Surganya Wisata Indonesia

28 Makanan Khas Surabaya Jawa Timur untuk Oleh Oleh

1

Makanan Khas Surabaya – Sebagai salah satu kota besar di Indonesia dan sentra industri, tentunya Surabaya banyak menjadi tempat tujuan bagi para pelaku bisnis maupun wisatawan. Bukan hanya pelaku bisnis dan wisatawan lokal saja, namun juga berasal dari mancanegara menjadi Surabaya sebagai destinasinya. Berdasarkan hal tersebut tentunya membuat sektor bisnis di daerah Surabaya menjadi sangat berkembang, tidak ketinggalan sektor kuliner. Banyaknya pengaruh pengunjung dari luar Surabaya membuat kuliner di Surabaya menjadi semakin beragam dan banyak pilihan. Berikut tempatwisataindonesia sajikan 28 top list makanan khas surabaya yang menunggu untuk dicoba.

Sate Klopo

Sate Klopo
by instagram @amandakohar

Sate Klopo bukanlah sate berbahan dasar kelapa. Sate klopo merupakan sate berbahan dasar daging sapi atau daging ayam ditambah campuran jeroan dan lemak sapi untuk menambah rasa gurih. Sebelum dibakar, sate juga dilumuri dengan parutan kelapa agar rasanya menjadi unik. Sate klopo bisa anda temui di Jalan Walikota Mustajab Nomor 36, Surabaya sebelah barat Balai Kota Surabaya.

Sate Lisidu

Sate Lisidu
by instagram @abufishing

Salah satu tempat wisata kuliner Surabaya yang terkenal dan legendaris adalah warung sate lisidu yang terletak di Jalan Kutai Nomor 53, Wonokromo, Surabaya. Makanan khas kota Surabaya ini mempunyai tampilan yang unik karena berbentuk pipih dan ketika dibakar cara pengipasannya dilakukan dari atas dan dari bawah membuat dagingnya menjadi bersih tanpa ada arang menempel.

Sate Karak

Sate Karak
by instagram @williammasura

Sate karak atau sate kerak merupakan kuliner khas surabaya yang keberadaannya sudah cukup langka. Salah satu tempat yang masih menjual sate karak atau sate kerak ini adalah di Kawasan Religi Sunan Ampel Surabaya (Kampung Arab) tepatnya di Jalan Ampel Lonceng Nomor 60, Ampel, Semampir, Surabaya. Sate karak merupakan sate berbahan dasar usus yang dalam penyajiannya disajikan dengan karak atau nasi ketan hitam ditambah parutan kelapa. Untuk mengobati rasa penasaran anda dengan rasa sate karak ini, lebih baik segera kunjungi alamat yang telah kami sebutkan.

Sego Sambel

Sego Sambel
by instagram @segosambelsurabayaiwakpe

Bagi anda yang senang bepergian malam hari, jangan lupa mencoba sego sambel mbak yeye. Warung yang menjual sego sambel mbak yeye ini baru buka pukul 22.00 dan terletak di Jalan Jagir Wonokromo Wetan Nomor 12. Seperti namanya, kuliner ini menyajikan nasi putih ditambah dengan sambal dan lauk yang menggugah selera. Dengan menyantapnya rasa lapar anda di malam hari akan hilang seketika berganti dengan kenyang.

Lontong Kupang

Lontong Kupang
by instagram @anjar_dr77

Jangan mengaku sudah berkunjung ke Surabaya jika belum mencoba makanan lontong kupang. Lontong kupang yang berbahan utama kupang putih ini mirip dengan kerang yang kemudian dimasak dan direbus dengan ditambahkan lontong, petis, dan perasan jeruk nipis. Sajian lontong kupang biasanya ditemani dengan sate kerang dan es kelapa muda. Bagi anda yang ingin mencicipi makanan khas surabaya kupang ini bisa datang ke Jalan Darmo Indah Nomor 7 Surabaya di warung lontong kupang bu Siti.

Lontong Balap

Lontong Balap
by instagram @mas.pontjocandid

Lontong Balap merupakan salah satu makanan hits dan tentunya mempunyai banyak peminat. Salah satu penjual lontong balap yang recommended dan sudah ada sejak 1956 adalah lontong balap garuda pak gendut. Jika anda sedang berada di Surabaya, jangan lewatkan untuk mampir ke tempat ini karena dijamin tidak akan menyesal jika telah merasakan cita rasa lontong balap legendarisnya.

Rujak Cingur

Rujak Cingur
by instagram @elvyrayapmono

Jika anda mencari makanan khas surabaya murah, maka anda harus mencicipi rujak jingur Ahmad Jaiz yang sudah terkenal ini. Meskipun harganya murah, namun rasanya tidak murahan. Rujak cingur ini merupakan kuliner surabaya berupa rujak yang dicampur dengan cingur atau hidung sapi, sehingga memiliki cita rasa yang khas.

Kunjungi :  17 Makanan Khas Sumedang Jabar yang Unik Ini Wajib Kamu Coba

Warung Kepiting Cak Gundul

Warung Kepiting Cak Gundul
by instagram @yulindanunggalaa

Siapa yang tidak kenal dengan warung kepiting cak gundul? Warung kepiting yang sudah ada di Surabaya sejak tahun 1992 ini mempunyai menu andalan berupa kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis. Lokasi Warung Kepiting Cak Gundul ini berada di Jalan Kupang Indah. Selain kepiting, anda juga bisa memilih jenis olahan seafood lainnya seperti kerang, ikan, udang, dan juga cumi.

Tahu Tek

Tahu Tek
by instagram @danielleo081190

Satu porsi tahu tek berisi tahu goreng, lontong, dan kentang yang dipotong kecil-kecil. Keunikan dari makanan ringan khas Surabaya ini adalah semua bahannya digunting menggunakan gunting, bukan diiris menggunakan pisau. Setelah digunting, ditambahkan kecambah dan taburan seledri. Terakhir sebagai bumbu pelengkap disiramkan bumbu petis di atasnya. Tidak ketinggalan kerupuk juga ikut ditambahkan agar sajiannya terasa semakin nikmat. Meskipun tampilannya sederhana dan harganya sangat murah karena cuman dibanderol mulai 8 ribu saja, namun tahu tek ini merupakan kuliner favorit di Surabaya lho!

Nasi Goreng Jancuk

Nasi Goreng Jancuk
by instagram @temananji.jawatimur

Meskipun namanya kurang enak di dengar di telinga, karena artinya yang kurang sopan. Namun nasi goreng jancuk ini mempunyai banyak peminat. Kuliner khas Surabaya yang legendaris ini awalnya merupakan trademark karya Chef Eko Purwanro dari Kartini Restaurant Surabaya Plaza Hotel. Keunikan dari nasi goreng jancuk ini adalah karena rasanya yang sangat pedas membuat orang yang memakan ingin mengumpat dengan kata-kata “jancuk…”.

Mie Akhirat

Mie Akhirat
by instagram @ilyasliverpud

Sekilas namanya yang unik membuat anda akan semakin penasaran. Mie akhirat makanan khas surabaya dekat bandara ini memiliki keunikan karena terdiri dari dua warna yaitu putih yang berarti surga dan warna hitam yang berarti neraka. Penamaan mie akhirat ini terinspirasi dari urusan dunia setelah kematian, yaitu akhirat. Cara promosinya pun menarik, mulai dari gratis buka puasa setiap senin dan kamis, sampai dengan diskon bagi anda yang jomblo menahun. Tertarik untuk mencoba?

Rawon Setan

Rawon Setan
by instagram @foodirectory

Rawon setan merupakan oleh-oleh makanan khas surabaya jawa timur yang terbuat dari semacam soto berkuah hitam pekat. Warna hitam ini berasal dari kluwak atau bumbu khas untuk pembuatan rawon. Rawon setan menggunakan bahan daging sapi yang dipotong-potong lebih besar dari rawon biasa dan teksturnya empuk ketika digigit. Selain itu, dalam rawon setan seringkali ditambah jeroan atau kikil sapi. Recommended banget nih!

Nasi Cumi

Nasi Cumi
by instagram @dolly_regar

Makanan yang satu ini banyak direkomendasikan oleh warga Surabaya karena harganya yang murah dan rasanya nikmat. Namanya Nasi Campur Bumbu Madura Ampel yang terletak di Depan Hotel Kemadjoean. Hidangan di warung ini disajikan dengan nasi hangat ditambah serundeng kelapa, tidak lupa mie kuning dan sambal pencit serta tambahan lauk cumi tinta hitam. Silahkan buktikan sendiri kenikmatannya.

Pecel Semanggi

Pecel Semanggi
by instagram @ajib_saifurrohman

Menjadi satu satunya makanan khas Surabaya semanggi karena berbahan dasar semanggi yaitu jenis tanaman yang daunnya bisa dimakan, sama seperti kangkung, bayam, dan daun pepaya. Semanggi di Surabaya biasanya diolah menjadi pecel hingga dikenal sebagai pecel semanggi surabaya. Sayangnya, saat ini penjual pecel semanggi semakin sulit untuk ditemui dan terancam punah.

Bebek Mercon

Bebek Mercon
by instagram @wine_martin

Bagi anda penggemar kuliner pedas, anda harus mencoba makanan khas kota Surabaya bernama bebek mercon ini. Kuliner berbahan dasar daging bebek ini disajikan dengan bumbu yang sangat pedas sehingga ketika pertama kali memakannya akan ada sensasi meledak dan terbakar di mulut anda. Dalam satu porsi bebek mercon terdapat nasi putih hangat, bebek goreng, tahu goreng, lalapan, dan tidak ketinggalan sambal bumbu rempah-rempah.

Kunjungi :  50 Makanan Khas Banjarmasin Paling Menggugah dan Wajib Dicicipi

Spesial Belut Surabaya

Spesial Belut Surabaya
by instagram @ekomagelang

Spesial Belut Surabaya merupakan kuliner khas Surabaya yang berasal dari olahan belut. Belut sendiri sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung zat gizi seperti vitamin A, vitamin B, fosfor, protein, dan zat besi. Meskipun kebanyakan orang akan merasa geli ketika menyantap hidangan khas surabaya ini, namun rasa geli tersebut akan hilang seketika karena lidah sudah bergoyang. Salah satu warung yang menjual makanan ini terletak di Jalan Banyu Urip Nomor 139, Surabaya.

Nasi Campur Tambak Bayan

Nasi Campur Tambak Bayan
by instagram @foodjunctiongp

Makanan khas surabaya pagi hari yang patut anda cicipi adalah nasi campur tambak bayan yang terletak di Pasar Wetan Nomor 7, Surabaya. Satu porsi nasi campur tambak bayan ini berisi nasi hangat dicampur dengan mie putih, daging empal, dan telur. Nasi campur ini cocok dimakan untuk sarapan karena jam bukanya sangat pagi yaitu pukul 05.00 sampai dengan 15.00 WIB.

Bebek Goreng Sinjay

Bebek Goreng Sinjay
by instagram @koh_aming

Bebek goreng sinjay sebenarnya makanan yang berasal dari Bangkalan Madura, namun di Surabaya juga dikenal karena rasa daging bebeknya yang gurih ditambah rasa segar, asam, dan pedas dari sambal mangga muda yang menjadikan makanan ini patut untuk dicoba ketika anda berada di Surabaya. Jika anda ingin menikmati makanan khas di surabaya yang enak ini, silahkan datang ke Jalan Kapas Krampung Nomor 45, Surabaya. Selain di tempat ini, bebek goreng sinjay juga dijual di beberapa cabang yang dapat anda temukan di sekitar Kota Surabaya.

Soto Lamongan Cak Har

Soto Lamongan Cak Har
by instagram @anniesashofati

Bagi anda penyuka soto, di Surabaya ada makanan khas Surabaya yang murah meriah dan patut untuk dicoba, yaitu Soto Lamongan Cak Har. Sajian soto lamongan di tempat ini mempunyai rasa lebih gurih dan kental. Selain soto, ada juga pilihan menu lain seperti ceker ayam, daging ayam, jeroan, dan juga brutu ayam. Alamatnya ada di Jalan Ir. Soekarno, Surabaya.

Nasi Krawu

Nasi Krawu
by instagram @hobimakanenak

Berkunjung ke Surabaya kurang lengkap jika anda belum mencicipi Nasi Krawu. Berasal dari daerah Gresik, Nasi Krawu ini disajikan dengan perpaduan pas antara nasi putih pulen dengan semur daging, jeroan sapi, serundeng, ditambah sambal trasi. Makanan ini sangat cocok dijadikan menu sarapan karena kandungan gizinya yang cukup memberikan energi pada tubuh. Jangan lupa dicoba ya!

Tahu Campur

Tahu Campur
by instagram @frau_eli_setyawati

Tahu campur kalasan merupakan salah satu top list makanan khas di Surabaya yang rasanya sangat lezat dan sayang untuk dilewatkan. Perpaduan daging sapi, perkedel, tahu goreng, tauge, singkong, dan selaga dalam seporsi tahu campur membuat anda ketagihan. Ditambah lagi dengan siraman bumbu petis yang hampir ada di setiap sajiannya. Pastinya membuat anda gigit jari dan ingin mencoba kembali. Salah satu tempat makan enak Surabaya yang cukup populer dengan tahu campurnya berada di Jalan Kalasan Nomor 22 Tambak Sari.

Es Krim Zangrandi

Es Krim Zangrandi
by instagram @iqbal_sujatmiko

Cuaca Kota Surabaya yang panas membuat tenggorokan kering, ada baiknya anda mampir ke Jalan Yos Sudarso, tepatnya tempat makan es krim zangrandi. Minuman khas Surabaya ini sudah ada sejak tahun 1933 dan dijual di bangunan bergaya eropa. Menu populer di tempat kuliner Surabaya ini adalah noddle ice cream. Penasaran dengan rasanya? Lebih baik anda memasukkannya dalam top list daftar wisata kuliner di Surabaya agar tidak terlewatkan.

Pakuwon Food Festival

Pakuwon Food Festival
by instagram @bryanvid420

Di Pakuwon Food Festival anda dapat menemukan makanan tradisional khas Surabaya karena disinilah sentra makanan enak dan sering diadakan festival makanan, seperti festival sate, festival durian, dan juga festival kuliner lainnya. Selain lidah yang dimanjakan di Pakuwon Food Festival ini, tentunya pengunjung akan dimanjakan juga dengan iringan musik di malam hari yang dapat menambah nafsu makan anda.

Kunjungi :  45 Minuman dan Makanan Khas Semarang Jawa Tengah

Bebek Palupi

Bebek Palupi
by instagram @kulinersby

Bebek Palupi tergolong menjadi makanan khas surabaya yang enak berlokasi di Jalan Raya Rungkut Asri Tengah Nomor 10, Surabaya. Selain bebek goreng, warung makan ini juga menyediakan ayam goreng, pecel lele, dan tahu tempe penyet. Hanya saja, bebek gorengnya-lah yang menjadi menu favorit para pengunjung sehingga lebih dikenal dengan nama bebek palupi. Soal harga tidak terlalu murah namun juga tidak terlalu mahal, atau masuk kategori standar satu porsi berada di kisaran 16 sampai 18 ribu rupiah. Jika anda sedang berada di Surabaya, tidak ada salahnya mencoba kuliner bebek palupi ini.

Surabaya Snowcake

Surabaya Snowcake
by instagram @eatfever

Bagi anda penikmat jajan kue kekinian yang saat ini sedang hits, silahkan datang ke Jalan Raya Jemursari Nomor 91, Surabaya. Surabaya snowcake merupakan makanan khas surabaya terbaru yang dimiliki oleh artis Zaskia Sungkar. Outlet Surabaya snowcake ini baru resmi dibuka tanggal 2 April beberapa bulan silam. Sebenarnya, surabaya snowcake berasal dari makanan khas spiku yang legendaris di Surabaya. Hanya saja, di outlet Surabaya Snowcake ini, spiku yang legendaris tersebut dikemas ulang dengan tampilan dan rasa yang lebih variatif serta kemasan yang lebih modern. Jadi, tertarik untuk menikmati spiku legendaris bertampilan modern ini?

Almond Crispy

Almond Crispy
by instagram @retnohening

Almond crispy merupakan makanan oleh-oleh khas surabaya yang patut anda beli. Meskipun tergolong produk baru, namun almond crispy mampu menjadi primadona oleh-oleh khas Kota Surabaya. Jajanan almond crispy ini terbuat dari telur, tepung, gula, susu, bubuk, dan juga keju ditambah almond sebagai toppingnya. Tekstur jajanan ini juga tipis dan crispy sehingga dinamakan almond crispy. Almond crispy memiliki tiga varian rasa yaitu original, coklat, dan greentea. Jika anda berminat membeli almond crispy ini, anda bisa datang ke Jalan Raya Jemursari Nomor 164, Surabaya.

Mie Pecun

Mie Pecun
by instagram @imantaufiksrison

Nama kuliner yang satu ini memang cukup membuat penasaran bagi yang mengetahui artinya. Sajian makanan khas Surabaya ini berbahan dasar mie dengan berbagai tingkatan level pedas. Jangan salah sangka dengan namanya yang berkonotasi negatif, karena Pecun disini merupakan singkatan dari mie pedas bebas racun. Penamaan menu makanan disini pun sangat kreatif, seperti pecun maniac untuk mie goreng, pecun bahenol, dan ada juga pecun bugil. Daripada penasaran, langsung datang saja ke Jalan Anjasmoro depan Hotel Widodaren atau ke Jalan Siwalankerto samping kampus Universitas Kristen Petra untuk menjajal menu-menu spektakulernya.

Nasi Empal Pengampon

Nasi Empal Pengampon
by instagram @christianlimarga

Makanan khas Surabaya murah yang perlu dicoba lainnya adalah warung yang menjajakan makanan khas nasi empal pengampon. Nasi empal adalah kuliner yang terdiri dari nasi putih, lauk empal suwir, kering tempe, tumis kacang, lalapan timun, sambal, dan juga daun kemangi. Cukup makan seporsi nasi empal, maka kenyang akan menghampiri anda. Warung yang buka dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam ini terletak di Jalan Pengampon II Nomor 3, Surabaya.

Cukup banyak juga ya makanan khas Surabaya yang menunggu untuk dicoba, mulai dari makanan ringan sampai dengan makanan berat disajikan dengan nasi. Jika anda mempunyai waktu untuk berkunjung ke Surabaya, jangan lupa juga mampir ke toko oleh-oleh khas Surabaya untuk membeli buah tangan untuk teman-teman sesama pecinta kuliner lainnya. Di tunggu kedatangannya di Surabaya, rek!

1 Comment
  1. Mita Pratiwi says

    Sadis namanya mie pecun,, ternyata itu singkatan dari pedas bebas racun,, penasaran gw dibuatnya..

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */