Surganya Wisata Indonesia

Pesona Sunrise Pantai Goa Cina Malang Selatan

0

Pantai Goa Cina Malang – Berbicara tentang keindahan pantai di Malang memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Kabupaten yang kaya dengan potensi alamnya ini menjadi tempat destinasi liburan yang cocok untuk para travellers. Keindahannya meliputi air terjun seperti Coban Sewu yang sudah dikenal bagi seorang penikmat alam. Tidak hanya air terjun saja, Malang pun memiliki banyak pantai nan indah untuk Anda kunjungi. Seperti halnya Pantai Goa Cina ini.

Pantai Goa Cina merupakan pantai yang berada di Malang Selatan dengan sejuta keindahaanya. Pantai satu ini memiliki banyak karang di tepian pantainya, sehingga hal tersebut memang menjadi daya Tarik tersendiri bagi para wisatawan. Perpaduan karang serta keindahan pasirnya yang putih akan membuat siapa saja yang mengunjunginya merasa terpukau oleh panoramanya.

Sejarah, Lokasi dan Tiket Masuk Pantai Goa Cina Malang

Sejarah Pantai Goa Cina Malang
Instagram by @okiamelia

Akan tetapi hal yang disayangkan dari pantai ini ialah, belum digagas secara serius oleh pemerintah setempat untuk menjadikannya tempat wisata yang menjanjikan. Alhasil, pantai cantik ini pun masih jarang di kunjungi wisatawan. Namun pasti ini adalah kabar gembira untuk Anda para penyuka keindahaan, berkunjung ke Pantai Goa Cina, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang masih sangat alami dan udara sejuk serta tempatnya masih bersih, dan pasti akan disayangkan untuk Anda lewati jika sedang berdestinasi pantai di Malang. Baiklah, jika Anda penasaran dengan lokasi pantai ini berada serta terdapat apa saja di Pantai Goa Cina , mari simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Goa Cina Malang

Lokasi Pantai Goa Cina Malang memang cukup mudah ditemukan, pasalnya letaknya pun tidak berada jauh dari Pantai Bajul Mati, serta tidak jauh dari jalan beraspal. Pantai ini juga bisa dikatakan surga dunia di Indonesia yang masih tersembunyi, sebab tempatnya yang masih alami dan asri alamnya menjadikan pengunjung pun menikmati alam di pantai ini. Pepohonan yang tumbuh di sekitar bibir pantai serta birunya warna laut yang membuat sanubari terasa sejuk akan memberi ketenangan bagi Anda serta merefresh fikiran penat Anda.

Kunjungi :  Asal Usul, Homestay dan Aktivitas Seru Pulau Tabuhan Banyuwangi

Letak Pantai Goa Cina ini berada di Desa Sitirejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Selatan, Jawa Timur. Jika dari pusat Kota Malang, jaraknya sekitar 68 Km atau setara dengan 3,5 jam waktu perjalanan. Nah, jika Anda sudah berkunjung ke Pantai Bajul Mati, rute menujunya pun hampir sama jika Anda melaju dari Malang. Sebab pantai ini sangat dekat dengan Pantai Bajul Mati, maupun Pantai Clungup. Pasti akan memudahkan Anda untuk sampai ke Pantai Goa Cina jika sudah mengunjungi kedua pantai tersebut.

Pantai Goa Cina Malang
Instagram by @n_indrawati83

Rute Pantai Goa Cina Malang Selatan ini bisa Anda capai dengan menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Ketika berangkat dari Malang Anda langsung saja menuju Gadang, Turen, dan rutenya pun sama dengan menuju Pantai Sendang Biru. Anda akan mendapati pertigaan 1,5 Km sebelum Pantai Sendang Biru, dari pertigaan tersebut Anda menuju arah ke kanan yaitu ke Pantai Bajul Mati. Setelah itu Anda ambil jalan lurus sekitar 5 Km, hingga disebelah kiri sisi jalan Anda akan mendapati plang petunjuk menuju Pantai Goa Cina, lalu beloklah ke kiri serta melalui jalan bertanah atau biasa disebut macadam ini sekitar 800 meter, barulah Anda sampai di Lokasi yang Anda tuju yaitu Pantai Goa Cina.

Nah, jika Anda menggunakan transportasi umum dan berangkat dari Surabaya, Anda bisa menuju dari Terminal Surabaya menuju Terminal Malang, dan dilanjutkan ke Ternimal Gadang menggunakan bus mini. Setelah itu menaiki bus kembali ke terminal Sumbermenjing Wetan. Dari sini Anda bisa menggunakan jasa transport ojek untuk mencapai Pantai Goa Cina dengan mudah. Namun jika Anda ingin lebih menikmati perjalanan, lebih baiknya menggunakan kendaraan pribadi saja, sebab selain bisa bersantai di jalan, Anda bisa berdestinasi pantai-pantai yang ada di dekatnya.

Kunjungi :  Fakta Penting Yang Ada di Gunung Slamet Yang Harus Kamu Ketahui

Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cina

Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cina
Instagram by @renidanur

Setibanya Anda di gerbang pintu masuk Pantai Goa Cina, ada biaya yang harus Anda bayar untuk masuk menikmati keindahan pantainya. Namun tenang, biaya tiket masuk tidak akan menguras kantong dalam-dalam, yang perlu Anda keluarkan hanya sebesar Rp.5000 per orangnya. jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, biaya tambahan parkir untuk roda empat yakni, Rp.4000 dan untuk kendaraan roda dua cukup Rp.2000 saja. Cukup murah bukan? Dengan harga demikian Anda sudah dapat menikmati desir pantai Pantai Goa Cina dengan sepuas hati.

Keindahan pantai satu ini memang masih sangat alami, karena belum terlalu banyak wisatawan berdatangan. Pantai Goa Cina didominasi dengan karangnya yang banyak di tepian pantai, serta panorama gugusan tebing karang terlihat hijau merona karena rerumputan dan pepohonan yang tumbuh. Namun pantai nan sejuk ini juga terkenal dengan keganasan ombaknya, jadi jika Anda membawa anak-anak disarankan jangan mengajak berenang di pantai.
Lalu bagaimana menikmati pantai ini? Nah, jangan khawatir, pantai di sini memiliki pasir yang cukup luas untuk Anda melakukan berbagai kegiatan. Bersantai ria di atas laybag maupun matras bisa Anda lakukan. Jika Anda ingin merasakan nuansa alam dan bercengkrama langsung, Anda dapat mendirikan tenda di area pantai ini. Namun setelah itu, Anda harus bertanggung jawab atas sampah yang Anda bawa. karena keasrian pantai yang indah ini harus senantiasa dijaga dan dilestarikan. Namun untuk fasilitas di Pantai Goa Cina memang bisa dikatakan masih minim. Hanya terdapat warung-warung kecil di sisi area bibir pantai jika Anda lapar dan ingin menikmati makanan khas laut.

Tentang Pantai Goa Cina Malang

Sejarah Jalan Menuju Pantai Goa Cina Malang
Instagram by @vitta742

Selain keindahan pantainya, pantai Goa Cina memang terkenal karena terdapat goa yang berada di sisi bibir pantai. Keberadaan goa tersebut berada di sisi kanan pantai dan di bukit karang. Goa itu mempunyai ketinggian 2 meter serta rongga yang menjorok ke dalam sekitar 8 meter. Bahkan bisa dimasuki oleh 2 orang beriringan dengan leluasa. Namun anehnya tidak ada stalagmit di dalam maupun bibir goa. Meski demikian, tentu goa ini memiliki nilai mistis karena di dalam goa pun terdapat sesaji atau semacam persembahan bagi yang menghormatinya.

Kunjungi :  Lokasi dan Rute Jalan Menuju Air Terjun Pantai Jogan

Sejarah Pantai Goa Cina Malang Jawa Timur ini bermula dari cerita yang beredar tentang meninggalnya biksu di goa ini. Dahulu, pantai ini namanya adalah Pantai Rowo Indah. Akan tetapi seiring berjalannya waktu karena terdapat peristiwa naas yang dialami biksu cina tersebut, pantai ini lama kelamaan terkenal dengan nama Pantai Goa Cina. Benar atau tidaknya, tetapi masyarakat setempat meyakini hal demikian. Konon, goa ini dijadikan seorang biksu asal tionghoa untuk bertapa hingga akhir hayatnya demi bersatu dengan sang kuasa, itulah yang menjadi misteri Pantai Goa Cina yang beredar hingga saat ini.

Nah, jadi tunggu apalagi? Segera agendakan liburan bersama sahabat Anda untuk berdestinasi ke Pantai Goa Cina ini. Jika Anda sedang berada di Malang Selatan, jangan segan-segan untuk mampir dan sejenak menikmati keindahan pantai nan indah ini. Sebetulnya masih banyak lagi tempat wisata di Malang lainnya yang patut Anda kunjungi. Setelah Anda menikmati Pantai Goa Cina, lebih baiknya Anda segera menuju ke Pantai Kondang Merak yang tidak kalah cantiknya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */