Surganya Wisata Indonesia

5 Tempat Wisata Alam di Solo Banyak Diminati

1
5 Tempat Wisata Alam di Solo Banyak Diminati
Nilai Artikel Ini

Tempat Wisata Alam di Solo – Di pembahasan tempat wisata kali ini kita akan beralih ke Solo. Di sini kita akan mendapatkan beberapa tempat wisata alam Solo yang tak kalah dengan daerah-daerah lain. Meskipun Solo sudah termasuk dalam kota maju, ternyata masih ada tempat alami yang bisa memanjakan turis lokal maupun mancanegara untuk menikmati keindahan alamnya.

Berikut adalah beberapa tempat wisata alam di Solo dan sekitarnya yang dapat dikunjungi saat musim liburan tiba.

Grojokan Sewu

 

Grojokan Sewu
Instagram by @solopunya

Grojokan Sewu merupakan pilihan pertama tempat wisata alam di daerah Solo. Terletak di kawasan wisata Tawangmangu yang terkenal dengan keindahan serta udaranya yang sejuk. Grojokan Sewu adalah nama lain dari air terjun di Solo. Suara gemuruh dari percikan air terjun sangat terdengar dengan jelas, karena air terjun ini terjun bebas dari ketinggian sekitar 81 meter.

Bila anda sampai di lokasi ini, sambutan pepohonan pegunungan dan udara sejuk akan setia menemani liburan anda. Tumbuhan-tumbuhan tersebut masuk dalam kawasan hutan lindung. Anda juga dapat melihat kawanan monyet jinak yang berada di hutan ini.

Tebing bebatuan yang menjulang tinggi di sekitar grojokan Sewu menambah suasana alam yang sangat kental. Di tambah lagi dengan bebatuan di tempat landasan air yang dapat digunakan sebagai tempat santai sambil menikmati jernih dan dinginnya air yang mengalir. Ada juga jembatan penyeberangan yang dapat dijadikan tempat untuk hunting foto alam di sekitar air terjun. Dari jembatan ini nampak air terjun menjulang tinggi dengan sangat jelas dan menawan.

Tempat yang tak jauh dari pusat kota ini sering menjadi tujuan utama bagi para pecinta alam. Jarak tempuh dari pusat kota hanya sekitar 37 km saja. Makanya, banyak para pekerja ataupun pelajar dan mahasiswa mau merelakan waktu liburannya untuk mengunjungi tempat yang sangat indah ini.

Kunjungi :  Wisata Hits Snorkeling Di Umbul Ponggok Klaten

Kalau anda sudah berada di wisata Solo satu ini, jangan lupakan untuk berkunjung ke Grojokan Sewu ini, karena anda akan mendapatkan panorama alam yang menyejukan. Sangat recommended untuk para pengantin baru berkunjung ke wisata ini.

Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog
Instagram by @kerenesia

Satu tambahan wisata air terjun di daerah Solo. Air terjun ini juga memiliki keindahan yang menarik. Para wisatawan yang datang ke Solo bisanya dengan suka hati memilih air terjun ini sebagai tempat liburan selain Grojokan Sewu. Untuk menjangkau wisata ini dari Solo, anda harus memilih jalur Tawangmangu. Jaraknya cukup dekat yaitu sekitar 40 km dari pusat kota Solo.

Sebagaimana kita tahu bahwa kesejukan di sekitar objek wisata air terjun pastinya sangat terasa. Kesejukan alamnya biasanya berasal uap air hasil percikan air yang mengenai bebatuan, kemudian tertiup oleh angin. Selain itu, tempatnya yang di dataran tinggi juga menjadi salah satu penyebabnya.

Banyak fasilitas yang bisa dinikmati di wisata alam ini, diantaranya tempat permainan anak-anak dan kolam renang. Dengan adanya wahana anak-anak, anda dapat memperkenalkan keindahan air terjun Jumog sambil mengajaknya berkumpul dan bermain bersama teman-temannya. Memperkenalkan alam secara langsung dapat memberikan meningkatkan kecerdasan emosional anak, karena ketertarikan serta kekagumannya dapat menjadikan anak menjadi sayang dengan alam sekitar.

Setelah anda puas mengajaknya bermain di wahana, anda bisa mengajak ke kolam renang yang terdapat di kawasan ini. Air jernih dengan kolam yang lumayan besar dapat dimanfaatkan untuk berenang bersama keluarga. Segar memang, tapi jangan berlama-lama, karena udara yang dingin bisa membuat anda menggigil kedinginan.

Bila sudah puas bermain air, anda bisa memanfaatkan rest area untuk beristirahat. Terdapat juga warung makan dengan menu yang tak kalah menarik yang siap mengisi kekosongan perut anda.

Air Terjun Girimanik

Air Terjun Girimanik
Instagram by @frendyaditya

Masih berkutat di tempat wisata air terjun. Kali ini kita akan membahas tentang air terjun Girimanik. Air terjun ini memiliki kawasan yang masih didominasi oleh tumbuhan hijau dan bebatuan. Tempat wisata alam yang ada di Solo ini memiliki suasana alam yang masih asri akan membuat para wisatawan dapat merasakan udara yang sejuk dan menyegarkan. Berbeda jauh dengan udara perkotaan.

Kunjungi :  7 Tempat Wisata Alam di Bandung yang Mengasyikkan

Di kawasan air terjun Girimanik terdapat tiga air terjun yang dapt dinikmati oleh para pengunjung. Air terjun yang ada yaitu air terjun Manik Moyo, air terjun Condromoyo, dan air terjun Tinjo Moyo. Air terjun Manik Moyo merupakan air terjun yang paling tinggi diantara yang lain. Ketinggian air terjun ini mencapai 70 meter. Bila dilihat dari kejauhan air terjun ini terlihat seperti bertingkat. Air yang melintasi bebatuan terlihat menarik.

Bagi anda yang hobi hunting foto, objek tempat wisata alam di Solo yang satu ini bisa menjadi salah satu spot yang sangat oke untuk memperkaya koleksi foto alam yang sudah dimiliki. Apalagi biaya untuk masuknya hanya sekitar 5 ribu rupiah saja. Harga yang sangat murah bila dibandingkan dengan keindahan alam yang didapatkan.

Air terjun ini hampir mirip seperti air terjun lainnya yaitu ramainya saat musim liburan tiba dan akhir pekan. Pengunjungnya banyak dari kalangan pekerja dan pelajar yang ingin mendapatkan kesegaran udara setelah berjibaku dengan aktivitas padat sehari-hari.

Goa Gong

Goa Gong
Instagram by @fitri.putranti

Puas dengan objek wisata air terjun, sekarang saatnya mengunjungi tempat wisata alam di sekitar Solo lainnya yaitu goa Gong. Goa ini memiliki keindahan alam yang bisa membuat mata anda terpana. Keindahan staktilit dan stakmilitnya di sekitar dinding dan atap goa sangat terasa. Bahkan menjadikan ciri khas goa Gong itu sendiri.

Di dalamnya terdapat mata air yang sangat jernih. Jumlah mata air di dalam goa ini berjumlah 7 buah. Untuk memberikan efek yang lebih indah di dalam goa ini sudah dilengkapi dengan lampu-lampu aneka warna. Untuk mencapai dalamnya pun sudah cukup mudah, karena sudah terdapat tangga-tangga permanen yang disediakan untuk keperluan penjelajahan.

Kunjungi :  Berwisata Keluarga ke The Legend Waterpark Kertosono

Bila anda melihat efek cahaya yang mengenai dinding dan atapnya, maka akan terlihat seperti emas bersinar. Efek emas tersebut merupakah hasil dari pantulan cahaya yang mengenai stalaktit dan stalakmit. Benar-benar indah sekali.

Taman Balekambang

Taman Balekambang
Instagram by @dilaanggra29

Taman Balekambang merupakan salah satu tempat wisata alam di Solo Raya. Taman ini memiliki luas sekitar 10 ha. Di dalamnya banyak terdapat tempat berman anak dan tempat santai sambil menikmati keindahan tumbuhan hijau. Suasana rindang dan sejuk sangat terasa sekali di taman ini.

Di taman ini juga ada beberapa tumbuhan langka yang sengaja dipelihara agar dapat diperkenalkan kepada anak-anak. Dengan demikian, anda bisa mengajak anak berlibur dan menikmati udara segar sambil memperkenalkan beberapa spesies tumbuhan langka tersebut.

Untuk memperindah keadaan taman, di dalamnya juga disediakan kawasan air yang disebut dengan taman Partini. Anda dapat bermain perahu di kawasan air ini. sangat menarik untuk berwisata bersama keluarga. Dan pastinya akan sangat menyenangkan.

Demikian daftar tempat wisata alam di Solo dan sekitarnya yang dapat dijadikan rujukan berlibur bersama keluarga. Menikmati keindahan alam setelah melakukan aktivitas padat sehari-hari pastinya akan sangat menyenangkan.

1 Comment
  1. paket wisata dieng says

    makasih buat info nya….keren baget???

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */