Pemandian Air Panas Candi Umbul Cuma Bayar 3000 Saja

0

Candi Umbul, Pemandian Air Panas Cuma Bayar 3000 Saja – Magelang, salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Jogjakarta. Kalau mau berbicara soal wisata, bisa dikatakan Jogja dan Magelang menjadi satu paket. Yup, di Kabupaten Magelang ini lah mungkin belum banyak wisata yang dikenal. Kalau mau bahas-bahas wisata pemandian, nggak hanya Cuban Rondo, Malang aja yang perlu dikunjungi. Pasalnya di Magelang, ada pemandian air panas yang juga nggak boleh dilewatin begitu aja, yaitu Candi Umbul.

Candi Umbul Magelang
by instagram @yosafat240385

Candi Umbul memiliki keunikan jika disandingkan dengan pemandian air panas yang terdapat di daerah lain, bahkan di jepang yang terkenal dengan pemandian air panas yang super banyak itu. Sesuai namanya Guys, pemandian yang terletak di desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini merupakan sebuah situs purbakala yang berupa Candi yang dibangun di area sumber air hangat.

Sekali lagi, berbicara soal wisata pemandian air panas, Candi Umbul Magelang yang merupakan situs purbakala ini, terkenal dengan asal-usul dari kata Umbul sendiri yang dalam bahasa Jawa, karena sumber air yang keluar dari dasar kolam selalu menyembul seperti gelembung-gelembung atau biasanya disebut “mumbul” yang artinya naik.

Untuk kalian ketahui aja, Guys! Kolam di situs ini terbagi menjadi dua tempat loh. Yang pertama terletak dibagian atas, yaitu merupakan kolam air panas yang mengandung belerang. Sementara kolam kedua yang lebih rendah berisi air dingin. Keseluruhan dinding kolam terbuat dari lapisan batu andesit. Di jamannya, kolam ini menjadi tempat pemandian para keluarga bangsawan. Sejumlah batuan situs berjejer di tepi kolam, seakan menggambarkan berbagai relief tumbuhan, binatang dan juga stupa bagian puncak Candi. Secara keseluruhan nih, obyek wisata Candi Umbul masih menampakan nuansa  sejarahnya. Keberadaan pondasi yang ada disetiap sudut dasar kolam merupakan tiang penyangga atap pelindung. Kemudian batuan lain berbentuk lingga datar, batu itu merupakan alas duduk untuk bersemedi. Kalian boleh Guys! Mencoba duduk bersemedi disana, siapa tahu aja mendapatkan ilham untuk perkara karier maupun jodoh. Hehehe…

Kunjungi :  5 Tempat Wisata Alam di Solo Banyak Diminati

candi umbul

Dari relief-nya dan beberapa petilasan bentuk lingga dan yoni dibeberapa titik membuktikan bahwa Candi Umbul menampakan Candi yang bercorak Hindu. Jika kita melihat sejarah perkembangan Kerajaan Mataram Kuno, kemungkinan besar Candi Umbul dibangun oleh Dinasti Sanjaya yang juga beragama Hindu. Namun, masih ada yang beranggapan bahwa Candi Umbul merupakan peninggalan Dinasti Syailendra.

Yang unik lagi dari Candi Umbul Grabag Magelang nih, Guys! Kolam pemandian air panas-nya nggak ada bau belerang seperti sumber air panas di obyek wisata air panas lainnya  loh. Para pengunjung pemandian dapat berpuas-puas berendam tanpa menanggung resiko.

Belerang yang terdapat dalam pemandian air panas mengandung manfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit loh dan suhu airnya Guys! Bisa menjadi terapi tulang dan pelancaran peredaran darah. Ampuh nggak? Coba aja dulu.

Kunjungi Tempat Wisata di Magelang Lainnya : 

Nah Guys! Candi Umbul dikelilingi oleh beberapa gunung yang mana salah satunya adalah Gunung Andong, dan inilah yang menjadikan daerah pemandian air panas ini sangat sejuk dan juga nyaman. Kalian pasti akan betah berlama-lama berendam di air hangat di tengah suasana udara yang sejuk karena air-nya nggak terlalu panas. Selain sejuk dan unik, tempatnya juga bagus, bersih dan tiketnya dijamin murmer alias murah meriah Guys! Cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 3.000 aja, kalian bisa ngerasain rileksnya pemandian Candi Umbul. Alamat Candi Umbul di arah Grabag ya Guys! Kalau kalian dari Jogja bisa mencari perempatan Secang dan lurus kearah Semarang hingga menemukan pertigaan Desa Krincing dan belok ke arah Grabag mengikuti papan penunjuk arah menuju Candi Umbul. Sampai deh, Guys!

Kunjungi :  Yuk Ngetrip ke Pulau Sempu Malang Jawa Timur

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */