Surganya Wisata Indonesia

35 Daftar Minuman dan Makanan Khas Tangerang Banten Paling Populer

0
35 Daftar Minuman dan Makanan Khas Tangerang Banten Paling Populer
Nilai Artikel Ini

Indonesia dikenal dengan aneka ragam budaya dan adat yang dimiliki. Selain itu, Indonesia juga memiliki berbagai macam ragam sajian kuliner. Dari Sabang sampai Merauke tentunya memilki ciri khas kuliner masing masing yang menambah nilai kebudayaan yang dimiliki oleh Negara yang terkenal akan kekayaan budayanya ini. Salah satunya adalah Kota Tangerang yang mempunyai ragam sajian kuliner khas daerah. Selain memiliki banyak tempat wisata Tangerang, daerah ini juga memiliki beragam sajian makanan Khas Tangerang yang menggoda. Dibawah ini akan kami sajikan daftar makanan khas Tangerang mulai dari makanan berat sampai dengan cemilan ringan yang bisa dimakan sehari hari. Let’s check this out!

Laksa Tangerang

Laksa_tangerang
Instagram by @zulfazilmi

Makanan khas Tangerang Laksa merupakan sajian makanan berbahan baku mie putih yang dibuat dari beras. Mie yang digunakan seperti mie bihun namun ukurannya lebih besar dari sphagetti. Tekstur mie nya cenderung kasar dan tidak lentur. Mie ini disajikan dengan tambahan kuah gurih yang dibuat dari santan. Tidak lupa tambahan kacang hijau dan taburan daun kucai serta tambahan potongan daging ayam atau telur ayam agar rasanya lebih nikmat.

Nasi Sumsum Tangerang

nasi_sumsum_tangerang
Instagram by @meirina.me

Makanan khas Tangerang yang kedua adalah nasi sumsum. Sumsum yang dipakai dalam sajian makanan ini adalah sumsun dari sapi ataupun kerbau. Bumbu rempah yang dipakai dalam masakan ini sangat terasa karena meresap sempurna bercampur dengan bahan yang dimasukkan dalam masakan. Nasi sumsum Tangerang biasa dijadikan menu andalan oleh warga Tangerang saat makan siang.

Garang Asem

garang_asem
Instagram by @citrahendrawijaya

Saat cuaca Tangerang sedang terik, beli saja garang asem yang rasanya menyegarkan. Garang asam selain segar rasanya juga sedikit pedas dan asam, inilah yang menjadi ciri khas masakan garang asam. Garang asam Tangerang terbuat dari daging bebek atau daging ayam kualitas pilihan. Masakan ini banyak anda temukan di rumah rumah makan yang ada di seluruh penjuru kota Tangerang.

Gecom

toge_oncom
Instagram by @dicky_rivanzo

Makanan khas Kabupaten Tangerang yang satu ini wajib anda coba. Namanya cukup unik berasal dari singkatan tauge oncom. Makanan ini berbahan dasar tauge yang dipadukan dengan oncom dan disirm kecap sebagai pemanis. Kecap yang dipakai dalam sajian gecom adalah kecap asli Tangerang yang dikenal dengan merk Kecap SH. Rasanya khas dan menggiurkan.

Bebek Sate

sate_bebek
Instagram by @dentist.chef

Selanjutnya makanan khas daerah Tangerang yang paling banyak dicari adalah bebek sate. Bila anda sedang berkunjung ke Tangerang, anda tidak boleh melewatkan kuliner yang satu ini. Cara pengolahan dan bumbu yang digunakan adalah khusus sehingga rasa dan hasil masakan dagingnya menjadi lebih empuk. Satu porsi bebek sate diberi harga sekitar 35 sampai 50 ribu rupiah saja.

Sate dan Pindang Bandeng

pindang_bandeng
Instagram by @vanitabong16

Sesuai dengan namanya, sate dan pindang bandeng berbahan dasar ikan bandeng yang diolah menjadi sate dan pindang berbumbu khusus. sate bandeng menjadi terkenal karena duri yang ada di ikan bandeng sudah terlebih dulu dihilangkan, sehingga teksturnya menjadi empuk tidak bertulang dan tidak berduri. Sedangkan pindang bandeng mempunyai ciri khas adanya tambahan asam jawa dan belimbing sayur, sehingga masakannya menjadi segar sekaligus manis. Cukup unik kan makanan ini?

Sayur Besan

sayur_besan_tangerang
Instagram by @andrihollicc

Sayur besan juga wajib anda coba saat berkunjung ke Tangerang. Keunikan dari sayur ini terletak pada cara menghidangkannya. Sayur besan biasanya dihidangkan untuk orang tua mempelai laki-laki yang datang ke rumah orang tua mempelai wanita. Rasanya sangat lezat dan khas dengan tambahan bunga tebu atau bunga bisa yang disebut dengan tubruk. Bahan bahan yang digunakan untuk membuat masakan ini diantaranya adalah kentang, terubuk, bihun, petai, dan juga bumbu masakan lainnya.

Kunjungi :  30 Minuman, Jajanan dan Makanan Khas Palu yang Enak dan Murah

Emping Menes

emping_menes
Instagram by @onfcheapshop

Emping menes bisa anda jadikan oleh oleh khas Tangerang karena rasa dan aromanya sangat khas berbeda dengan beraneka jenis emping yang ada di Indonesia. Bahan dasar pembuatan emping ini dioleh dari bahan yang bermutu tinggi dan berkualitas serta diolah dengan tangan terampil menggunakan cara tradisional.

Kue Apem

kue_apem
Instagram by @laluna_masaya

Ciri khas kue apem Tangerang adalah dilihat dari bahan yang digunakan untuk membuatnya, yaitu campuran tepung beras dan tape singkong. Kue apem Tangerang biasanya disajikan dengan campuran gula merah atau sirup agar rasa manisnya semakin terasa dan semakin lezat. Kue apem ini cocok dijadikan teman minum teh sembari bercengkrama dengan keluarga atau berkumpul bersama teman teman.

Kue Jojorong

kue_jojorong_enak
Instagram by @resmi48

Makanan khas Tangerang Banten yang satu ini tidak boleh terlewatkan untuk dicoba. Kue jojorong masih dibuat secara tradisional dengan cita rasa manis dan tekstur yang kenyal. Berbahan dasar tepung beras, tepung kanji, dan juga gula merah yang dicampur menjadi satu kemudian dituang pada cetakan kecil dan dikukus selama beberapa menit sebelum siap disajikan.

Dodol Ny Lauw

dodol_khas_enak
Instagram by @samiarti

Dodol khas ini mempunyai tekstur yang empuk dan tidak mudah menempel. Beda dari jenis dodol dan merk dodol lainnya. Dodol Ny Lauw tersedia dalam aneka macam rasa, seperti original,durian, maupun wijen. Dodol ini hanya dapat anda dapatkan ketika anda berkunjung ke kedai Ny Lauw yang ada di Tangerang.

Kecap SH

kecapsh
Instagram by @rinamave

Kecap SH merupakan salah satu jenis oleh oleh khas Tangerang yang harus anda bawa. Rasanya khas berbeda dengan jenis kecap lainnya. Selain rasa manisnya yang pas dan tidak membuat eneg, kecap ini juga bisa membuat siapapun yang mencicipinya menjadi penasaran. Kecap SH termasuk dalam sajian makanan dan minuman yang legendaris dari Tangerang.

Bolu Tape Benteng

bolu_tape_benteng
Instagram by @mamabolu

Jajanan khas Kota Tangerang ini asli produk Tangerang. Berbahan dasar beberapa bahan berkualitas yaitu campuran tepung dan tape. Biasanya bolu tape beteng dinikmati bersama dengan segelas kopi hitam di sore hari sembari bersantai.

Kue Gipang

kue_gipang
Instagram by @makes.sbt

Jajanan bernama kue gipang ini bercita rasa manis dan teksturnya sedikit lengket karena dibuat dari ketan yang dicampur dengan air gula. Meskipun bahan dasarnya sangat sederhana, namun varian rasa dari kue gipang ini lumayan beragam, seperti rasa gula merah maupun rasa pandan.

Ceplis

mlinjo_ceplis
Instagram by @sriayusolo

Makanan ringan khas Tangerang selanjutnya bernama ceplis. Cukup unik kan namanya? Rasanya sudah pasti enak dan gurih kayak biasanya. Tampilannya mirip dengan emping melinjo dengan bentuk bulatan bulatan kecil meski rasa gurihnya tetap terasa. Untuk mendapatkan ceplis di Tangerang bukanlah hal yang sulit karena sudah beredar luas di seluruh penjuru Tangerang.

Kue Jorong

jorong_kue
Instagram by @resmi48

Salah satu dari sekian banyak kue khas Tangerang dan dibuat dengan cara manual yang bercita rasa khas. Kue jojorong memiliki cita rasa dan nilai yang cukup tinggi. sehingga, kue jojorong ini bisa anda beli untuk dijadikan oleh oleh sanak saudara dan family dirumah. Harganya sangat terjangkau sehingga kue jorong banyak dicari oleh calon pembelinya.

Bontot

bontot
bontot

Makanan khas Tangerang berikutnya cukup populer di Kota Tangerang, tepatnya di daerah Banten. Bontot terbuat dari tepung aci yang dicampur dengan ikan atau terasi. Bontot cocok disajikan di pagi hari sebagai pengganti menu sarapan keluarga. Saat ini penjual bontot sudah bisa anda temui di seluruh penjuru Kota Tangerang karena banyak orang yang mulai membuat bontot ini lagi.

Cecuer

cecuer
Instagram by @rintia_clg

Cecuer yang identik dengan warna hijau ini dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan perasan daun suji. Ceceur ini akan menjadi lebih nikmat jika disajikan dengan tambahan ampas dari kelapa yang diparut. Tekstur ceceur ini kenyal dan gurih sehingga bisa membuat anda ketagihan.

Kunjungi :  38 Makanan Khas Banyuwangi Jawa Timur yang Diburu Wisatawan

Ketan Bintul

ketan_bintul
Instagram by @vitamaulidya

Kudapan yang satu ini banyak disukai oleh masyarakat. Sepeti namanya pasti makanan ini dibuat dari ketan yang diolah sedemikian rupa sehingga berhenti disitu. Harga jual ketan bintul memang terjangkau dan biasanya dijadikan menu sarapan oleh warga masyarakat Tangerang karena mengandung banyak karbohidrat yang mampu menambah tenaga anda untuk beraktifitas.

Pecak Gabus

pecak_gabus
Instagram by @hens_kz

Makanan khas Tangerang kota berikutnya ada pecak gabus, pecak gabus adalah masakan yang berbahan dasar ikan gabus. Salah satu makanan khas Tangerang itu bercita rasa pedas dan gurih yang berpadu menjadi satu. Pecak gabus ini merupakan kuliner warisan nenek moyang warga masyarakat Tangerang.

Dodol Cilenggang

dodol_khas_enak
Instagram by @ruhyatwulansari

Jenis camilan yang satu ini sudah tidak dipakai lagi. Dodol khas Tangerang Selatan yang banyak dicari oleh orang orang adalaah dodol Cilenggang. Dodol cilenggang sendiri terbuat dari bahan dasar utama yaitu beras ketan. Harganya terjangkau mulai dari 28 sampai 30 ribu.

Sambel Godok

sambel_godok
Instagram by @siskacabrini

Sambel godok lebih enak disantap dengan ketupat. Makanan ini akan selalu ada di setiap upacara sembahyang etnis Tionghoa. Masakan ini merupakan khas Cina peranakan Kota Bandung. Bahan dan cara pembuatannya sudah banyak dikursuskan di bidang yang nuntuti ilmunya.

Tauge Goreng

tauge_goreng
Instagram by @eatwithkoko

Makanan khas daerah Tangerang ini bisa juga anda temukan di daerah Bogor dan Sukabumi. Satu porsi tauge goreng diberi harga 8 ribu rupiah saja dengan pilihan menggunakan ketupat atau tidak. Penjual tauge goreng biasanya mangkal sekitar jam 3.30 sore hingga jam 6 sore atau hingga tauge yang dijadikan bahannya habis. Tauge goreng ini beda dengan olahan tauge lainnya karena kuahnya berwarna terang cerah dan adanya oncom yang melimpah.

Sirup Rosella Fresh

sirup_rosella_fresh
Instagram by @rizkynorma

Produk olahan IKM Kabupaten Tangerang tengah dikembangkan dan diproduksi secara massal. Sirup ini enak dicampur dengan air dan tambahan balok es kecil. Ciri khas sirup rosella fresh ini adalah segar, nikmat, dan tidak mengandung pemanis, pewarna, dan juga pengawet buatan berbahan kimia. Selain menyegarkan, sirup ini juga bisa membantu mengurangi kekentalan darah, mencegah peradangan saluran ginjal, dan juga detox tubuh.

Bir Pletok Bang Pletok

bir_pletok_bang_pletok
Instagram by @sobatbercahaya

Bir pletok terbuat dari campuran berbagai jenis rempah rempah dan ditambah dengan kayu secang agar warnanya lebih menarik. Jika di seduh, bir pletok akan berwarna kemerahan. Bir pletok ini bukan minuman yang memabukkan karena tidak mengandung alkohol sama sekali. Malahan, bir pletok ini merupakan minuman yang berkhasiat untuk kesehatan. Di Tangerang Selatan ada bir plethok dengan merk Bang Plethok yang sangat terkenal.

Nasi Ulam

nasi_ulam
Instagram by @yenni.frans

Makanan khas Kota Tangerang berikut ini hidangan utama yang disukai masyarakat Tangerang dan cukup populer. Bedanya, nasi ulam Tangerang merupakan campuran dari budaya Portugis, Chinese, dan juga Betawi. Nasi ulam biasanya disajikan bersama dengan serundeng, semur kentang, dan juga dengan bihun goreng. Tidak lupa tambahan lalapan berupa mentimun dan lauk telur rebus.

Ketupat Sayur

ketupat_sayur
Instagram by @fajarsatritama

Hidangan khas Betawi yang bisa anda temui di Tangerang ini berisikan sayur labu siam yang disiram dengan kuah santan yang gurih. Selain itu ketupat sayur juga disajikan dengan dilengkapi ayam, telur rebus, dan juga tahu.

Kunjungi :  35 Makanan Khas Banyumas yang Paling Terkenal dan Wajib Dicoba

Asinan Sayur

asinan_sayur
Instagram by @herlin.lay

Asinan sayur khas Tangerang berisikan tauge, kol, lobak, mentimun, sayur asin, dan juga wortel. Semua bahan tersebut kemudian disiram dengan saus cuka dan ditaburi kacang tanah serta tahu kuning. Di Tangerang, anda bisa menemukan sajian kuiner ini di kawasan Pasar Lama. Salah satu asinan yang terkenal di Tangerang adalah asinan lan jin. Satu porsi asinan salak bisa anda bawang pulang dengan membayar 20 ribu rupiah, sedangkan asinan sayur 17 ribu rupiah saja.

Ikan Ceng Cuang

ikan_ceng_cuan

Ikan ceng cuang merupakan sajian kuliner yang dibuat dari ikan laut, namun sekarang biasanya diganti dengan ikan bandeng atau ikan tengiri. Kuliner ini mirip dengan pindang ikan di Palembang yang dibuat dari bumbu bumbu yang dicampur dengan kuah ikan dan tentunya daging ikan yang dimasak matang. Kuah ikan ceng cuan berwarna coklat dengan ditambah tampilan irisan cabe merah, seledri dan juga tumisan bawang putih.

Ondar Andir

ondar_andir
Instagram by @yniariestya

Selanjutnya kami berikan satu jenis makanan khas Tangernag dan cara pembuatannya yang dikenal dengan nama ondar andir. Makanan ini adalah gorengan yang terbuat dari tepung terigu dan dicampur potongan daun bawang serta bumbu bumbu lainnya. Setelah tercampur rata, adonan digoreng hingga kering berbentuk panjang dan juga tipis. Ondar andir biasanya disajikan bersama saus kacang yang rasanya renyah dan lezat.

Kue Keranjang Goreng

kue_keranjang_goreng
Instagram by @mrs.viriya

Kue keranjang goreng merupakan modifikasi makanan khas Betawi yaitu kue keranjang yang digoreng. Kue keranjang yang bertekstur khas tinggal diberi tepung terigu secukupnya serta tepung roti dan juga beberapa butir telur. Tidak lupa tambahan garam agar rasanya menjadi lebih pas. Setelah telur dan garam dikocok, kemudian balurkan kue keranjang pada kocokan tersebut. Setelah itu balurkan ke tepung terigu. Kemudian balurkan lagi ke tepung roti sambil di tekan tekan dan goreng hingga kecoklatan sebelum dihidangkan.

Es Kuwut

es_kuwut
Instagram by @eskuwutbali.id

Es kuwut adalah es buah yang dikombinasi dengan es buah jenis lain. Berbahan utama kelapa muda atau degan kemudian dicampur dengan melon dan juga biji selasih serta tambahan jeruk nipis membuat minuman ini mempunyai rasa yang manis dan segar. Satu porsi es kuwut hanya dibanderol dengan harga 8 ribu rupiah saja. Enak dan segar pastinya.

Kacang Cisoka

kacang_rebus_khas
Instagram by @indah_tristan

Kacang cisoka adalah kacang sangrai yang sangat populer di Tangerang. Ikon makanan khas Kabupaten Tangerang ini banyak diproduksi di kampung Cilukun, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang. Meskipun populer, namun kacang cisoka ini sudah hampir susah ditemukan. Kacang cisoka cocok anda jadikan oleh oleh khas Tangerang, namun anda harus menuju ke Cisoka untuk membelinya.

Putu Mayang

putu_mayang
Instagram by @wyuwy

Makanan khas Tangerang Selatan ini mempunyai rasa yang legit dengan aroma harum yang berasal dari pandan. Putu mayang ini salah satu jajanan yang “nagih” dan enak disajikan saat masih hangat ataupun sudah dingin. Pas disantap siang atau malam hari bersama dengan segelas teh.

Wow! Ternyata banyak banget ya makanan khas Tangerang ini. Dari sekian banyak sajian kuliner khas Tangerang ada yang enaknya dimakan di tempat langsung, dan ada juga yang cocok dijadikan oleh oleh khas Tangerang dan diberikan kepada sanak saudara atau orang yang dikasihi. Mungkin sekian dulu informasi tentang makanan khas Tangerang yang bisa tempatwisataindonesia.id berikan, lain kali kita sambung lagi ya dengan ragam jenis makanan yang lebih lengkap dari daerah lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */