Surganya Wisata Indonesia

Explore Aset Tempat Wisata di Provinsi Jawa Tengah

0
Explore Aset Tempat Wisata di Provinsi Jawa Tengah
Nilai Artikel Ini

Guys! Ngomongin soal Pariwisata nih, secara konsep Pariwisata dapat diartikan sebuah aktivitas perjalanan dari tempat ke tempat lain untuk melakukan rekreasi. Secara garis besarnya, Pariwisata merupakan salah satu kegiatan untuk melakukan sebuah perjalanan dengan tujuan rekreasi ataupun have fun . Yap, Indonesia emang sedang mulai menumbuhkembangkan wisata yang tersebar dari sabang hingga marauke buat di explore. Nggak dapat di pungkiri juga ya guys! Bahwa wisata-wisata Indonesia udah diakui oleh wisatawan asing. Dan nggak sedikit juga wisatawan asing mengagumi keeksotisan tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia.

klenteng-sam-poo-kong
Klenteng Sam Poo Kong Wisata hits di Semarang – copyright by partner tempatwisataindonesia.id

Guys! Kekayaan dan budaya merupakan sebuah komponen penting dalam Pariwisata Indonesia. Kita sama-sama tahu nih, alam Indonesia memiliki iklim tropis dimana tersebar 17.508 Pulau. Nggak hanya itu aja, Indonesia itu memiliki garis pantai terpanjang ketiga di dunia setelah Kanada dan Uni Eropa. Apalagi ditambah Indonesia merupakan Negara kepualauan terbesar. Semakin lengkap bukan? Nah, tempat-tempat wisata juga didukung dengan warisan nenek moyang, budaya Indonesia yang kaya mencerminkan sejarah dan keberagaman etnis Indonesia dengan 819 bahasa daerah yang tersebar. Indonesia sekarang ini juga  udah masuk dalam daftar Situs warisan Dunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO. Betapa bangganya menjadi bagian dari Negara Indonesia ya guys!

By the way , karena berbicara soal wisata, yuk deh mari merapat buat explore wisata yang ada di salah satu pulau Indonesia. Pulau Jawa, tepatnya di Jawa Tengah. Guys! Jawa Tengah salah satu daerah tujuan wisata Indonesia yang memiliki daya tarik wisata budaya alam. Nah, bagi kalian sekedar pengingat aja, Jawa Tengah memiliki peninggalan situs-situs purbakala yang sebagian besar letaknya emang adanya di Jawa Tengah, seperti Candi Borobudur.

candi-borobudur
Candi Borobudur Wisata Sejarah di Magelang Jawa Tengah – copyright by partner tempatwisataindonesia.id

Borobudur? Sepertinya emang udah jadi icon Pariwisata ya di Jawa Tengah. Borobudur, peninggalan situs purbakala yang amat megah dan menawan. Pantas aja ya, Borobudur masuk dalam 7 keajaiban dunia. Ini toh sebabnya. Candi yang diklaim sebagai candi Budha terbesar ini mengundang wisatawan asing untuk mengunjunginya. Lokasi Borobudur berada di Magelang, Jawa Tengah.

Guys! The temple of the Borobudur is a relic of Hindu which the history of the very attractive foreign tourists . So , berbanggalah karena hanya Indonesia yang memiliki kekayaan alam budaya yang nggak bakalan mati. Guys! Bangunan nan megah serta detail dan memiliki arsitektur yang unik ini membuat orang ingin berkunjung ke Borobudur loh. Nah, jangan hanya tahu Borobudur tapi nggak memahami history -nya. Borobudur ini udah mencuri attention dunia sejak HC Cornelius menemukan lokasinya saat perintah Sir Thomas Steamford Raffles di tahun 1814. Menggali lokasi monumentnya kemudian dilanjutkan oleh Hotman, yaitu salah satu pejabat pemerintah Belanda yang pada saat itu para Arkeolog berlomba-lomba mencari tahu asal-usul Candi Budha ini. Sekali lagi guys! Nggak salah masuk 7 keajaiban dunia kan!

Kunjungi :  Hutan Pinus Magelang, Wisata Top Selfie Pinusan Kragilan

Kalau kalian cermat, saat mengujungi Borobudur Temple, di dalamnya terdapat sebuah relief yang mengisahkan tentang satu karya sastra yang epic untuk di simak. Yap, karya yang sangat terkenal yaitu Mahabrata. Kalau dari segi kisahnya guys! Mahabrata bukanlah kisah nyata kok dan bukan juga kitab agama. Lebih tepatnya sih karya sastra kitab adi parwa mengenai pandawa dan kurawa. Kalian bisa mengecek sejarahnya lebih detail ya, Tempatwisataindonesia.id bakalan ngajak kalian explore keindahan Borobudur Tample sebagai icon wisata.

Gusy! Coba deh lihat dengan seksama, Borobudur Temple mirip piramida ya. But, ada perbedaannya yang membedakan candi ini berudak-udak. Candi tanpa ruangan ini di percayai sebagai banguanan yang sengaja dibuat untuk tempat beribadah. Wisatawan yang datang dapat menyaksikan secara langsung bagaimana kentalnya ajaran Budha di Indonesia pada saat itu. nggak hanya itu aja, para wisatawan pun akan menemui banyak patung arca Budha yang berjejer di sepanjang candi yang kira-kira berjumlah 505. Wow, banyak banget ya guys! Nah, segi asrsitektur nih, Borobudur Temple emang dipadupadankan dengan ornament relief pada dinding-dinding di sekitar candi. Berdasarkan info yang didapatkan udah tercatat 2.672 panel di Borobudur Temple.

Explore lebih banyak lagi ya, di tengah bangunan terdapat sebuah stupa utama yang dikelilingi 72 stupa yang berbaris menjadi tiga bagian. Bentuknya mengerucut dan memiliki lubang dibagian sampingnya. Wes, kalau mau tahu lebih banyak tentang keindahan asriteknya langsung deh cus aja guys! Ke lokasi.

ohd-museum
Museum OHD di Magelang – copyright by partner tempatwisataindonesia.id

Karena Jawa Tengah emang kota yang dikenal dengan keindahan wisata budayanya, maka dari itu saat berkunjung kesana, nggak afdol aja kalau belum mengunjungi Musiumnya. Nah di Magelang ada Musium unik loh. Namanya Oei Hang Djien, diambil dari nama pemiliknya sih. Seorang kolektor asal Magelang, yang lahir 75 tahun silam. Namun Musium ini lebih akrab disebut OHD.  Attractions suitable for the lovers of history – lah ya guys! Nggak eman kok kalau mengunjungi. Wisata ini have fun dan sambil belajar sejarah juga. OHD,  terletak di dua lokasi yang berbeda. Lokasi pertama berada di Jl. Pangeran Diponegoro no. 74 dan lokasi kedua di Jl. Jenggolo No. 14.

Kunjungi :  Panorama Alam Eksotis dari Pantai Klayar Pacitan

OHD membangun Musiumnya yang pertama di tahun 1997 kemudian membuat yang keduanya di tahun 2006. Saat ini Musium yang ketigannya diberi nama New Musium OHD yang telah diresmikan 5 April 2012. Udah berjalan 5 tahun ya guys! Tapi kok jarang kedengeran ya? Nah, sekarang lah saatnya kalian harus tahu tentang OHD ini.

OHD memiliki koleksi lebih dari 2000 karya seni loh. Wow! Istimewa.. Yap, terdiri dari karya anak bangsa. Diantaranya lukisan, pahatan, seni instalasi, patung maupun media art. Karya seni ini dibuat oleh seniman besar di Indonesia. Nggak hanya itu aja guys! OHD juga menjadi wadah bagi kalian seniman newbie alias yang baru memulai debut. Tuangkan segala macam kreativitas yang kalian punya di OHD ya.

Konsep Musium yang pertama seperti rumahan, hal tersebut menciptakan effect kehangatan. Dalam Musium berisi 120 karya yang dibuat oleh 5 seniman. Yaitu karya Affandi, S. Sudjojono, Hendra Gunawan, Widayar dan Soebidio. Nah, untuk Musium yang kedua dikonsep dengan gaya minimalis. Karya yang diperlihatkan jauh lebih ringan.

New Musium OHD sendiri dibuat dengan konsep yang lebih modern. Yang diperlihatkan juga merupakan karya-karya seni rupa modern. Yang menarik dari Musium ini, guys! Karya yang diperlihatkan nggak hanya dari bahan baku aja melainkan dari bahan bekas juga loh. Dan kalian juga patut berbangga, Musium ini pernah dinobatkan oleh MURI pada tanggal 23 April 2012 lalu sebagai kategori Gudang Tembakau yang menjadi Musium dengan Koleksi Lukisan Indonesia Terlengkap mewakili Setiap Periode. Ini merupakan Musium terlengkap di Indonesia bahkan saat ini mendunia. Alasan dibuatnya Musium ini agar generasi muda dapat mengenal seni rupa Indonesia serta dapat memahami karya seni Indonesia. Lokasinya dimana? Loksinya hanya 1 jam dari Bandara Internasional Adisucipto, Yogyakarta. Tiket masuknya dibandrol Rp. 100.000 untuk dewasa dan Rp. 50.000 untuk pelajar. Untuk wisatawan lokal Rp.50.000 yang dewasa dan Rp. 25.000 untuk pelajar.

Kunjungi :  Suasana Hotel Kledung Pass Temanggung yang Asri
wisata-alam-baturraden
Baturraden wisata alam nuansa keluarga di Purwokerto Jawa Tengah – copyright by @tempatwisataindonesia.id

Guys! Betapa indah dan kerennya wisata yang Indonesia miliki. Kalian nggak perlu jauh-jauh untuk pergi ke Negara tetangga hanya untuk menikmati wisata dan liburannya. Cukup di Negara sendiri aja sambil mempelajari budaya. Kekayaan yang dimiliki Indonesia begitu besar value -nya. Karena seiring prkembangan zaman, banyaknya yang memilih berlibur ke Negara-negara lainnya. Padahal Indonesia sendiri memiliki tempat wisata yang jarang ter- explore. Wisata alam ada, pegunungan ada, budaya pun ada. Lengkap banget! Udah sepatutnya kita sebagai generasi muda untuk dapat berupaya melestarikan dan menjaga eksistensi budaya yang ada. Wisata pun harus kita lestarikan karena hal tersebut merupakan aset bagi Indonesia di mata Dunia guys!

Wisata di Jawa Tengah emang nggak akan luput dari goresan sejarah yang terukir di tiap Kotanya. Dengan adanya Borobudur Temple , Musium OHD, ini adalah hal yang patut diapresiasikan sebagai warisan budaya leluhur. Guys! Karena Indonesia sedang berupaya untuk menarik wisatawan asing dengan progam visit Indonesia, marilah kita promosikan apa yang udah menjadi aset Negara. Cukup banyak aset wisata di Indonesia yang harus kita kenali dan explore kembali. Sangat disayangkan kalau kalian hanya suka berjalan-jalan, traveling , mendaki atau backpacker-an tapi nggak dibarengi dengan perilaku sebagai tujuan mempromosikan wisata itu sendiri. Kembali lagi guys! Indonesia itu kaya akan budaya dan wisatanya, maka dari itu gunakanlah waktu untuk selalu up to date, baik melalui media facebook , instagram atau blog. Berikan catatan Pariwisata agar lebih banyak lagi wisatawan yang dapat berkunjung, terutama wisatawan asing. Berikan informasi mengenai potensi obyek wisata yang ada di Indonesia. Harapannya guys! Wisata yang berada di Indonesia semakin banyak dikenal nggak hanya dari wisatawan lokal aja tetapi dari wisatawan asing juga ya! Apa yang udah ditinggalkan oleh leluhur uda sepantasnya dilestarikan agar Indonesia semakin dikenal di Negara asing sebagai Negara yang memiliki potensi pariwisata terbesar di dunia.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @VisitJawaTengah

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */