Surganya Wisata Indonesia

Misteri, Rute dan Tiket Masuk Pantai Tambakrejo Blitar

0
Misteri, Rute dan Tiket Masuk Pantai Tambakrejo Blitar
1 (20%) 1 vote

Pantai Tambakrejo Blitar – Menengok sekilas tentang kota Blitar, pasti yang terlintas pertama kali adalah presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, atau yang lebih akrab dengan panggilan bung Karno. Sebab, di sinilah terdapat museum presiden pertama Indonesia ini. Namun, tahukah Anda tempat wisata Blitar yang lain yang juga patut Anda lirik? Seperti pantai. Blitar memiliki sejumlah pantai dengan keindahan yang tak kalah menarik dengan tempat lain. Salah satunya adalah Pantai Tambakrejo Blitar Jawa Timur. Setelah lelah dengan kunjungan ke Kampung Coklat dan Air Terjun Tirto Galuh, tidak ada salahnya Anda menghabiskan sisa waktu di sore hari mengunjungi tempat wisata Blitar yang satu ini.

Pantai nan eksotis ini menyimpan keindahan yang amat memesona. Selain karena keelokan pantainya, Pantai Tambakrejo di Blitar juga menyimpan aura mistis seperti pantai-pantai lain yang berada di perairan laut selatan. Pantai Tambakrejo berbentuk seperti teluk dengan panjang garis pantainya kurang lebih 10 kilometer. Pantai dengan air laut berwarna biru ini membentang dengan pasir putih yang memikat.

Pantai Tambakrejo di Blitar
by instagram @baguz_andy

Bagi Anda yang hobi bermain pasir, pantai ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Pantai ini mempunyai hamparan pasir putih yang cukup luas, sehingga Anda bisa sepuasnya menyalurkan bakat Anda membuat istana pasir. Atau bagi Anda yang hendak bermalam, Anda bisa mendirikan tenda di tepi pantai.

Wisata Pantai Tambakrejo Blitar jatim memiliki gulungan ombak dengan ketinggian sedang. Meskipun para pengunjung yang datang diperbolehkan untuk bermain air, namun ada satu papan peringatan yang akan membuat Anda menelan ludah pahit. “Silakan Mandi di Laut, Kami Siap Mencari Mayat Anda”. Mengerikan bukan? Kata-kata tersebut sebenarnya adalah sikap kehati-hatian para pengelola pantai yang mengutamakan keselamatan pengunjung. Karena memang sebagian besar pantai yang menghadap ke samudera hindia cukup membahayakan.

Kunjungi :  45 Tempat Wisata Terbaik di Jember dan Sekitarnya
Pantai Tambak Rejo
by instagram @siskagalery

Wisata Blitar Pantai Tambakrejo memang belum cukup dikenal oleh sebagian besar wisatawan. Faktor utama dari hal ini adalah karena rute Pantai Tambakrejo Blitar yang masih cukup sulit untuk dijangkau. Memang keindahan dan keunikan pantai adalah daya tarik utama, namun jangan salah, kenyamanan selama menempuh perjalanan juga menjadi salah satu faktor daya tarik. Biasanya, wisatawan yang berkunjung ke tempat-tempat yang masih sulit dijangkau adalah para traveler atau petualang yang menyukai tantangan.

Pantai ini dinamakan Pantai Tambakrejo sesuai dengan letaknya yang berada di desa Tambakrejo. Sangat disayangkan jika pemerintah tidak mau memperhatikan pengelolaan pantai nan eksotis ini. Karena jika bisa dikembangkan sebagai tempat wisata secara maksimal, bukan hanya menjadi sarana pendapatan dan promosi daerah, namun juga memberi manfaat kepada masyarakat sekitar pantai. Sebagai pedagang, nelayan, maupun penyedia fasilitas pantai lainnya sebagai tambahan pendapatan.

Misteri Pantai Tambakrejo

Misteri Pantai Tambakrejo
by instagram @vargazachmad

Seperti pantai lain di perairan laut selatan, sejarah Pantai Tambakrejo tidak bisa terlepas dari keterkaitannya dengan cerita laut selatan. Pantai Tambakrejo ini erat hubungannya dengan gunung kelud dan penguasa alam gaib yang konon menempati perairan samudera hindia. Misteri Pantai Tambakrejo di Blitar Jawa Timur sudah tidak terdengar asing di telinga warga sekitar. Konon, ketika gunung kelud meletus, pasir putih yang ada di Pantai Tambakrejo ini berkurang secara misterius.

Dari hasil penerawangan orang pintar di sekitar gunung kelud, pasir pantai berkurang karena ada lubang khusus atau semacam jalur khusus yang tidak kasat mata untuk menghantarkan pasir-pasir pantai ke gunung kelud. Ada yang secara nyata membuktikan, bahwa material-material luapan gunung berapi tersebut tidak hanya pasir biasa, melainkan juga pasir putih seperti pasir pantai dan tumbuh-tumbuhan atau terumbu karang dari laut. Karena sebab tersebut, warga meyakini lokasi Pantai Tambakrejo Blitar ada hubungannya dengan hal-hal mistis di sekitar gunung kelud yang memiliki garis penghubung dengan laut selatan dan Candi Penataran. Ya, Candi Penataran juga memiliki kaitan dengan penguasa gaib tempat-tempat tersebut.

Ada beberapa pihak yang sudah membuktikan kebenaran cerita yang beredar dengan menggunakan keilmuan gaib yang dimiliki oleh masyarakat sekitar Blitar. Mereka mencoba berkomunikasi dan mengadakan pertemuan-pertemuan dengan para penguasa gaib. Bahkan dengan ilmu gaib yang dimiliki, masyarakat sekitar dapat mengakui bahwa mereka bisa memperkirakan kapan waktu-waktu dimana gunung kelud akan meletus. Mereka beranggapan bahwa penguasa sangat akrab dengan masyarakat sekitar Blitar.

Kunjungi :  Pesona Keindahan Sejarah di Candi Sewu Klaten

Konon katanya, banyak penampakan-penampakan makhluk astral yang berkeliaran dibeberapa lokasi Blitar tersebut. Ada yang berada di puncak gunung, mengitari gunung, dan lain-lain. Sebagai rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada Tuhan, masyarakat sekitar mengadakan larung sesaji di Pantai Tambakrejo setiap bulan oktober.

Selain keterkaitan dengan misteri gunung kelud, lokasi Pantai Tambakrejo Kabupaten Blitar juga terdapat satu tempat keramat yang berlokasi tidak jauh dari pantai. Tepatnya di balik bukit kecil pantai. Tempat tersebut adalah pantai gondo mayit. Bagi masyarakat jawa, reaksi pertama kali mendengar nama tersebut kemungkinan besar adalah mengernyitkan kening dan heran. Pantai gondo mayit dikeramatkan oleh masyarakat Tambakrejo karena sejarahnya yang memang menyeramkan.

Rute Pantai Tambakrejo Blitar

Pantai pasir putih di pesisir selatan Kabupaten Blitar ini terbilang masih perawan. Bagi Anda yang hendak menghabiskan masa berlibur ke pantai yang indah ini, Anda harus terlebih dahulu mengetahui secara pasti lokasi dan jalan yang tepat untuk menuju tempat tersebut.

Alamat Pantai Tambakrejo adalah desa Tambakrejo, Kecamatan wonotirto, Kabupaten Blitar provinsi Jawa Timur. Pantai ini bisa dicapai dengan melewati jalan perbukitan dan pegunungan yang naik turun dan meliuk-liuk. Anda disarankan untuk membawa kendaraan yang benar-benar dalam keadaan baik dan kondisi badan dalam keadaan prima. Sebab, mengoperasikan kendaraan di wilayah seperti ini membutuhkan ekstra tenaga dan keahlian dalam menyetir kendaraan. Sudah banyak terjadi peristiwa kendaraan mogok di tengah-tengah tanjakan panjang karena keadaan pengendara dan kendaraan yang tidak siap.

Jarak tempuh Pantai Tambakrejo dari pusat Blitar kurang lebih satu jam. Dari Blitar, Anda hanya perlu mencari lokasi Kecamatan kademangan. Dari daerah kademangan ini, Anda akan langsung diantar menuju lokasi pantai karena sudah terdapat petunjuk jalan.

Kunjungi :  8 Tempat Wisata di Palembang Sumatera Selatan
Mancing di Pantai Tambakrejo
by instagram @noor_sidik

Dari sinilah petualangan baru dimulai. Anda akan disambut dengan jalan daerah perbukitan yang menikuk dan pepohonan yang rindang. Jangan lupa untuk mengabadikan kenangan Anda di tempat yang indah ini. Tidak ada salahnya mengambil beberapa foto sebelum Anda tiba di lokasi. Ketika perjalanan sudah mendekati pantai, Anda akan disambut jalan turunan yang cukup tinggi dan memanjang. Di sini gerbang alam untuk menuju Pantai Tambakrejo. Kelelahan selama menempuh perjalanan akan terbayarkan setelah Anda tiba di tepi pantai.

Tiket Masuk Pantai Tambakrejo Blitar

Tiket masuk Pantai Tambakrejo Blitar ini hanya sebesar Rp. 3.000. Hal ini tentu sebanding dengan keadaan atau lokasi pantai, karena memang Pantai Tambakrejo belum menyediakan banyak fasilitas untuk pengunjung. Selain tiket masuk, Anda juga dikenakan biaya parkir kendaraan. Untuk Anda pengendara roda dua, Anda diharuskan membayar biaya parkir Rp. 3.000 saja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */