16 Wisata Hits Air Terjun di Semarang dan Sekitarnya

0

Lokasi Wisata Air Terjun Terindah di Semarang

Curug Klenting Merah
Instagram by @arieichwan

Air Terjun di Semarang – Seperti halnya di kota-kota lain di Indonesia, wisata alam memang selalu menjadi primadona pariwisata, termasuk di Semarang, baik kota maupun kabupaten. Puluhan pilihan objek wisata siap menanti Anda disini, Anda bisa cek sendiri di tempat wisata di semarang. Anda ingin wisata yang seperti apa? Semuanya ada!

Namun, apakah Anda tahu tempat wisata yang paling adem di Semarang? Air terjun di Semarang adalah jawabannya. Diantara hiruk pikuk Semarang yang cukup padat sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah dan hawa panasnya, pesona dan kesejukan air terjun di Semarang bisa jadi pilihan yang ampuh. Airnya sejuk dan dingin menyentuh kulit. Udaranya yang segar juga akan membuat Anda betah berlama-lama. Ingin tahu ada air terjun apa saja dan lokasinya dimana? Silakan cek daftar objek wisata air terjun di Semarang berikut ini:

Curug Lawe

Curug Lawe
Instagram by @liburansemarang

Curug atau air terjun ini cukup populer di Semarang dan sekitarnya, apalagi memang lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Semarang, hanya sekitar 12 Km saja. Jaraknya akan lebih dekat jika Anda menempuhnya dari Kota Ungaran, Semarang yang hanya sekitar 7 Km saja. Untuk lokasi tepatnya ada di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Semarang. Perjalanan Anda dengan kendaraan akan berakhir di perkebunan cengkeh zanzibar, karena Anda harus memarkirkan kendaraan Anda dan mulai berjalan kaki. Kurang lebih tiga puluh menit berjalan kaki, melewati Sendang Pengantin (hanya jika Anda menggunakan jalur baru) maka Anda akan sampai di air terjun indah ini.

Suasana salah satu air terjun terindah di semarang yang berlokasi di Kawasan gunung Ungaran ini masih sangat alami. Airnya begitu bersih, udaranya sangat segar, dan landskap alamnya luar biasa indah. Air meluncur dari tebing bebatuan yang tinggi dan curam serta ditumbuhi banyak lumut serta pepohonan kecil. Kondisi alamnya akan menjadi lebih memukau saat kabut mulai turun dan menutup sebagian air terjun disisi atas. Anda wajib membawa kamera Anda, dan jadikan Air Terjun Curug Lawe sebagai area fotografi yang kece!

Curug Benowo

Curug Benowo
Instagram by @purworejopunya

Anda akan menjumpai curug lainnya yang tak kalah indah, jaraknya bahkan hanya 500 meter saja. Nama curug ini adalah Curug Benowo. Curug atau air terjun ini berada di sisi timur, sedangkan Curug Lawe berada di sisi barat. Anda juga tidak perlu membayar biaya tiket masuk tambahan, kedua air terjun di kab semarang ini bisa Anda kunjungi dengan tiket sebesar kurang lebih Rp4.000,- saja. Wisata Curug Benowo ini bisa menjadi penyempurna kegiatan wisata Anda di Curug Lawe!

Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur
Instagram by @seranitamln

Air terjun bernama Air Terjun Kali Pancur ini berada di Kabupaten Semarang, tepatnya di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan. Ketinggian air terjunnya berkisar 100 meter, cukup tinggi ya? Air terjun yang mengarah ke Danau Rawa Pening ini berada di pegunungan Gunung Telomoyo. Air terjun ini sangat indah dan alami, keeksotisan air terjun semakin bertambah dengan pemandangan tebing andesit di belakang air terjun yang juga ditumbuhi sejumlah tumbuh-tumbuhan perintis. Selain itu, goa kecil tempat berteduh bagi burung walet juga membuat Air Terjun Kali Puncur semakin indah. Tertarik?

Jarak Air Terjun Kalipancur Semarang, Jawa Tengah hanya 24 kilometer saja di sebelah barat Kota Salatiga, perjalanannya sekitar 30 menit saja. Dari pintu gerbang, Anda harus berjalan kaki menuruni bukit sejauh 900 meter. Tidak begitu ekstrim, karena sudah dibangun anak tangga dari beton. Ada kegiatan menarik lainnya yang bisa Anda lakukan disini lho! Bukan hanya menikmati keindahan air terjunnya saja, namun Anda juga bisa melakukan panjat tebing. Tunggu dulu, kegiatan ini hanya bisa dilakukan oleh Anda yang sudah berpengalaman ataupun dengan pendamping yang sudah ahli. Peralatan dan perlengkapan keselamatan harus Anda persiapkan dengan sangat baik sebelumnya. Tebing-tebing batu andesit ini sudah seringkali menjadi incaran para pecinta alam khususnya para pecinta panjat tebing untuk melakukan hobi olahraga ekstrim mereka.

Kunjungi :  Jalur Pendakian Gunung Merbabu yang Agung

Air Terjun Tujuh Bidadari

Air Terjun Tujuh Bidadari
Instagram by @liburansemarang

Air terjun indah yang terdiri dari tiga buah tingkatan air terjun dan tiga kolam dibawahnya ini masih berada di Kabupaten Semarang. Alamat tepatnya di Dusun Keseneng, Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono. Air terjun dengan ketinggian totalnya kurang lebih 10 meter ini dikenal dengan nama Air Terjun Tujuh Bidadari. Nama ini disematkan pada objek wisata air terjun ini karena konon, sejumlah bidadari pernah mandi disini.

Suasana alam di sekitar Air Terjun Bidadari Semarang ini sangat asri, apalagi karena air terjun ini memang berada di sekitaran objek wisata Semarang lainnya yang juga asri, yaitu Objek Wisata Bandungan. Rimbunnya pepohonan dan pemandangan terasering persawahan warga menjadi suguhan utama disini. Air yang jernih dan segar mengalir dari sela-sela bebtauan tempat pertemuan Kali Banteng dan Kali Beringin.

Untuk dapat sampai kesini, Anda harus menempuh dua puluh menit perjalanan darat dengan medan jalan yang mulus. Jika Anda memulai perjalanan dari Kota Ambarawa, Anda bisa langsung mengarahkan kendaraan Anda menuju arah Bandungan hingga akhirnya sampai di Dusun Keseneng. Perjalanan dari gerbang masuk juga hanya sejauh 300 meter.

Air Terjun Kembar Baladewa

Air Terjun Kembar Baladewa
Instagram by @slamsr

Berpindah ke Dusun Krajan, Desa Wirogomo, Kecamatan Banyubiru, Anda akan menjumpai Air Terjun Kembar Baladewa. Air terjun ini mudah dijangkau, sekitar 5 Km dari Palagan Ambarawa. Yang cukup menguras tenaga adalah perjalanan kaki sepanjang 700 meter menuju ke lokasi air terjun dari pintu masuk. Namun tenang saja, medannya cukup landai, meskipun akan menjadi lebih licin saat hujan.

Gemuruh air terjun akan terdengar bahkan sebelum Anda sampai di air terjun. Bagaimana tidak, sesuai dengan namanya Air Terjun Kembar Baladewa ini memiliki dua air terjun yang terlihat kembar, Keduanya berjarak tak lebih dari seratus meter. Keduanya juga sama tingginya, yaitu 50 meter dan yang lainnya 70 meter. Disekitar Air Terjun Kembar Baladewa ini, yaitu di desa yang berada di lereng Gunung Kelir, Anda juga bisa berkunjung ke sumber mata air hangat lho! Konon, mata air ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang
Instagram by @misspipop

Air Terjun Semirang di Semarang ini tak setinggi air terjun sebelumnya. Air terjun yang terletak di Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang ini memiliki ketinggian terjunan air 45 meter. Lokasinya ini juga masih berada di lereng kaki Gunung Ungaran, namun akan relatif dekat jika dibandingkan dengan kantor Bupati Semarang, 30 menit perjalanan saja karena hanya berjarak kurang lebih 7 Km. Selama perjalanan Anda akan disuguhi dengan kondisi dan suasana khas pedesaan yang masih asri.

Nah, untuk sampai ke air terjun di Ungaran Semarang ini Anda harus mengeluarkan usaha yang cukup keras, dari lokasi parkir saja, Anda sudah harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang menanjak sejauh 500 meteran hingga akhirnya sampai di pintu gerbang. Lalu, setelah sampai di pintu gerbang, perjalanan Anda akan lebih menguras tenaga lagi, jalan setapak atau lebihnya tangga alami dari bebatuan yang tertata rapi sejauh kurang lebih satu kilometer sudah menanti Anda. Namun jangan khawatir, lelah Anda akan terbayar dengan keindahan dan udara sejuk Air Terjun Semirang Semarang, Jawa Tengah 50551.

Kunjungi :  6 Tempat Makan Enak dan Murah di Semarang yang Romantis

Air Terjun Umbul Songo

Air Terjun Umbul Songo
Instagram by @muhamadwahyu712

Air terjun yang satu ini berada di daerah dataran tinggi, yaitu di ketinggian 1.450 mdpl. Keunikan lainnya adalah bahwa air terjun ini diapit oleh tiga gunung sekaligus, yaitu Gunung Telomoyo, Andong dan Merbabu. Daya tarik utama dari wisata Air Terjun Umbul Songo adalah suasana alamnya yang masih sangat alami. Terjunan airnya sendiri tidak begitu tinggi, hanya kurang lebih 15 meter. Begitu pula aliran airnya, aliran airnya tak begitu deras. Airnya bahkan akan menghilang sama sekali saat musim kemarau datang. Tebing batu, berbagai tanaman liar, dan keasriannya menambahkan keeksotisan air terjun ini.

Bagi Anda yang ingin berkunjung, silakan datang ke komplek wana wisata Kopeng, di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. lokasi Air terjun di Semarang ini memang cukup jauh dari Kota Semarang, yaitu 54 Km, namun akan lebih dekat jika Anda berangkat dari Salatiga yaitu sekitar 15 Km saja. Untuk bisa sampai di lokasi air terjun Anda hanya harus berjalan kaki dengan waktu setengah jam. Jika Anda tidak ingin bersusah payah, Anda bisa memanfaatkan jasa naik kuda yang ditawarkan masyarakat setempat, tarifnya hanya Rp20.000,- saja. Anda juga bisa lebih lama berada disini, yaitu dengan menyewa villa, pengianpan-penginapan ataupun rumah-rumah penduduk yang disewakan.

Curug Klenting Kuning

Curug Klenting Kuning
Instagram by @kargenic

Nama air terjun yang berada di Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang ini memang sangat identik dengan sebuah cerita rakyat gadis cantik pilihan Ande-ande Lumut. Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, ketinggiannya hanya 8 meter saja. Yang membedakannya dengan berbagai air terjun sebelumnya adalah warana tebing dibelakang air terjunnya yang berwarna kuning. Airnya sendiri berwarna kehijauan, dan beberapa tumbuhan juga tumbuh subur disekitaran air terjun.

Akses menuju objek wisata ini relatif mudah, fasilitasnya juga cukup memadai, mulai dari tempat parkir, mushola, ruang ganti dan bebebrapa fasilitas lainnya juga tersedia. Masukkan nama air terjun Klenting Kuning ini dalam salah satu daftar wisata air terjun di Semarang yang akan Anda kunjungi. Selain menjadi tempat selfie yang keren, Anda juga bisa menjumpai beberapa curug sekaligus di sekitar lokasi Air Terjun Klenting Kuning ini.

Curug Klenting Biru

Curug Klenting Biru
Instagram by @saputraekariyan

Air terjun di kota Semarang ini adalah wisata curug lain yang terdekat dri Curug Klenting Kuning. Objek wisata ini juga hampir serupa dengan Klenting Kuning, tebing batuan Curug Klenting Biru berwarna kuning. Sedangkan ketinggiannya hanya sekitar empat meter.

Air Terjun Klenting Hijau

Air Terjun Klenting Hijau
Instagram by @kendal.ra

Masih diarea yang sama ya, Air Terjun Klenting Hijau ini berada agak dibawah. Air terjun di Kabupaten Semarang ini masih tertutup semak belukar. Tebingnya juga tidak berwarna kuning seperti dua saudaranya.

Curug Klenting Merah

Curug Klenting Merah
Instagram by @arieichwan

Satu lagi wisata air terjun di Semarang, masih ada Curug Klenting Merah. Sama seperti Air Terjun Klenting Hijau, air terjun atau curug ini juga masih tertutup semak belukar. Oleh karena itu, objek wisata ini masih jarang pengunjungnya.

Sebelas air terjun diatas harus Anda jelajahi satu demi satu ya! Karena akan sayang jika terlewatkan! Oh ya, Anda juga bisa mengunjungi beberapa objek wisata air terjun yang berada didekat Semarang, misalnya saja di Kendal. Penasaran ada apa saja? Berikut adalah daftarnya:

Kunjungi :  Curug Pengantin Banyumas yang Tersembunyi dan Mistis

Air Terjun Nglimut

Air Terjun Nglimut
Instagram by @ima_nuraini

Argowisata Nglimut Gonoharjo adalah salah satu objek wisata yang tak asing lagi bagi warga yang berdomisili Kendal dan Semarang, apalagi bagi para pecinta alam dan jalan-jalan. Lokasi Air Terjun Nglimut Semarang ini ada di Dusun Boja, Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Selain taman dan pemandian air panasnya, pesona Air Terjun Nglimut ini juga menjadi incarannya. Untuk masuk ke lokasi wisata air terjun, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp8.000 per orang, sedangkan untuk menikmati kolam renang, pemandian air panas, dan lainnya Anda harus menyiapkan budget tambahan.

Wisata air terjun kali ini akan membutuhkan kondisi tubuh yang prima dan tentu saja bekal minum yang memadai ya! Mengapa? Karena dari pintu masuk Anda harus menyusuri jalan setapak sekitar 2 – 3 Km ditengah tengah hutan. Selama perjalanan menuju air terjun utama, Anda juga akan menjumpai air terjun lainnya. Air terjun ini adalah air terjun kembar yang tidak terlalu tinggi, yaitu sekitar 10 meter. Jika Anda sudah mulai lelah, Anda bisa beristirahat dulu disini sambil menikmati keindahan air terjun kembar ini. Setelah lelah Anda terobati silakan lanjutkan perjalanan Anda, Anda masih harus berjalan sekitar 1 Km bahkan lebih. Selama perjalanan Anda juga akan menjumpai situs watu candi yang sudah runtuh dan berlumut. Setelah berjalan cukup lama, Anda akhirnya akan sampai di air terjun utama ini. Ketinggiannya kurang lebih 20 meter. Suasana sejuk dan sangat dingin mendominasi tempat ini, tentu saja, karena terletak hampir dipuncak gunung Ungaran.

Curug Semawur

Curug Semawur
Instagram by @ahmeadassuropadaniy

Kalau curug ini berada sekitar 33 Km dari kota Semarang, lokasi tepatnya ada di Dusun Jiwan, Desa Blumah, Kecamatan Plantungan, Kabupaten Kendal. Curug dengan 8 tingkatan ini berair jernih dan tidak pernah kering di musim kemarau. Tidak semua tingkatan air bisa terlihat oleh Anda dari dasar lembah. Namun kondisi alamnya snagat indah dan alami. Untuk dapat kesini Anda harus menyiapkan usaha ekstra, karena lokasi air terjun ini hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama satu setengah jam. Jaraknya dari pintu masuk sekitar 2 km dengan kondisi naik turun.

Curug Sewu

Curug Sewu
Instagram by @usamahazharr

Nama air terjun di sekitar semarang ini diambil dari nama tempat dimana curug atau air terjun ini berada, yaitu di Desa Curugsewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal. Curug indah ini memiliki 3 terjunan air dan sangat mempesona. Jika Anda berangkat dari kota Semarang dengan kendaraan umum, Anda bisa naik bis jurusan Sukorejo. Anda kemudian akan melewati Mijen, Boja, dan Sukorejo. Lalu dari Sukorejo Anda bisa menaiki ojek atau naik angkutan umum ke Curug Sewu, sekitar 7 Km perjalanan.

Curug Sujan

Curug Sujan
Instagram by @putra_sanglangit

Selanjutnya Anda bisa menuju ke Curug Sujan, yaitu di Desa Getasblawong, Kecamatan Pageruyung, Kabupaten Kendal.

Curug Terong

Curug Terong
Instagram by @ariesrahardian

Curug yang terakhir ini setinggi 45 meter, lokasinya ada di kaki Gunung Perahu yaitu di Desa Genting Gunung, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal.

Demikianlah ulasan mengenai berbagai macam wisata air terjun di semarang dan sekitarnya ini. Semoga bermanfaat! Selanjutnya silakan rencanakan wisata Anda selanjutnya ke objek wisata lainnya yang ada di Indonesia. Bagi Anda yang masih bingung, silakan cek ke wisata indonesia.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */