Surganya Wisata Indonesia

Mendaki Gunung Lawu? Kunjungi Juga Cemoro Sewu Magetan

0
Mendaki Gunung Lawu? Kunjungi Juga Cemoro Sewu Magetan
Nilai Artikel Ini

Jalan Tembus Wisata Cemoro Sewu Magetan

Jalan Tembus Wisata Cemoro Sewu Magetan
Instagram by @amqjoe

Cemoro Sewu Magetan – Siapa yang tidak mengenal kota kaki gunung? Mungkin saja istilah tersebut belum ramah di telinga Anda. Tapi, bagaimana jika disebutkan tentang Telaga Sarangan? Nah, wisata andalan satu ini pasti sudah pernah Anda ketahui ya. Mari berwisata ke kota the nice of java. Kabupaten Magetan. Kabupaten ini merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan provinsi jawa tengah. Magetan mendapat julukan kota kaki gunung karena hampir keseluruhan wilayahnya yang berada di wilayah pegunungan, tepatnya di lereng gunung lawu. Ada begitu banyak tempat di Magetan yang dijadikan tujuan wisata. Salah satu wisata Magetan yang banyak dikenal adalah wana wisata Cemoro Sewu.

Wisata Cemoro Sewu karanganyar adalah sebuah tempat wisata alam hutan atau wana wisata (wana, dalam bahasa jawa dibaca wono) yang berada di lereng gunung lawu. Gunung lawu ini membentang di dua provinsi, yakni perbatasan jawa tengah dan Jawa Timur. Gunung lawu merupakan salah satu gunung berapi yang ada di Indonesia, hanya saja, saat ini statusnya dalam keadaan istirahat. Tercatat, gunung lawu ini terakhir kali meletus pada lebih dari 130 tahun yang lalu. Ketinggian gunung ini mencapai 3.265 meter di atas permukaan laut, dan masuk pada urutan nomor 76 gunung berapi tertinggi dunia.

Secara administratif, wisata Cemoro Sewu berada di desa ngancar, kecamatan plaosan, kabupaten Magetan, provinsi Jawa Timur. Anda bisa menghidupkan perangkat GPS atau membuka aplikasi google maps untuk memandu Anda sampai ke lokasi Cemoro Sewu. Atau jika tidak, Anda masih bisa menemukan lokasi dengan mengikuti plang penunjuk jalan yang sudah terpasang di sepanjanh perjalanan.

Kunjungi :  9 Oleh Oleh Khas dari Bengkulu yang Wajib Untuk Dibeli
Wisata Cemoro Sewu
Instagram by @dety.re

Wisata Cemoro Sewu tawangmangu merupakan satu dari sekian banyak tempat wisata yang berada di lereng gunung lawu. Bahkan, Cemoro Sewu sendiri memiliki aneka wahana wisata yang dapat didatangi oleh wisatawan. Berbicara mengenai Cemoro Sewu, ternyata di Jogjakarta, ada pula nama tempat wisata dengan nama yang sama, hanya berbeda pada ejaan tulisan. Tempat tersebut adalah pantai Cemoro Sewu sarangan atau kebanyakan orang menyebut dengan pantai cemara sewu, sebuah wisata pantai yang terdapat di kabupaten bantul. Jangan sampai Anda salah paham. Di Magetan, Cemoro Sewu adalah wisata hutan, bukan pantai. Jelas karena Magetan berada di wilayah pegunungan, di tengah-tengah daratan, bukan daerah pesisir. Namun, di Jawa Timur sendiri memang terdapat pantai dengan nama pantai Cemoro Sewu, yaitu pantai di perairan laut selatan yang terdapat di kabupaten tulungagung, provinsi Jawa Timur. Sama seperti pantai cemara sewu di bantul Jogjakarta, pantai Cemoro Sewu tulungagung juga dihiasi dengan rimbunnya pohon cemara di tepi pantainya.

Cemoro Sewu Magetan digunakan sebagai gerbang pertama pendakian ke gunung lawu. Disebut Cemoro Sewu, karena tempat ini ditumbuhi banyak sekali pohon cemara yang rindang dan hijau. Cocok sekali sebagai tempat alternatif untuk beristirahat dan bersantai. Suasana yang sejuk, nyaman, dan tenang menjadi hal utama yang ada di Cemoro Sewu kabupaten Magetan ini. Lokasi yang berada di lereng gunung membuat latar belakang tempat wisata ini adalah berupa lebatnya pepohonan yang semakin terlihat meninggi ke atas.

wana wisata Cemoro Sewu
Instagram by @mam0z

Kini, setelah selesainya program pembuatan jalan tembus Cemoro Sewu sarangan selesai, akses menuju tempat rekreasi ini semakin mudah, karena terletak di sekitar lokasi jalan provinsi Jawa Timur menuju provinsi jawa tengah. Anda sudah tidak dibuat sulit lagi untuk menemukan letak wisata hutan Cemoro Sewu ini. Di samping rutenya yang kian mudah, terdapat pula penunjuk jalan yang siap mengantar Anda sampai ke gerbang Cemoro Sewu.

Kunjungi :  Lokasi dan Jalan Menuju Kosakora Pantai Drini

Wana wisata Cemoro Sewu memiliki tempat wisata alam yang masih tersembunyi, yaitu air terjun Cemoro Sewu. Air terjun ini berada pada jarak 1.5 kilometer dari gerbang Cemoro Sewu. Sebenarnya, air terjun ini belum memiliki nama. Hanya saja karena memang lokasinya yang berada ditempat wisata Cemoro Sewu, dipakailah nama air terjun Cemoro Sewu agar mudah dalam mengingat. Terdapat dua wisata air terjun di tempat ini. Air terjun pertama memiliki debit air yang sedang dengan ketinggian 20 meter. Air terjun kedua berada tidak jauh dari air terjun pertama. Debit airnya lebih deras dengan ketinggian yang hampir sama.

Wisata air terjun ini benar-benar masih gadis alias perawan. Belum banyak wisatawan yang menjamah tempat ini. Anda harus benar-benar jeli dan memperhatikan atau mencatat dengan seksama, jalan yang Anda lalui untuk bisa sampai di tempat ini. Jangan sampai Anda tersesat karena salah jalan. Mengambil foto selama perjalanan maupun menandai jalan-jalan yang terlewati bisa saja menjadi ide bagus, agar Anda dapat kembali pulang dengan baik. Atau jika Anda menemui salah seorang warga yang kebetulan sedang melewati daerah tersebut, Anda bisa bertanya, kemana arah jalan terbaik yang bisa dilalui.

Wisata Cemoro Sewu tawangmangu
Instagram by @yusiearyn

Selain air terjun tersebut, terdapat wahana wisata lainnya yang bisa Anda nikmati. Telogo pasir. Di telogo pasir ini, Anda bisa menikmati wahana becak air maupun menaiki boat. Suasana yang dingin, menambah kemeriahan para wisatawan yang saling beradu dalam mengayuh becak di atas air. Atau jika Anda menaiki boat, Anda akan merasakan udara yang semakin dingin menusuk tulang.

Tempat yang berada di ketinggian kisaran 1.900 meter di atas permukaan air laut ini juga menyediakan taman-taman sederhana yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung sebagai tempat bersantai bersama keluarga sambil menikmati kuliner. Kuliner khas Cemoro Sewu yang paling terkenal adalah sate kelinci. Banyak pedagang-pedagang kecil yang menjajakan kuliner sate kelinci tersebut. Wisatawan bisa duduk bersantai sambil menunggu hidangan matang.

Kunjungi :  Lokasi dan Rute Menuju Pantai Gesing Gunung Kidul

Fasilitas lain yang disediakan oleh pengelola diantaranya masjid, taman bermain bagi anak-anak, toilet untuk mandi, cuci, kakus, rumah makan, tempat untuk berkemah, area parkir kendaraan, tempat istirahat, dan lain-lain.
Anda yang berkeinginan untuk berwisata ke Cemoro Sewu, Anda bisa datang dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Namun bagi Anda yang berangkat dengan kendaraan umum, jangan khawatir, jalan menuju Cemoro Sewu Magetan sudah terjangkau oleh transportasi umum. Anda bisa menaiki bus maupun angkutan kota yang dapat mengantar Anda menuju lereng lawu ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */