Wisata Menyejukkan Air Terjun Roro Kuning Nganjuk Jatim

0

Alamat dan Rute Wisata Air Terjun Roro Kuning Nganjuk

Air Terjun Roro Kuning di Nganjuk
Instagram by @sunariwinarsih

Air Terjun Roro Kuning Nganjuk – Perkataan orang bijak masa lalu memang ada benarnya, “Jangan malu dengan apa yang kita punyai, karena semua pemberian adalah anugerah”. Begitu juga dengan Indonesia ini, janganlah gengsi dengan alam di negeri sendiri. Karena saat kita berpaling, justru orang asing yang akan berbalik menikmatinya. Sesuai dengan wilayah Indonesia yang banyak ditumbuhi hutan tropis, banyak kekayaan alam berupa tempat wisata alam yang bisa dieksplor. Tak terkecuali di daerah Kabupaten Nganjuk ini. Kota yang terkenal dengan julukan Kota Angin ini mempunyai tempat wisata alam yang sangat indah.

Wisata Nganjuk yang mungkin saja belum pernah Anda ketahui dan kunjungi diantaranya adalah wisata Air Terjun Sedudo, The Legend Waterpark Kertosono, dan yang akan coba diulas pada artikel ini adalah Air Terjun Roro Kuning. Terbentuk secara alami, air terjun ini memiliki bentuk yang berbeda dari air terjun pada umumnya. Jika biasanya air yang turun dari atas ketinggian turun secara langsung, maka aliran air di Air Terjun ini merambat. Sehingga tidak akan terdengar bunyi kecipak air atau derasnya air yang mengalir dari ketinggian. Sehingga air terjun ini sering disebut juga Air Terjun Merambat Roro Kuning.

Air Terjun Roro Kuning
Instagram by @brian.hendrasta

Wisata Air Terjun Roro Kuning Nganjuk memiliki ketinggian hampir 20 meter. Di sekeliling air terjun ini, tumbuh pohon pinus yang subur, sehingga suasana air terjun ini semakin asri. Air Terjun Roro Kuning di Nganjuk mempunyai beberapa fasilitas yang cukup menunjang. Selain bermain air tentunya, ada taman bermain untuk anak-anak. Sehingga Anda yang membawa serta buah hati, tidak akan kecewa membawa mereka ke tempat ini. Meski bagi anak-anak yang dapat melakukan kegiatan berenang, bisa berenang di aliran sungainya yang dangkal. Di tepi sungainya, telah dibangun bangunan permanen yang dapat digunakan sebagai tempat duduk bersantai tak jauh dari air terjun. Di titik ini pula, kebanyakan pengunjung mengambil foto. Karena selain nyaman, tempat ini bisa dipakai beramai-ramai dan befoto bersama-sama. Anda bisa juga mengambil foto dengan jarak dekat air terjun karena lokasinya yang cukup aman.

Kunjungi :  Backpaker ke 5 Pantai Baru di Bantul Jogjakarta

Air terjun ini selain menyuguhkan wisata air terjunnya, juga terdapat legenda Air Terjun Roro Kuning yang sarat akan cerita mistisnya, serta wisata sejarah yang dapat dijadikan tempat belajar dan mengenal alam. Di sekitar lokasi air terjun, terdapat monumen bersejarah salah satu pahlawan nasional Indonesia, Panglima Besar Jenderal Sudirman. Anda bisa memanfaatkan momentum wisata ini sebagai wisata edukasi, sekaligus mengenang pahlawan Indonesia yang telah gigih melawan penjajah. Tak hanya monumennya saja, terdapat bangunan rumah sederhana yang masih dibiarkan seperti waktu semula. Rumah ini digunakan oleh Jenderal Sudirman sebagai tempat singgah selama satu pekan. Perjuangan Jenderal Sudirman ini terjadi pada tahun 1949.

legenda Air Terjun Roro Kuning
Instagram by @imamprahara

Di pintu masuk, terdapat patung Roro Kuning. Sesuai dengan namanya, patung tersebut berwujud patung wanita dengan seluruh tubuhnya dicat warna kuning keemasan. Di depan patung tersebut terdapat tulisan yang merupakan nama dari tempat wisata ini, Roro Kuning. Warna kuning pada patung tersebut hanya sebagai simbol wanita yang bernama Roro Kuning. Patung tersebut selain melambangkan, juga menyimpan cerita Air Terjun Roro Kuning yang terkenal hingga sekarang.

Kisah Air Terjun Roro Kuning

Wisata Air Terjun Roro Kuning
Instagram by @indah.damuz

 

Banyak diceritakan oleh masyarakat sekitar, bahwa penamaan Air Terjun Roro Kuning ini sesuai dengan cerita misteri Roro Kuning Nganjuk. Konon, nama air terjun diambil dari cerita Dewi Ruting dan Dewi Roro Kuning. Dewi Ruting merupakan putri dari Kerajaan Dhoho, sedangkan Dewi Roro Kuning adalah putri Kerajaan Kadiri. Nama asli Ruting adalah Dewi Kilisuci., sedangakan Roro Kuning adalah Dewi Sekartaji. Kedua putri tersebut mengalami sakit dalam waktu yang bersamaan. Ruting terkena musibah berupa sakit kuning, sedangkan Roro Kuning ditimpa penyakit kulit dan gondok.

Kunjungi :  12 Tempat Wisata di Cimahi Jabar yang Harus Dikunjungi

Tak ada satu pun tabib dari kerajaan yang bisa menyembuhkan kedua putri dengan sakit yang berbeda tersebut. Akhirnya dengan usaha maksimal untuk mencari kesembuhan, Ruting dan Roro Kuning berkelana mencari tabib dan obat. Mulai dari masuk keluar hutan, mendaki dan menuruni gunung, sampai mereka tiba di lereng sebuah gunung, yaitu Gunung Wilis. Saat hendak berputus asa karena tidak juga menemui kesembuhan, kedua putri didatangi oleh seorang resi yang sakti bernama Resi Darmo. Mereka akhirnya diobati dengan berbagai ramuan tradisional hingga mencapai kesembuhan. Dalam melakukan pengobatan, selain meminum ramuan herbal, Resi Darmo juga meminta putri-putri tersebut untuk mandi di sungai, di bawah sebuah air terjun. Tempat yang mereka gunakan untuk mandi, diduga adalah letak Air Terjun Roro Kuning berada sekarang. Karena cerita legenda yang terkenal tersebut, muncullah mitos Air Terjun Roro Kuning, yaitu air dalam air terjun termasuk air ajaib karena dapat menyembuhkan.

Jalan Menuju Roro Kuning

Jalan Menuju Roro Kuning

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengunjungi air terjun ini, Anda bisa mengarahkan kendaraan Anda menuju Desa Bajulan. Alamat Air Terjun Roro Kuning terletak di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur.

Rute Air Terjun Roro Kuning ini bisa dicapai dengan melewati salah satu dari 4 kabupaten yang mengelilingi Kabupaten Nganjuk, yakni Kabupaten Jombang dari arah timur, Kabupaten Bojonegoro dari arah utara, Kabupaten Kediri dari arah barat, dan Kabupaten Ponorogo dari arah selatan. Jalanan yang dilewati menuju lokasi cukup mudah dilalui oleh berbagai macam kendaraan. Harga tiket masuk Roro Kuning pun cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp. 5.000.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */