26 Air Terjun di Lombok Rekomended Dikunjungi

0

Wisata Air Terjun Tersembunyi di Pulau Lombok

Air Terjun Gerobogan
Instagram by @bypas_

Air Terjun di Lombok – Siapa yang tidak mengenal Lombok, bahkan warta pesona alamnya sudah menyebar hingga ke berbagai negara yang ada di belahan bumi. Ya, salah satu wilayah eksotis di Indonesia ini menyimpan kekayaan potensi wisata alam yang tiada duanya. Mulai dari pegunungan yang megah, pantai-pantainya yang memukau, dan tentu saja air terjunnya yang tak kalah memikat. Diantara beberapa objek wisata terkenal di Lombok seperti Gunung Rinjani, pantai dan resort-nya, air terjun di Lombok juga menjadi salah satu magnet bagi para wisatawan yang datang ke Lombok. Bahkan jika Anda mendaki Gunung Rinjani, Anda juga akan sekaligus dapat berjumpa dengan belasan air terjun yang snagat indah. Selain itu, air terjun lainnya juga tersebar di Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok bagian Barat, dan juga Lombok bagian Timur. Jumlahnya yang begitu banyak juga menjadi nilai tambah potensi wisata alam air terjun di Lombok. Penasaran? Silakan cek ulasan nama dan lokasi air terjun di Lombok berikut ini:

Air Terjun Batara Lenjang

Air Terjun Batara Lenjang
Instagram by @mzabolotsky

Air terjun yang pertama ini berada di kawasan Taman nasional Gunung Rinjani, Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Kondisinya masih sangat alami dan memang belum banyak dikunjungi, air terjun ini jug atidak begitu tinggi. Jika ditelisik lebih dalam, air terjun ini berada di hulu bagian atas dan dibawahnya, masih dialiran yang sama, ada dua air terjun lagi yaitu Air Terjun Sendang Gila dan Air Terjun Tiu Kelep. Keunikan dari salah satu air terjun terindah di lombok ini adalah airnya yang panas dan tetap jernih.

Karena berada di jalur pendakian, untuk sampai kesini Anda pun harus mendaki Gunung Rinjani, akan lebih baik jika Anda menyewa pemandu jalan ataupun orang yang sudah berpengalaman. Karena dikhawatirkan alih-alih ingin berpetualang, Anda justru akan tersesat. Namun tanpa mengurangi antusiasme Anda, selamat berpetualang!

Air Terjun Batu Apeq

Air Terjun Batu Apeq
Instagram by @rendyy

Masih di Lombok Utara ya! Kali ini ada air terjun yang cukup terkenal bernama Air Terjun Batu Apeq, lebaih tepatnya di Desa Santong, Kecamatan Kayangan. Jarak lokasi objek wisata ini dari Kota Mataram sekitar 75 Km. Air terjun ini juga di klaim sebagai air terjun tertinggi kedua yang ada di Nusa Tenggara Barat. Airnya jernih dan bersumber dari Danau Segare Anak. Suasanya yang sejuk juga sangat cocok bagi Anda yang ingin melepaskan penat. Aktivitas seperti bermain air dan berenang dapat Anda lakukan disini, terlebih lagi Anda juga bisa berkemah di area air terjun tertinggi di Lombok ini. Bawalah perlengkapan yang memadai!

Air Terjun Kerta Gangga

Air Terjun Kerta Gangga
Instagram by @_aldypratama

Air terjun yang ada di Lombok Utara selanjutnya adalah Air Terjun Kerta Gangga, alamat tepatnya ada di Dusun Kertaraharja, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga. Dari Mataram, lokasi air terjun ini lebih dekat jika dibandingan dengan air terjun sebelumnya, yaitu sekitar 42 Km saja. Jadi, air terjun ini dapat Anda tempuh selama satu setengah jam saja. Dari Mataram Anda akan melewati Pemenang, kemudian Tanjung, Gondang, lalu Lendang Bagian, Penjor, baru Anda sampai di Kertaraharja.

Sesampainya Anda disana, Anda akan terpukau dengan keindahan air terjun bertingkat ini. Total ada 3 air terjun dengan dua tingkatan yang berbeda, satu di bagian atas dan dua yang lainnya berdampingan di bagian atas, meskipun salah satunya sedikit tersembunyi. Ketinggiannya masing-masing kurang lebih 35 hingga 40 meter. Suasana asri di air terjun Gangga di Lombok ini akan membuat Anda betah berlama-lama.

Tiu Bombong

Tiu Bombong
Instagram by @lombokfriendly

Belum bisa “move on” dari Lombok Utara, tenang saja, masih ada beberapa destinasi wisata air terjun lainnya, salah satunya berada di Dusun Sempakoq, Desa Santong, Kecamatan Kenyangan. Air terjun ini dikenal dengan nama Tiu Bombong. Ketinggiannya mencapai 65 Km dan berbentuk seperti air terjun kembar, yaitu mempunyai dua aliran air terjun dengan catatan saat debit airnya sedang deras.

Ingin berkunjung ke air terjun di pulau lombok ini? Mengapa tidak, Anda hanya akan menempuh perjalanan selama dua jam saja dari Kota Mataram karena hanya berjarak 60 Km. Perjalanan menuju air terjun tidak semudah yang Anda pikirkan ya, Anda harus menyusuri jalan setapak dan melewati sawah, hutan serta sungai selama kurang lebih satu jam perjalanan.

Tiu Teja

Tiu Teja
Instagram by @indonesia360net

Sedangkan air terjun bernama Tiu Teja ini berada di bawah Tiu Bombong, keduanya juga masih berada di lokasi yang sama. Air terjun ini sangat indah, air terjun dari tebing batu yang diselimuti tumbuhan dan lumut setinggi 40 meter. Saat cuaca cerah, Anda akan melihat pelangi, ya, sesuai dengan namanya, Teja yang berarti Pelangi. Dua air terjun yang berdampingan akan terlihat saat musim hujan, sedangkan pada musim kemarau Anda hanya akan satu aliran air terjun saja. Agar liburan Anda semakin lengkap, jangan lewatkan kesegaran air di kolam Air Terjun Tiu Teja North Lombok Regency, West Nusa Tenggara.

Kunjungi :  Jelajah Zona Dunia di Museum Angkut Batu Malang

Tiu Pupas

Tiu Pupas
Instagram by @dcoast_

Tiu Pupas juga tak kalah memukau, air terjun setinggi kurang lebih 50 meter dengan kolam dibawahnya yang mencapai 100 meter persegi ini dapat menjadi wisata air terjun favorit Anda. Objek wisata ini masih sangat asri, untuk dapat menikmatinya Anda bisa langsung menuju ke Dusun Kerurak, Desa Genggaleng, Kecamatan Gangga. Lokasinya masih di kabupaten yang sama, yaitu di Kabupaten Lombok Utara. Kalau dari Jalan Raya Ledang Bagian, jarak air terjun yang ada di lombok ini hanya sekitar 3,5 meter saja dan kurang lebih 70 Km dari Kota Mataram.

Air Terjun Sendang Gila

Air Terjun Sendang Gila
Instagram by @dharmap28

Masyarakat setempat mengeja nama air terjun ini Air Terjun Sendang “Gile”. Jarak dari Kota Mataram tidak begitu berbeda jauh dengan Tiu Pupas, yaitu sekitar 60 Km. Maklum saja, lokasi air terjun populer ini juga berada di Kabupaten Lombok Utara, lebih tepatnya di Desa Senaru, Kecamatan Bayan. Landskap air terjun ini akan membuat Anda berdecak kagum. Berada di ketinggian 600 mdpl, air terjun Sendang Gila ini terdiri dari dua tingkatan dengan dua kolam pula. Tinggi air terjun yang masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani ini sekitar 32 meter.

Untuk menuju ke lokasi air terjun, Anda harus menuruni 315 anak tangga dari pintu masuk kawasan air terjun melalui sebuah lembah yang cukup terjal. Hal lain yang tak kalah menarik dari air terjun Senaru di Lombok Air Terjun Sendang Gila adalah mitosnya, yaitu siapa saja yang membasuh muka atau mandi dengan air terjun akan menjadikannya lebih muda satu tahun dari usianya. Menarik bukan? Silakan datang kemari dan buktikan sendiri cerita berbau magis ini!

Tiu Kelep

Tiu Kelep
Instagram by @indtravel

Kunjungan Anda ke destinasi wisata air terjun di Kabupaten Lombok Utara ini pasti akan sangat berkesan dan berbeda dari wisata air terjun lainnya. Karena untuk menuju ke air terjun ini Anda harus melewati jalan berupa terowongan air. Bantuan cahaya senter pun tidak akan cukup membuat Anda bisa berjalan lebih cepat. Ingin mencobanya?

Silakan ke Desa Senaru, Kecamatan Bayan dan nikmati keindahan air terjun bertingkat-tingkat setinggi 42 meter ini. Agar liburan Anda makin lengkap, bawalah pula baju ganti dan berenang atau bermain air lah di kolam air terjun ini. Disini juga ada mitos yang hampir sama dengan Air TerjunSendang Gila lho. Konon, siapapun yang mandi di air terjun di Lombok Utara Tiu Kelep akan menjadi awet muda. Jangan ragu untuk membuktikan mitos ini ya, fasilitas seperti toilet dan ruang ganti sudah ada disini.

Air Terjun Batu Butir

Air Terjun Batu Butir
Instagram by @arneyfi

Baralih dari Kabupaten Lombok Utara ke Lombok Barat, wisata air terjun Anda akan dimulai dari air terjun bernama Air Terjun Batu Butir ini. Lokasinya sendiri berada di Dusun Batu Butir, Desa Medas, Kecamatan Gunung Sari. Disini Anda akan menjumpai lima air terjun sekaligus, salah satunya terpisah dengan berada di sebelah kiri aliran sungai dan empat yang lainnya di arah yang berlawanan. Tidak semua air terjun dapat Anda singgahi dengan mudah, bahkan untuk mencapai air terjun di Lombok Barat ini Anda harus menggunakan peralatan rock climbing.

Air Terjun Geripak

Air Terjun Geripak
Instagram by @dhietadhieta

Selanjutnya, Anda bisa berkunjung ke Air Terjun Geripak yang ada di Desa Gunturmacan, Kecamatan Gunungsari ini. Air terjun yang masih belum banyak dikenal ini juga tak kalah indah, bahkan lokasinya masih sangat asri. Sangat sayang jika terlewatkan!

Air Terjun Gerobogan

Air Terjun Gerobogan
Instagram by @bypas_

Boleh dibilang letak air terjun di Lombok Barat ini sangat terpencil karena berada di kawasan wilayah Dusun Nusa Damai, Desa Pelangan, Kecamatan Sekotong. Sebelum Anda benar-benar sampai di lokasi air terjun, Anda harus menyusuri sungai melewati bebatuan cadas yang tertata dengan alami. Sejauh mata memandang adalah tebing batu cadas tinggi dengan kontur yang tidak rata, sangat alami! Karena perjuangan menuju ke lokasi air terjun di Lombok Barat ini cukup menguras tenaga, rasanya akan cukup impas jika Anda juga merasakan kesegaran airnya.

Air Terjun Kebon Baro

Air Terjun Kebon Baro
Instagram by @the_queen_of_rose2001

Masih penasaran dengan wisata air terjun di Lombok Barat? Silakan ke Air Terjon Kebon Baro yang berlokasi di Dusun Kebon Baro, Desa Giri Madya, Kecamatan Lingsar. Hanya sekitar 25 Km saja dari kota Mataram, yaitu kurang lebih 30 menit perjalanan. Hanya saja, sesampainya di Dusun Kebon Baro, Anda masih harus berjalan kaki selama 40 menit. Air terjun ini terdiri dari dua tingkatan dengan ketinggian air terjun masing-masing 30 meter dan 10 meter.

Kunjungi :  Goa Petruk di Kebumen, Obyek Wisata Dengan Sejuta Pesona

Air Terjun Putri Kembar

Air Terjun Putri Kembar
Instagram by @didukmiru

Masih dikawasan Lombok Barat namun sedikit merapat ke Kota Mataram terdapat air terjun cantik bernama Air Terjun Putri. Lokasinya hanya berjarak sekitar 17 Km dari Kota Mataram, tepatnya di Dusun Kerandangan, Desa Senggigi, Kecamatan Batu Layar. Untuk kesini Anda bisa melalui beberapa rute, salah satunya adalah dari Mataram, Gunung Sari, kemudian Senggigi, dan kemudian sampai di Dusun Kerandangan. Setelah itu Anda masih harus menyusuri hutan selama kurang lebih 1 jam perjalanan. Selama perjalanan, tiga buah air terjun kecil juga akan ditemui, yaitu Air Terjun Temburun Beriq, Air Terjun Goa Walet, dan Air Terjun Temburun Nyeboq. Untuk wisata air terjun di Lombok ini Anda juga akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000,- per orang.

Penampakan air terjun ini sebagaimana namanya, ada lebih dari satu aliran air terjun. Tiga air terjun berhadapan dalam satu lokasi yang sama, yaitu di sisi kanan dan salah satunya berada sisi kiri. Ketinggiannya masing-masing 10 meter dan 15 meter.

Air Terjun Segenter

Air Terjun Segenter
Instagram by @ngademdotcom

Air Terjun Kumbi adalah sebutan lain dari Air Terjun Segenter yang masih berada di Lombok Barat, Dusun Kumbi, Desa Pakuan, Kecamatan Narmada. Ketinggian yang dimiliki Air Terjun Segenter yang berada di Kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa Sesaotini sekitar 20 meter. Sama seperti kunjungan Anda ke objek wisata air terjun di lombok lainnya, disini Anda juga harus berjalan kaki lagi selama 45 menit.

Air Terjun Timponan

Air Terjun Timponan
Instagram by @apriandirizkan

Objek wisata ini adalah penghujung wisata air terjun Anda di Kabupaten Lombok Barat. Air terjun ini juga sering disebut dengan Air Terjun Praba, mungkin karena memang terlatak di Dusun Praba, Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar. Tingginya sekitar 35 meter dan sangat indah serta asri dan alami. Karena berada di dalam kawasan hutan wisata Sesaot, area Air Terjun Timponan Batu Mekar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat ini juga sangat sejuk, airnya juga sangat jernih dan akan terasa dingin. Anda butuh perjuangan ekstra untuk mencapai Air Terjun Timponan West Lombok Regency West Nusa Tenggara ini, karena Anda harus berjalan kaki meyusuri jalan setapak selama dua hingga tiga jam.

Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu
Instagram by @hidayahrabby

Air terjun super eksotis di Kabupaten Lombok Tengah ini akan membuat Anda terpana. Curahan air terjun ini menyerupai tirai yang yang berada di sela-sela rindangnya pohon gambung. Air terjun yang bersumber dari mata air alami ini memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter dengan dua hingga tiga tingkatan air terjun. Airnya tidak deras, jadi Anda bisa langsung merasakan sensasi dinginnya air langsung dibawah curahan air terjun. Yang paling penting, jangan melupakan kamera Anda, karena landskap yang disuguhkan ini akan menjadi spot selfie terbaik Anda. Tak sabar mengunjunginya? Catat dulu alamatnya, yaitu di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara atau sekitar 30 Km di sisi timur Kota Mataram. Air Terjun Benang Kelambu Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. ini menanti Anda!

Air Terjun Benang Setokel

Air Terjun Benang Setokel
Instagram by @ronni_santoso

Meskipun masih di lokasi yang sama dengan Air Terjun Benang Kelambu, karakter air terjun ini berbeda. Di air terjun di Lombok Tengah ini Anda hanya akan menemukan dua buah air terjun bersebelahan yang masing-masing setinggi 30 meter. Jarak Air Terjun Benang Setokel dari air terjun kelambu di lombok hanya satu kilometer saja, cukup dengan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit saja. Anda dapat bermain sepuasnya atau bahkan berenang di kolam air terjun.

Air Terjun Jeruk Manis

Air Terjun Jeruk Manis
Instagram by @mjmahardika

Kabupaten Lombok Timur juga ikut andil dalam kayanya Lombok akan wisata air terjunnya. Pertama adalah Air Terjun Jeruk Manis atau Air Terjun Jukut atau juga Aik Temer ini. Air terjun di Lombok Selatan Kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Rinjani ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Ada mitos unik disini, dan Anda boleh percaya ataupun tidak. Menurut cerita turun temurun warga setempat, air disini berkhasiat. Yaitu dapat membantu menyembuhkan bermacam-macam penyakit terutama untuk menyuburkan rambut. Namun, untuk hal tersebut, akan dilakukan ritual tradisional yang dipimpin oleh seorang Pemangku.

Tertarik? Lokasinya berada di Desa Tete Batu, tepatnya di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur. Jarak Air Terjun Jeruk Manis Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Bar. 83662 ini sekitar 50 Km dari Kota Mataram.

Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti
Instagram by @riza_kurnia9

Lalu yang kedua ada di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, bernama Air Terjun Mangku Sakti. Disini air terjun dari tebing batu berwarna putih setinggi 30 meter. Air disini mengandung belerang, jadi jangan berharap Anda akan menemukan air terjun berwarna jernih, warnanya justru agak putih kehijauan. Karena itu pulalah air dari air terjun ini dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit. Dari sini, Anda juga bisa mengunjungi dua air terjun lainnya, lokasinya berdekatan.

Kunjungi :  Ini Daya Tarik dari Pantai Bajul Mati Malang Jawa Timur

Air Terjun Mangku Kodeq

Air Terjun Mengku Kodeq
Instagra by @prakash.choudhury

Yang pertama berjarak sekitar 100 meter dari Air Terjun Mangku Sakti dan bernama Air Terjun Mangku Kodeq. Air terjun ini bsa dibilang mini, ketinggiannya hanya sekitar 3 meter saja. Sedangkan lokasinya tersembunyi diantara tebing-tebing tinggi.

Air Terjun Kuda Sembrani

Air Terjun Kuda Sembrani
Instagram by @haikal_ed

Sekitar 500 m ke arah bawah lagi dari Air Terjun Mengku Kodeq akan ditemui air terjun yang bernama Air Terjun Kuda Sembrani. Ketiga air terjun ini berada di Desa dan Kecamatan yang sama di Kabupaten Lombok Timur, yaitu Desa Sajang, Kecamatan Sembalun. And apatut bersabar untuk sampai kesini, jaraknya dari Kota Mataram cukup jauh, yaitu kurang lebih 175 Km. Sehingga waktu perjalanan untuk sampai ke air terjun di lombok timur ini sekitar 4 jam harus Anda tempuh.

Air Terjun Madu

Air Terjun Madu
Instagram by @afiffwp

Masih di Kabupaten Lombok Timur, Anda akan menemukan tiga air terjun lagi dalam lokasi yang tidak begitu jauh. Salah satunya adalah Air Terjun Madu yang terletak di Dusun Birak, Desa Bilok Petung. Jika Anda dari Kota Mataram, Anda harus melalui 4 jam perjalanan darat baik melalui Lombok Timur maupun Lombok Utara dengan jarak sekitar 173 Km. Suasana objek wisata ini snagat asri dan alami, airnya juga mengandung belerang sehingga berwarna putih kehijauan. Bagi Anda yang mahir berenang, silakan berenang di kolam air terjun yang cukup besar ini, kedalamannya sekitar setengah hingga dua meter saja. Indahnya panorama keindahan alam air terjun di Lombok Timur ini juga akan menjadi obat mujarab bagi lelah dan penat Anda.

Air Terjun Mayung Putek

Air Terjun Mayung Putek
Instagram by @nzrthnk18

Kemudian ada pula Air Terjun Mayung Putek yang yang memiliki ketinggian sekitar 60 meter ini. Sama seperti beberapa air terjun di kaki Gunung Rinjani, air terjun ini memiliki kandungan belerang sehingga berwarna putih. Asal muasal airnya yaitu dari luapan Danau Segara anak di puncak Gunung Rinjani. Debit airnya menjadi berkurang, setelah sebagian besar dialirkan ke sebuah pipa besar guna pembangkit listrik. Lokasi air terjun ini juga masih berada di Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.

Air Terjun Umar Maya

Air Terjun Umar Maya
Instagram by @akidamayanti

Air terjun ini terletak sekitar satu setengah kilometer di sebelah utara Air Terjun Mayung Putik. Lokasinya berada di Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun. Air terjunnya hanya sekitar 6 meter saja, tidak terlalu tinggi kan? Namun kelebihannya adalah kolamnya yang begitu luas. Anda bisa berenang sepuasnya di kolam dengan air yang mengandung belerang ini.

Air Terjun Otak Kokoq Gading

Air Terjun Otak Kokoq Gading
Instagram by @laluia_

Lalu di Desa Montong Betok, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur Anda akan menemukan sebuah air terjun unik yang hanya setinggi 5 meter saja. Dimana keunikannya? Air terjun yang berada di berada di kawasan wisata pemandian Otak Kokoq Joben ini keluar dari akar pohon Banjur yang berumur ratusan tahun. Sebuah mitos mengenai khasiat air ini juga masih dipercaya hingga sekarang. Air terjun yang ada di Lombok ini berkhasiat dapat menyembuhkan berbagai penyakit, dengan buih air sebagai indikatornya. Saat air mengenai badan seseorang yang terkena penyakit, buih air yang menyentuh badan seseorang tersebut akan berubah berwarna putih.

Air Terjun Semporonan

Air Terjun Semporonan
Instagram by @noermaeliza23

Air terjun di Lombok Ntb ini berada di kawasan Hutan Lindung Senggigi, tapatnya di Desa Timbanuh, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur. Ketinggiannya sekitar 30 meter dengan dinding yang dipenuhi akar pepohonan yang bahkan sampai merambat hingga kolam air terjun. Untuk dapat sampai ke air terjun ini Anda dapat memilih antara jalur atas ataupn dari bawah dengan menyusuri aliran sungai. Keduanya akan memberikan pengalaman yang sama indahnya.

Air Terjun Ulem-ulem

Air Terjun Ulem-ulem
Instagram by @lombokfriendly

Air terjun di Lombok terakhir di Kabupaten Lombok Timur adalah Air Terjun Ulem-ulem yang berada di Desa Tete Batu, Kecamatan Keruak. Jaraknya sekitar 50 Km saja dari Kota Mataram. Perjalanan menuju ke air terjun akan seru dan mengesankan, Anda nantinya akan berjalan melewati tepi hutan lindung yang masih terpelihara. Tak jarang Anda juga akan melihat kera-kera hitam yang santai berlalu-lalang. Sesampainya di lokasi air terjun Anda akan dimanjakan dengan panorama alam yang indah dan luasnya kolam yang sangat menggoda untuk berenang ataupun sekedar bermain air.

Demikianlah informasi mengenai air terjun tersembunyi di lombok dan lokasinya. Untuk prdoman eksplorasi wisata Lombok yang lebih banyak lagi silakan masuk ke tempat wisata di lombok. Berbanggalah menjadi warga negara Indonesia yang sangat kaya akan alamnya dengan berwisata ke Indonesia, agar Anda lebih mengenalnya, Anda bisa cek ke tempat wisata di indonesia. Semoga bermanfaat dan selamat berkunjung!

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */