Surganya Wisata Indonesia

Fasilitas, Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Payangan Jember

0

Pantai Payangan Jember – Berekreasi ke Jawa Timur, rasa-rasanya ada yang kurang jika melewatkan kabupaten yang satu ini. Kabupaten Jember. Kabupaten yang terletak di sebelah Timur Provinsi Jawa Timur ini menjadi primadona pariwisata, sebab, begitu banyak pilihan tempat rekreasi yang bisa didatangi. Kota Seribu Bukit ini memiliki eksotisme panorama alam yang tidak kalah dengan kabupaten lain. Julukan tersebut memang pas dimiliki Jember, karena sebagian besar tempat wisata yang ada berbentuk bukit dan perbukitan. Bahkan pantai sekalipun. Pantai-pantai yang ada di Kabupaten Jember, hampir kesemuanya memiliki bukit. Begitu juga dengan wisata Pantai Payangan Jember Jatim.

Pantai Payangan merupakan salah satu tempat wisata unik yang terdapat di Kabupaten Jember. Tidak hanya wisata pantai saja yang disuguhkan, namun, ada beberapa hal yang bisa dijumpai ketika mengunjungi Pantai Payangan Kabupaten Jember Jawa Timur. Keunikan dari pantai ini adalah adanya panorama tiga buah pantai dengan tiga bukit dan satu teluk. Tiga pantai tersebut berada di antara tiga bukit yang menonjol. Bukit-bukit tersebut bisa dinaiki sebab memiliki jalan setapak yang sudah biasa dilewati oleh para pengunjung. Dari atas bukit inilah, pemandangan Pantai Payangan Ambulu Jember bisa terlihat hampir secara keseluruhan. Anda akan melihat kecantikan pantai ini dari atas bukit.

Pantai Payangan di Jember
by instagram @herry.87

Tempat ini juga merupakan tempat yang tepat bagi Anda yang ingin berfoto. Selain sering digunakan sebagai spot mengambil gambar, bukit ini juga merupakan jalan menuju Pantai Payangan Watu Ulo. Bentuk jalannya sempit namun berkelok-kelok khas perbukitan. Anda tidak akan menemukan pepohonan di tempat ini. Di samping kanan dan kiri jalan hanya terdapat rumput-rumput yang menghijau subur. Pemandangan laut lepas dan Pantai Payangan tidak akan terhalang. Namun perlu diingat, karena lokasinya yang melewati bukit tanpa ada pepohonan, tentu saja cuaca terasa panas. Jangan lupa untuk membawa tutup kepala atau topi.

Pantai Payangan Teluk Love ini merupakan tempat berlabuhnya kapal-kapal nelayan daerah setempat, karena pekerjaan utama sebagian besar kepala keluarga di desa ini adalah nelayan. Anda akan melihat puluhan kapal nelayan berderet di tepi pantai dengan pasir hitam ini. Tenang, Anda tidak akan mengganggu dan tidak pula terganggu dengan aktivitas para nelayan. Sebab, para nelayan hanya melabuhkan kapalnya pada salah satu sisi pantai. Masih ada tepi pantai lain di balik bukit yang bisa Anda tempati untuk bersantai.

lokasi pantai payangan
by instagram @nurlelafatmawati

Pasir pantai yang berwarna hitam cocok untuk aktivitas berkemah. Anda bisa bermalam di pantai ini, menghabiskan waktu malam, menikmati deburan ombak di malam hari. Jika langit dalam keadaan cerah, Anda akan mendapatkan keindahan dobel di Pantai Payangan. Kemerlip bintang yang bertaburan, suara deburan ombak yang aduhai, ditemani hangatnya api unggun dan petikan gitar yang mengalun merdu. Suasana khas perkemahan, namun dengan keindahan tempat yang berbeda. Pantai Payangan. Tempat yang sering digunakan untuk berkemah adalah padang rumput yang cukup luas, yang terletak di samping pantai paling ujung selatan. Tempat ini dekat dengan lokasi para nelayan yang memarkir kapal. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan sekitar lokasi perkemahan. Bawa pulang kembali barang-barang yang Anda bawa, termasuk sampah-sampah yang Anda keluarkan dari kegiatan ini, agar kelestarian wisata Pantai Payangan tetap terjaga.

Anda juga dapat menikmati indahnya pemandangan sunset dan sunrise. Bila Anda datang pada waktu sore hari, Anda bisa menyaksikan panorama khas warna oranye di pantai ini. Bukit-bukit yang berdiri gagah turut menghiasi pergantian malam di Pantai Payangan. Kegiatan perkemahan Anda, akan dimulai dengan apik jika Anda tidak melewatkan pemandangan sunset. Setelah melewati malam yang panjang dengan kegiatan menarik, kegiatan berkemah Anda akan ditutup dengan sorot mentari pagi yang berpadu mesra dengan suara kicauan burung-burung dan ombak yang berdeburan. Pantai Payangan juga merupakan tempat yang pas untuk menikmati pesona matahari terbit.

wisata pantai payangan jember jatim
by instagram @rifqizam

Berbicara tentang lokasi Pantai Payangan Jember, selain dapat melihat aktivitas nelayan yang berlayar dengan perahu-perahunya, Anda juga dapat membeli hasil tangkapan ikan yang diperjualbelikan oleh nelayan setempat. Anda bisa membelinya sebagai buah tangan. Atau bila Anda berkemah, Anda bisa mengadakan party bersama teman-teman Anda dengan acara bakar-bakar ikan di malam hari. Alternatif lainnya, setelah Anda membeli ikan dari nelayan, Anda bisa meminta pada warung makan yang ada di lokasi untuk menggoreng atau mengolah ikan yang telah Anda beli. Anda bisa langsung menikmati ikan segar hasil tangkapan para nelayan yang baru saja Anda beli. Sangat menyenangkan bukan? Wisata alam sekaligus wisata kuliner berpadu menjadi satu.

Fasilitas Pantai Payangan Jember

Meskipun termasuk pantai yang baru dikenal, Pantai Payangan Jember sudah mempunyai fasilitas dasar yang dimiliki oleh tempat pariwisata. Tidak hanya warung makan tempat Anda bisa menikmati hasil laut, Anda sudah disediakan area tempat parkir kendaraan yang cukup memadai, dan juga toilet umum yang bisa Anda gunakan sebagai tempat berganti pakaian ketika telah selesai bermain air. Fasilitas-fasilitas yang ada tersebut disediakan secara suka rela oleh warga Payangan setempat, sebab semakin banyak pengunjung yang datang, sementara tidak ada sama sekali perhatian dari pemerintah untuk mengelola tempat wisata ini. Jika saja pemerintah mau memperhatikan, tentu aktivitas pengelolaan yang baik akan berdampak baik pula bagi semua pihak. Selain menambah pemasukan daerah, tentu akan semakin banyak wisatawan yang berkunjung karena lokasi yang semakin tertata. Perlu penghargaan lebih bagi masyarakat sekitar Payangan yang telah bersedia secara swadaya mengelola dan menyediakan fasilitas bagi pengunjung.

Letak Pantai Payangan jember Jawa Timur

tiket masuk pantai payangan
by instagram @willadatieka

Letak Pantai Payangan Jember berada di Dusun Payangan, Desa Semberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Pantai ini diberi nama sesuai dengan nama dusun tempat pantai ini berada, yaitu Dusun Payangan. Pantai ini berlokasi di sebelah Barat Kabupaten Jember namun masih dalam kawasan perairan laut selatan. Ombak pantai ini memang tidak setinggi pantai lain, namun, Anda harus tetap berhati-hati, sebab, di mana-mana, Laut Selatan terkenal akan ombaknya yang ganas dan mematikan. Pernah ada peristiwa yang merenggut nyawa di pantai ini. Kurangnya pengawasan orang tua dan kurangnya kehati-hatian membuat tiga orang gadis remaja tewas terseret ombak. Lokasi Pantai Payangan memang terihat tenang karena ada satu pulau besar di area pantai yang seolah-olah menjadi penghalang bagi ombak besar yang datang. Akan tetapi, sebaiknya Anda tidak bermain air hingga agak jauh dari tepi pantai, apalagi jika Anda membawa sang buah hati.

Bila Anda hendak mencoba berwisata ke pantai ini, disarankan agar mengendarai kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan. Sebab, tidak terdapat alat transportasi umum yang bisa mengantar Anda sampai ke lokasi. Atau bila Anda berniat berpetualang, Anda tetap bisa menaiki kendaraan umum dan membayar ojek sampai ke lokasi. Rute Pantai Payangan yang harus dicapai cukup mudah. Jalan yang harus dilalui sama dengan jalan menuju tempat wisata sejarah Pantai Watu Ulo. Lokasi pantai ini berada di paling ujung. Anda dapat melihat peta Pantai Payangan dengan jelas melalui aplikasi google maps.

Harga Tiket Masuk Pantai Payangan

Tiket masuk Pantai Payangan sangat terjangkau. Pengunjung hanya diminta untuk membayar biaya parkir sebesar Rp. 3.500 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat. Tidak ada biaya masuk, karena memang belum ada pengelolaan yang baik di Pantai Payangan ini.

Tempat wisata di Jember Jawa Timur lainnya yang juga mempunyai bentuk yang sama adalah Teluk Love Jember. Teluk Love ini berada di sebelah timur Pantai Payangan. Anda juga harus mengunjungi Taman Nasional Meru Betiri untuk melengkapi kegiatan wisata alam Anda ketika Anda berada di Kabupaten Jember.

Kunjungi :  Misteri, Sunset dan Rute Menuju Pantai Greweng Gunung Kidul

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */