Surganya Wisata Indonesia

32 Minuman dan Makanan Khas Tulungagung yang Wajib Kalian Cicipi

0

Tulungagung dikenal sebagai daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia yang terletak sekitar 154 kilometer sebelah barat daya Kota Surabaya. Selain dikenal dengan potensi marmernya, Tulungagung juga mempunyai berbagai macam tempat wisata Tulungagung yang menarik dan patut untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam sampai dengan wisata kuliner. Beberapa makanan khas Tulungagung juga sangat populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan mancanegara. Bahkan sajian kuliner khas Tulungagung mampu membuat siapapun yang sudah mencobanya menjadi ketagihan. Lalu, apa saja sih makanan khas populer dari Tulungagung yang katanya bisa membuat ketagihan tadi? Berikut ini penjelasan komplitnya, selamat membaca!

Sate dan Gulai Kambing

sate_kambing
Instagram by @satekhassenayan

Makanan khas Tulungagung Jawa Timur yang pertama ada sate dan gulai kambing. Meskipun anda dapat menemukan sate dan gulai kambing di beberapa daerah di Indonesia selain Tulungagung, namun sate yang ada disini berbeda dengan sate-sate di daerah lainnya. Sate kambing Tulungagung racikan bumbunya lebih meresap dan cita rasanya gurih. Selain itu, ketika dibakar sate ini juga dicelupkan ke kuah gulai sehingga menambah rasa khas dari sajian kuliner khas Tulungagung yang satu ini. Ada lagi tambahan bumbu petis dan kecap manis khas Tulungagung yang dikenal dengan merk kecap kuda. Kunci dari kelezatan sate kambing Tulungagung, menurut penjualnya terletak pada pemakaian bumbu petis dan kecap kuda tersebut. Begitu juga dengan gulai kambingnya, paduan daging kambing yang diolah dengan campuran bumbu rempah yang khas membuat gulai kambing khas Tulungagung bercita rasa lezat dan sangat nikmat. Apalagi disantap dengan sepiring nasi putih hangat saat makan siang ataupun makan malam. Seperti sudah dikatakan di awal paragraf tadi, anda pasti akan ketagihan setelah mencoba kuliner khas Tulungagung yang pertama ini.

Kue Sagon

kue_sagon
Instagram by @haryanto_prp

Salah satu kue tradisional khas Tulungagung yang juga dapat anda temui di beberapa daerah lain di Indonesia adalah kue sagon. Kue sagon memiliki cita rasa manis dan gurih serta aroma yang wangi. Bahan dasar membuat kue sagon adalah dari kelapa yang dicampur dengan tepung ketan, tepung sagu ataupun tepung kanji. Meskipun nama kue sagon berarti kue yang terbuat dari sagu. Kue sagon banyak disajikan menjelang hari raya lebaran atau hari hari besar lainnya.

Ayam Lodho atau Nasi Lodho

nasi_lodho
Instagram by @leo.alpino

Selanjutnya ada ayam lodho atau nasi lodho makanan khas Tulungagung dan cara penyajiannya yang unik. Mirip dengan opor, ayam yang disajikan dalam masakan khas Tulungagung ini dipanggang terlebih dulu agar aromanya lebih terasa dan menghasilkan rasa yang lebih lezat. Salah satu tempat yang menjual ayam lodho atau nasi lodho ini berada di Jalan Semeru. Satu porsi ayam lodho atau nasi lodho biasanya disajikan bersama dengan lontong, ketupat ataupun nasi putih hangat yang menggugah selera.

Enting Enting Kacang atau Geti

enting_kacang
Instagram by @asri_gurucuti

Enting enting kacang atau dikenal dengan sebutan geti merupakan sajian kuliner Tulungagung yang mudah ditemui dimana saja di kota Tulungagung. Makanan ringan yang satu ini dibuat dari campuran kacang tanah dan wijen yang dimasukkan ke dalam larutan gula merah kemudian dimasak hingga kering dan dikemas dalam plastik kecil. Rasanya tidak terlalu manis dan cenderung gurih hingga membuat siapapun yang memakannya menjadi ketagihan. Meskipun enak, enting enting kacang ini bisa membuat sakit gigi jika dikonsumsi berlebihan.

Getuk Pisang

gethuk_khas-tulungagung
Instagram by @edy.s.wignyo

Makanan khas Tulungagung Jatim selanjutnya adalah getuk pisang. Getuk pisang sering dijadikan oleh oleh khas Tulungagung. Bahkan ada beberapa wisatawan yang begitu datang ke Tulungagung pasti langsung akan mencari getuk pisang ini untuk dikonsumsi sendiri ataupun dibeli sebagai oleh oleh. Rasanya sangat lezat dan khas. Bahan pembuatannya mudah didapat dan cara pengolahannya pun tidak rumit. Tampilannya mirip dengan lontong, namun tentu saja rasanya berbeda karena bahan pembutaannya pun juga berbeda.

Kunjungi :  49 Daftar Minuman dan Makanan Khas Solo Jawa Tengah

Ayam Goreng Tulungagung

ayam_goreng_enak
Instagram by @tina_komara

Selanjutnya ada ayam goreng Tulungagung. Memang di daerah lain pun ada sajian kuliner ayam goreng. Namun, ayam goreng Tulungagung menyajikan cita rasa yang berbeda dengan jenis ayam goreng di daerah lainnya yang sering anda temui. Salah satu tempat makan yang menu ayam gorengnya recommended adalah di Kafe AG One yang terletak di Jalan MT Haryono Nomor 77B, Kabupaten Tulungagung. Selain anda bisa merasakan kuliner ayam goreng bercita rasa khas Tulungagung, anda juga bisa nongkrong nongkrong santai di kafe ini.

Kepiting Sambal Ijo

kepiting_sambal
Instagram by @trinceline_fortuna

Menu andalan salah satu tempat makan yang mampu menggoyang lidah ini disajikan juga di Kafe AG One yang terletak di Jalan MT Haryono Nomor 77B, Kabupaten Tulungagung. Sajian kepiting sambal ijo di kafe ini menggunakan kepiting fresh berukuran besar yang dilah dengan bumbu khas yang bisa membuat anda ketagihan. Satu porsi kepiting sambal ijo bisa disantap beramai ramai dengan teman nongkrong anda. Cukup mengenyangkan dan tentunya mampu membuat lidah bergoyang karena citarasanya.

Jenang Syabun

jenang_licin_syabun
Instagram by @vaniadian

Jenang syabun merupakan salah satu jenis oleh oleh makanan khas Tulungagung. Jenang syabun ini dibuat dari beras ketan dengan rasa manis yang dominan dan tekstur yang legit nan lembut. Sekilas kemasannya mirip dengan dodol. Selain dikenal dengan jenang syabun, ternyata makanan ini mempunyai nama lain yaitu jenang licin karena permukaannya benar benar halus dan licin. Jenang syabun merupakan oleh oleh yang tidak boleh ketinggalan untuk dibeli ketika anda berkesempatan berkunjung ke Tulungagung.

Jenang Grendol

jenang_grendol
Instagram by @rudy_micin

Selanjutnya ada kuliner berjenis jenang lagi khas Tulungagung, yaitu jenang grendol. Sajian jenang grendol ini lebih berkuah dibandingkan dengan jenang syabun. Rasanya juga perpaduan antara manis dan gurih. Jenang grendol dibuat dari tepung kanji yang biasanya disajikan bersama dengan jenang baning atau jenang bening. Jenang grendol ini banyak dijual di pasar tradisional yang ada di Tulungagung.

Sompil

sompil_lodeh
Instagram by @haujekrek

Sompil adalah makanan khas Tulungagung yang disuguhkan bersama dengan irisan lontong dan tambahan lotho. Biasanya, sompil juga disajikan dengan tambahan topping bumbu kedelai yang rasanya lezat. Cocok bagi anda yang menyukai masakan pedas karena sompil ini lebih enak disajikan dalam cita rasa pedas yang menggugah selera.

Kerupuk Rambak

kerupuk_rambak
Instagram by @hesti88

Cemilan khas Tulungagung ini terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau yang menjadi favorit banyak orang baik warga lokal maupun para wisatawan. Rasanya kerupuk rambah gurih dan teksturnya lebih renyah dibandingkan dengan jenis kerupuk lainnya. Sentra industri pembuatan kerupuk rambak yang terkenal di Tulungagung berada di daerah Botoran, Pangungreko kota, Sembung.

Ledre

ledre
Instagram by @tunggaljayamebel

Ledre sebenarnya berasal dari Bojonegoro, namun ledre juga masuk dalam daftar makanan khas Tulungagung karena banyak dijual di toko oleh oleh yang ada di Tulungagung. Varian ledre yang dijual di Tulungagung ada 2, yaitu ledre pisang dan ledre coklat. Tampilan ledre lebih mirip dengan semprong atau stick roll namun aroma pisang dan coklatnya mampu menciptakan tekstur yang renyah. Banyak sekali yang memfavoritkan makanan ringan ini.

Kunjungi :  18 Makanan Khas Papua yang Mampu Menggoyang Lidah Penikmatnya

Kopi Ijo dan Cethe

cethe_kopi
Instagram by @dany_setiawan11

Minum kopi merupakan salah satu kegemaran masyarakat Tulungagung. Ada satu kopi khas Tulungagung yang dikenal dengan nama kopi ijo. Dinamakan kopi ijo karena warnanya hijau kehitam hitaman dan dicampur dengan bubuk kacang hijau yang telah diolah. Kegemaran minum kopi ini tidak lepas dari budaya nyethe yaitu mengoleskan endapan kopi ke rokok yang menyala. Nah, kopi yang dipakai untuk nyethe inilah yang dinamakan kopi cethe. Rokok yang digunakan untuk nyethe inipun memiliki motif yang unik, bahkan ada yang bermotif batik. Budaya ini membuat terobosan baru bagi bidang kuliner di Tulungagung. Hingga saat ini hampir setiap jalan di perkotaan di Tulungagung bisa anda temui penjual kopi. Bahkan ada satu desa di Tulungagung yang hampir seluruh tepi jalannya membuka warung kopi. Desa tersebut bernama Desa Bolorejo. Saat ini kemasan kopi ijo dan kopi cethe sudah semakin menarik dan cocok dijadikan oleh oleh bagi anda pecinta kopi nusantara.

Sayur Pindang Terong Pedas

terong_pedas
Instagram by @rana__2512

Sayur pindang terong pedas juga salah satu nama makanan khas dari Tulungagung. Berikut ini disajikan resep makanan khas Tulungagung dari sayur pindang terong pedas. Yang pertama siapkan alat dan bahan untuk memasak. Kemudian bilas rendaman terong sampai bersih dan goreng sampai layu. Setelah itu bumbu digoreng setengah matang sebelum dihaluskan dan tumis hingga harum lalu siram air panas. Masukkan sisa bahan kecuali garam dan santan serta masak hingga terong menjadi lunak dan matang. Terakhir tambahkan garam dan santan, aduk terus hingga mendidih. Nah, sayur pindang terong pedas siap disajikan.
Aneka jajanan Tulungagung

Apem

apem_tulungagung
Instagram by @julianusaditya16

Jajanan tradisional ini ternyata mempunyai arti memaafkan. Maka dari itu apem selalu hadir dalam setiap acara selametan atau tahlilan. Apem dibuat dari tepung beras yang diolah sehingga menghasilkan cita rasa manis dan sedikit asam. Apem biasanya dibuat dengan warna warni yang menarik.

Mendut

kue_mendut
Instagram by @melscakerymelany

Jajanan jadul Tulungagung ini mempunyai ciri khas dibungkus dengan daun pisang dan berbentuk persegi. Bagian luar mendut bertekstur lengket yang dikombinasi dengan parutan kelapa dan gula merah atau dikenal dengan kinco manis di bagian dalam pembungkusnya.

Bikang

bikang_enak_ijo
Instagram by @rully_indriani

Kue tradisional ini berbentuk unik. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai bol jaran atau pantat kuda. Rasanya dominan manis dengan bagian bawah dari kue ini bertekstur keras menyerupai pantat dari kuda.

Lemet

lemet_uenak
Instagram by @dwikiena_idrus

Lemet merupakan satu dari sekian banyak jajanan tradisional Tulungagung yang berwarna putih dengan isian pisang manis. Dibungkus daun pisang berbentuk persegi panjang, lemet ini mempunyai rasa gurih dan manis.

Lemper

lemper_khas
Instagram by @shareresep

Ciri khusus dari lemper Tulungagung adalah isinya yang berupa serundeng atau parutan kelapa, terkadang juga diganti dengan abon. Bagian luarnya terbuat dari ketan yang dibentuk seperti nasi. Selain itu, lemper juga dibungkus dengan daun pisang dan cara membuatnya dengan dikukus.

Dadar gulung

dadar_gulung
Instagram by @melia.budiman

Dadar gulung bercita rasa manis dengan tambahan kinco sebagai isiannya.

Cenil

cenil_ecoo
Instagram by @tulungagungtourism

Cenil merupakan makanan ringan khas Tulungagung yang dibuat dari tepung ketela yang dihaluskan dengan cara digiling. Biasanya cenil juga dijadikan bahan tambahan atau disajikan bersama dengan gethuk. Paduan rasanya akan menjadi pas dan sempurna untuk disantap.

Kunjungi :  22 Macam Macam Makanan Khas Daerah Gorontalo Beserta Penjelasannya

Rujak Cingur

rujak_cingur_enak
Instagram by @tinarayyansha

Rujak cingur bisa anda temui di depan Stasiun Tulungagung atau tepatnya di Pasar Sore. Satu porsi rujak cingur berisikan daun kangkung, tahu, tempe, irisan buah segar, lontong, dan juga tidak lupa cingur atau hidung sapi serta kuah petis yang dihaluskan dengan kacang dan bumbu khas lainnya. Warna rujak cingur dominan hitam dan rasanya akan menjadi lebih nikmat jika ditambah dengan kerupuk dan minuman es degan.

Bakso Kikil

bakso_kikil_kuliner_khas
Instagram by @duniakulinersurabaya

Selain rujak cingur, di Pasar Sore sebelah pojok juga ada bakso kenyal yang sangat enak dan isian dagingnya sangat pas. Bakso kikil namanya, walaupun di daerah lain juga ada sajian kuliner bakso kikil. Namun, bakso kikil khas Tulungagung ini juga patut anda coba saat berkunjung ke Tulungagung, terlebih jika anda naik kereta karena warung bakso kikil berada di dekat stasiun.

Botok Jeroan

botok_jeroan
Instagram by @endria.cahyani

Botok jeroan disajikan dengan bumbu kuah santan, irisan tomat ataupun beliming sayur, cabai, bawang merah, bawang putih, serta tidak lupa aroma jeroan yang khas dan tidak amis. Botok jeroan nikmat disantap dengan sepiring nasi putih hangat dan dapat mengobati rasa lapar anda.

Tahu Petis

tahu_petis
Instagram by @funnytanthree

Meskipun tahu petis sudah tersebar dipelosok Pulau Jawa, tapi rasa petis di tiap daerah pasti berbeda beda. Jika petis di Semarang cenderung hitam pekat dan manis, berbeda dengan petis di Tulungagung yang warnanya lebih coklat dan lebih terasa udangnya. Meskipun baunya sedikit amis, namun rasanya luar biasa enak.

Nasi Bantingan

nasi_bantingan
Instagram by @kulinertulungagung

Makanan khas Tulungagung yang dikenal akan harganya yang murah ini berbeda dengan nasi rames. Meskipun secara komposisi, nasi bantingan ini sama dengan nasi rames khas Jawa Tengah. Dinamakan nasi bantingan karena harganya sangat murah.

Brondong Ketan

brondong_ketan
Instagram by @_ekaismaya

Terbuat dari gabah ketan yang kering kemudian digoreng di kuali menggunakan abu dapur sebagai pengganti minyak goreng. Uniknya, makanan ini digoreng dengan sarana sapu lidi. Setelah ketan mengembang, kemudian dibiarkan dingin dan diayak. Setelah diayak dan dibersihkan, kemudian dibentuk kepalan dengan sarungan tangan yang diberi olesan gula cair. Rasa berondong ketan cenderung manis tapi tidak membuat eneg.

Capar Tape

capar_tape
capar_tape

Merupakan sajian makanan yang dibuat dari tape ketela pohon yang dicampur dengan tauge dan disiram kuah sambal pecel. Rasanya gurih dan sangat lezat.

Kemplang

kemplang
Instagram by @palembangterkini

Cemilan khas Tulungagung ini dibuat dari ketela yang diparut kemudian dibubuhi bumbu bumbu khusus yang kemudian dibentuk pipih. Tidak lupa di bagian atasnya diberi kacang lotho untuk kemudian digoreng sebelum disajikan.

Srundeng

srundeng
Instagram by @ainy47

Srundeng adalah sajian kuliner Tulungagung yang dibuat dari parutan kelapa goreng dan diberi bumbu khusus. Srundeng biasanya dijadikan bahan campuran dendeng sapi.

Gethuk

gethuk_khas-tulungagung
Instagram by @edy.s.wignyo

Gethuk juga dikenal di daerah lain selain Tulungagung. Namun, di kota ini banyak juga penjual oleh oleh yang menjajakan kudapan yang enak dijadikan cemilan ini. Gethuk terbuat dari singkong rebus yang dihaluskan kemudian dicampur dengan gula dan terakhir diberi taburan parutan kelapa di atasnya.

Sredek

sredek
sredek

Terakhir, ada sredek makanan khas Tulungagung yang terbuat dari gethuk ketela putih yang digoreng. Sredek biasanya disajikan bersama dengan tempe goreng dan cabai mentah sebagai lalapan. Sredek merupakan makanan khas dari Tulungagung Selatan.

Sekian ulasan mengenai makanan khas Tulungagung yang dapat diberikan oleh tempatwisataindonesia.id, semoga bisa bertemu lagi diulasan makanan khas dari daerah lain di Indonesia berikutnya. Salam!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */