Surganya Wisata Indonesia

5 Daftar Pantai di Jogja Paling Diburu Wisatawan

0
5 Daftar Pantai di Jogja Paling Diburu Wisatawan
Nilai Artikel Ini

Pantai di Jogja – Kalau berbicara mengenai wisata pantai yang menakjubkan dan menawan, sepertinya Jogja akan masuk dalam deratan pemenangnya. Bagaimana tidak, provinsi ini memiliki berbatasan dengan Samudera Hindia bagian Selatan yang terkenal dengan keindahan pantai-pantainya.

Pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas wisata alam di Jogja yang sangat menakjubkan bukan ? Dan pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas lebih banyak lagi tempat wisata pantai di Jogja.

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor
Instagram by @pantai_nglambor

Melihat ombak di pantai Selatan Jogja sering membuat bulu kuduk merinding. Kelihatan sekali gulungan ombak ber meter-meter seperti mengisyaratkan siapapun untuk tidak mendekat. Ombak yang saling bersahutan membuat deburan ombak sangat keras sekali terasa.

Banyak yang beranggapan melakukan snorkeling atau berenang adalah sesuatu yang mustahil untuk dilaksanakan di pantai-pantai selatan. Seperti halnya pantai Nglambor ini. Gelombang samudera yang membiru dan tinggi memberikan nuansa indah sekaligus mengerikan. Tapi kengerian itu seperti hilang di pantai Nglambor. Karena dua karang besar berbentuk kura-kura mempunyai tugas untuk memecah gulungan ombak tinggi. Aliran ombak setelahnya menjadi menakjubkan dan indah saat didekati. Tempat ini merupakan pantai di Jogja yang bisa untuk snorkeling.

Di antara dua karang kura-kura inilah yang sering dimanfaatkan wisatawan untuk menikmati indahnya terumbu karang dan biota laut yang terkenal indah layaknya surganya taman bawah laut. Sungguh suasana yang sangat menakjubkan saat anda menyelam dan melihat secara langsung bagaimana keadaan terumbu karang di dalam pantai Nglambor.

Hal yang patut diapresiasi adalah keikutsertaan masyarakat dalam menjaga keindahan terumbu karang dan biota laut di dalamnya.Untuk mendukung upaya masyarakat dalam menjaga keindahan alam bawah laut, di kawasan ini sekarang dijadikan sebagai tempat konservasi.

Selain keindahan alam bawah laut, panorama pantainya juga sangat menakjubkan. Gugusan karang yang tinggi seolah-olah mengajak anda untuk menikmati gelombang pantai sambil merasakan segarnya udara laut yang membiru.

Kunjungi :  Nyantai dan Belajar di Eco Green Park Malang Jawa Timur

Bila anda ingin mengunjungi pantai terindah di Jogja ini, anda harus berkunjung ke Desa Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Pantai Jogan

Pantai Jogan
Instagram by @arnandoandrei

Pernahkah anda melihat air terjun di bibir pantai yang terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia? Ini adalah fenomena alam yang sangat langka di Indonesia bahkan dunia. Keunikan yang sangat luar biasa ini bisa anda temukan di pantai terbaru di Jogja, tak perlu jauh ke Eropa ataupun Amerika.

Fenomena alam ini terdapat di pantai Jogan, Gunungkidul. Untuk menemui indahnya air terjun di bibir pantai ini anda harus turun ke bawah. Ada dua cara untuk sampai ke air terjun ini. Pertama menggunakan teknik canyoning. Ini diperlukan keahlian khusus dan orang ahli yang memandu, karena bisa berakibat fatal bila kurang tangkas. Ke dua dengan cara menyusuri tebing yang lumayan curam. Anda harus hati-hati bila melakukan ini, ada pepohonan dan ranting yang dapat dijadikan pegangan agar sampai ke air terjun tersebut.

Memang butuh perjuangan untuk mencapainya, cocok sekali untuk anda yang menyukai liburan dengan aktivitas yang menantang. Tantangan ini akan berbuah manis saat anda sampai di lokasi air terjun ini.

Selain keindahan air terjun yang ada di bibir pantai, suasana pantainya pun tak kalah menariknya. Demburan ombak yang saling bersahutan dengan kerasnya gemericik air terjun menambah suasana pantai menjadi lebih menakjubkan.

Anda ingin merasakan sensasi perjuangan dan keindahan alamnya, segera agendakan pantai Jogan sebagai salah satu destinasi tempat liburan anda.

Pantai Baron

Pantai Baron
Instagram by @deni_bale

Pantai Baron memiliki bentuk U karena diapit 2 buah barisan karang di sisinya. Batu karang ini berfungsi untuk menahan laju ombak yang ganas. Terjangan ombak ini menhasilkan suara khas pantai.

Kunjungi :  Wisata ke Kedung Pedut Water Park Alami

Di sisi sebelah barat pantai ini terdapat aliran sungai air tawar yang bermuara langsung ke pantai ini. pertemuan air laut dan air tawar menjadi pemandangan yang sangat unik sekali. Keduanya tidak menyatu tetapi membentuk aliran terpisah antar satu dengan yang lain.

Ada satu hal yang menarik dari kawasan pantai ini yaitu adanya mercusuar yang menjulang tinggi. Bertindak sebagai pertanda kawasan pantai dengan jarak 12 mil dari lepas pantai. Asyiknya pengunjung diperbolehkan untuk memasuki mercusuar ini. Dengan tarif sekitar 5 ribu rupiah anda sudah dapat menikmati keindahan suasana pantai dari ketinggian 40 meter.

Mari berkunjung ke pantai Baron, yang terletak di kabupaten Gunungkidul. Sebuah tempat yang kaya akan keindahan pantai pasir putih di Jogja.

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal
Instagram by @achmad13jufriyanto

Untuk mencapai pantai terbaik di Jogja, Pantai Pok Tunggal, anda harus melewati perjalanan bebatuan terjal yang lumayan menguras tenaga dan nyali anda. Perjalanan ini harus ditempuh dengan jarak kurang lebih 2 kilometer.

Setelah anda melewati jalan sempit berbatu itu, anda akan disuguhkan dengan sebuah pantai yang sangat menakjubkan dengan barisan bukit sekitar 50 meter menjulang di pinggirnya. Sungguh kenampakan alam yang sangat luar biasa dan sangat mengagumkan. Tebing di sekitar pantai ini bisa ditindaklanjuti sebagai wisata panjat tebing bagi para pengunjung.

Selain tebing, saat anda sampai di pantai Pok Tunggal, anda akan disambut oleh sebuah pohon Duras. Pohon yang tergolong sulit untuk tumbuh. Pohon ini dijaga oleh penduduk sekitar dan dipertahankan sebagai icon pantai ini. Jangan heran bila tidak ada satupun pengunjung yang diperbolehkan memanjat pohon ini.

Pasir putih yang membentang di pesisir serta ombak yang menggulung-gulung akan menambah suasana liburan anda menjadi lebih berkesan. Lelahnya anda selama perjalanan akan terbayarkan dengan panorama pantai yang sangat menawan.

Kunjungi :  Curug Silawe, Wisata Air Terjun Recomended di Magelang

Keunikan lainnya adalah terdapat sumber air tawar dari aliran sungai dari bawah tanah. Air tawar ini dijadikan sebagai sumber utama air bersih oleh warung-warung yang menyediakan jajanan di sini serta tempat-tempat mandi untuk membersihkan diri setelah asyik bermain air laut.

Bila anda ingin menikmati pantai lebih dekat, anda bisa menyewa payung-payung pantai yang berjajar di bibir pantai. Maka, anda akan menemukan pemandangan yang sangat indah.

Pantai Drini

Pantai Drini
Instagram by @asecakep

Ingin berkunjung ke pantai dengan dua karakter ombak yang berbeda? Pantai Drini adalah tempatnya. Di pantai ini terdapat sebuah pulau yang memisahkan dua gelombang pada satu kawasan. Di sisi timur pulau itu ombak nampak tenang dan landai, tetapi di sisi Barat ombak ganas siap menanti.

Dari keunikan tersebut, pengunjung dapat dengan mudah menentukan ombak mana yang akan dikunjungi. Untuk mencapai pulau tersebut sangatlah mudah. Tunggu saja ketika air laut sedang surut. Maka, akan terbentang jalan yang dapat dilalui walaupun hanya berjalan kaki.

Komposisi air di pantai ini berwarna hijau ke biru-biruan dengan karakter pantai sedikit berkarang . Saking jernihnya pengunjung dapat melihat aneka biota laut yang dengan santainya berkeliaran di sekitar karang-karang. Sangat indah dan menarik pengunjung untuk mendatanginya. Anda dapat melihat suasana ini di pantai sisi Timur yang terkenal dengan ombaknya yang sangat bersahabat.

Untuk sisi Barat pulau lebih identik dengan ombak yang besar. Ini merupakan jalur para nelayan untuk berangkat dan kembali untuk mencari ikan di lepas pantai. Jalur Barat bebas hambatan karang, sehingga para nelayan sangat menyukainya.

Demikian 5 pantai di Jogja yang tepatnya terletak di kawasan Gunungkidul Jogja. Tempat yang kaya akan keanekaragaman keindahan pantai-pantainya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */