Surganya Wisata Indonesia

27 Daftar Air Terjun di Bogor Rekomended untuk Dijelajah

0
27 Daftar Air Terjun di Bogor Rekomended untuk Dijelajah
5 (100%) 1 vote

Tempat Wisata Air Terjun di Bogor yang Bagus

Curug Bidadari
Instagram by @milahaniva

Air Terjun di Bogor – Siapa sih yang tidak mengenal Bogor? Bisa dibilang Bogor adalah salah satu kota andalan di Jawa Barat. Pada 2016 lalu, Kabupaten Bogor juga termasuk dalam 10 kabupaten kota dengan peringkat Indeks Pariwisata Indonesia (IPI) tertinggi. Kesepuluh kabupaten kota dengan IPI tertinggi ini didominasi oleh kota-kota besar, persaingan tempat wisata Indonesia sangat ketat, dan Kabupaten Bogor berada di peringkat ke-9 dengan skor sebesar 3,27. Data ini bersumber dari Kementrian Pariwisata dengan mengolah data sekunder dari empat aspek utama, yaitu aspek lingkungan, potensi wisata, tata kelola, dan infrastruktur. Skala pengukuran yang digunakan adalah mulai dari 0 sampai dengan 5. Menduduki peringkat tertinggi adalah Denpasar, dengan skor 3,81.

Sudah bukan hal aneh lagi jika Bogor menjadi salah satu diantaranya. Potensi wisatanya sangat beragam. Wisata curug adalah salah satu primadona pariwisata di Kota Hujan ini. Selain kondisi alamnya yang benar-benar indah, curug-curug yang ada di Bogor juga sangat banyak. Bukan hanya satu atau dua curug saja, melainkan belasan dan mungkin saja puluhan. Mengapa? Karena beberapa potensi wisata curug masih belum terekspose.

Di Bogor sendiri, curug atau disebut juga air terjun adalah salah satu objek wisata favorit yang banyak wisatawan. Selain indah, suasana dan kondisi alamnya juga akan membuat Anda betah berlama-lama. Udaranya sejuk, airnya segar, dan Anda juga bisa bermain air sepuasnya. Apalagi yang Anda cari? Wisata air terjun Bogor akan menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang benar-benar ingin berekreasi menyegarkan pikiran atau mencari inspirasi baru. Penasaran apa saja air terjunnya? Silakan cek daftar wisata air terjun di Bogor berikut ini:

Curug Bidadari

Curug Bidadari
Instagram by @milahaniva

Jika Anda biasa menjumpai wisata air terjun atau curug dengan pengeloaan yang seadanya, hal yang berbeda akan Anda temui disini. Curug yang sudah sangat populer ini telah dikelola dengan cukup profesional. Kolam buatan yang cukup besar ada di tempat wisata air terjun di Bogor ini. Airnya tidak lain berasal dari aliran air terjun ini sendiri. Kolam besar yang ada disini dapat dimanfaatkan untuk tempat bermain air, tak terkecuali juga untuk tempat bermain anak-anak, jangan khawatir, kolam ini sangat aman karena tidak berarus deras. Hanya saja kehati-hatian harus tetap ada, terutama bagi orangtuanya.

Selain kolam buatan, curug juga tetap alami dengan masih terjaganya kolam alami tepat dibawah air terjun. Ciri khas utama dari Curug Bidadari ini adalah adanya bongkahan batu besar yang berada persis di depan air terjun. Ketinggiannya sekitar 45 meter, debit air terjun di Sentul Bogor ini juga relatif tinggi. Apakah Anda tahu bahawa dulunya Curug Bidadari Bogor ini bernama Curug Bojongkoneng? Ya, lokasinya yang berada di Desa Bojongkoneng membuatnya sempat disebut Curug Bojongkoneng. Kini curug ini telah dikelola Sentul Paradise Park dan namanya berubah menjadi Curug Bidadari. Waktu tempuh dari Jakarta sekitar 1 jam 30 menit.

Curug Cadas Ngampar

Curug Cadas Ngampar
Instagram by @rndhigalihramadhan

Kalau curug indah bernama Curug Cadas Ngampar ini berada di kawasan wisata Gunung Salak Endah Bogor. Curug ini belum banyak diketahui para pecinta wisata alam seperti air terjun di Bogor Sentul, selain itu wisata ini juga baru resmi dibuka untuk umum. Suasananya yang masih asri dan sepi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berelaksasi ataupun mencari inspirasi. Bukankah demikian?

Curug Putri dan Curug Panganten juga bisa Anda temukan disekitar curug ini, letaknya sedikit terpisah tetapi tidak begitu berjauhan. Lokasinya ada di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Curug Cilember

Curug Cilember
Instagram by @curug-cilember

Lalu di kawasan Puncak, tepatnya di Desa Jogjongan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor terdapat Curug Cilember. Jaraknya 20 km atau sekitar 1,5 jam dari Kota Bogor. Karena berada di kawasan Wana Wisata Curug Cilember di ketinggian 800-900 mdpl, tak heran jika udara di sekitar air terjun sangat sejuk. Aliran air di air terjun di Puncak Bogor ini jernih dan juga segar. Uniknya, curug ini memiliki tujuh buah tingkat air terjun di tempat yang berbeda-beda. Oleh karena itu, ini disebut juga dengan nama Curug 7 Cilember. Jeram yang tertinggi adalah 40 meter, penamaannya juga menggunakan angka, semakin tinggi letak air terjunnya, maka akan semakin kecil angkanya.

Kunjungi :  Curug Benowo, Destinasi Membawa Effect Penyegaran Aroma Alami

Selain itu, Anda juga bisa berkunjung ke Taman Kupu-kupu dan juga Taman Konservasi Kupu-kupu. Lokasinya berdekatan, hanya saja Anda akan dikenakan tiket masuk ke Taman ini sebesar Rp5.000,- per orang.

Curug Beret

Curug Beret
Instagram by @andisurya_leonardo

Curug setinggi sekitar 30 meter ini berada di kaki Gunung Pangrango, cukup terpencil dan masih jarang diketahui. Lokasi tepatnya di Kampung Lemah Neundeut, Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, dekat dengan kawasan Bumi Perkemahan Baru Bolang. Lokasinya masih sangat sulit dijangkau, bahkan wajib bangi Anda untuk menggunakan kendaraan roda 2. Setelah itu masih harus dilanjutkan menyusuri jalan setapak yang cukup curam selama 20 menit. Tiket masuknya sebesar Rp1.500,- saja per orang.

Curug Cigamea

Curug Cigamea
Instagram by @bagasnugraha

Curug ini terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor dan masih dalam Kawasan Wisata Gunung Salak Indah. Ada dua air terjun disini, salah satu diantaranya lebih dekat dengan jalan masuk. Jarak kedua air terjun yang ada disini sekitar 30 meter. Air terjun yang kedua berada diantara celah tebing dan tumpahan airnya juga lebih deras. Lantaran airnya yang bersih dan jernih, Curug Cigamea Bogor ini sangat menggoda untuk basah-basahan bermain air.

Akses menuju curug ini tidaklah sulit, dari pintu masuk hanya sekitar 700 meter dengan waktu tempuh kurang lebih 10 menit saja. Medan jalannya juga tidak ekstrim. Tertarik? Datanglah kesini dan nikmati panorama keindahan Curug Cigamea dan udaranya yang sejuk.

Curug Cibadak

Curug Cibadak
Instagram by @hakimdusanto

Taman Nasional Halimun dan Gunung Salak masih menyimpan banyak sekali potensi wisata, Curug Cibadak ini adalah salah satunya. Lokasi tepatnya ada di Kampung Loji, Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Bogor. Dari Kota Bogor, Anda dapat menempuh waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai disini. Selain adanya Camping Ground, Anda juga akan menemui Pusat Penelitian dan Rehabiltasi Suaka Elang disekitar lokasi.

Curug Cibeureum

Curug Cibeureum
Instagram by @hazmirubijawad

Curug yang satu ini tidak gampang ditakhlukkan, mengapa? Karena Anda harus tracking selama 1,5 jam untuk sampai ke air terjun. Lebih lagi medannya berbatu dan menanjak. Lokasinya yang terletak di Kawasan Taman Nasioanl Gunung Gede Pangrango wilayah Bogor membuat perjalanan Anda akan lebih menyenangkan. Belum apa-apa Anda sudah akan disuguhi pemandangan alam yang sangat mempesona, pepohonan rindang, adanya telaga biru, dan jembatan kayu yang dikelilingi ilalang. Indah bukan? Jangan menghabiskan memori kamera Anda selama diperjalanan ya!

Sesampainya di atas, Anda bisa melihat jejeran 3 buah air terjun, semuanya memiliki karakteristik masing-masing. Anda dapat mengetahuinya dengan datang langsung kesini. Air terjun yang berada pada ketinggian sekitar 1.675 mdpl ini memiliki aliran yang cukup deras. Latar belakang tebing cadas semakin menambah keeksotisan objek wisata ini. Jika Anda beruntung, Anda mungkin akan menjumpai owa jawa.

Curug Ngumpet

Curug Ngumpet
Instagram by @sandibarita

Curug indah ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Lokasinya ada di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, masih di kawasan Gunung Salak Endah yaitu wilayah di area Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Kalau ditempuh dari Ibukota, waktu tempuhnya sekitar 2 jam perjalanan. Beda lagi kalau Anda dari Kota Bogor, jaraknya sekitar 38 km saja. Curug ini akan dengan mudah Anda temukan, bahkan gemuruh airnya saja sudah terdengar dari loket masuk. Tiketnya juga termasuk murah, Rp5.000,- saja per orang. Air terjun berlatarbelakang tebing yang dipenuhi oleh lumut memang sangat mempesona. Namun jangan hanya memandanginya saja, ceburkan diri Anda ke dalam kolam alaminya yang berair jernih dan juga segar ya!

Kunjungi :  42 Tempat Wisata di Cianjur Jawa Barat Paling Dicari

Curug Ciherang

Curug Ciherang
Instagram by @kimung003

Curug ini sedikit unik, bentuknya berundak dengan total 3 tingkatan yang jika di totalkan ketinggiannya mencapai sekitar 30 meter. Lokasinya berada di Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Jaraknya hanya 40 km saja dari ibukota Jakarta, tidak begitu jauh. Jika Anda takut tersesat, silakan cek koordinat GPS berikut ini, 6° 34′ 47.58″ S  106° 58′ 54.25″ E. Selamat berpetualang!

Curug Panjang

Curug Panjang
Instagram by @rerivalgi

Berbeda dengan ebberapa curug sebelumnya, curug ini berkontur landai. Anda bisa membawa serta keluarga Anda bahkan juga anak-anak. Kolamnya yang sangat jernih akan menjadi arena bermain air yang sangat menyenangkan. Curug Panjang Bogor ini berasal dari aliran sungai Cirangrang yang berada di tanah yang miring, bentuknya memanjang sekitar 20 meter. Namun Anda tetap harus berhati-hati, kolamnya cukup dalam, bahkan untuk Anda orang dewasa. Penasaran? Sialkan berkunjung ke Desa Citamiang – Paseban, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Tiketnya hanya Rp5.000,- saja per orang. Di kawasan air terjun di Bogor Puncak ini juga tersedia beberapa fasilitas lainnya, seperti camping ground, penginapan, dan lain-lain.

Curug Cikahuripan

Curug Cikahuripan
Instagram by @filosotrip

Air terjun di Bogor setinggi 30 meteran ini berada di Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Aksesnya yang masih cukup sulit membuatnya belum begitu populer. Bagaimana tidak, setelah sampai pun Anda masih harus berjalan kaki selama kurang lebih 2,5 Km hingga akhirnya sampai ke air terun.

Curug Naga

Curug naga
Instagram by @curugnaga

Curug Naga ini bisa Anda tempuh selama satu seperempat jam dari Ibukota Jakarta. Air terjun ini dikenal juga sebagai tempat untuk body rafting, untuk sampai ke lokasinya saja Anda sudah harus menyusuri sungai sepanjang 100 meter. Curug ini juga sangat dekat dengan Curug Panjang karena masih berada di aliran air yang sama. Airnya sangat jernih dan kolamnya cukup dalam, bisa Anda gunakan untuk berenang bahkan melompat kedalamnya dari tebing atau dinding di atas curug. Untuk dapat mengunjunginya Anda harus reservasi dulu, maklum saja, akan ada beberapa persiapan untuk river tubing. Sebelum sampai kesini Anda juga akan melewati Curug Priuk.

Curug Cikaracak

Curug Cikaracak
Instagram by @aamrynt

Air terjun ini lagi-lagi akan Anda temukan di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Ada dua air terjun dengan keinggian masing-masing 40 meter dan 20 meter. Airnya jernih dan juga deras. Untuk lokasi tepatnya ada di Dusun Cibeling Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, Bogor. Curug yang masih virgin ini masih anti mainstream dan wajib Anda kunjungi! Pengelolaannya yang belum maksimal layaknya wisata air terjun di Puncak Bogor tidak mengurangi keelokan Curug Cikaracak ini.

Curug Pangeran

Curug Pangeran
Instagram by @oktariarhy

Untuk dapat menjangkau air terjun di Bogor Jawa Barat, waktu 1,5 jam Anda butuhkan, itupun jika Anda berangkat dari kota Bogor. Lokasinya berdekatan dengan Curug Ngumpet. Ketinggian air terjunnya sekitar 6 meter saja, airnya jernih dan segar, kolamnya sedalam 2 meter saja, pokoknya snagat pas untuk berenang dan bermain-main air. Selain menikmati segarnya air, Anda bisa sekaligus menikmati suasana alamnya yang masih sangat asri dan berudara sejuk. Ingin mencoba? Lokasinya ada di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Curug Cilontar

Curug Cilontar
Instagram by @niapermata_s

Air terjun di daerah Bogor ini setinggi 35 meter ini memiliki debit air yang deras, tidak pernah berkurang setiap tahunnya. Maklum saja, curug ini berada di aliran sungai Cianten, sumber air untuk PLTA Kracak. Lokasinya ada di Desa Kracak, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Curug Seribu

Curug Seribu
Instagram by @disko.pantura

Tempat Air Terjun di Bogor ini setinggi tiga kali lipat curug sebelumnya, yaitu mencapai 100 meter, debit airnya besar. Lokasinya ada di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Akses menuju lokasi wisata ini cukup sulit, Anda wajib menyiapkan tenaga yang lebih ekstra. Ada empat jalur yang bisa Anda pilih, jalur Cemplang (Cibungbulang)-Pamijahan-Salak Endah umumnya lebih banyak dipilih. Medannya lebih mudah, dan waktu tempuhnya lebih sedikit.

Kunjungi :  Harga Tiket Masuk Wisata Alam Kalibiru Jogja

Utamakan keselamatan Anda saat berada di Curug Seribu ya! Tebingnya bisa saja lonsor. Tiket masuknya murah meriah, hanya Rp3.000,- per orang.

Curug Cipamingkis

Curug Cipamingkis
Instagram by @nur.intang

Sekitar 800 meter dari lokasi pintu masuk Curug Ciherang Anda akan menemukan curug indah setinggi 20 meter ini. Lokasi tepatnya ada di Desa Wargajaya, Kecamatan Suka Makmur, Kabupaten Bogor. Dengan tiket masuk sebesar Rp10.000,- Anda sudah bisa menikmati keindahan air terjun di Jonggol Bogor yang lengkap dengan beberapa fasilitas ini. Ada wahana permainan seperti flying fox, jogging track, toilet, dan lain-lain.

Curug Luhur

Curug Luhur
Instagram by @sdverdana

Curug Luhur berada di Desa Gunung Malang, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Ada dua buah air terjun, ketinggiannya sejajar yaitu 62,4 meter. Anda tidak harus tracking, cukup berjalan sejauh 150 meter saja dari pintu masuk. Tarif masuk Curug Luhur Bogor sebesar Rp7.500,- per orang.

Curug Nangka

Curug Nangka
Instagram by @cumiqu

Curug ini tidak berada jauh dari dari Curug Luhur, hanya 5 sampai 6 Km saja kearah Barat. Bebatuan alam di sekitarnya membuat Air Terjun Curug Nangka Bogor ini begitu indah. Hutan pinus disepanjang perjalanan juga tergolong Instagramable. Tunggu apalagi, masukkan nama Air Terjun Curug Nangka Bogor, Jawa Barat ini dalam daftar kunjungan wisata air terjun Anda di Bogor. Lokasinya ada di Desa Warung Loa, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

Curug Cihurang

Curug Cihurang
Instagram by @buya14

Air terjun yang ada di Bogor selanjutnya adalah Curug Cihurang. Lokasinya berada di Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Menariknya, Anda bisa berfoto tepat di bawah air terjun, bahkan bagi Anda yang tidak bisa berenang, kolamnya relatif dangkal. Nikmati pula suasana sejuk hutan pinus. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa fasilitas seperti area camping ground di sekitar curug.

Curug Ciparay

Curug Ciparay
Instagram by @Curug Cihurang

Air terjun di Bogor yang bagus ini belum banyak terjamah, ketinggiannya sekitar 50 meter. Lokasinya berada di Kampung Menir, Desa Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Untuk menikmatinya lebih lama lagi, Anda bisa menginap di penginapan sekitar. Tiket masuk curug ini sebesar Rp5.000,- saja.

Curug Ciismun

Curug Ciismun
Instagram by @dewiwang

Curug ini berada di kawasan Kebun Raya Cobidas, sebenarnya curug ini terletak di Desa Cimacan, Kecamatan Pacet  Kabupaten Cianjur. Namun Anda tetap bisa mampir kesini saat berkunjung ke Bogor.

Curug Kembar

Curug Kembar
Instagram by @imrama_

Curug ini berada di kawasan Puncak, Desa Batulayang, Cisarua. Terdapat 5 buah air terjun yang sangat menarik, air terjunnya tidak terlalu tinggi, airnya jernih dan Anda bisa bermain-main dengan air terjun di Bogor yang bagus ini.

Curug Country

Curug Country
Instagram by @emyebpj

Curug yang menyerupai Air Terjun Niagara ini berada di Desa Tanjung Rasa, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor.

Curug Grahong

Curug Grahong
Instagram by @letscampindonesia_official

Disekitar Bogor Barat, Anda akan menemukan air terjun bernama Curug Grahong ini. Lokasi tepatnya ada di Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Ketinggian air terjun di Bogor Barat ini hanya 15 meter saja, tiket masuknya juga hanya Rp2.000,- saja per orang. Anda juga bisa menemukan tempat wisata di Bogor ( masuk ) lain disekitar air terjun ini, yaitu Gua Gudawang.

Curug Jaksa

Curug Jaksa
Instagram by @febriantoarbi

Curug ini adalah salah satu objek wisata yang berada di kawasan wisata Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Bogor. Anda bisa berenang dan berendam di air terjun setinggi 20 meter ini.

Curug Putri Kencana

Curug Putri Kencana
Instagram by @dedebachnan

Lokasi curug ini ada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Nama lain dari curug indah ini adalah Curug Hejo. Air Terjun Leuwi Hejo Bogor ini berada di dekat Curug Bidadari dan Curug Barong.

Beberapa daftar wisata air terjun di Bogor masih bisa bertambah, mengingat bahwa Bogor adalah adalah salah satu kota di Indonesia dengan sejuta potensi. Jangan takut tersesat, peta dan nama curug di Bogor dapat Anda akses dengan mudah di internet. Selamat berkunjung!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */