Surganya Wisata Indonesia

Backpaker ke 5 Pantai Baru di Bantul Jogjakarta

0
Backpaker ke 5 Pantai Baru di Bantul Jogjakarta
Nilai Artikel Ini

Pantai di Bantul – Bantul merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di Jogjakarta. Tata letaknya yang berdekatan dengan Samudera Hindia membuat kabupaten ini kaya akan keindahan alam yang sangat menawan. Hampir setiap orang yang berlibur ke Jogjakarta akan menyempatkan diri ke pantai-pantai di Bantul ini.

Wisata di Bantul terutama obyek pantainya memang mempunyai keanekaragaman dari suasana dan bentuknya. Rata-rata pantai di Bantul Yogyakarta memiliki ombak besar, karena pantainya merupakan pantai Samudera. Apakah anda penasaran dengan pantai-pantai yang dimaksud? Berikut ulasannya.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Instagram by @rickirizmunadi

Pantai Parangtritis merupakan salah satu wisata pantai di Bantul yang paling terkenal, bahkan Jogjakarta. Pantai ini sudah menjadi icon Jogjakarta. Ketenarannya sampai tertanam ke para pengunjung, kalau ke Jogjakarta belum ke pantai Parangtritis berarti belum lengkap wisata di Jogjakartanya.

Ombak di pantai Parangtritis tergolong sangat ganas, jadi para pengunjung tidak diperkenankan untuk bermain selancar ataupun olahraga air lainnya. Tapi, anda tidak bersedih hati, karena di pantai ini juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Hamparan pasirnya sangat luas dan memanjang di sekitar pantai ini. Untuk menikmati keindahan pesisir pantai sudah disiapkan beberapa kendaraan seperti ATV dan Bendi. Dua kendaraan ini banyak terdapat di pantai Parangtritis untuk menghibur para pengunjung yang berdatangan dari beberapa daerah di Indonesia.

Bila anda suka dengan petualangan di sekitar pantai dengan mencoba medan pasir yang ada, sepertinya kendaraan ATV merupakan pilihan tepat. Anda bisa berkeliling sesuka hati dengan tarif 40 rb sampai 100 rb per setengah jamnya. Motor segala medan ini akan setia mengantarkan anda menikmati indahnya pantai Parangtritis.

Namun, bila anda ingin bersantai sambil keliling mengitari pesisir pantai sampai ke ujung timur yang mempunyai pesona batu karang nan indah sebaiknya anda gunakan Bendi. Apa itu Bendi? Bendi merupakan sejenis dokar tetapi hanya memiliki satu kuda sebagai penariknya. Biasanya 1 Bendi hanya bisa dinaiki 2 orang penumpang saja. Alunan tapak kuda serta goyangan dokar kecil ini akan menambah suasana liburan anda menjadi lebih menyenangkan.

Kunjungi :  Mitos dan Kisah Menara Kudus yang Sangat Bersejarah

Selain kendaraan di atas, di tempat ini juga tersedia banyak penyewaan kamar mandi untuk berbilas setelah bermain pasir dan air di pinggiran pantai.

Satu hal yang hampir terlupakan yaitu keindahan sunset di pantai Parangtritis. Gemerlap cahaya matahari terbenam sangat terlihat di permukaan laut pantai ini. Keindahan yang sangat menarik untuk dinikmati. Di tambah lagi para penjaja jagung bakar serta penyewaan karpet-karpet alas bagi para pengunjung siap menemani anda menikmati indahnya sunset. Kalau anda tidak ingin pulang malamnya, telah tersedia banyak losmen dan penginapan dengan harga terjangkau. Paket komplit untuk para pengunjung pantai paling fenomenal di Bantul ini.

Pantai Depok

Pantai Depok
Instagram by @isarahmifi

Pantai Depok, pantai di daerah Bantul Jogja ini sepertinya dikhususkan oleh pemerintah Bantul sebagai pantai penyaji seafood terbesar. Bermula dari banyaknya hasil tangkapan para nelayan di daerah ini yang mengundang para pengunjung membeli secara langsung di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) bernama Mina Bahari 45.

Kuliner seafood di Pantai Depok berjeret menghadap selatan agar pengunjung dapat menikmati keindahan pantai sambil menikmati hidangan yang disajikan. Konsep kuliner di sini sangatlah unik. Para pengunjung membeli langsung ke TPI dan memilih jenis ikan yang akan di masak. Setelah itu akan dimasakan oleh penjaja kuliner di sekitar pantai Depok ini.

Untuk menikmati hidangan yang telah dimasak tersedia tempat lesehan dengan meja kecil yang beralaskan tikar. Suasana yang sangat indah karena anda akan dimanjakan oleh semilir angin pantai yang menyejukan sambil menikmati santapan ikan bakar atau bakar yang telah dipesan.

Ikan yang paling murah untuk dipesan adalah ikan cakalang. Tersedia juga ikan kakap merah dan putih yang terkenal dengan ketebalan daging. Rasanya pun gurih dan sedap saat dipanggang. Jenis seafood lain yang tersedia di pantai ini yaitu kepiting, cumi-cumi, dan udang.

Letak pantai Depok sangatlah dekat dengan pantai Parangtritis. Hanya berjarak sekitar 1,5 km. Bila anda sudah berada di pantai Parangtritis, jangan sampai dilewatkan ya pantai yang satu ini, karena lelahnya saat di pantai sebelumnya dapat dihilangkan dengan hidangan lezat seafood pantai Depok ini.

Kunjungi :  Pesona Menakjubkan Pantai Popoh Tulungagung

Pesona Pengklik Pantai Samas

Pesona Pengklik Pantai Samas
Instagram by @phe_setyawan

Pantai Samas, pantai di Bantul Jogja sudah diketahui oleh masyarakat sejak lama di kabupaten Bantul. Banyak pengunjung yang berdatangan ke sini, karena berdekatan dengan pantai Parangtritis. Saat ini pantai Samas dirubah wajahnya menjadi lebih modern dan asyik untuk dikunjungi. Perubahan itu diberi nama Pesona Pengklik, sebuah kawasan baru agak sedikit timur dari pantai Samas.

Satu hal menarik dari Pesona Pengkilik ini adalah Laguna air yang terbentuk secara alami. Di laguna yang indah ini terdapat kuliner apung. Dimana pengunjung dapat menikmati santapan sambil santai terapung di atas air.

Untuk membuat pengunjung merasa nyaman, telah disediakan berbagai macam wahana bermain anak. Anda bisa mengajarkan bagaimana cara dia bersosialisasi dengan teman-teman barunya. Fasilitas lain yang bisa dikunjungi yaitu tambak udang.

Tak kalah dengan pantai lainnya, Pesona Pengklik juga membunyai pesona sunset yang indah. Anda dapat menikmatinya dari bangunan gardu panjang yang terletak di tengah lagunan. Pantai di Bantul DIY yang satu memiliki panorama sunset yang akan terlihat lebih jelas sambil melihat suasana pantai dari ketinggian.

Pantai Kuwaru

Pantai Kuwaru
Instagram by @yanuar_surya

Pantai ini memiliki ciri khas dengan tanaman pohon cemara di pesisirnya, mirip dengan Pantai Goa Cemara Bantul. Pemandangan rindang dari pohon cemara membuat suasana pantai terlihat lebih sejuk dan menarik. Pohon cemara ini sering digunakan untuk berteduh sambil menikmati hidangan seafood khas Bantul.

Oh iya.. pantai Kuwaru juga menyediakan berbagai macam hidangan seafood dari hasil para nelayan penduduk setempat. Hasil tangkapan mereka dimasak oleh warung-warung di sekitar pantai, mirip dengan keadaan pantai Depok. Bedanya di pantai Depok sedikit lebih terik karena minimnya pepohonan.

Kunjungi :  Melirik Museum Trinil Ngawi yang Cukup Menarik

Di tempat ini juga tersedia berbagai macam wahana bermain untuk anak-anak dan orang dewasa. Mulai dari kolam renang, ATV, motor trail, kereta mini, dan mandi bola. Suasana sejuk di bawah pohon cemara akan membuat anda bersama keluarga sanggup berlama-lama di kawasan pantai Kuwaru ini.

Pantai yang terletak di Dusun Poncosari, Srandaan, Bantul ini menjadi salah satu pantai di Bantul yang indah. Untuk mencapai pantai Kuwaru biasanya diperlukan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota (bila keadaan jalan lancar dan tidak macet). Selama perjalanan ke pantai Kuwaru anda akan melihat hamparan sawah yang luas khas dengan aroma padi yang menyegarkan. Selain itu, anda juga dapat melihat pepohonan pedesaan selama perjalanan. Sungguh suasana yang sangat menyegarkan.

Pantai Baru

Pantai Baru
Instagram by @pantaibarubantul

Pantai Baru Bantul sangat berdekatan dengan pantai Kuwaru. Keadaan alamnya pun sangat mirip yaitu memiliki pohon cemara udang di pesisirnya. Pantai ini merupakan pantai baru di Bantul. Anda akan melihat tiang-tiang tinggi menjulang di kawasan pantai ini. Tiang tinggi itu bukanlah tiang listrik ataupun sinyal seluler, melainkan tiang kincir angin sebagai pembangkit tenaga listrik untuk masyarakat sekitar.

Kincir angin yang mirip dengan menara ini merupakan hadiah Kemenristek tahun 2010. Keunikan kincir angin ini sering dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berfoto ria bersama keluarga. Pantai baru di Bantul ini sudah banyak digrandungi pencinta pantai.

Demikian 5 pantai di Bantul yang dapat kami ulas. Beberapa pantai mungkin belum sempat kami ulas, seperti Pantai Pelangi Bantul. Semoga dapat kami ulas pada kesempatan lain. Kalau anda pergi ke Jogjakarta jangan lupakan keindahan pantai di Bantul dan Kulonprogo.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */