Candi Pawon, Candi Mungil dengan Lubang Anginnya

0

Candi Pawon, Candi Mungil dengan Lubang Anginnya – Guys! Udah pada tahu belum kalau Candi Pawon menjadi titik tengah dari Candi Borobudur dengan keunikan lubang angin di dindingnya serta kisah asal-usul namanya? Nih ya Guys!  Jika kalian berkunjung ke Candi Mendut, mampirlah sebentar ke Candi satu ini , ya meskipun terkesan mungil, Candi Budha ini memiliki arsitek yang beda jika dibandingkan dengan Candi Mendut atau Candi Borobudur. Pada Candi Pawon, terdapat sebuah bilik kecil yang emang menarik yaitu keberadaan lubang anginnya.

candi-pawon-magelang
by instagram @tetriwidiyani

Lubang angin ini masih menjadi misteri loh Guys! hingga saat ini. Ada beragam makna sih terhadap nama Candi Pawon itu sendiri. Kalau dalam bahasa Jawa kita tahu kata Pawon berarti dapur. Bagi masyarakat sekitar, menyebutnya sebagai pawuanyang, yang berarti tempat pembakaran.

Candi yang memiliki nama lain Candi Branjalan ini jaraknya hanya sekitar 1.750 meter loh dari Candi Borobudur. Nggak hanya itu aja, Candi Pawon dikenal dengan Arca Buddha yang raksasa. Branjalan kalau dalam sansekerta berarti vajra (halilintar) dan anala (api). Candi Pawon merupakan monument Buddha yang dibangun menggabungkan arsitek Hindu Jawa kuno dan India sih. Candi ini pernah kok dipugar pada tahun 1903.

 candipawon

Saat kalian mengunjungi wisata sejarah ini, dan memasuki area Candi, kalian pun akan melihat deretan stupa kecil yang terdapat di atapnya, berbentuk limas. Dindingnya terpahat pohon hayati yang diapit pundi dan kinara-kinari atau bisa disebut sebagai mahkluk berkepala manusia dan berbadan burung. Manusia burung dong. Hehehe.. Kalian tahu nggak Guys! Kalau motif pahatannya itu mirip pahatan Candi yang lainnya, dan sebuah penelitian telah menyebutkan relief di Candi Pawon itu merupakan awal dari relief Candi Borobudur Guys!

Kunjungi :  Menengok Wisata Alam Bleduk Kuwu Grobogan Jateng

Yup, keberadaan lubang angin di Candi Pawon emang menjadikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat di sekitar. Mereka percaya ada kemungkinan tentang fungsi daripada Candi Pawon. Dimulai lokasi kremasi para raja serta sisa-sisa ritual keagamaan.

Candi pawon berdiri dan menjadi sebuah keunikan loh. Bagi para pecinta fotografi, selain di Ketep Pass Magelang. Candi ini juga cocok dijadikan view sekedar potrat-potret. Diarea sekitaran Candi banyak rumput hijau. Hal tersebut jadi kelebihan sendiri lah bagi kalian yang seneng selfie. Asyik banget loh Candi Pawon ini sebagai tempat berekreasi.

 candi pawon

Oh ya, Guys! Pengelolah Candi Pawon melengkapi toko souvenir di kawasan Candi loh. So, bagi kalian yang ingin membeli oleh-oleh untuk kerabat bisa kok mampir. Semuanya handmade yang berupa miniatur candi-candi yang unik. Kerajinan Magelang menarik deh Guys!

Kunjungi Tempat Wisata di Magelang Lainnya : 

Nggak hanya itu aja Guys! Jika kalian berniat menginap di kawasan Borobudur, ada hal-hal yang menarik untuk dilakukan nih, yaitu tour de temples, alias gowes keliling tiga Candi dengan tour mengelilingi komples ketiga Candi memberi kalian sebuah pengalaman yang menarik loh. Coba aja lagi Guys! Di kawasan Candi juga banyak andong dan becak. Tiket masuk ke Candi nggak mahal kok, cukup Rp. 3.300. Murmer banget kan? Masih nggak yakin mau menghabiskan akhir pekan ke Candi Pawon? Sayang loh, kalian hanya tahu nama Candi-nya tapi nggak datang melihat langsung. Itu nggak hanya sebagai tempart rekreasi doing sih, tapi juga merupakan peninggalan sejarah kita Guys! Nggak usah banyak mikir-mikir langsung cus aja ke sana ya, ajak semua temen, kerabat atau gebetan kalian buat rekreasi bareng. Selfie-selfie ria, berekspresilah dengan gaya yang bebas, sepuas hati kalian Guys!

Kunjungi :  Sejarah dan Letak Cagar Alam Pulau Burung

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */