Surganya Wisata Indonesia

Lokasi, Tiket Masuk dan Mitos Curug Cinulang Cicalengka Bandung

0

Curug Cinulang Bandung – Ingin berwisata air dan bingung hendak kemana? Mungkin Anda butuh tempat baru dan berbeda. Meskipun dengan tema yang sama, namun setiap lokasi wisata pasti memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi daya minat wisatawan. Seperti wisata Kampung Gajah. Wisata ini adalah sebuah taman yang dibuat untuk anak-anak. Suasana ceria dengan pewarnaan hiasan dan tempat yang warna-warni pasti menggugah minat si buah hati untuk bermain. Banyak wahana permainan dan fasilitas yang disediakan. Tersedia pula kolam renang lengkap dengan slider. Anda bisa mengajak putra putri Anda sepuasnya bermain air di tempat ini. Masih juga menginginkan kesegaran air yang berbeda? Nah, kini saatnya Anda beranjak ke wisata Curug Cinulang Bandung. Anda akan merasakan sensasi kesegaran air yang berbeda karena berada langsung di alam bebas. Percikan air yang terbawa oleh angin akan membuat tubuh kembali rileks. Jika Anda penasaran Curug Cinulang daerah mana? Lanjutkan membaca ya.

Tahukah Anda? Curug Cinulang terkenal sebagai salah satu background lagu yang cukup mashur pada masanya? Salah seorang penyanyi dan penggubah lagu Indonesia berhasil mengangkat Curug Cinulang menjadi dikenal oleh masyarakat Jawa Barat serta Indonesia karena lagu ciptaannya yang membawa curug ini sebagai latar. Penyanyi legendaris yang telah wafat beberapa waktu lalu tersebut adalah Darso. Anda bisa menyaksikan Curug Cinulang video yang berisi nyanyian karya Darso ini melalui Youtube. Lagu yang diciptakannya berbahasa khas Sunda. Berikut ini sedikit cuplikan lirik lagu Sunda Curug Cinulang :

Di Curug Cinulang bulan bentang narembongan
Hawar-hawar aya tembang
Tembang asih tembang kadeudeuh dua’an

Lokasi Curug Cinulang Cicalengka

Curug Cinulang atau Air Terjun Cinulang berada di Kecamatan Sindulang, Kabupaten Bandung Timur. Tepat berbatasan dengan Kabupaten Sumedang. Karena letaknya inilah, kadangkala curug ini disebut pula namanya dengan Curug Sindulang. Ada pula yang menyebut dengan Curug Cinulang Sumedang sebab letaknya yang berada di perbatasan Sumedang dan Bandung. Air terjun ini berada di lereng pegunungan dan masih dalam wilayah Gunung Masigit Kareumbi, yaitu Taman Bulu. Seperti air terjun lainnya yang berada di pegunungan, Curug Cinulang memiliki hawa yang sejuk serta air yang dingin. Anda yang tidak tahan terhadap dingin, sebaiknya tidak mencoba untuk berenang dan mengenakan jaket tebal saat berkunjung.

Kunjungi :  36 Tempat Wisata di Temanggung Jawa Tengah Terpopuler

Rute perjalanan yang harus ditempuh untuk bisa mencapai lokasi cukup mudah. Anda dapat memilih satu dari dua alternatif jalur yang disediakan. Namun banyak dari para pejalan yang menyarankan untuk melewati jalur Cicalengka saja. Satu hal yang perlu diingat adalah untuk tidak melakukan perjalanan pada malam atau dini hari. Sebab, sebagian jalan Curug Cinulang yang terlewati masih berupa hutan belantara dan minim pencahayaan, serta tidak ada warung untuk membeli bahan bakar. Ditakutkan jika akan terjadi sesuatu yang tidak mengenakkan.

Tiket Masuk Curug Cinulang

Tiket Masuk Curug Cinulang
by instagram @sany_ismail

Sama seperti tiket masuk wisata air terjun lainnya, biaya masuk ke Curug Cinulang sangatlah terjangkau, yaitu Rp. 8.000 saja. Rp. 5.000 untuk retribusi tiket masuk dan Rp. 3.000 sebagai biaya parkir. Nah setelah Anda memarkir kendaraan dan membayar biaya tersebut, kini saatnya Anda melakukan hiking kecil sejauh 100 meter menuju lokasi Curug Cinulang. Perjalanan ringan ini akan membawa Anda pada suara gemuruh air terjun yang tentu akan membuat Anda tidak sabar untuk segera melihat wujud nyata dari curug yang fenomenal karena lagunya ini.

Keindahan Curug Cinulang

Keindahan Curug Cinulang
by instagram @ahmadhuda106

Sampai di dekat lokasi, Anda akan dihadapkan pada pemandangan dua air terjun. Air yang jatuh dari ketinggian ini selalu mengalirkan air deras baik pada musim kering, terlebih penghujan. Tingginya yang mencapai 30 meter ini akan membuat siapapun takjub ketika melihat. Belum menyentuh airnya saja, sudah terasa kesegaran dari airnya. Anda yang ingin merasakan sensasi terapi dari air terjunnya, bisa mandi langsung di bawah curahan airnya. Dan, rasakan pijatan-pijatan yang akan membuat tubuh Anda kembali ringan dan segar. Di depan air terjun, terdapat batu-batuan besar yang biasa digunakan oleh wisatawan sebagai tempat duduk. Saat aliran air cukup deras, Anda bisa melihat air terjun melalui jembatan yang tersedia. Tetaplah waspada, sebab jembatan tersebut masihlah terbuat dari kayu, belum dibuat secara permanen.

Kunjungi :  Alamat dan Harga Tiket Pantai Pasir Putih Anyer

Entah apa yang menyebabkan penyanyi Darso begitu terinspirasi dengan Curug Cinulang. Mungkin saja karena keindahannya serta lokasinya yang masih alami. Berada di pegunungan membuat udara yang mengalir begitu sejuk. Dominasi warna hijau dari pepohonan dan rerumputan serta kesegaran air yang mengalir membuat sistem relaksasi tersendiri bagi tubuh. Anda perlu sesekali meluangkan waktu sekedar melihat pemandangan hijau untuk membuang penat dari badan dan pikiran Anda.

Ketika Anda merasa haus dan lapar setelah beraktivitas di air terjun, jangan khawatir karena ada beberapa warung yang menjajakan makanan dan minuman ringan apabila Anda tidak membawa bekal. Ada pula tempat yang bisa Anda gunakan untuk bersantai dan berfoto bersama rekan-rekan Anda. Jangan lupa untuk membawa baju ganti ketika Anda berniat berbasah-basahan di tempat ini.

Mitos Curug Cinulang

Mitos Curug Cinulang
by instagram @takaahmady

Dibalik keindahannya yang memesona, ada mitos secara yang turun temurun dipercaya oleh sebagian besar masyarakat maupun pengunjung, yakni perihal jodoh. Pengunjung yang datang dengan membawa serta pasangan kekasih, konon, hubungan tersebut akan kandas di tengah jalan dan tidak akan sampai pada jenjang pernikahan. Akan tetapi sebaliknya, pengunjung yang datang seorang diri, akan segera dipertemukan dengan jodohnya, baik dengan sama-sama pengunjung Curug Cinulang 2017 maupun bukan pengunjung. Unik bukan? Namun, yang tetap harus dipercaya mengenai hal ini adalah segala ketentuan hidup termasuk jodoh, sudah digariskan oleh Tuhan, sehingga jangan sampai wisata Anda ke tempat ini menjadi aktivitas ritual memohon-mohon kepada Curug agar diberikana jodoh. Wah, Anda salah besar.

Kabupaten Bandung yang terkenal dengan pesona wisatanya, membuat Anda tidak hanya membutuhkan waktu satu hari untuk bisa mencicipi indahnya sudut-sudut di Bandung. Agar kegiatan wisata atau liburan Anda semakin berarti, Anda bisa mengikuti paket wisata Bandung 3 hari 2 malam yang menyediakan tour ke berbagai tujuan di Kabupaten maupun Kota Bandung. Harga yang ditawarkan bermacam-macam sesuai dengan fasilitas yang Anda pilih serta tujuan wisata mana saja yang akan Anda kunjungi. Namun jika Anda memilih untuk melakukan perjalanan pribadi, ada satu tempat yang menjadi rekomendasi terutama jika Anda datang bersama pasangan, yaitu Caringin Tilu. Anda bisa menyaksikan pemandangan city light dari bukit bintang yang akan membuat kegiatan malam liburan Anda semakin berarti. Pilihan kedua yakni Teropong Bintang Bosscha. Sembari liburan, Anda bisa belajar banyak tentang tata surya dan mengamati langsung bintang gemintang menggunakan teropong. Selamat mencoba.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */