Surganya Wisata Indonesia

Relaxasi Pikiran ke Wisata Air Terjun Coban Rondo Malang

0

Misteri dan Asal Usul Wisata Air Terjun Coban Rondo Malang

Asal Usul Wisata Air Terjun Coban Rondo
Instagram by @sherlyapriyanidravid

Air Terjun Coban Rondo Malang – Berwisata bersama keluarga dan bercengkerama bersama merupakan hal yang menyenangkan. Anda yang pergi bersama putra putri tercinta berada di lokasi yang tepat. Kabupaten Malang. Tempat ini mempunyai tiga wisata andalan yang populer di kalangan wisatawan. Bila Anda menginginkan tempat wisata bernuansa science, Anda bisa datang ke Jatim Park 1. Bagi Anda pecinta satwa, Anda bisa mengunjungi Jatim Park 2. Ditempat wisata tersebut terdapat Batu Secret Zoo, kebun binatang yang mempunyai koleksi hewan langka. Selain itu, Anda pecinta serangga, Anda bisa bertandang ke Eco Green Park yang mempunyai koleksi kupu-kupu cantik yang diawetkan dalam sebuah frame kaca. Nah, bagi Anda yang gemar selfie, ada satu tempat eksotis bernuansa wisata malam yaitu Batu Night Spectacular. BNS mempunyai satu spot foto yang unik, yaitu Lampion Garden. Anda bisa berfoto dengan latar ribuan cahaya lampu warna-warni yang sangat indah. Kabupaten Malang juga mempunyai wana wisata yang mashur dengan ceritanya yang legendaris. Wisata Air Terjun Coban Rondo Malang Jawa Timur.

Air terjun ini memiliki ketinggian 276 kaki atau setara dengan 84 meter. Air Terjun Coban Rondo ini berada di kawasan lereng Gunung Kawi. Sumber mata airnya berasal dari sumber air Cemoro Mudo. Seperti tempat wisata di pegunungan lainnya, tempat ini juga mempunyai hawa udara yang sejuk ditambah banyaknya pohon yang tumbuh di sekeliling tempat wisata. Air terjun ini bukan tempat wisata baru. Usia yang sudah hampir 37 tahun membuat Air Terjun Rondo ini sudah matang dalam hal fasilitas. Banyak sarana dan tempat penunjang yang disediakan. Selain itu, lokasi wisata sudah tertata sedemikian rupa, sehingga membuat pengunjung merasa nyaman. Ada papan tulisan yang terbuat dari batu yang menorehkan kisah legenda di balik megahnya Air Terjun Coban Rondo.

Kunjungi :  24 Tempat Wisata di Pangandaran Paling Hits Saat Ini

Legenda Air Terjun Coban Rondo

Legenda Air Terjun Coban Rondo
Instagra, by @Asal Usul Wisata Air Terjun Coban Rondo

Air terjun ini menyimpan satu kisah menyedihkan yang menelurkan nama “Rondo” pada tempat ini. Rondo merupakan istilah bahasa Jawa yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti Janda. Air Terjun Janda. Alkisah pada zaman dahulu, ada seorang wanita bernama Dewi Anjarwati yang berasal dari telatah Gunung Kawi dan seorang pangeran bernama Raden Baron Kusumo dari gunung seberang yakni Gunung Anjasmoro. Keduanya merajut kasih hingga jenjang pernikahan.

Suatu hari, selang beberapa hari paska mereka menikah, Dewi Anjarwati mengajak sang suami untuk berkunjung ke rumah orang tua Raden Baron di Gunung Anjasmoro. Kepergian mereka ditentang oleh orang tua Dewi Anjarwati dengan alasan usia pernikahan mereka belum ada satu lapan (35 hari). Sesuai dengan ajaran orang Jawa, pengantin baru tidak diperbolehkan untuk keluar rumah atau mendatangi hajatan sebelum usia perkawinan mencapai 35 hari. Hal tersebut ditakutkan akan terjadi hal yang tidak diinginkan antara kedua mempelai. Namun, mereka berdua sama sekali tidak mengindahkan nasehat tersebut dan tetap bersikukuh untuk pergi.

Lokasi Air Terjun Coban Rondo
Instagram by @tata_ngkelan

Dari sinilah asal usul Air Terjun Coban Rondo bermula. Di tengah-tengah perjalanan, mereka bertemu dengan seorang pemuda bernama Joko Lelono. Joko Lelono ini terpikat pada kecantikan Dewi Anjarwati dan jatuh cinta pada pandangan pertama. Ia kemudian menantang Raden Baron Kusumo untuk berkelahi, berharap dapat memenangkan pertarungan dan memiliki Dewi Anjarwati. Raden Baron Kusumo kemudian menyuruh istrinya untuk bersembunyi di balik air terjun dan berjanji akan menemuinya setelah memenangkan pertarungan. Tetapi tak disangka-sangka, kedua pemuda sama-sama tewas dalam perkelahian. Janji Raden Baron untuk menjemput istrinya tentu tidak dapat terpenuhi. Akhirnya tinggalah Dewi Anjarwati dalam kesendirian menanti datangnya sang suami dalam waktu yang lama. Ia terus meratap dan mulai menyadari bahwa sang suami telah tiada dan tak akan pernah datang. Sejarah Air Terjun Coban Rondo di Batu Malang masih eksis hingga sekarang. Cerita tersebut memunculkan mitos bagi pengunjung yang datang. Disebabkan ratapan Dewi Anjarwati yang menangisi suaminya tersebut, hingga kini konon ratapan tersebut mengutuk para pengunjung yang datang sebagai pasangan kekasih. Hubungan yang dijalin tidak akan berlangsung lama setelah mengunjungi air terjun ini. Mitos Air Terjun Coban Rondo Pandesari Malang Jawa Timur ini banyak dipercaya kebenarannya oleh wisatawan yang berkunjung. Namun sekali lagi, hal tersebut adalah mitos yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya melalui akal sehat.

Kunjungi :  Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti Jogja

Lokasi Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo
Instagram by @feliciashadily

Air terjun yang sarat dengan cerita mistis tersebut terletak di Jl. Coban Rondo, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Obyek wisata Malang ini berada di titik 1.135 mdpl. Akses jalan menuju lokasi cukup mudah untuk ditempuh. Anda akan lebih mudah sampai di air terjun ketika mengendarai kendaraan pribadi. Jika mengendarai kendaraan pribadi, Anda tinggal menuju ke arah Kecamatan Pujon dan mengikuti petunjuk jalan yang sudah terpasang di berbagai sudut jalan. Anda yang lebih suka dengan tantangan, bisa berwisata ke tempat ini dengan menaiki kendaraan umum. Alamat Air Terjun Coban Rondo mudah untuk ditemukan. Anda dapat search lokasi di google maps untuk mendapatkan informasi akurat.

Ketika memilih menaiki kendaraan umum, Anda harus berganti kendaraan sebanyak 3 kali. Pertama, Anda naik bus dari Terminal Arjosari Malang menuju daerah Landungsari. Dari Landungsari ini, Anda berganti bus dengan jurusan Kecamatan Pujon kemudian turun di Desa Pandesari yang terdapat patung sapi. Dari patung ini, Anda bisa menyewa jasa ojek untuk mengantar Anda sampai lokasi Air Terjun Coban Rondo.

Harga tiket masuk Air Terjun Coban Rondo adalah Rp. 15.000 untuk hari biasa, dan Rp. 18.000 di akhir pekan. Bila Anda mengendarai kendaraan pribadi, Anda dikenakan tarif parkir kendaraan sebesar Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000.

Wahana Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo Malang
Instagram by @alam_nuari

Wisata Air Terjun Coban Rondo Batu Malang memiliki beberapa wahana menarik yang patut untuk dicoba. Wahana tersebut diantaranya River Tubing, Rafting, Labirin, Outbond Training, War Game, Tree Walk, Trekking, Berkemah, Berkuda, Flying Fox, dan masih banyak lagi permainan yang ditawarkan. Satu wahana baru yang ditawarkan adalah labirin. Di sini, Anda akan merasa tertantang untuk masuk ke dalam arena labirin dan menemukan jalan keluar. Permainan ini akan lebih seru ketika dilakukan beramai-ramai. Wahana lain yang juga tak kalah menarik adalah River Tubing. Air terjun ini mempunyai sungai yang jernih dan panorama sekeliling sungai yang hijau sehingga Anda akan betah berlama-lama mengapung di atas sungai Air Terjun Coban Rondo di Malang yang indah ini. Anda harus mengeluarkan biaya lagi ketika hendak menikmati wahana yang disediakan mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp. 200.000 an. Harga yang mahal tentu saja sebanding dengan kepuasan Anda menikmati wahana. Anda dapat melupakan sejenak misteri Air Terjun Coban Rondo Pujon Malang ini. Hal-hal menyeramkan tersebut dapat tergantikan dengan suasana ceria melalui kegiatan-kegiatan Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */