Surganya Wisata Indonesia

Wisata Ramai nan Permai Baturraden Banyumas

0
Wisata Ramai nan Permai Baturraden Banyumas
Nilai Artikel Ini

Baturraden Banyumas – Mendengar kata Baturraden sepertinya sudah tidak asing di telinga Anda. Ya benar sekali, salah satu obyek wisata di Banyumas ini memang termasuk objek wisata favorit di Jawa Tengah. Suasana pegunungan yang indah dan sejuk membuat wisatawan selalu datang di tempat ini. Keindahan alamnya senantiasa memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang datang, dan itu bisa membuat Anda akan selalu ingat akan pengalaman berwisata ke Kebun Raya Baturaden Purwokerto.

Lokawisata dan Hotel di Baturraden Adventure Forest Purwokerto

Lokasi Baturraden

Lokasi dari objek wisata ini masih berada di perbukitan yang masih merupakan lereng Gunung Slamet, tepatnya di sisi selatan. Jadi bisa dipastikan udara disini sangatlah sejuk. Selain udara yang masih segar dan alami, dari sini Anda juga bisa melihat pemandangan yang menyuguhkan keindahan Kota Purwokerto jika dilihat dari atas. Cocok sekali bila Anda datang bersama keluarga atau ramai – ramai bersama teman – teman.

Wisatawan sering menyebut Baturraden berada di wilayah Kota Purwokerto, akan tetapi sebenarnya secara administratif juga termasuk di wilayah Kabupaten Banyumas. Lokasi tepatnya berada di wilayah Kecamatan Baturraden, yang berjarak sekitar 15 km dari pusat Kota Purwokerto. Untuk menuju ke sana, dapat menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat. Diperlukan waktu sekitar 20 – 30 menit untuk tiba disana, bila Anda berangkat dari pusat Kota Purwokerto.

Perjalanan Menuju Baturraden

Perjalanan Menuju Baturraden
Instagram by @bafadventure

Dari pusat Kota Purwokerto, Anda langsung saja mengikuti petunjuk arah yang menuju Baturraden. Rambu – rambunya sendiri mudah untuk ditemukan, atau jika tidak, Anda bisa menggunakan GPS sebagai petunjuk arah. Dengan begitu, akan meminimalisir Anda untuk tersesat dalam perjalanan menuju Baturraden. Satu hal lagi, ada baiknya Anda sangat berhati – hati sepanjang perjalanan. Sebab, dari Kota Purwokerto menuju Baturraden, jalan yang dilalui selalu menanjak, dengan sudut yang cukup besar. Pastikan semua rem kendaraan Anda berfungsi dengan baik.

Kunjungi :  27 Tempat Nongkrong 24 Jam di Jakarta Selatan

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda silahkan naik kendaraan yang menuju terminal Purwokerto. Ketika Anda sudah sampai disana, silahkan berganti dengan menaiki bus atau angkutan kota yang menuju ke Teriminal Baturraden. Jika Anda masih merasa bingung, terdapat opsi lain yaitu dengan menggunakan taksi, namun tentu saja Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Jika Anda adalah seorang backpacker, menggunakan angkutan kota atau bus merupakan pilihan terbaik yang bisa Anda pergunakan.

Sejarah Baturaden Banyumas

Sejarah Baturaden Banyumas
Instagram by @bafadventure

Kawasan wisata ini dibalik panorama yang sungguh indah, tersimpan cerita sejarah yang patut untuk Anda ketahui. Jika kita melihat dari namanya, Legenda Baturraden Adventure Forest harga ini terdiri dari dua kata yang berasal dari Bahasa Jawa. “Batur” sendiri diartikan sebagai bukit atau teman, sedangkan “Raden” memiliki kandungan arti kebangsawanan. Jika kedua kata tersebut dijadikan satu, maka menjadi “Baturraden” seperti yang dikenal saat ini.

Cerita sejarah dari tempat ini sendiri terdapat dua versi. Versi pertama adalah penjelasan dari seorang pangeran yang bernama Syekh Maulana Maghribi, yang menceritaan bahwa jaman dahulu ini penasaran dengan adanya cahaya dari atas bukit. Cahaya tersebut membuatnya penasaran dan menuntunnya untuk menaiki bukit, mencari tahu apa sumber cahaya tersebut. Rupanya, sumber cahaya itu berasal dari sebuah pohon jambu yang menjadi tempat bertapa seorang pertapa Buddha yang tinggal disana.

Berbeda dengan versi yang kedua, yaitu menurut Kadipaten Kutaliman. Berdasar ceritanya, nama lokasi ini diambil dari kisah cinta anak perempuannya dengan pembantunya, seorang laki – laki yang gagah. Laki – laki tersebut adalah penjaga kuda, yang setia mendampingi anak Adipati Kutaliman tersebut. Oleh karena itu kawasan tinggal penjaga tersebut diberi nama Baturraden, yang berarti daerah asal teman / penjaga putri bangsawan. Kedua cerita tersebut hingga sekarang masih menjadi misteri, karena keterbatasan sumber dan bukti yang ada, sejarah dari tempat ini hingga sekarang masih terpecah menjadi dua versi.

Tiket Masuk Baturaden Lokawisata

Tiket Masuk Baturaden Lokawisata
Instagram by @bafadventure

Untuk tiket masuk ke area wisata Baturaden sendiri termasuk murah, hanya 14.000 rupiah per orang saja Anda sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada. Tergolong murah bukan? Oleh karena itu lokasi ini cocok sekali untuk tujuan wisata Anda sekeluarga.

Kunjungi :  Rekomendasi 33 Tempat Wisata di Jakarta untuk Keluarga

Wisata Baturaden 2017

Wisata Baturaden 2017
Instagram by @ardy_cahyaa

Kawasan wisata yang satu ini memang memiliki berbagai kawasan wisata yang bisa dibilang lengkap. Mengapa? Karena kawasan ini tidak hanya terdiri dari satu objek, melainkan terdiri dari beberapa objek wisata. Semuanya tidaklah sama, akan tetapi masing – masing objek wisata memiliki keindahan dan suguhan yang berbeda dan saling melengkapi. Karena suasananya yang berada di lereng pegunungan, salah satu objek yang bisa Anda datangi pertama kali adalah Kebun Raya Baturraden Purwokerto.

Setelah itu, ada baiknya Anda mengunjungi objek Lokawisata Baturraden Adventure. Di objek wisata yang satu ini, Anda akan disuguhkan dengan keindahan hutan damar dan hutan pohon pinus di kanan kirinya. Selain itu, objek wisata ini menyuguhkan pemandangan yang sungguh luar biasa, dimana Anda dapat melihat pemandangan dibawah kaki gunung dengan sangat jelas dan indah. Hal tersebut karena objek ini merupakan viewing area, atau yang dalam Bahasa Indonesia sering disebut sebagai gardu pandang.

Selain kebun dan hutan, masih ada tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di wilayah Baturraden, yaitu Curug Pengantin dan Curug Jenggala. Kedua objek wisata tersebut tidak kalah indah jika dibanding Curug Gomblang yang masih berada di Kabupaten Banyumas. Datang kemari bisa membuat Anda segar kembali setelah beraktivitas. Objek ini juga bisa menjadi opsi wisata selain pemandian air panas yang sudah sangat terkenal, Anda bisa melihat gambar Baturaden Pancuran 7 jika masih penasaran.

Selain alam, di Baturraden juga terdapat BBPTU Baturraden. Objek ini menyuguhkan edukasi kepada wisatawan, karena BBPTU sendiri adalah Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul. Tempat yang sangat cocok sekali bagi Anda jika mengajak anak – anak, karena mereka juga bisa belajar mengenai hewan ternak. Disamping itu, Baturraden Small World juga tak kalah menarik. Objek wisata tersebut menyuguhkan suasana dunia karena di dalamnya terdapat miniatur bangunan terkenal di dunia seperti Menara Pisa, Menara Eiffel, Patung Liberty, dan masih banyak lagi.

Kunjungi :  27 Tempat Wisata Kuliner Terkenal di Surabaya Murah Meriah

Lagu Baturaden

Lagu Baturaden
Instagram by @dmsaprynsyhsbgyo

Selain alamnya yang indah, ada satu hal yang unik, yaitu dijadikannya Baturaden sebagai judul lagu. Anda bisa mencarinya melalui internet jika penasaran seperti apa lagunya. Lirik Lagu Baturaden mp3 ini menceritakan bagaimana tempat yang satu ini benar – benar indah dan menyimpan suatu kenangan.

Bermalam di Baturraden

Bermalam di Baturraden
Instagram by @caturajengnovia

Jika Anda ingin menikmati malamnya suasana Baturraden Banyumas, tidak ada salahnya bila Anda memutuskan untuk bermalam disana. Anda tidak akan menemukan kesulitan untuk mencari lokasi hotel di Baturraden Adventure Forest Purwokerto. Selain itu, masih banyak penginapan yang disediakan. Jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan kamar. Jika Anda bersama keluarga besar, ada baiknya bila Anda menyewa villa, yang cocok untuk Anda jadikan pilihan.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik. Langsung saja datang dan nikmati kesegarannya. Selamat menikmati, dan happy holidays !

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */