Surganya Wisata Indonesia

Sejarah dan Flora Fauna di Wisata Taman Nasional Meru Betiri Jember

0

Wisata Taman Nasional Meru Betiri Jember adalah salah satu hutan wisata alam yang terletak di dua kabupaten besar di Jawa Tiimur, yaitu kabupaten banyuwangi dan kabupaten Jember. Meskipun pesonanya belum setenar hutan wisata lainnya, Taman Nasional Meru Betiri menyimpan sejuta manfaat, baik bagi tumbuhan, hewan, maupun manusia. Taman Nasional Meru Betiri terletak di provinsi paling timur di pulau jawa. Berada di dekat perairan pantai selatan dan sejajar dengan pantai-pantai lain di samudera hindia. Alamat Taman Nasional Meru Betiri ini masuk di kawasan kecamatan pesanggaran, kabupaten banyuwangi dan kabupaten Jember.

Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi atau disingkat dengan TNMB merupakan tempat konservasi tanaman dan hewan yang dilindungi. Selain itu, terdapat pula tempat wisata yang bisa menjadi wahana untuk Anda dalam mengisi hari libur. Ada pula tempat wisata edukatif yang akan mengajak Anda untuk belajar, berpetualang dan berwisata di taman nasional ini. Jika Anda hendak mencoba berwisata ke taman nasional ini, Anda bisa menemukan peta Taman Nasional Meru Betiri di sepanjang perjalanan Anda.

Taman Nasional Meru Betiri melindungi hewan-hewan langka yang hampir punah, sejenis tumbuh-tumbuhan langka, dan tanaman obat. Sudah banyak pihak yang memanfaatkan tanaman obat ini dan melakukan penelitian di meru betiri. Anda dapat pergi ke balai Taman Nasional Meru Betiri yang berlokasi di Jl. Sriwijaya no. 53, Jember. Tempat ini merupakan pusat atau kantor pengelola Taman Nasional Meru Betiri untuk kawasan kabupaten Jember Jawa Tiimur. Anda akan mendapatkan banyak informasi berkaitan dengan penelitian alam yang Anda lakukan. Pihak pengelola akan memandu Anda dalam memulai tahap riset, tempat, dan waktu yang akan Anda gunakan.

Kunjungi :  Terumbu Karang Indah di Pantai Kondang Merak Malang

Sejarah Taman Nasional Meru Betiri

Sejarah Taman Nasional Meru Betiri
by instagram @osing_tour

Nama meru betiri diambil dari nama gunung yang terdapat di dalamnya, yaitu gunung meru dan gunung betiri. Sehingga taman nasional ini diberi nama Taman Nasional Meru Betiri. Letak Taman Nasional Meru Betiri yang berada di dua kabupaten, membuat sebagian pengunjung menyebutnya dengan nama Taman Nasional Meru Betiri banyuwangi maupun Taman Nasional Meru Betiri Jember. Keduanya sama.

Ternyata, kawasan wisata ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Bahkan, taman ini diresmikan pertama kali oleh pemerintah Belanda pada tahun 1929. Taman ini diresmikan dengan tujuan agar terjaga kealamian, kelestarian, dan ekosistem yang ada di dalamnya. Pada tahun 1979, wilayah ini secara sah dijadikan kawasan hutan lindung.

Flora & Fauna Taman Nasional Meru Betiri

Flora dan Fauna Taman Nasional Meru Betiri
by instagram @aniksw

Terdapat banyak sekali jenis flora dan fauna yang tumbuh di kawasan ini. Sebagian besar dari mereka adalah jenis yang sudah sulit dijumpai atau menjadi flora dan fauna khas meru betiri. Beberapa fauna yang ditangkarkan di meru betiri antara lain :

  • Penyu

Penyu belimbing, nama latin : dermochelys coriacea, hewan ini merupakan satwa endemik Taman Nasional Meru Betiri. Selain penyu belimbing, ada pula jenis penyu hijau atau chelonia mydas, penyu sisik atau eretmochelys imbricata, dan ada beberapa yang lain.

  • Hewan Bertaring

Termasuk dalam kelompok ini adalah harimau jawa atau panthera tigris sondaicus, kucing hutan atau prionailurus bengalensis javanensis, macan tutul atau panthera pardus melas, dll.

  • Hewan Bertanduk

Kelompok hewan bertanduk ini mencakup banteng atau bos javanicus, rusa atau cervus timorensis russa, dll
Sedangkan Flora yang menempati kawasan hutan lindung Taman Nasional Meru Betiri sangat banyak. Pada penelitian terakhir, terdapat hampir 520 jenis tanam-tanaman yang tumbuh dengan sekitar 240, atau hampir separuh dari keseluruhannya adalah tanaman obat-obatan. Berikut merupakan jenis flora yang biasa dijumpai :

  • Tanaman Bunga
Kunjungi :  Asal Usul dan Tiket Masuk Waduk Gajah Mungkur

Tumbuhan langka yang masih tumbuh di Taman Nasional Meru Betiri adalah rafflesia zollingeriana. Jenis ini hampir sama, bentuk dan warnanya dengan bunga rafflesia arnoldi yang berada di pulau sumatra. Selain rafflesia, tanaman anggrek juga tumbuh subur di wilayah ini. Ada 27 jenis bunga anggrek yang hidup bertahan di cuaca hutan hujan tropis meru betiri.

  • Tanaman Pantai

Jenis tanaman pantai yang ada di tempat ini dan dilestarikan diantaranya adalah tumbuhan bakau atau rhizophora sp., api-api atau avicennia sp., pohon waru atau hibiscus tiliaceus, pohon rengas atau gluta renghas, dan masih banyak lagi jenis tumbuhan lain.

Tempat Wisata di Taman Nasional Meru Betiri

Tempat Wisata di Taman Nasional Meru Betiri
by instagram @ekadamayan

Selain mengamati aktivitas flora dan fauna yang ada di dalam hutan, Taman Nasional Meru Betiri juga mempunyai tempat wisata yang wajib dikunjungi. Seperti hutan wisatanya yang masih alami, tempat wisata yang lain juga dibiarkan tumbuh alami tanpa ada bangunan-bangunan yang berdiri seperti di tempat lain kebanyakan. Tempat wisata tersebut diantaranya yaitu pantai rajegwesi, pantai bandealit, pantai teluk hijau, pantai permisan timur dan pantai permisan barat, serta pantai meru. Keseluruhan pantai masih tergolong baru dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun asing.

Di samping berwisata menyusuri hutan atau jungle trip dan mengunjungi beberapa pantai yang ada di Taman Nasional Meru Betiri, aktivitas menyenangkan lain yang bisa Anda lakukan beserta rekan atau keluarga seperti :

  • Memancing

Bagi Anda penggemar kegiatan yang satu ini, memancing bisa Anda lakukan di beberapa pantai yang ada. Anda bisa memancing seorang diri dalam artian memancing di tepi pantai atau memancing bersama para nelayan yang sedang berlayar. Nelayan daerah setempat akan dengan senang hati mengajak Anda berkeliling laut sambil mencari ikan. Dan juga, Anda bisa menyaksikan dan mengunjungi kampung nelayan dengan aktivitasnya yang khas seperti membuat jala ikan, membuat perahu, dan aktivitas jual beli ikan. Anda dapat turut serta dalam aktivitas tersebut.

Kunjungi :  Ketep Pass Magelang, Obyek Wisata Alam Kegunungapian
  • Melihat Aktivitas Penangkaran Penyu

Di Taman Nasional Meru Betiri ini, Anda dapat menyaksikan secara langsung dan secara bebas aktivitas penyu. Penyu ini tidak diletakkab dalam kandang atau wadah, melainkan dibiarkan hidup bebas di pantai. Anda bisa melihat penyu-penyu ini berenang ke dalam laut, berjalan di sekitaran pantai, menetaskan telur di pasir pantai, serta melepaskan penyu-penyu kecil belajar berenang di tepi pantai.

  • Berkunjung ke Rumah Warga

Banyak warga daerah setempat yang masih melestarikan budaya leluhur, yakni bekerja secara wirausaha membuat gula merah. Anda dapat membantu warga dalam membuat makanan ini. Gula merah di kawasan ini masih diproses dengan cara manual dan alami. Sehingga masih terjaga kualitasnya.

Dan buat anda yang berkunjung ke wisata Jember Taman Nasional Meru Betiri, jangan lupa mampir juga ke wisata lainnya seperti Pantai Papuma, Rembangan Jember dan Teluk Love Jember. Selain alamnya yang menakjubkan, wisata tersebut juga memiliki daya tarik yang unik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */