Surganya Wisata Indonesia

Sejarah, Harga Tiket dan Hotel di Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi

0

Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi – Provinsi Jawa Barat tak kalah banyak menyumbang potensi pariwisata bagi Indonesia. Terlebih di kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor. Namun, kota atau kabupaten lainnya juga turut serta memberi sumbang sih berupa wisata alam maupun buatan yang banyak dikenal di kalangan traveller. Kabupaten Sukabumi misalnya. Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke daerah ini, tentu akan bertanya-tanya, tempat wisata apa yang bisa dikunjungi? Akan tetapi, ketika disebutkan tentang tempat wisata Pantai Pelabuhan Ratu Jawa Barat, Anda sudah pasti tahu bukan? Wisata andalan Provinsi Jawa Barat ini sudah populer bahkan sampai ke luar negeri.

Sebetulnya, Pelabuhan Ratu, atau dalam ejaan yang benar adalah Palabuhan Ratu, merupakan sebuah kota kabupaten. Kabupaten yang berada di pesisir ini terkenal akan wisata pantainya yang indah dan berjejer seperti di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi sama menariknya dengan pesona pantai lainnya yang berada di Laut Selatan. Nilai plus pantai ini adalah ombaknya yang tinggi menjulang dan sering dijadikan sebagai lokasi surfing bagi para pecinta selancar. Karena keadaan yang demikian, Pelabuhan Ratu Pantai sama sekali tidak aman untuk digunakan sebagai lokasi aktivitas pantai lainnya seperti berenang. Namun tenang saja, ada kolam air tawar yang disediakan oleh pihak pengelola untuk menyalurkan keinginan Anda bermain air. Alamat Pantai Pelabuhan Ratu terletak di Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Sejarah Pantai Pelabuhan Ratu

Sejarah Pantai Pelabuhan Ratu
by instagram @saol_91

Cerita sejarah yang tertulis tidak bisa terlepas dari sejarah Pelabuhan Ratu itu sendiri. Tetapi, sejarah lengkap mengenai nama ataupun tempat yang berkaitan tidak sepenuhnya bisa dipercaya. Sebab, warga sendiripun seolah-olah menafikan sesuatu dibalik nama Pelabuhan Ratu. Mereka hanya berbangga hati, sebab kata yang disematkan pada daerah mereka mempunyai arti baik, yaitu mulia. Jika dirunut, bisa saja kata Ratu diambil dari seorang wanita berkebangsaan Belanda yang dahulu telah membangun jembatan di daerah tersebut yakni Ratu Yuliana. Ada juga yang mengkaitkan kata Ratu di sini dengan sosok Ratu Kidul si penguasa Pantai Selatan yang konon juga menguasai daerah Pelabuhan Ratu ini.

Pantai Pelabuhan Ratu Angker

Pantai Pelabuhan Ratu Angker
by instagram @abat_b

Karena slentingan cerita misteri yang ada, banyak yang menganggap lokasi Pantai Pelabuhan Ratu terdapat di Jawa Barat ini penuh dengan suasana angker. Hal tersebut diperkuat dengan adanya hal-hal gaib yang konon dapat terlihat dengan jelas melalui penerawangan para supranatural yang dapat melihat sesuatu di balik keindahan yang ada. Misteri Pantai Pelabuhan Ratu yang dapat dilihat oleh kita sebagai manusia biasa adalah adanya kamar nomor 308 di lokasi Samudera Beach Hotel. Banyak yang mempercayai bahwa kamar tersebut digunakan oleh Sang Ratu Kidul untuk menyambut para “tamunya”. Anda bisa melihat suasana khas Ratu Kidul dengan banyaknya warna hijau dan sesajen berbau khas yang ada di kamar tersebut. Mitos Pantai Pelabuhan Ratu lainnya adalah mengenai pengunjung-pengunjung yang tewas ketika berwisata ke pantai. Katanya, pengunjung yang meninggal lantaran tersapu ombak adalah sebab Nyi Roro Kidul yang sedang murka. Entah karena sikap pengunjung yang tidak senonoh atau dengan santainya meremehkan himbauan kehati-hatian dari pihak pengelola. Bahkan ada mitos yang beredar seperti pada pantai selatan lainnya, yaitu larangan untuk memakai baju berwarna hijau. Bisa percaya bisa tidak ya. Namun, sebagai wisatawan yang baik, hendaknya kita tetap menghormati adanya budaya yang ada.

Kunjungi :  Wisata Kota Lama Semarang, Wisata Sejarah "Miniatur Belanda"

Harga Tiket Masuk Pantai Pelabuhan Ratu

Harga Tiket Masuk Pantai Pelabuhan Ratu
by instagram @cimaja_surf_report

Harga tiket masuk yang harus dibayar telatif murah. Hampir sama dengan tempat-tempat wisata lain yaitu berkisar Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000 saja. Tidak usah khawatir mengenai harga yang murah. Wisata Pantai Pelabuhan Ratu terletak di Provinsi Jabar ini sudah melengkapi wisata Anda dengan fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas tersebut diantaranya adalah tempat ibadah, warung makan, posko keamanan, wahana bermain untuk anak, toko souvenir, tempat untuk bersantai, dan peta wisata Pelabuhan Ratu.

  • Hotel Pantai Pelabuhan Ratu

Bagi Anda yang berasal dari luar kota, Anda tidak usah risau mengenai tempat tinggal. Ada banyak opsi yang bisa Anda pilih mulai dari hotel bintang 1 hingga hotel bintang 5. Diantara hotel-hotel yang berdiri, ada beberapa hotel yang menjadi andalan para pengunjung. Berikut ulasannya .

  • Hotel Mahkota Pantai Pelabuhan Ratu

Hotel ini terletak di Jl. Pelita. Dari arah Pantai Pelabuhan Ratu, hotel ini hanya berjarak sekitar 0.78 kilometer. Biaya per malam yang harus Anda persiapkan untuk dapat menginap di Mahkota Pantai Hotel Pelabuhan Ratu adalah mulai dari Rp. 332.500 an. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap. Anda bisa bersantai dengan segala fasilitas yang ada.

  • Hotel Pantai Mutiara Pelabuhan Ratu

Hotel Mutiara berada di Jl. Raya Cisolok, Kecamatan Cisolok. Penginapan ini sangat asri karena memanfaatkan konsep alam, yaitu memperbanyak ruang hijau di sekitar lokasi. Bentuk bangunannya pun klasik dengan model bangunan khas daerah.

  • Inna Samudra Beach Hotel

Penginapan ini merupakan Hotel Pelabuhan Ratu pinggir pantai. Lokasinya tepat berada di tepi pantai. Sudah bisa dibayangkan ya, view utama dari Samudra Beach adalah laut biru Samudra Hindia. Mungkin inilah latar belakang hotel ini dinamakan Samudra Beach. Hotel inilah pemilik kamar 308 yang mashur akan keangkerannya.

Kunjungi :  41 Tempat Wisata di Madura Terbaru yang Wajib Dikunjungi
  • Hotel di Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat 43364 Lainnya

Masih ada beberapa hotel yang direkomendasikan ketika Anda berwisata ke Pelabuhan Ratu. Seperti Desa Resort, Hotel Villas Lagusa, Ketapang Resort, Hotel Pondok Dewata, Padi-padi Beach Resort, Hotel Karang Sari, dan beberapa lainnya. Penginapan tersebut dapat disewa dengan harga mulai Rp. 300.000 an. Anda bisa menghubungi langsung pihak hotel untuk mendapatkan informasi harga yang pasti.

Selain Pantai Sukabumi Pelabuhan Ratu sendiri, di sepanjang garis pantai Kabupaten Pelabuhan Ratu, terdapat pantai-pantai lainnya yang juga tak kalah indah dan menawan. Pantai tersebut mempunyai ciri khas masing-masing namun masih tetap dengan pemandangan utama ombak besarnya Pantai Selatan. Pantai di Pelabuhan Ratu yang bisa Anda kunjungi ketika tiba di Kabupaten Sukabumi diantaranya :

  • Pantai Karang Hawu Pelabuhan Ratu

Diantara pantai lainnya di Pelabuhan Ratu, Pantai Karang Hawu ini adalah yang paling populer di kalangan wisatawan. Tempatnya sudah tertata dengan baik, selain itu, fasilitas yang disediakan juga memadai. Pantai Karang Hawu mempunyai garis pantai yang cukup panjang yaitu sejauh 4 kilometer. Memiliki dua bagian pantai yaitu tepi pantai dengan karang-karang yang menjulang dan hamparan pasir putih kecoklatan. Di Pantai Pelabuhan Ratu Karang Hawu, Anda bisa menghabiskan waktu bersantai dengan berjalan di sekitar lokasi karena sudah disediakan jalan khusus semacam trotoar dan tempat berfoto yang khas pantai. Gambar Pantai Pelabuhan Ratu ini sudah viral di kalangan traveller yang mengunggah foto wisatanya di tempat ini. Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan gambaran detail dari Pantai Karang Hawu.

  • Pantai Cimaja Pelabuhan Ratu

Seperti pada Pantai Pelabuhan Ratu, Pantai Cimaja ini merupakan spot favorit bagi penggemar kegiatan surfing. Ombaknya yang cukup besar namun landai, cocok untuk Anda yang sedang dalam tahap belajar. Namun, jangan coba-coba untuk melakukannya sendiri ya, Anda harus tetap didampingi tim ahli atau pelatih. Untuk Anda yang sekedar ingin melepas penat, Anda bisa bersantai sembari menikmati udara pantai di kursi malas yang dapat Anda sewa.

  • Pantai Citepus Pelabuhan Ratu

Pantai ini memiliki tepi pantai yang cukup landai. Dengan pasir pantainya yang putih kecoklatan serta warna air lautnya yang memikat, membuat perpaduan panorama pantai yang pas. Pantai dekat Pelabuhan Ratu ini mempunyai pantai dengan pasir yang luas. Sesekali waktu, Anda akan melihat kapal-kapal nelayan yang berada di laut yang sedang menangkap ikan. Walaupun Pantai Citepus berada di teluk dan digawangi oleh perbukitan, akan tetapi, Pantai Citepus tetap saja dihiasi dengan ombak yang besar. Anda harus tetap berhati-hati. Sebab, ombak yang terlihat tenang, tidak selalu aman.

Kunjungi :  Matahari Tenggelam di Green Village Gedangsari Gunung Kidul
  • Pantai Cisolok Pelabuhan Ratu

Ketika berada di Kecamatan Cisolok ini, Anda tidak hanya disuguhi pemandangan pantai dan lautnya saja. Lebih dari itu, Cisolok ini terkenal akan wisata pemandian air panasnya yang unik karena berada di lokasi yang dekat dengan pantai. Pemandian air panas ini menyatu dengan aliran sungai, air panas yang muncul dari perut bumi muncul dari celah-celah batu kecil yang meninggi sampai dengan 3 meter.

  • Pantai Cibangban Pelabuhan Ratu

Pantai ini memiliki ciri khas berupa batu karang yang menghadang ombak di tepi pantai. Pantai Cibangban memiliki warna pasir yang sama dengan pantai-pantai sebelumnya namun dengan tepi pantai yang sempit. Ciri khas lain dari tempat wisata ini adalah adanya pohon kelapa yang tumbuh subur di tepi pantainya. Jika Anda menengok ke samping, Anda akan melihat pemandangan bukit yang meninggi dengan warna hijau tuanya yang menambah kesan bahwa Pantai Cibangban ini berada di lokasi yang amat rendah dengan ombaknya yang menggulung.

  • Pantai Loji Pelabuhan Ratu Sukabumi

Pantai yang satu ini terlihat lebih garang dari pantai lainnya. Lokasi yang dipenuhi dengan bebatuan dan karang serta hamparan pasir yang amat sedikit ini membuat pantai ini menjadi sepi pengunjung. Keeksotisan yang ada, tidak pernah luput dari gulungan ombak laut Samudera Hindia yang menghempas dengan keras karang-karang yang ada. Bagi Anda pecinta tantangan, Anda dapat dengan sepuas hati bersantai di tepi pantainya. Namun, tetap harus dengan kehati-hatian yang ekstra. Anda bisa menengok foto Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi yang satu ini untuk membuktikan kegarangan Pantai Loji.

Masih ada satu lagi pantai di Sukabumi yang sering dijadikan andalan untuk berlibur yaitu Pantai Ujung Genteng. Disamping wisata pantainya, masih ada tempat wisata Sukabumi yang tak kalah indah dan menarik. Ada Curug Sawer dan Geopark Ciletuh. Anda yang sudah merasa lelah dengan hiruk pikuk suasana pantai, bisa mendatangi kedua lokasi tersebut sebagai destinasi akhir liburan Anda ke Sukabumi. Selamat berwisata.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */