Surganya Wisata Indonesia

Candi Gedong Songo Semarang, Wisata Alam dengan View Eksotik

0

Candi Gedong Songo Semarang? Candi apa ini? Emang Semarang punya Candi? Para pelancong, jangan gitu dong. Semarang punya Candi yang nggak kalah bagus kok dari wisata di jogja. Candi Gedong Songo Semarang, merupakan candi yang berada di komplek bangunan peninggalan budaya Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang dan lokasinya berada pada bukit pegunungan Ungaran dengan ketinggian 1200 DPl, serta suhu 19-27 derajat Celcius.

candi-gedong-songo
by instagram @wanti_elviany

Lokasi  Candi Gedong Songo nggak terlalu sulit untuk di akses kok. Para pelancong dari pusat kota semarang cukup menuju ke arah selatan lalu ke Ungaran kemudian lanjut ke bandungan dan sampai di Gedong Songo kok. Guys! Perjalanan mungkin dapat menempuh waktu satu jam penuh.

Peta Candi Gedong Songo

Untuk mencapai ke Candi Songo, para pelancong tetap harus berhati-hati, sebab jalan menuju sana terbilang masih sempit dan berkelok-kelok apalagi disaat para pelancong akan memasuki gapura komplek Candi Gedong Songo. Jalannya masih menanjak dan juga cukup tinggi. Tapi Guys, jangan kawatir, setelah sampai ke lokasi, kalian para pelancong akan disuguhi pemandangan alam yang super menarik. Pegunungan-pegunungan yang membentang luas meyakinkan kita bahwa betapa menakjubkan mahakarya Tuhan. Nggak hanya itu aja sih, Guys! Komplek Candi ini juga dikelilingi deretan gunung Merbabu, Gunung Temoloyo, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dengan beragam keindahan di sekitar lokasi, membuat wisatawan nggak bakalan bosen deh. Para pelancong betah berlama-lama berada di lokasi. Selain itu, lokasi ini juga terdapat sumber air panas yang lokasinya memang berada di Candi Gendong empat dan Candi Gedong tiga. Asyik ya, para pelancong bisa menggunakan air panas di tengah-tengah dinginnya cuaca.

Kunjungi :  6 Tempat Wisata Alam di Bogor untuk Sekeluarga
candi-gedong-songo-semarang
by instagram @shellafuribiru

Tempatwisataindonesia bakal sedikit mengulas sejarah Candi Gedong Songo ini ya. Candi tersebut sudah berdiri sejak tahun 1740 saat Sir Thomas Stamford Raffles menemukan komplek bangunan Candi tersebut. Saat awal ditemukannya komplek Candi, hanya ada tujuh bangunan Candi saja. Maka saat itu dinakamannya Candi Pitu. Pitu yaitu angka tujuh dalam bahasa jawa. Pada masa penjajahan para tentara Belanda di Semarang, seorang arkeolog berkebangsaan Belanda bernama Van Stein Callenfels pada tahun 1908-1911 melaukan sebuah penelitian yang tempatnya di lokasi Candi Gedong Pitu yang kini telah banyak dikenal dengan sebutan Candi Gedong Songo. Sang arkeolog menambahkan dua bangunan Candi di komplek Candi tersebut. Songo sendiri angka Sembilan dari bahasa jawa. Saat itu pun pemerintah Belanda di tahun 1928-1929, komplek ini sudah mengalami pemugaran untuk pertama kalinya dan di tahun 1977-1983 kembali mengalami pemugaran dari pemerintahan Indonesia. Wah berarti udah di akui dong Candi tersebut.

Duh, Guys! Selain budaya dan sejarahnya, Candi Gedong Songo ini udaranya sejuk banget loh. Para pelancong bakalan ngerasain angin sepoi-sepoi. Dan kalian harus tahu juga sih, kalau kawasan Candi emang keren banget. Para pelancong bisa menaiki kuda sambil menikmati fasilitas yang telah disediakan. Suasana pun mendukung, nggak salah lagi kalau banyak yang berdatangan ke kawasan Candi ini.

gedong-songo
by instagram @milarosinta

Tiket masuk Candi Gedong Songo nggak mahal kok. Cukup dengan mengeluarkan Rp. 6.000 aja udah bisa menikmati keindahan Candi. Untuk pelancong asing alias turis bisa mengeluarkan Rp. 50.000 agar bisa menikmati view di tempat ini, Guys! Untuk naik kuda tadi gimana? Ada jasa paket wisata untuk itu.

  1. Wisata desa Rp. 25.000 (asing Rp.35.000)
  2. Menikmati air panas Rp. 60.000 (asing Rp.70.000)
  3. Menuju candi dua Rp. 40.000 (asing Rp.50.000)
  4. Paket candi songo Rp. 70.000 (asing Rp.90.000)
Kunjungi :  Rekomendasi 20 Tempat Wisata di Rembang Jawa Tengah

Kunjungi Tempat Wisata di Semarang Lainnya : 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */