Surganya Wisata Indonesia

Benteng Portugis Jepara yang Harus Kamu Jelajahi

0
Benteng Portugis Jepara yang Harus Kamu Jelajahi
Nilai Artikel Ini

Benteng Portugis Jepara – Apabila Anda sedang berlibur di sekitar jalur pantai utara Pulau Jawa. Sepertinya Anda perlu mampir sejenak di Jepara. Kota yang dikenal dengan sebutan “Kota Ukir” ini memiliki budaya yang kuat. Selain ukiran yang sangat terkenal, kota satu ini juga dikenal dengan pahlawannya, Ibu Kita Kartini. Yang mana beliau selalu diperingati setiap tahunnya. Akan tetapi, dibalik budaya yang dimilikinya, kota satu ini juga memiliki potensi wisata yang tak kalah hebat. Tidak hanya wisata Karimunjawa Jepara saja yang memiliki pesona alam yang indah, akan tetapi pantai di daratan Jepara pun tak kalah indah, salah satunya adalah Benteng Portugis Jepara.

Tiket Masuk dan Jalan Menuju Lokasi Benteng Portugis Jepara

Meskipun tempat ini adalah sebuah benteng yang didirikan oleh Belanda ketika masa penjajahan, akan tetapi tempat wisata yang satu ini juga dikenal sebagai Pantai Benteng Portugis Jepara. Hal tersebut bukannya tanpa alasan. Sebab, benteng ini berada di tepi pantai pasir putih yang sangat indah. Oleh karena itu, meskipun disebut sebagai benteng, akan tetapi orang lebih familiar bahwa benteng ini adalah sebuah pantai.

Lokasi Benteng Portugis Jepara

Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Desa Banyumanis, berada di sebelah timur Kota Jepara, yang masih berada di wilayah Kecamatan Donorojo. Dari pusat Kota Jepara, untuk tiba di tempat ini jarak yang ditempuh sekitar 45 km, sesuai dengan peta Benteng Portugis Jepara dari pusat kota. Lama perjalanan kesana kurang lebih akan memakan waktu satu jam. Cukup lama juga untuk tiba di benteng legendaris ini.

Lokasi Benteng Portugis Jepara
Instagram by @06fmm0999

Untuk menuju kesana, Anda bisa menggunakan transportasi pribadi. Boleh Anda menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat. Harap dimaklumi bahwa selama jalan menuju Benteng Portugis Jepara, Anda tidak akan bertemu dengan transportasi umum. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempersiapkan kendaraan pribadi Anda sebelum berangkat berwisata ke pantai yang satu ini. Meskipun demikian jalan menuju ke pantai ini bisa dikatakan halus karena sudah diaspal dan tergolong masih baru.

Kunjungi :  Curug Silawe, Wisata Air Terjun Recomended di Magelang

Tiket Masuk Wisata Benteng Portugis

Tiket Masuk Wisata Benteng Portugis
Instagram by @badrulkamal_

Untuk tiket masuk Benteng Portugis di Jepara ini sebenarnya tidak terlalu mahal. Bisa dibilang objek wisata ini sangat terjangkau bagi semua kalangan. Selama hari kerja, pengunjung dewasa hanya dikenakan tarif 3.000 rupiah saja sedangkan anak – anak dikenakan tarif sebesar 2.000 rupiah per orang. Tarif tersebut naik 2.000 rupiah per orang ketika Anda datang saat akhir pekan atau hari libur. Akan tetapi bila Anda datang ketika hari raya spesial, tarif masuknya mengalami kenaikan yang cukup. Untuk dewasa akan dikenakan tarif 10.000 rupiah sedangkan untuk anak – anak 7.000 rupiah saja. Tarif masuk itu juga sudah termasuk biaya parkir. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang biaya parkir kendaraan Anda karena sudah tergabung di dalam tiket masuk.

Sejarah Benteng Portugis di Jepara

Benteng ini memang memiliki nilai sejarah yang sangat kuat. Dilihat dari letaknya saja, benteng ini terlihat sekali bahwa sengaja dibangun untuk kepentingan militer pada saat dahulu kala. Benteng ini juga dibangun di atas bukit dan menghadap ke arah laut. Melihat dari asal usul Benteng Portugis Jepara ini, sebenarnya benteng ini diposisikan sebagai tempat untuk bertahan dari serangan lawan. Benteng ini sendiri dibangun sekitar tahun 1600 – an, dimana kala itu termasuk masa awal pendudukan Belanda di Indonesia.

Pemilihan lokasi laut Benteng Portugis Jepara ini berdasarkan pertimbangan bahwa Batavia kala itu sudah dikuasai Belanda. Karena Portugis dan Belanda sendiri merupakan seteru, oleh karena itu, Portugis memilih untuk mendirikan benteng yang lokasinya agak jauh dari Batavia, tapi tetap bisa diakses dengan mudah. Kala itu Portugis juga merupakan sekutu dari Kerajaan Mataram yang kala itu dipimpin oleh Sultan Agung, yang selalu berambisi untuk mengalahkan Belanda setelah beberapa kali usahanya gagal.

Kunjungi :  Intip Nuansa Kuta Pantai Sepanjang Wonosari Gunung Kidul

Mitos Benteng Portugis Jepara Jawa Tengah

Mitos Benteng Portugis Jepara Jawa Tengah
Instagram by @khasan04

Dibalik keindahan alam dan nilai sejarahnya yang sangat kuat, objek wisata yang satu ini rupanya menyimpan berbagai misteri dan mitos yang ada. Dari awal pembangunannya saja, benteng ini diperkirakan hanya dihuni beberapa tahun saja oleh orang Portugis. Masalahnya, banyak tentara Portugis yang meninggal dengan alasan yang tidak pasti. Bahkan beberapa tentara dikabarkan menghilang secara misterius. Konon katanya diantara Benteng Portugis dan Pulau Mondoliko terdapat pusaran air yang misterius. Pusaran air tersebut dipercaya masyarakat bahwa hal tersebut merupakan pintu gerbang menuju alam ghaib yang dijaga oleh siluman. Setiap ada orang asing yang lewat pusaran air tersebut, maka orang itu akan tersedot dan hilang entah kemana.

Selain tentang pusaran air tersebut, ada mitos pula yang menyebutkan bahwa tempat ini merupakan tempat terlarang bagi pasangan kekasih. Beberapa orang percaya bahwa pasangan kekasih yang datang ke benteng ini hubungannya akan rusak dan berakhir. Akan tetapi, hal tersebut tidak membuat para wisatawan enggan datang. Tetap saja, pesona alamnya yang indah membuat wisatawan terpukau dan tidak begitu percaya pada mitos yang ada. Semua tergantung Anda apakah ikut mempercayainya atau tidak.

Pantai Benteng Portugis Jepara
Instagram by @nanang_a_e

Masih seputar misteri, selain kedua hal tersebut, ada pula misteri Benteng Portugis Jepara kena gempa. Berita tersebut tersebar di tahun 2015 di berbagai situs internet. Gempa yang terjadi pada pertengahan bulan Oktober tersebut cukup mengguncang daerah Jepara dan sekitarnya seperti Pati, Kudus, dan Rembang. Gempa tersebut berkekuatan 5 SR dan titik gempanya sendiri diperkirakan berada di 26 km di timur laut Jepara.

Gempa di Benteng Portugis Jepara tersebut membuat banyak orang heboh. Terlebih benteng bersejarah ini umurnya sudah sangat tua. Banyak orang mengira benteng ini akan roboh. Meskipun demikian, gempa yang cukup kuat ini sebenarnya tidak terlalu mengganggu aktivitas rutin warga sekitar. Selain itu, gempa ini meskipun cukup kuat, akant tetapi tidak berpotensi mendatangkan tsunami seperti di Aceh atau Pangandaran.

Kunjungi :  47 Tempat Wisata di Sukabumi yang Mempesona Wisatawan

Akan tetapi, beberapa orang juga percaya objek ini runtuh sebab beredarnya gambar Benteng Portugis Jepara setelah gempa di berbagai situs internet. Meskipun beberapa pihak mengatakan kabar itu merupakan kabar burung semata, namun ketika Anda datang kesana. Objek ini memang sudah tidak semegah layaknya dahulu sebelum gempa.

Benteng Portugis Jepara
Instagram by @dedydedot_

Meskipun memiliki banyak mitos dan telah diterjang oleh gempa, akan tetapi wisata Benteng Portugis Jepara gempa ini masih menjadi daya tarik wisatawan. Meskipun benteng tersebut sudah tidak kokoh seperti dahulu, akan tetapi pantai pasir putihnya masih menjadi daya tarik bagi wisatawan. Keindahan alamnya mampu membius wisatawan untuk tetap datang ke objek wisata yang satu ini.

Jika kita lihat, Jepara tidak hanya memiliki Karimunjawa sebagai objek wisata andalan. Akan tetapi masih banyak sekali objek wisata yang bisa dieksplorasi bagi Anda yang memang hobi berwisata dan berpetualang. Salah satunya objek yang wajib Anda kunjungi adalah Benteng Portugis Jepara. Jadi pastikan Anda mengunjungi objek wisata yang bersejarah ini ya. Dan, selamat berpetualang !

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */