Surganya Wisata Indonesia

Air Terjun Kedung Kayang, Wisata Alam dengan Landscape yang Sejuk

0

Air Terjun Kedung Kayang, merupakan wisata alam yang cenderung memiliki daya tarik dalam dunia pariwisata loh, Guys! khususnya di daerah Magelang sih. Pasalnya Air Terjun Kedung Kayang Magelang ini memiliki keunikan yang pastinya nggak bakal kalian jumpai saat backpacker wisata di tempat lainnya.  Wisata Air Terjun Kedung Kayang memiliki tiga mata air, dimana airnya keluar dari celah retakan batu. Saat bulan suro biasanya  masyarakat mendengar ada suara alunan gamelan khas jawa serta  kera yang emang diduga berkumpul hanya dalam bulan suro aja dan ya.. Guys!  pemandangan landscape dari pegunungan sangat segar juga bersih.

air-terjun-kedung-kayang-magelang
by instagram @andiisetiawann

Guys! nama Air Terjun Kedung Kayang diberikan oleh para empu yang tinggal di kawasan air terjun ini, Empu tersebut bernama Empu Panggung, Empu Putut, dan Empu Khalik. Ketiga empu kemudian mengadakan suatu pertemuan dimana membahas tentang Sungai Pabelan yang banyak memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. Guys! Sungai Kedung Kayang emang besar sih, tapi nggak akan mengalirkan lahar panas dari Gunung Merapi kok, so tenang aja ya. Hal ini berkat kinasih yang emang dipercaya sebagai penunggu sungai, yaitu Kyai Gadung Melati dan Nyai Widari Welas Asih.

magelang

Guys! Misteri Air Terjun Kedung Kayang yaitu saat pertemuan ketiga empu, yang mana mereka akhirnya sepakat membuat hajatan adu kesaktian. Apa lagi tuh ya? Oke, Adu kesaktian yang ditandingkan merupakan adu lempar yang diselenggarakan pada bulan Suro. Nah, kepercayaannya sih, barang siapa yang bisa melempar telur angsa ke kedung dan masih tetap utuh, dia-lah pemenangnya.

Tapi Guys! Rata-rata sih ya, semua telur yang dilemparkan oleh ketiga empu pecah semua. Mereka pun ingin mengambil cangkang atau anyang telur angsa tersebut dari dalam kedung. Ternyata ya nggak ketemu alias lenyap deh. Dari kejadian ganjil, mereka pun menamakan kedung ini dengan sebutan Kedung kayang. Oleh sang penunggu sungai, yaitu Kyai Gadung melati dan Nyai Widari Welas Asih, ketiga cangkang telur angsa tersebut berubah, nah jadi Guys! daro cangkang telur itu menjadi  sumber mata air yang ada di depan air terjun.

Kunjungi :  39 Tempat Wisata di Jombang yang Wajib Anda Kunjungi

Untuk telur Empu Putut membentuk sumber mata air yang berada di tengah tebing sisi utara, Guys! Sementara untuk telur Empu Panggung membentuk sumber mata air yang berada di sisi timur air terjun, sedangkan untuk telur Empu Khalik membentuk mata air yang berada di sisi barat air terjun. Ketiga mata air kemudian keluar dari celah-celah bebatuan besar. Di belakang air terjun, ada goa yang lebar 2 m serta tinggi 2,5 m dengan panjang lorong belum diketahui ujungnya tuh. Lokasi goa sering dijadikan sebagai tempat bertapa. Kalian yang mau nyoba nyari jodoh boleh tuh sekali-sekali bertapa disana. Hehehe..

wisata kedung kayang

Masih ada hal yang menjadi misteri sih, Mau tahu? Nih, ya Guys! tiap malam kamis wage dan malam jumat kliwon  biasanya sering terdengar suara gamelan dari arah Obyek Wisata di Magelang Air terjun Kedung Kayang. Wew horror… dan Ya, Guys! pada hari-hari tersebut, kawasan air terjun dipenuhi dengan kera-kera yang berada di tebing dan juga di atas air terjun. Ini kemungkinan disebabkan air terjun yang memiliki banyak mata air dan dipercaya untuk berbagai keperluan serta tujuan. Itulah akhirnya beberapa masyarakat menyebut mata air di sekitar air terjun dengan sebutan Mata Air Panguripan atau Mata Air Kinasihan.

Kunjungi Tempat Wisata di Magelang Lainnya : 

Guys! kalian yang ingin mengunjungi air terjun-nya, bisa langsung cus aja ke wisata alam Air Terjun Kedung Kayang yang berada di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten, Magelang, Jawa Tengah. Untuk bisa sampai ke destinasi wisata alam Air Terjun Kedung Kayang Wonolelo sudah tersedia akses infrastruktur mulai dari kondisi jalan beraspal yang terpelihara dengan baik, jembatan penghubung serta tersedianya akomodasi yang lengkap. Di jamin kok Guys! Acara backpacker kalian nggak bakalan sia-sia kok. Mau selfie-selfie kekinian pun jadi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */