Sunset dan Harga Tiket Candi Ratu Boko Jogja

0

Candi Ratu Boko – Siapa yang suka berburu sunset ? Fenomena alam ini hampir diburu oleh para pecinta fotografi ataupun orang yang suka memandangi pesona alam. Ada banyak tempat di Yogyakarta yang bisa digunakan untuk tempat mlihat sunset. Salah satunya adalah Candi Ratu Boko. Mau tahu lebih lengkap tentang sunset di tempat ini? Simak ulasan tentang Sunset dan Harga Tiket Candi Ratu Boko Jogja di bawah ini.

Sunset Di Candi Ratu Boko
Instagram by @ybamsc

Lokasi Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko adalah sebuah situs purbakala yang berada di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Candi ini berjarak sekitar 18 km sebelah timur dari pusat kota Yogyakarta.

Alamat Candi Ratu Boko tidak begitu sulit ditemukan. Untuk mencapai lokasi wisata candi Ratu Boko ini, jika Anda berasal dari pusat kota Yogyakarta, Anda bisa langsung mengambil arah ke jalan Solo.

Rute Candi Ratu Boko adalah ketika Anda sampai di Jalan Solo kira-kira di jalan Solo km 17, atau sudah sampai di dekat candi Prambanan. Anda ambillah arah ke pasar Piyungan. Setelah itu, sekitar 5 menit maka Anda akan menemukan tanda parkir menuju candi ratu boko.

Situs purbakala Candi Ratu Boko Jogja sendiri menempati area seluas 25 hektar dan beraad pada pada ketinggian sekitar 196 meter dari permukaan laut. Tiket masuk Candi Ratu Boko Yogyakarta sendiri adalah Rp25.000 sudah termasuk parkir. Tapi harga tersebut hanya sampai pukul jam 3 sore saja.

Adapun harga tiket masuk Candi Boko Yogyakarta setelah pukul tiga sore adalah kategori tiket untuk menikmati sunset. Harganya jauh lebih mahal dari yang sebelumnya. . Harga tiket untuk paket Candi Ratu Boko Sunset adalah besar Rp 100.000.

Kunjungi :  Rute Pendakian, Harga Tiket dan Fasilitas di Kawah Ijen Banyuwangi
Ratu Boko Temple
Instagram by @didit_untoro

Untuk jam buka Candi Ratu Boko adalah pukul 06.00. Adapun jam tutup Candi Ratu Boko adalah pukul 5 sore. Setelah membayar tiket masuk Anda akan dihadapkan pada pada 2 pintu di Paduraksa dengan sebuah atap berbentuk Ratna yang fungsinya sebagai pintu masuk utama.

Ratu Boko terkenal sebagai tempat terbaik untuk menikmati sunset di Jogja. Lokasinya yang berada di perbukitan memungkinan Anda untuk melihat sunset dari candi ini. Dari Ratu Boko Anda bisa menyaksikan pemandangan sebagian kota Jogja.Lingkungan di sekitar Ratu Boko juga sangat asri dan alami.

Sebenarnya, istana Ratu Boko adalah peninggalan situs arkeologi yang berbeda dengan situs-situs lainnya. Banyak yang mengira kalau Istana Ratu Boko ini hanya berupa candi seperti halnya Prambanan dan Borobudur. Faktanya, Ratu Boko merupakan bekas kompleks istana yang terdiri atas beberapa bagian bangunan.

Pintu yang pertama terbuat dari batuan andesit, namun lantai dan tembok tangganya terbuat dari batu kapur putih halus. Karena dibangun dengan konstruksi batu andhesit maka Candi Ratu Boko sebenarnya lebih mirip dengan keraton.

Candi Ratu Boko
Instagram by @mr.kuy

Keistimewaan lain dari situs ini adalah adanya tempat di sebelah kiri gapura yang terdapat spot yang dinamakan Candi Pembakaran. Candi Pembakaran ini adalah tempat kremasi masyarakat yang beagama Hindu.

Sejarah Candi Ratu Boko

Sama halnya dengan candi-candi yang lain, ada legenda Candi Ratu Boko di balik berdirinya bangunan ini. Sejarah berdirinya candi ini adalah ada Raja yang bernama Prabu Dewatasari atau dikenal dengan nama Prabu Boko yang hidup di Kraton Prambanan.

Sekilas tentang sejarah adanya Candi ini, situs yang juga peninggalan kerajaan Mataram kuno ini bermula dari seorang dari Belanda. Orang ini bernama H.J De Graff yang pada abad ke-7 ia mencatat bahwa orang-orang Eropa yang datang ke Jawa telah memberitahu bahwa ada peninggalan sejarah purbakala.

Kunjungi :  34 Tempat Nongkrong 24 Jam di Bandung yang Hits

Mereka mengatakan bahwa telah ditemukannya reruntuhan bangunan istana di Bokoharjo. Menurut catatan sejarah, kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-8 ini telah digunakan oleh dinasti Syailendra yani Rakai Panangkaran. Jauh sebelum zaman raja Samaratungga, pendiri candi Borobudur dan Rakai Pikatan pendiri Prambanan.

Keindahan Candi Ratu Boko
Instagram by @noseisa

Namun ada misteri Candi Ratu Boko yang lain bahwa sesungguhnya Prabu Boko adalah seorang perempuan, yakni permaisuri Raja Prambanan yang bernama asli Prabu Prawatasari. Prabu Boko ini adalah perempuan titisan raksasa yang bernama Buto Nyai.

Walau demikian, kecantikan Buto Nyai konon saat itu tidak ada yang bisa menyaingi di wilayah Jawa Tengah kala itu. karena postur badannya yang ingi dan melebihi rata-rata tinggi orang dewasa itulah ia juga mendapat nama julukan Roro Jonggrang.

Setelah melahirka putranya, Prabu Boko memiliki kebiasaan buruk, yakni memakan daging manusia sebagai tumbal kesaktiannya. Karena perbuatan buruknya itulah, ayahnya sang Raja Prabu Dewatasari marah dan murka. Ia memerintahkan Prabu Boko untuk meninggalkan istana. Kepergian sang permaisuri ini membuat raja dan sang bayi sedih. Hingga akhirnya dibuatlah patung dari batu yang menyerupai istrinya dan yang dikenal dengan Candi Ratu Boko.

Ya, seperti itulah mitos Candi Ratu Boko yang dikenal sebagai legenda rakyat. Entah benar atau tidak, meskipun sejarahnya begitu menyeramkan tetapi keindahan panorama candi Ratu Boko tidak bisa diragukan lagi. Karena letak candi boko ini berada di atas Bukit Seribu dengan ketinggian kurang lebih 200 meter dari permukaan laut. Maka tempat ini sering diburu untuk menikmati sunset.

Oh ya di tempat ini Anda bukan hanya bisa menikmati sunset yang indah saja. Di tempat ini pula Anda bisa melihat candi Prambanan. Selain candi Prambanan, Anda juga bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu yang tampak megah dan indah. Separuh Kota Yogyakarta juga terlihat jelas tempat ini.

Kunjungi :  Eksotiknya Karang dan Pemandangan Alam Pantai Sidem Tulungagung
Keraton Ratu Boko
Instagram by @thenotsofamous

Selain candi ratu boko, adapula Prambanan, Sambisari dan juga Kalasan yang letaknya tidak jauh dari tempat ini. Jalan menuju Candi Kalasan sama halnya dengan jalan menuju candi ratu boko.

Nah, sebenarnya ada banyak sekali destinasi obyek wisata di Sleman. Apalagi candi-candi di sekitar Sleman ini. Anda bisa berkunjung ke salah satu candi terbesar yang ada di Indonesia ini. Ya, ada candi Prambanan yang terletak tidak jauh dari ratu boko. Adapula cerita rakyat Candi Prambanan di balik berdirinya bangunan megah tersebut.

Memang yang namanya situs purbakala pasti memiliki sejarah dan cerita di balik berdirinya bangunan tersebut. Tidak hanya candi Ratu Boko yang juga memiliki cerita dan mitos. Tetapi prambanan pun juga mempunyai cerita rakyat yang tak kalah menariknya.

Selain berkunjung ke candi, tidak ada salahnya jika Anda membaca artikel kami sebelumnya tentang Pantai Seruni Wonosari dan Rute Pantai Greweng Wonosari. Dua pantai tersebut cocok sekali untuk tempat tujuan Anda berlibur bersama keluarga, teman-teman ata pasangan Anda. Keindahan pantai yang ada di Gunung Kidul memang tidak adayang bisa mengelak.

Mungkin hanya itu yang bisa kami ulas dari Sunset dan Harga Tiket Candi Ratu Boko Jogja. Selamat menikmati sunset yang indah da mempesona di candi Ratu Boko ini. Dan jangan lupa abadikan momen terindah Anda bersama sunset ini ke dalam gambar ya.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */