Surganya Wisata Indonesia

37 Kue, Minuman dan Makanan Khas Sunda Jawa Barat yang Unik

0

Makanan Khas Sunda – Bicara kuliner, tentunya setiap daerah di nusantara mempunyai daya tariknya masing-masing. Tak terkecuali daerah jawa barat yang dikenal dengan sebutan tanah priangan. Ada begitu banyak makanan khas sunda yang menggiurkan. Bagi kamu yang sedang berkunjung ke tanah priangan, jangan sampai terlewat untuk mencicipi makanan khasnya ya. Apa saja sih makanan khas sunda ini? Yuk intip ulasannya berikut!

Karedok

karedok_sunda
by Instagram @n_ustra

Makanan khas sunda di bandung ini terdiri dari beraneka sayuran mentah ditambah daun kemangi dan lontong yang disiram menggunakan bumbu kacang. Ada juga karedok yang menggunakan leunca dan ranti sebagai bahan utama.

Ayam Bakakak

ayam_bakakak
by Instagram @atlmanganom

Makanan khas sunda jawa barat ini dalam bahasa sunda asli dikenal dengan nama bakakak hayam. Makanan ini disajikan berupa ayam kampung utuh yang dibumbui dan dipanggah setelah lebih dahulu dihilangkan jeroannya. Ayam bakakak wajib disantap dengan nasi putih dan sambal. Sangat mengenyangkan ya!

Nasi Timbel

nasi_timbel_sunda
by Instagram @jktngobrolinmakan

Nasi timbel adalah makanan sunda yang berasal dari bandung. Nasi timbel merupakan nasi putih yang dibungkus daun pisang dan ditekan sampai padat untuk kemudian dikukus. Aroma daun pisang yang khas akan menyatu dengan nasi putih di dalamnya sehingga menciptakan cita rasa khas tanah priangan. Nasi timbel cocok disajikan dengan beraneka lauk pauk serta sayur asam.

Gepuk

gepuk_sunda
by Instagram @bandungfoodnote

Makanan khas sunda dan cara membuatnya dengan direbus dan di-gepuk atau dipukul-pukul ini asli berasal dari jawa barat. Gepuk memadukan cita rasa gurih dan manis dari sejumlah bumbu dan santan dalam proses pengolahannya.

Sate Maranggi

sate_maranggi
by Instagram @hartono_thong

Menu makanan khas sunda selanjutnya adalah sate maranggi. Sate khas urang sunda ini banyak ditemui di daerah Purwakarta hingga Cianjur. Daging yang digunakan biasanya daging kambing atau sapi. Sebelum dibakar, daging dimarinasi dahulu agar rasa bumbunya lebih meresap. Sate ini cocok dinikmati bersama nasi putih atau lontong, bisa juga disantap bersama dengan nasi timbel. Tidak lupa irisan tomat segar dan sambal oncom ikut mengisi seporsi penuh sate maranggi. Sungguh, perpaduan yang pas.

Geco

tauge_tauco_geco
by Instagram @l3monsquash

Makanan khas sunda jaman dulu ini merupakan singkatan dari tauge tauco. Makanan ini berbahan dasar tauge disiram dengan bumbu tauco yang merupakan bumbu khas daerah Cianjur. Bumbu tauco ini terbuat dari fermentasi biji kedelai. Geco disajikan dengan irisan ketupat, kentang, tahu dan juga telur. Biasanya ditambahkan juga cuka lahang yang terbuat dari nira. Tertarik?

Basreng

basreng_
by Instagram @cicikuliner

Makanan khas sunda yang unik ini terbuat dari olahan bakso sapi atau bakso ayam yang diiris tipis kemudian digoreng. Basreng lebih enak jika ditaburi bumbu pedas dan dijadikan camilan saat berkumpul dengan teman-teman maupun keluarga dekat. Hebatnya, para pedagang saat ini menyajikan basreng dengan tingkatan level pedas berbeda-beda, berani coba?

Cireng

cireng_sunda
by Instagram @kayanyaenak

Makanan cemilan khas sunda ini sudah sangat terkenal, bahkan di luar tanah priangan sendiri. Cireng terbuat dari tepung kanji atau dikenal dengan aci dalam bahasa sunda. Keunikan dari makanan ini adalah terasa alot jika digigit dan sedikit renyah. Dewasa ini, cireng mengalami modifikasi dengan disajikan dalam berbagai varian rasa.

Peuyeum

peuyeum_bandung
by Instagram @hafizsudjono

Makanan sunda di bandung ini mirip dengan tape, hanya saja peuyeum ini mempunyai tekstur lebih kering karena cara pembuatannya. Peuyeum biasanya disajikan dengan tambahan topping yang bervariasi.

Seblak

seblak_enak
by Instagram @jakartarandomeats

Makanan khas sunda yang semakin terkenal ini merupakan makanan unik berupa olahan kerupuk rambak atau kerupuk kulit sapi yang direbus dan dibubuhi bumbu berisi cabai, kencur, garam serta bawang putih untuk kemudian direbus sebelum dihidangkan. Seblak ada dua macam, yaitu seblak kuah dan seblak goreng, keduanya sama-sama enak dan nagih!

Balok Menes

balok_menes
by Instagram @hanialiyah28

Makanan sunda ini bukan terbuat dari olahan balok kayu seperti namanya, melainkan terbuat dari singkos yang dicampur dengan ampas kelapa atau serundeng yang dibentuk balok. Balok menes ada dua macam, yaitu balok cioda dan balok menes. Makanan ini banyak ditemukan di Pandeglang, Banten.

Kunjungi :  44 Makanan Khas Manado Tradisional, Edan dan Menggugah Selera

Tahu Sumedang

Tahu_sumedang
by Instagram @shelvie_77

Makanan cemilan khas sunda ini digoreng dengan bumbu yang sama dengan tahu biasa, namun hasil gorengannya akan berbeda dengan tahu biasa. Jika kamu membeli tahu khas sunda yang berasal dari daerah Sumedang, Jawa Barat ini dalam jumlah yang banyak, biasanya akan diberikan bongsang atau anyaman bambu sebagai wadahnya dimana satu bongsang dapat memuat 25 sampai 100 buah tahu sumedang goreng.

Dodol Garut

dodol_garut
by Instagram @thinky_wiki

 

Oleh oleh makanan khas sunda jawa barat ini sudah menjadi primadona. Jika kamu berkunjung ke daerah garut, maka kamu akan banyak menemui toko oleh-oleh yang menjual dodol garut ini. Meskipun tidak dibubuhi bahan pengawet, dodol garut ini bisa bertahan sampai tiga bulan. Bahan baku pembuatan dodol garut sangatlah sederhana, yaitu tepung beras ketan, gula putih, susu, serta kelapa yang kesemuanya mudah diperoleh.

Mochi Es Krim

mochieskrim
by Instagram @mymomochiicecream

Makanan pembuka khas sunda bertekstur kenyal berbentuk bulat ini merupakan makanan khas yang tergolong masih baru. Mochi ini berbahan dasar sama dengan cilok. Bedanya, jika cilok disajikan dalam keadaan panas atau hangat, sedangkan mochi disini dimodifikasi dengan tambahan es krim di dalamnya, sehingga ketika kamu memakannya akan terasa sensasi dingin dari es krim tersebut. Mochi es krim yang cukup terkenal adalah mochilok bandung yang terletak di Jalan Sekeloa nomor 31, Dipati Ukur, Kota Bandung.

Galendo

galendo_enak
by Instagram @gina.aryo

Galendo adalah makanan tradisional khas sunda yang berasal dari kabupaten ciamis. Galendo terbuat dari ampas kelapa yang dimasak. Galendo biasanya disajikan sebagai makanan ringan atau makanan penutup. Saat ini sudah banyak toko oleh-oleh yang menyediakan galendo.

Kue Khas Sunda

Tahukah kamu bahwa sunda memiliki beraneka ragam jenis kue khas sunda yang unik? Berikut daftar macam-macam kue sunda yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luar daerah tanah priangan :

Kue gemblong

gemblong
by Instagram @alejenes

Kue berbahan dasar tepung ketan ini berbentuk bulat lonjong dengan lapisan gula merah di permukaannya.

Jalabria

Kue_jalabria_enak

Makanan khas sunda jalabria ini berbentuk seperti donat yang bolong ditengahnya. Jalabria memiliki rasa manis yang pekat karena seluruh permukaannya dilumuri gula merah yang dibiarkan mengering seperti kue gemblong.

Kue Gurandil

kue_gurandil
by Instagram @yanthiechiarra02

Kue gurandil biasanya berwarna hijau dan berbahan baku tepung tapioka yang dibuat dengan cara dikukus serta disajikan dengan taburan parutan kelapa.

Kue Bandros

bandros
by Instagram @agustina.nagasyahna

Kue yang populer ini berbahan dasar campuran parutan kelapa dan santan, tepung beras, dan tepung ketan yang dipanggang di atas cetakan setengah lingkaran.

Ali Agrem

ali_agrem
by Instagram @reynietha

Bentuknya bulat serta bolong ditengahnya seperti donat. Rasanya manis meskipun dibuat dengan cara digoreng.

Kue Cuhcur

kue_cuhcur
by Instagram @karinadewi66

Kue ini hampir sama dengan jenis kue khas sunda lainnya yang juga berbahan baku dari tepung beras, terigu, dan gula merah. Bentuknya pipih berwarna coklat khas gula merah. Kue yang pembuatannya dengan cara digoreng ini terbuat dari tepung beras, terigu, dan gula merah.

Angleng

angleng
by Instagram @dian_rasifah

Kue ini dibungkus dengan cangkang kulit jagung, berbahan dasar sama dengan kue khas sunda lainnya.

Bangket

kue_bangket
by Instagram @food_and_passion

Bahan dasar bangket ini adalah tepung aren, tepung tapioka, telur dan kelapa. Proses pembuatannya dengan cara dibakar sampai kekuningan.

Burayot

burayot
by Instagram @anasusilo

Bentuknya bulat lonjong terbuat dari terigu dan tape yang dicampur gula merah dan putih, serta dibuat dengan cara digoreng.

Bugis

kue_bugis
by Instagram @via_elvianti

Kue yang mempunyai rasa manis ini dibungkus dengan daun kelapa dan ada gula tersembunyi di dalam adonannya.

Kalua Jeruk

kalua_jeruk
by Instagram @karinadewi66

Bahan dasar kue ini adalah kulit jeruk yang direndam dengan air kapur lalu di rebus dengan air gula merah dan putih hingga kering.

Katimus

katimus
by Instagram @dewi.setia.k

Makanan ini berbahan dasar singkong dan parutan kelapa dicmapur dengan gula merah.

Keremes

keremes_enak
by Instagram @sweetkiescakery

Dinamakan keremes karena rasanya krenyes krenyes saking keringnya. Bentuknya bulat dan rasanya manis.

Naga sari

nagasari_kue
by Instagram @doyanbaking

Teksturnya lembut dengan irisan pisang ditengahnya membuat kue naga sari menjadi salah satu jenis kue paling laris dalam jajaran kue khas sunda. Naga sari dibuat dengan cara dikukus.

Kunjungi :  23 Makanan Khas Bengkulu beserta Gambar dan Penjelasannya

Emping Melinjo (Tangkil)

emping_melinjo
by Instagram @puterifarhaalyafie

Makanan ringan khas sunda ini terbuat dari tangkil atau melinjo dengan berbagai pilihan rasa, seperti balado, original, ataupun manis. Emping melinjo ini merupakan makanan khas sunda yang berasal dari pandeglang karena pohon melinjo sendiri banyak tumbuh di daerah pandeglang.

Opak

opak_kue_enak
by Instagram @elia_budiantini

Opak berbahan dasar beras ketan yang ditanak dengan santan dan ditambah bumbu khusus lainnya kemudian dicetak bulat dan dijemur baru setelahnya dipanggang. Daerah penghasil opak berada di Malingping, Cikesik, Pandeglang, Banten.

Apem Putih

apem_putih
by Instagram @magfirahh_

Cemilan khas sunda ini biasanya dijadikan menu berbuka puasa dicampur dengan gula merah, madu dan sirup orson. Daerah penghasil apem putih berada di cimanuk, pandeglang. Penasaran untuk mencobanya? Jangan lupa mampir ke pandeglang untuk mencoba apem putih ini.

Kue Jojorong

jorong_kue
Instagram by @resmi48

Makanan tradisional khas sunda ini terbuat dari tepung sanji dicampur dengan tepung beras dan gula merah untuk kemudian dibungkus dengan daun pisang sebelum dihidangkan. Makanan ini cocok dijadikan pengganjal perut ketika lapar melanda.

Nasi Sumsum

nasi_sumsum
by Instagram @turangga13

Nasi sumsum masuk dalam daftar makanan dan minuman khas sunda yang dapat kamu temukan di Serang. Nasi sumsum sangat enak apabila disantap ketika masih panas serta ditambah lauk berupa sate lidah dan otak-otak. Nasi sumsum merupakan olahan nasi yang dimasak dengan cara di pepes berisi sumsum tulang gurih yang diolah dengan bumbu tumbuk.

Sate Bandeng

sate_bandeng
by Instagram @access.indonesia

Makanan khas daerah sunda ini berasal dari daging ikan bandeng. Sama seperti daerah madura yang mempunyai kuliner sate khas, daerah sunda khususnya Serang juga mempunyai kuliner sate khas tersendiri yaitu sate bandeng. Sate bandeng ini memiliki cita rasa gurih karena campuran bumbu rempah pada daging ikan bandeng yang menjadi bahan dasarnya.

Bebek Sate

bebek_sate
by Instagram @dentist.chef

Makanan khas suku sunda yang berasal dari Tangerang ini berbahan dasar daging bebek yang dicampur dengan bumbu santan, ketumbar, merica, serta rempah-rempah rahasia lainnya. Rasanya yang gurih dan lezat menjadikan kuliner yang satu ini menjadi primadona para pengunjung dari dalam maupun luar kota Tangerang. Jika kamu berkunjung ke Tangerang, tidak ada salahnya mencicipi sate ini, dijamin kamu akan ketagihan.

Gerem Asem

gerem_asem
by Instagram @marinadjannah

Makanan khas sunda yang unik ini pas disantap pada siang bolong. Memiliki cita rasa asam dan pedas berbahan dasar daging ayam atau bebek membuat siangmu semakin bersemangat setelah mencicip gerem asem ini.

Laksa Tangerang

laksa_tangerang
by Instagram @tangerangkota

Makanan pembuka khas sunda ini berisi mie putih bertekstur kasar dan berukuran besar. Laksa tangerang mempunyai rasa kuah gurih dan tidak eneg di tenggorokan meskipun dicampur dengan santan. Laksa tangerang dinilai lebih sederhana jika dibandingkan dengan laksa betawi dan laksa bogor.

Colenak

colenak
by Instagram @imam_1408

Colenak adalah cemilan sunda tradisional yang masih bertahan sampai sekarang. Bahan dasar colenak adalah peuyeum yang difermentasikan. Peuyeum tersebut dibakar lalu dihidangkan dengan saus gula merah ditambah parutan kelapa. Meskipun ketika digoreng, colenak mudah sekali gosong, namun justru bagian gosong itulah yang menyimpan kenikmatan dari kuliner ini.

Misro

misro
by Instagram @sridamayanti_ati

Makanan ringan khas sunda berbentuk bulat ini terbuat dari adonan parutan singkong yang diisi gula merah sebagai pemanis untuk kemudian digoreng hingga berwarna kecoklatan sebelum disajikan. Misro dapat dijadikan teman minum teh di sore hari ketika kamu sedang berkumpul dengan teman-teman maupun keluarga.

Perkedel Bondon

perkedelbondon
by Instagram @ipamevil

Menu makanan sunda ini sebenarnya sama dengan jenis perkedel lainnya berbahan dasar kentang yang dimasak terlebih dahulu untuk kemudian dihancurkan, kemudian ditambah bumbu dan digoreng menggunakan minyak panas. Perkedel bondon lebih nikmat disantap ketika masih panas ditemani sepiring nasi hangat dan sayuran berkuah. Tidak lupa tambahan sambal pedas yang menggoyang lidah. Hmmm.. jadi ikutan laper.

Combro

combro
by Instagram @cennygoh

Combro salah satu jenis camilan khas sunda yang terbuat dari ampas tahu yang difermentasi. Combro adalah singkatan dari oncom di njero atau di dalam yang berarti dalam satu buah combro terdapat isian oncom yang sudah dimasak dan dibubuhi bumbu. Combro juga lebih lezat disantap ketika masih hangat, rasanya mantap dan lezat!

Kunjungi :  32 Minuman dan Makanan Khas Tulungagung yang Wajib Kalian Cicipi

Lotek

lotek
by Instagram @chubbywithme

Lotek sebagai makanan khas orang sunda ini bentuknya mirip dengan pecel. Sayuran segar direbus dan disiram saus kacang serta tidak lupa tambahan kerupuknya. Sebagai pelengkap, seporsi lotek juga ditambahkan bakwan ataupun tempe agar lebih kenyang. Bahkan bisa juga ditambahkan ketupat atau nasi putih dalam sepiring penuh lotek. Selamat makan!

Batagor

batagor_enak
by Instagram @piyopiyoyy

Makanan khas sunda yang terkenal seantero nusantara adalah batagor. Tahukah kamu bahwa batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng? Kuliner ini terbuat dari tahu yang dibalut dengan tepung kemudian digoreng menggunakan minyak panas di atas wajan. Untuk menikmati sepiring penuh batagor, bisa ditambahkan kentang, telur rebus, dan juga kerupuk serta tidak lupa siraman saus kacang dan sambalnya.

Siomay

siomay_enak
by Instagram @globalfood.id

Hampir setiap orang mengenal makanan khas daerah sunda bernama siomay ini. Kuliner legendaris khas sunda ini merupakan menu yang terinspirasi dari masakan peranakan Tiongkok. Siomay tidak hanya ditemukan di sekitar Bandung saja, melainkan hampir di penjuru pulau Jawa ada pedagang siomay dengan beragam isian. Siomay khas sunda sendiri terbuat dari campuran ikan dan tepung sagu yang dibumbui dengan bumbu khusus lalu dikukus hingga matang. Siomay ini disajikan bersama dengan bahan lainnya seperti kol, kentang, telur, tahu bakso, kesemuanya dikukus dan disiram dengan saus kacang yang lezat.

Gehu

gehu
by Instagram @sayahmaya

Makanan khas sunda asli ini pastinya familiar di telinga masyarakat Indonesia. Keunikan gehu menjadikannya sebagai jajanan paling dicari di wilayah Bandung. Gehu merupakan singkatan dari tauge tahu, sungguh cara penamaan yang unik! Ciri khas lain dari gehu adalah dimana tahu goreng diisi dengan tauge dan bumbu pedas untuk kemudian digoreng menggunakan tepung krispi.

Cilok

cilok
by Instagram @dickywyd

Makanan cemilan khas sunda ini mudah sekali didapatan jika kamu berada di kawasan Bandung. Cilok atau aci dicolok ini terbuat dari tepung kanji yang dibentuk bulat dan direbus hingga kenyal sebelum ditusukkan ke lidi sate. Saus cilok beraneka ragam, bisa terbuat dari saus kacang dengan sedikit cabai dan kecap, bisa juga dengan bumbu kering rasa balado maupun barbeque.

Ulukeuteuk Leunca

Ulukeuteuk_Leunca
by Instagram @tya_endah

Ulukeuteuk leunca merupakan makanan tradisional khas sunda hasil perpaduan dari leunca dan oncom tumis dengan rempah-rempah pedas. Sebenarnya, ulukeuteuk merupakan nama lain dari oncom dalam bahasa sunda. Kuliner ini cocok disajikan bersama dengan sepiring nasi hangat dan ditambah ikan asin.

Es Goyobod

esgoyobod
by Instagram @omamuda

Minuman khas sunda yang terkenal sebagai jajanan populer di era tahun 90an adalah es goyobod. Walaupun begitu, sampai saat ini jajanan es menyegarkan ini masih banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional. Minuman ini berbahan dasar olahan tepung sagu aren yang dibuat menyerupai agar-agar. Goyobod tersebut dicampur dengan es serut, susu kental manis, dan topping berupa kacang merah, agar-agar, dan juga kelapa muda yang disisir. Terbayang kan kesegarannya?

Es Cendol

escendol
by Instagram @omahsendok

Minuman sunda selanjutnya adalah es cendol yang terbuat dari tepung beras disajikan bersama dengan es serut dan gula merah cair serta santan. Rasanya manis dan agak sedikit gurih. Jika di daerah sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol, lain halnya di jawa yang dikenal dengan nama dawet. Cendol yang menjadi isian es ini biasanya diberi pewarna hijau, baik itu dari pandan maupun dari pewarna makanan dan dicetak dengan saringan khusus. Di sunda, cara pembuatan cendol adalah dengan mengayak tepung beras yang telah dikukus dan diwarnai dengan daun suji sehingga didapatkan bentuk bulat lonjong lancip di ujung.

Nah, apakah kamu tertarik untuk mencicipi semua makanan khas sunda ini? Jangan lupa mampir juga ke website tempatwisataindonesia untuk menambah referensi destinasi liburan kamu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */