Berwisata? Jangan Lewatkan Air Terjun Coban Pelangi Malang

0

Rute Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Coban Pelangi

Wisata Air Terjun Coban Pelangi
Instagram by @julianyiskandar

Air Terjun Coban Pelangi Malang – Selama ini, sudah berapa kali Anda melihat fenomena alam Pelangi? Ketika cuaca cerah kemudian turun hujan, biasanya akan terlihat fenomena yang satu ini. Ada lebih dari satu macam bentuk yang bisa dilihat dengan warna yang indah. Lagi. Ciptaan Tuhan yang satu ini tidak pernah keliru. Meski hanya sederhana dengan cat warna warni, namun mampu membuat langit terlihat lebih indah. Nah, sekarang bagaimana jika pelangi tersebut terlihat di sebuah air terjun? Tentu saja bukan pemandangan biasa. Penasaran? Anda bisa menemukannya di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Ada satu tempat wisata yang cukup terkenal karena pada hari menjelang siang, terlihat fenomena pelangi ini di bawah air terjun. Anda bisa datang ke tempat wisata Air Terjun Coban Pelangi Ngadas Poncokusumo.

Air Terjun atau Coban sebenarnya adalah satu istilah yang sama. Coban adalah istilah air terjun dalam bahasa Jawa, sehingga bisa disebut saja dengan Air Terjun Pelangi atau Coban Pelangi. Sudah jelas terlihat bahwa air terjun ini bernama Air Terjun Pelangi sebab, ada fenomena pelangi yang bisa terlihat setiap hari di bawah air terjun. Anda sebaiknya datang ke tempat ini di waktu pagi, sehingga bisa menyaksikan secara langsung fenomena tersebut. Lokasi Air Terjun Coban Pelangi di Malang berada di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Air terjun ini masih dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Lokasinya yang berada di pegunungan membuat cuaca di tempat ini terasa dingin. Pernah sesekali cuaca dinginnya berada di temperatur 19 derajat celcius. Dilihat dari ketinggiannya, Air Terjun Coban Pelangi ada di 1.400 meter di atas permukaan laut. Jangan lupa untuk mengenakan jaket tebal ketika berkunjung ke air terjun ini. Selain itu, Anda juga harus mengenakan alas kaki anti slip, agar terasa nyaman dan aman dalam melakukan perjalanan ke lokasi wisata. Sebab, letaknya yang bersembunyi di balik bukit membuat Anda harus berjalan sekian ratus meter dari lokasi parkir kendaraan. Jangan khawatir, meskipun jalan yang tersedia masih berupa jalan tanah, namun, Anda pasti tidak akan menoleh tatkala melihat pemandangan di sekitar jalan. Pepohonan yang tumbuh subur dengan taburan warna hijau bak permadani, serta jalan yang berkelok-kelok membuat keindahan semakin sempurna. Selain itu, Anda akan ditemani oleh suara kicauan burung yang terdengar di sana sini.

Kunjungi :  23 Tempat Wisata di Magetan Jawa Timur Ngehitz !!
Lokasi Air Terjun Coban Pelangi
instagram by @zogaprakasa

Sebelum tiba di lokasi, Anda akan melewati sebuah jembatan kecil dari kayu yang hanya bisa dilewati oleh dua orang pejalan kaki. Karena harus saling berpegangan tangan ketika melewati jembatan tersebut, maka tempat penyeberangan tersebut dinamakan jembatan cinta. Semakin dekat dengan lokasi air terjun, suara deru air terdengar semakin jelas. Coban ini termasuk tempat wisata yang populer, karena lokasinya yang berada di jalur pendakian Gunung Semeru. Anda yang sedang dalam rencana untuk pendakian, mampirlah sebentar ke tempat yang sejuk ini. Di samping jalan yang dilalui cukup mudah, Anda bisa berwisata dan melepas lelah. Perjalanan panjang di jalanan setapak berakhir dengan terlihatnya air terjun dari jauh. Air terjun setinggi 30 meter tersebut menjuntai indah di antara tebing yang menjulang tinggi. Permukaan tebing yang ditumbuhi lumut menambah pesona air terjun. Belum lagi ketika pelangi muncul. Panoramanya terlihat seperti lukisan. Tidak menyangka bukan? Di kedalaman Malang ini, terdapat surga yang tersembunyi.

Harga tiket masuk Air Terjun Coban Pelangi Tumpang adalah sebesar Rp. 6.000. Biaya tersebut masih harus ditambah biaya parkir kendaraan. Tarif parkir untuk sepeda motor adalah sebesar Rp. 2.000 sedangkan tarif parkir untuk kendaraan roda 4 adalah sebesar Rp. 5.000. Cukup murah bukan? Tempat wisata Coban Pelangi ini memang masih alami, sehingga belum banyak fasilitas yang disediakan. Tetapi, jangan salah. Di sini, ada fasilitas untuk berkuda. Ya. Naik kuda di sekitar lokasi air terjun. Biaya naik kuda ini hanya Rp. 10.000. Anda bisa menikmati keindahan alam Desa Ngadas ini di atas kuda. Anda akan ditemani oleh seorang pawang ketika berkeliling mengendarai kuda ini.

Kunjungi :  Explore 31 Tempat Wisata Terbaik di Cilacap Jawa Tengah
Air Terjun Coban Pelangi Malang
instagram by @nanik99apry

Satu lagi hal menarik yang dapat Anda lakukan adalah berkemah. Ada tempat yang memang biasa digunakan oleh wisatawan untuk mendirikan tenda. Tempatnya memang tidak terlalu luas, tetapi cukup untuk mendirikan tenda dalam satu kelompok berkemah. Anda dikenakan lagi biaya retribusi sebesar Rp. 10.000 ketika akan bermalam di tempat ini. Berkemah ditemani suara air terjun tentu saja mengasyikkan. Cuaca yang dingin ditemani lebatnya pohon membuat suasana semakin intim. Anda dapat mendirikan api unggun untuk perapian dan menyediakan makanan kecil sebagai camilan. Di daerah wisata ini tidak ada tempat untuk menyewa perlengkapan berkemah. Ada baiknya, Anda mempersiapkan segala perlengkapan dan kebutuhan berkemah sebelum melakukan perjalanan wisata ke Air Terjun Coban Pelangi. Jangan lupa untuk mempersiapkan bekal makanan dan minuman yang mencukupi, sebab tidak ada tempat untuk membeli makanan terutama pada malam hari. Hal yang perlu diingat adalah untuk selalu menjaga kebersihan daerah setempat. Bawa kembali kemungkinan sampah yang Anda hasilkan selama berkemah dan jangan mengambil apapun barang satu kerikil dari tempat ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Rute ke Air Terjun Coban Pelangi

Air Terjun Coban Pelangi
instagram by @zogaprakasa

Anda belum pernah berwisata ke tempat ini? Tenang saja, rute Air Terjun Coban Pelangi ini mudah untuk ditempuh. Jarak dari pusat Kota Malang hanya sekitar 32 kilometer. Anda bisa menaiki kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil, serta angkutan umum. Dari Kota Malang, Anda bisa langsung menuju ke arah Kecamatan Tumpang. Dari kecamatan ini, jarak Air Terjun Coban Pelangi tinggal 10 kilometer lagi. Cari arah menuju Kecamatan Poncokusumo. Setelah itu cari lokasi Desa Ngadas. Ada banyak petunjuk jalan yang bisa Anda jadikan panduan untuk bisa sampai ke lokasi. Bila Anda naik kendaraan umum, dari Kota Malang Anda harus pergi ke terminal Arjosari untuk menuju ke Kecamatan Tumpang. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun, Anda dapat memanfaatkan jasa ojek.

Kunjungi :  30 Tempat Wisata Alam di Salatiga dan Sekitarnya

Selain Air Terjun Coban Pelangi, masih ada satu lagi air terjun yang harus Anda datangi yaitu Air Terjun Coban Rondo. Air terjun yang fenomenal dengan cerita dan mitosnya yang melegenda ini wajib ada dalam list tujuan wisata Anda selanjutnya.

Ke tempat wisata Malang, tidak akan sempurna rasanya jika tidak mencoba tempat wisata yang menjadi favorit para wisatawan. Sebuah taman dengan arsitektur modern yang dikemas secara menarik dan edukatif. Jawa Timur Park. Ada dua taman yang masuk dalam Jawa Timur Park Group ini, yaitu Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Anda bisa mencoba sensasi keseruan berekreasi bersama rekan dan keluarga dengan berbagai wahana yang ada. Di samping itu, Anda dapat menjadikan tujuan wisata Anda menjadi wisata edukasi. Selain bersenang-senang, Anda dapat belajar banyak hal dari berbagai tempat dalam paket wisata Anda ke Kabupaten Malang.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */