lawe Semarang

My Trip My Adventure Curug Lawe Semarang
Instagram by @liburansemarang

Karena keindahan dan keeksotisan yang ditawarkan di Curug Lawe ini, bahkan acara bergengsi seperti My Trip My Advanture dari Trans TV pernah datang dan meliput keindahannya. My Trip My Adventure Di Curug Lawe Semarang menjadikan sebuah kebanggan tersendiri bagi warga Semarang. Dengan host waktu itu Nadin Candrawinata, berhasil membuat Curug lawe menjadi destinasi favorit di kalangan remaja maupun orang dewasa. Bahkan dengan segala spot yang ada menjadikan lokasi ini sebagai wisata lama yang menjadi baru. Dalam acara ini hanya membahas keindahan Curug Lawe tanpa membahas tentang mitos Curug Lawe Semarang.

Harga tiket Masuk Curug Lawe Semarang

Harga tiket Masuk Curug Lawe Semarang

Sebagai salah satu tempat favorit wisata di Semarang, dengan retribusi sebesar Rp. 20.000,00 untuk mobil dan Rp. 10.000,00 untuk satu motor sudah termasuk dengan parkir. Dengan rincian untuk satu orangnya membayar Rp. 4.000,00 dan parkir untuk sepeda motor Rp. 2.000,00 sedangkan untuk mobil Rp. 5.000,00.

Tips Menuju Curug Lawe

Tips Menuju Curug Lawe
Instagram by @ibaehaqqi

Disini akan ada beberapa tips yang mungkin bisa menjadi acuan, diantaranya jika ke lokasi hendaklah menggunakan kendaraan pribadi dan pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima. Gunakan alas kaki yang nyaman saat datang kelokasi, seperti sandal gunung, sepatu yang anti licin atau sebagainya. Bawa juga obat bagi yang memiliki penyakit pribadi dan jangan lupa bawa bekal air minum, nanti akan jalan kaki lumayan jauh jadi akan lebih membantu saat membawa air.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */