Surganya Wisata Indonesia

Spot Wisata Alam Curug Barong Pemalang

0
Spot Wisata Alam Curug Barong Pemalang
Nilai Artikel Ini

Curug Barong Pemalang – Tidak akan ada habisnya jika kita membicarakan keindahan dari Indonesia. Semua yang ada seakan memang tercipta untuk dinikmati, indah, segar, nyaman dan tidak membosankan, seperti itulah alam di nusantara ini. Bagi yang menyukai kegiatan alam pastilah setuju dengan hal tersebut, banyak pendaki yang rela melintasi jalan setapak demi setapak demi mensyukuri nikmat yang Maha Kuasa. Bukan hanya di daerah bagian Timur atau Barat saja yang memiliki wisata yang mengagumkan. Seluruh penjuru Indonesia memilikinya, jadi kita pantut berbangga untuk itu. Tempat wisata di Pemalang pun banyak yang menjadi pilihan.

Penginapan, Peta dan Tips Menuju Curug Barong Pemalang

Penginapan, Peta dan Tips Menuju Curug Barong Pemalang
Instagram by @ncheeseowenk

Salah satu keindahan yang patut diapresiasi kehadirannya adalah wisata air yang ada di Pemalang ini. Disini terdapat banyak sekali air terjun, dalam bahasa sunda untuk air terjun adalah curug. Banyak warga disini lebih mengenalnya sebagai curug. Diantara yang menjadi pilihan kunjungan adalah Curug Barong.

Dinamakan Curug Barong karena alamat Curug Barong Pemalang berada di Dusun Barong, Desa Simpur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang. Meskipun keberadaannya berdekatan bahkan banyak curug disekitarnya, Curug Barong memiliki keindahan dan keunikan tersendiri yang tidak dapat terelakkan begitu saja. Pemandangan hijau nan permai menjadi ciri khas daerah sekitar Curug Barong, karena memang letaknya ditengah hutan. Walaupun begitu, keamanan disini terjaga.

Ketinggian dari Curug Barong ini kurang lebih sekitar 25 meter dengan airnya yang deras dan segar. Letaknya yang berada di celah dua buah bukit menjadikan Curug Barong ini lebih eksotis dan memukau. Bebatuan yang memecah air yang jatuh membuat suara gemuruh dan kemericik yang khas, ditambah kicauan burung yang terbang kesana kemari menjadikan aura di lokasi ini lebih hidup. Pengunjung dapat melakukan kegiatan berenang, dan bermain di sepanjang aliran air dari Curug Barong ini.

Kunjungi :  12 Tempat Ngopi di Jakarta yang Terkenal 24 Jam

Tidak lupa sejuknya pepohonan yang rimbun membuatnya semakin nyata. Jika bisa diibaratkan, Curug Barong ini merupakan tempat yang cocok untuk syuting film. Untuk masuk ke dalam Curug Barong tidak perlu membayar retribusi alias gratis. Wah, memang masih sangat alami.

Peta menuju Curug Barong dan fasilitas

Peta menuju Curug Barong dan fasilitas
Instagram by @ditasherlybelinda

Curug Barong terletak kurang lebih 51 km dari pusat kota Pemalang, lebih tepatnya di sebelah Tenggara Kota. Jika dari Kecamatan yaitu Belik, jarak yang harus ditempuh sekitar 8 km. Untuk menuju lokasi lebih nyaman jika menggunakan kendaraan pribadi, karena untuk transportasi umum belum ada yang sampai lokasi. Jika ada, pun ojek dan tidak setiap waktu ada ojek yang siap. Meskipun menggunakan kendaraan pribadi lebih enak lagi menggunakan kendaraan roda dua karena jalur yang dilalui lumayan berkelok-kelok. Bagi yang belum terbiasa hendaklah berhati-hati.

Tetapi dibalik jalannya yang seperti itu, pengunjung akan menemukan sensasi yang luar biasa indahnya, pemandangan alam yang hijau disepanjang perjalanan pastilah menyita pandangan serta membuat hari menjadi lebih menyenangkan. Untuk menuju ke lokasi air terjun, dari tempat parkir pengunjung harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 3 km. Jadi akan lebih baik jika datang dalam kondisi fit, karena area trekking yang dilewati lumayan panjang dan terjal. Dibawah ini ada maps menuju lokasi, setidaknya bisa menjadi acuan saat berkunjung. Simak secara seksama peta Curug Barong Gunung Jaya Kabupaten Pemalang Jawa Tengah.

Sepanjang perjalanan menuju ke Curug Barong pengunjung akan melakukan trekking nantinya, akan banyak medan yang mungkin susah dilalui karena kanan dan kirinya tebing, jadi harus selalu konsentrasi dan waspada. Tidak perlu risau, disini terdapat fasilitas yang dibuat pengelola untuk pengunjung yang datang, mulai dari kamar mandi, area parkir, tempat istirahat dan mushola. Semua ada disini, jadi tidak perlu banyak khawatir untuk beberapa hal itu.

Kunjungi :  7 Tempat Makan Paling Enak di Jogja Harga Mahasiswa

Tips mengunjungi Curug Barong

Tips mengunjungi Curug Barong
Instagram by @oriqul_ajis_02

Bagi pengunjung yang datang, lebih baik menggunakan kendaraan pribadi yaitu sepeda motor, membawa jas hujan guna antisipasi jika hujan tiba-tiba datang karena terletak di pegunungan. Datanglah saat hari cerah karena pemandangan akan semakin indah. Pakailah alas kaki yang cocok untuk medan terjal maupun landai, yang terpenting nyaman dipakai.

Karena tidak ada warung makan yang berada disekitar lokasi, hendaklah membawa bekal makan dari rumah, dan bawalah air putih karena saat trekking selama melakukan perjalanan ke Curug Barong mungkin akan menyita banyak energi apalagi yang belum terbiasa. Bagi yang memiliki penyakit khusus bawalah sendiri obat dari rumah. Dan demi keamanan, harap selalu berhati-hati, jika merasakan lelah akan lebih baik jika beristirahat terlebih dahulu baru meneruskan perjalanan. Dan dijamin pengalaman ke Curug Barong akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan dan memuaskan.

Penginapan terdekat dari Curug Barong

Penginapan terdekat dari Curug Barong
Instagram by @indamrdya

Disini ada beberapa pilihan penginapan yang mungkin bisa menjadi pilihan saat datang ke Curug Barong. Satu yang paling terkenal dan menjadi andalan adalah Green Valley Resort, disini menyediakan kamar dengan berbagai harga sesuai tipenya dengan parkir dan wifi free. Untuk harga superior room dibandrol seharga Rp. 355.000,00, untuk eksekutif room seharga Rp. 540.000,00 dan untuk deluxe room seharga Rp. 650.0000,00.

Curug Lain di Kabupaten Pemalang

Curug Lain di Kabupaten Pemalang
instagram by @ditasherlybelinda

Selain Curug Barong, di Pemalang masih terdapat banyak curug lainnya yang tak kalah indahnya dengan Curug Barong. Diantara yang ada adalah :

  • Curug Sibedil, merupakan salah satu curug yang ada di Desa Sima, Kecamatan Moga. Keindahan yang ada akan tampak saat musim penghujan tiba, karena untuk beberapa waktu, seperti musim kemarau debit air tidak terlalu besar sehingga dapat dikatakan kering dan juga kolam yang ada dibawah air terjun nampak keruh.
  • Curug Kidang, disini air terjun yang letaknya masih menjadi perbincangan, ada yang mengatakan berada di Desa Girimulya yang ada di Kecamatan Pedagung, ada juga yang mengatakan berada di Kecamatan Watukumpul, tepatnya di Desa Bodas.
  • Curug Lawang, hampir sama seperti Curug Barong yang diapit oleh dua bukit, tapi keindahan yang ada tidak dapat disamakan, disini pengunjung dapat melihat air terjun dengan ketinggian 12 m dan terletak di Desa Mndelem, Kecamatan Belik, sedikit jauh dari Curug Barong.
  • Curug Sejajar, merupakan salah satu andalan di Pemalang, letaknya juga tidak terlalu jauh dari Curug Barong, berada di Desa Badak, Kecamatan Belik. Dinamakan Curug Sejajar karena disini terdapat dua buah curug yang letaknya berdampingan yang dibatasi oleh batu-batuan yang memebentuk suatu perbukitan kecil. Rute menuju ke lokasi mudah jadi tidak heran jika banyak pengunjung yang datang ke tempat ini.
  • Curug Bengkawah, merupakan salah satu yang terkenal pula, keberadaannya sudah menjadi pilihan tersendiri bagi pengunjung yang hendak datang. Terletak di Desa Sikasur, Kecamatan Randudongkal, sudah banyak papan penujuk arah untuk sampai ke lokasi. Tidak perlu khawatir.
  • Curug Duwur, menjadi air terjun yang kepopulerannya masih menanjak dan terus menanjak, hal ini dibuktikan dengan seringnya pengunjung datang untuk menikmati keindahan yang ada. Ditambah dengan pemandangan sawahnya yang luas dan trekking hanya 30 menit akan membuat pengunjung lebih bersemangat.
  • Curug Silawet Moga, berada di Desa Wangkelang, Kecamatan Moga. Keberadaannya yang cukup jauh dari jangkauan membuat pengunjung yang datang tidak terlalu banyak.
Kunjungi :  43 Tempat Wisata Baru di Kabupaten Tulungagung Jawa Timur

Demikian uraian singkat tentang Curug Barong. Jangan lupa untuk memasukkan daftar Curug Barong sebagai destinasi wisata Anda selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */