Pesona Bukit Cumbri Wonogiri Jawa Tengah

0

Bukit Cumbri – Wonogiri mempunyai banyak wisata alam yang sangat mempesona. Ada pantai, goa, gunung, air terjun sampai perbukitan. Di antara tempat wisata yang mempesona itu adalah Bukit Cumbri. Ya Pesona Bukit Cumbri Wonogiri Jawa Tengah sangat indah dan direkomendasikan bagi Anda. Jika Andaerkunjung ke Bukit Cumbri , dari puncaknya Anda bisa menikmati jejeran perbukitan yang begitu indah.

Pesona Keindahan Bukit Cumbri dari atas Puncak
Instagram by @bukitcumbri

Bukit Cumbri sendiri terletak di antara perbatasan provinsi perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, yakni tepatnya di Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri. Bukit Cumbri juga masuk di Desa Pager Ukir, Kecamatan Sampung, Kota Ponorogo. Ya, memang Bukit Cumbri ini berada di lokasi yang merupakan daerah yang terbagi ke dalam 2 wilayah, yakni Wonogiri dan Ponorogo.

Rute Menuju Bukit Cumbri

Jika ingin menuju Bukit Cumbri dari Solo, jalur yang bisa Anda tempuh adalah melalui rute Solo-Wonogiri-Purwantoro-Desa Biting. Tapi jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menggunakan bus AKDP jurusan Purwantoro-Solo kemudian Anda bisa turun di terminal Purwantoro dan naiklah ojek.

Atau jika Anda dari jalur Madiun, rute yang bisa Anda lalui adalah Madiun-Ponorogo-Purwantoro-Desa Biting. Bagi yang menggunakan kendaraan umum Bus Madiun Ponorogo-Ponorogo ke Purwantoro lalu turunlah di perbatasan Jawa Tengah- Jawa Timur.

Puncak Cumbri berada pada ketinggian 638 MDPL , dari puncak inilah menampakkan pesona alam yang begitu indah. Dari atas puncak Bukit Cumbri Wonogiri Jateng akan disuguhi relief batuan yang begitu unik sertatebing tinggi yang terjal.

Untuk bisa menuju Bukit Cumbri kepyar kabupaten Wonogiri Jawa Tengah, Anda harus menyusuri jalan Wonogiri menuju Ponorogo atau Purwantoro ke Ponorogo. Anda tidak usah khawatir jalan yang Anda lalui buruk, karena jalan menuju ke bukit ini sudah lumayan bagus.

Kunjungi :  21 Tempat Wisata di Blora Jawa Tengah Terbaik
Puncak Cumbri
Instagram by @bukitcumbri

Yang perlu Anda persiapkan adalah kendaraan Anda dalam keadaan baik-baik saja, sebab seperti yang diketahui sendiri, jalan menuju bukit akan menemui banyak tanjakan dan tikungan.

Oh ya, jarak dari tempat parkir ke bukit cukup jauh. Dan kendaraan Anda tidak bisa iku naik sampai ke atas bukit. Hanya boleh diparkir di tempat parkir yang tersedia. Dari tempat parkir kendaraan hingga sampai ke puncak Cumbri perjalanan akan Anda tempuh dengan rute yang lumayan menanjak. Jangan lupa bawa air sebagai persediaan Anda menuju puncak Bukit Cumbri karena trekkingnya memakan waktu yang lumayan lama, yakni satu jam.

Setelah berjalan dari tempat parkir hingga puncak dan menghabisan waktu hampir satu jam, maka Anda akan diberikan hamparan pemandangan sebuah puncak yang indah bernama puncak Cumbri .

Menikmati Pesona Keindahan Bukit Cumbri dari atas Puncak

Keindahan Bukit Cumbri
Instagram by @sigityuliandoko

Bukit Cumbri ini mempunyai dua puncak menawan, yang satu menghadap ke barat dan mempunyai ketinggian yang lebih rendah dari puncak yang menghadap ke arah timur. Dari puncak ini Anda seolah-olah seperti berada di atas awan. Anda bisa melihat kota Wonogiri dari atas secara lengkap beserta bukit bukit lain yang ada di sekitarnya.

Karena Bukit Cumbri memiliki struktur tanah yang tidak rata maka Anda harus ekstra hati-hati. Ada banyak bebatuan terjal berada di sekitar bukit ini dan ada tebing yang cenderung curam di sisi kanan dan sisi kiri bukit Cumbri .

Bagi Anda yang suka camping, Anda bisa mendirikan tenda di Bukit Cumbri ini sambil menunggu momen matahari terbit dan matahari terbenam. Apalagi suasana malam Kabupaten Wonogiri dan Ponorogo ini sangat sejuk.

Terlebih camping Anda bersama teman-teman ditemani oleh kerlipan bintang yang indah dari langit malam yang megah. Menanti pagi untuk menyambut matahari yangseolah muncul dari atas Bukit Cumbri akan membuat Anda tidak akan pernah melupakan wisata alam Anda kali ini.

Kunjungi :  Surga Tersembunyi Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Ya, waktu terbaik untuk Anda berwisata ke Bukit Cumbri ini adalah saat pagi hari. Anda bisa mencari sunrise dari bukit ini. Hanya saja untuk momen sunrise, Anda harus naik ke puncak Bukit Cumbri sebelum subuh agar bisa melihat matahari terbit. Dan untuk mendaki ke puncak dibutuhkan waktu sekitar 1-1,5 jam.

sunrise di bukit cumbri
Instagram by @adventureideas

Tapi rasa lelah Anda mendaki selama satu setengah jam lamanya akan terbayarkan setelah melihat keindahan sunrise dari puncak bukit ini. Abadikan moment keindahan alam ini dengan kamera Anda. sayang jika sudah jauh-jauh mendaki tapi satupun momen tidak Anda abadikan dalam gambar.

Sebab dari atas puncak bukit Cumbri , Anda bisa berfoto dengan latar pemandangan yang sangat eksotis. Apalagi saat siang hari, jejeran perbukitan terlihat sangat jelas di bawah Anda. Eksotisme pemandangan alam yang mengawinkan bukit dari Jawa Tengah dan JawaTimur inilah yang mulai mengundang banyak pengunjung untuk datang.

Kekuatan sosia media mulai mengundang rasa penasaran netizen untuk mengunjungi bukit ini. Saat ini banyak wisatawan yang mulai mengunjungi Bukit Cumbri untuk menjawab rasa penasaran mereka.

2 tahun lalu Bukit Cumbri belum dibuka untuk tempat wisata sehingga tidak ada biaya rertribusi masuk lokasi. Bahkan tempat parkirpunpun juga belum ada, sehingga kendaraan saat itu cukup diparkir di samping kebun warga. Nah, karena sekarang Bukit Cumbri sudh dibuka menjadi tempat wisata, ada baiknya jika siapapun yang mengunjungi Bukit Cumbri untuk senantiasa menjaga kebersihan alam. Jangan lupa untu membuang sampah pada tempatnya. Sayang jika keindahan alam harus rusak karena olah manusia yang tidak bertanggung jawab.

Selain Bukit Cumbri ada banyak tempat wisata di Kabupaten Wonogiri yang perlu Anda coba kunjungi. Ada Waduk Gajah Mungkur, Telaga Claket, Air Terjun Banyu Nibo, Sanginan dan Setren. Adapula wisata gua yakni Gua Ngantap, Tembus Pracimantoro dan Putri Kencana. Lalu ada wisata Alam Karangtalun Semagar, Hutan Pinus Gumiwang.

Kunjungi :  Backpaker Seru ke Wisata Wonosalam Jombang Jawa Timur

Setelah dari Wonogiri, bisa Anda lanjutkan perjalanan wisata Anda ke Goa Selarong. Karena jalan menuju goa selarong dari Wonogiri ke Gunung Kidul lumayan dekat. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan. Setelah sampai ke Gunung Kidul, jangan lewatkan untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata yang ada di kabupaten ini.

Ratusan pantai tersebar hampir di seluruh titik kawasan Gunung Kidul. Bukan hanya pantai, Gunung Kidul juga terdapat wisata goa yang difasilitasi rafting. Ada pula wisata embung yang tak kalah menariknya dari pantai. Lengkapi wisata Anda dengan menjelajahi Wonogiri dan Gunug Kidul.

Anda juga bisa membaca artkel kami sebelumnya yakni Harga Tiket Masuk Tembi Rumah Budaya Jogja dan Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan Imogiri Yogyakarta. Artikel tersebut disarankan untuk Anda agar memiliki gambaran berapa uang saku yang perlu Anda persiapkan untuk berwisata ke Yogyakarta.

Mungkin seperti itulah yang bisa kami ulas dari Pesona Bukit Cumbri Wonogiri Jawa Tengah. Jangan lupa persiapkan bekal minuman yang banyak jika ingin mendaki ke puncak bukit. Apalagi jika Anda ingin camping di tempat ini. Selamat berlibur!zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */