Surganya Wisata Indonesia

Surga Tersembunyi Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

0
Surga Tersembunyi Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang
Nilai Artikel Ini

Rute ke Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Pronojiwo Lumajang

Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Pronojiwo Lumajang
by instagram @e.piccoffee

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang – Kabupaten Lumajang cukup banyak memiliki tempat wisata alam yang menarik dan banyak dikunjungi wisatawan. Kabupaten dengan julukan oostenrijk van java ini terletak di pesisir selatan provinsi Jawa Timur. Tempat wisata di Lumajang mempunyai keunikan dan pesona keindahan masing-masing. Ada Goa Tetes Lumajang, Puncak b29 Lumajang, dan yang akan disorot kali ini adalah wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang.

Wisata air terjun ini memiliki beberapa nama lain yang juga terkenal di kalangan para pecinta wisata alam. Selain Air Terjun Tumpak Sewu, ada pula yang menyebutnya dengan air terjun coban sewu, dan grojogan sewu. Dalam bahasa jawa, grojogan sendiri juga mempunyai arti air terjun. Di samping kata grojogan, ada sebagian yang menyebut dengan kriwikan. Namun, semua kata merujuk pada satu artian, yakni air terjun.

letak air terjun tumpak sewu lumajang jawa timur
by instagram @suetoclub

Berbicara tentang istilah grojogan sewu, Anda jangan sampai salah persepsi dengan grojogan sewu yang ada di provinsi jawa tengah ya. Nama grojogan sewu di sini lebih condong ke kata sewu, kata grojogan hanya sebagai istilah lain dari kata air terjun yang sering dipakai oleh masyarakat jawa sekitar.

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang jatim mempunyai pemandangan yang khas dengan curahan air dari atas tebing yang berjejer dengan membentuk setengah lingkaran. Air yang mengalir tidak hanya satu, melainkan banyak, dan setiap air yang terjun ke bawah terdapat batu yang menghalangi. Sehingga terkesan ada banyak sekali air terjun yang saling bertumpang tindih. Kemungkinan besar inilah alasan mengapa air terjun yang amat memesona ini dinamakan Air Terjun Tumpak Sewu. Kata tumpak dalam bahasa jawa bisa diartikan naik atau bertumpuk-tumpuk, kemudian sewu adalah bahasa jawa dari seribu. Jadi bila digabungkan, kata Tumpak Sewu dalam hal ini adalah air terjun yang mempunyai air yang turun dalam jumlah banyak yang bertumpuk-tumpuk.

Kunjungi :  Menelusuri Surga Kecil di Pantai Bandengan Jepara
air terjun tumpak sewu lumajang jatim
by instagram @rivennasution

Tidak bisa dipungkiri, Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang jatim memang mashur dengan pesona alamnya yang memukau. Dari sisi manapun, air terjun ini tetap menjadi spot menarik bagi Anda yang hobi berfotografi. Selain itu, Anda juga bisa berpetualang naik turun tebing untuk melihat secara keseluruhan panorama Air Terjun Tumpak Sewu. Pengelola sudah menyediakan jalan khusus bagi Anda yang hendak mencari sudut-sudut menarik di tempat ini.

Letak Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang Jawa Timur ini menjadi surga tersembunyi di Lumajang. Pasalnya, terdapat tulisan “Sepihan surga itu memang ada” di jalan masuk sebelum sampai di lokasi air terjun. Hal itu dimaksudkan untuk mengungkapkan keindahan pemandangan air terjun yang sangat menggoda. Banyak para pengunjung yang berkomentar ketika berwisata ke air terjun ini dengan kata-kata yang sedikit berlebihan, bahwa air terjun ini adalah bagian dari surga yang ada di bumi Lumajang. Hal ini mungkin disebabkan panorama air terjun yang tidak bisa ditemukan di tempat lain selain Air Terjun Tumpak Sewu ini.

Alamat Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang berada di Sidomulyo, Pronojiwo, Lumajang Jawa Timur. Rute menuju tempat ini mudah dijangkau oleh berbagai kendaraan, seperti sepeda motor dan mobil.

rute ke air terjun tumpak sewu semeru
by instagram @niff_305

Jika dilihat dari letak geografisnya, kabupaten Lumajang ini berbatasan dengan tiga kabupaten lain di provinsi Jawa Timur, yaitu kabupaten probolinggo, kabupaten jember, dan kabupaten malang. Bila Anda ingin berwisata ke tempat ini, ada tiga petunjuk rute ke Air Terjun Tumpak Sewu semeru. Berikut ulasan singkatnya

  • Dari Probolinggo

Jarak kabupaten probolinggo dengan lokasi Air Terjun Tumpak Sewu kurang lebih 115.6 kilometer. Untuk mencapai lokasi, Anda harus menghabiskan waktu sekitar 3 jam 40 menit menuju ke arah barat daya.

  • Dari Jember
Kunjungi :  Air Terjun Sekar Langit, Wisata Mempesona dengan Legenda Jaka Tarub

Kabupaten jember merupakan kabupaten yang berada di sebelah timur kabupaten Lumajang. Jarak pusat kabupaten jember dengan air terjun kurang lebih 114.7 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Banyak wilayah kecamatan yang harus dilalui jika Anda datang dari wilayah Jember. Daerah yang dilalui dari pusat kota jember adalah mulai dari daerah rambupuji dan berakhir di Lumajang kota untuk selanjutnya langsung saja menuju kawasan kecamatan pronojiwo dan menuju desa sidomulyo. Atau jika Anda melalui jalur alternatif, wilayah yang Anda lewati sebelum kecamatan pronojiwo adalah kecamatan candipuro.

  • Dari Malang

Kabupaten ini berbatasan dengan kabupaten Lumajang sebelah barat. Rute Air Terjun Tumpak Sewu pronojiwo Lumajang hanya ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam saja sebab jaraknya yang cukup dekat yaitu sekitar 65.9 kilometer. Daerah yang harus dilalui jika berangkat dari Malang ada 3 kecamatan, yaitu kecamatan bululawang, kecamatan dampit, kecamatan tirtomoyo, baru akan sampai di kecamatan pronojiwo.

Ketika tiba di desa sidomulyo, perjalanan masih harus ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 200 meter. Anda akan disambut dengan tulisan selamat datang yang artinya tidak lama lagi, Anda akan tiba di lokasi Air Terjun Tumpak Sewu.

Titik Menarik di Air Terjun Tumpak Sewu

wisata air terjun tumpak sewu lumajang
by instagram @sl0w_walker

Dalam menikmati pesona air terjun Lumajang ini, pengelola telah menyediakan berbagai tempat yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung sebagai spot menarik untuk melihat keindahan alam di desa sidomulyo ini. Di bawah ini adalah beberapa titik yang biasa digunakan oleh wisatawan untuk menikmati air terjun.

  • Melalui Tatahrambat

Tatahrambat dari tatakan bambu ini akan Anda lihat sepanjang perjalanan di perbukitan menuju air terjun. Sebelum tiba di lokasi, Anda bisa mengambil foto di tatahrambat ini, karena pemandangan yang ditawarkan juga menarik. Di atas ketinggian sebelum sampai di tepi air terjun, Anda bisa berfoto dengan latar belakang air terjun, Anda tidak akan menyesal melihat hasil jepretan yang begitu menakjubkan.

Kunjungi :  Benteng Portugis Jepara yang Harus Kamu Jelajahi
  • Goa Tetes

Sebenarnya, tempat wisata ini adalah cikal bakal wisata Air Terjun Tumpak Sewu. Sebelum dikenal dengan baik, para wisatawan terlebih dahulu menuju goa tetes untuk berwisata. Kini, dua tempat wisata tersebut menjadi satu paket tujuan wisata di kecamatan pronojiwo. Dua tempat wisata alam yang mempunyai keindahan dengan wisata airnya. Jangan lupa untuk mngabadikan diri Anda di goa tetes.

  • Tempat Khusus Berfoto

Anda harus membayar lagi jika Anda ingin memasuki kawasan ini. Anda benar-benar akan dimanjakan seolah memasuki tempat wisata istimewa. Di depan pintu masuk tempat ini, terdapat salah satu tulisan arab yang terdapat di Al-Qur’an berbunyi “Salaamun qoulan min robbir rohiim”, yang artinya adalah keselamatan diucapkan oleh Tuhan yang Maha Pengasih. Katanya, ayat inilah yang akan diucapkan Tuhan untuk menyambut para ahli surga di surga kelak. Di tempat ini, Anda akan dibawa menuju surga kecil di desa sidomulyo, Air Terjun Tumpak Sewu.

  • Melalui Bawah Air Terjun

Panorama mengagumkan akan Anda temukan ketika Anda melihat air terjun ini dari bawah air terjun. Anda dapat melihat keseluruhan bagian grojogan ini dengan sempurna. Bentuk air terjun dengan banyak alirannya ini menjadi background terbaik Anda untuk berfoto.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */