Surganya Wisata Indonesia

17 Makanan Khas Sumedang Jabar yang Unik Ini Wajib Kamu Coba

0

Sumedang merupakan sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah administratif provinsi Jawa Barat. Kabupaten Sumedang merupakan kawasan daerah yang terdiri dari 26 kecamatan dan terbagi dalam beberapa kelurahan dan desa. Sumedang adalah ibukota Kabupaten yang terletak sekitar 45 kilometer diukur dari Kota Bandung. Sumedang dilintasi jalur utama Bandung Cirebon yang merupakan jalur utama bagi para pemudik maupun para wisatawan. Jalan jalan ke Sumedang tidak hanya melulu tentang obyek wisata alamnya. Boleh boleh saja berkunjung ke beberapa tempat wisata Sumedang, tapi anda juga harus merasakan sensasi menyantap sajian kuliner khas Sumedang.

Kuliner makanan khas dari Sumedang mempunyai cita rasa yang sudah tidak diragukan lagi. Banyak sekali pilihan alternatif menu makanan yang bisa anda coba ketika berkunjung atau sekedar mampir ke kota tahu tersebut. Bagi anda yang sudah pernah ke Sumedang, pasti akan familiar dengan beberapa nama makanan dibawah ini. Sedangkan bagi anda yang belum pernah ke Sumedang, tidak ada salahnya jika anda menyempatkan mencicipi semua jenis makanan khas Sumedang dibawah ini. Jika anda merencanakan untuk berlibur ke kota tahu Sumedang, maka anda tidak boleh melewatkan ragam sajian kuliner khas Sumedang yang dijadim bisa menggugah selera anda. Apa sajakah makanan khas Sumedang yang mampu menggugah selera tersebut? Berikut ulasan dari tempatwisataindonesia.id khusus untuk anda. Lets check this out!

Tahu Sumedang

tahu_sumedang
Instagram by @shelvie_77

Makanan khas Tahu Sumedang diolah sebagaimana membuat tahu pada umumnya. Tahu Sumedang ini berbahan dasar kacang kedelai yang diberi bumbu kemudian mengalami proses pengolahan sedemikian rupa sehingga menghasilkan sajian kuliner berupa cemilan yang rasanya begitu khas. Konon katanya, yang membuat tahu Sumedang mempunyai cita rasa yang nikmat dan bertekstur renyah adalah penggunaan air Sumedang pada resep warisan yang diberikan secara turun temurun oleh masyarakat lokal. Tekstur dari tahu Sumedang adalah lembut dengan bagian dalam yang terasa sangat gurih apalagi jika disantap saat masih panas. Harga jual tahu Sumedang pun sangat terjangkau serta tidak sulit dalam menemukannya karena hampir di setiap penjuru Kabupaten Sumedang dapat anda temukan pedagang tahu Sumedang.

Ubi Cilembu

ubi_cilembu_khas_sumedang
Instagram by @fazrolrozi

Makanan khas Sumedang selain tahu yang cukup terkenal adalah ubi Cilembu. Ubi Cilembu berbeda dengan jenis ubi pada umumnya karena ubi Cilembu lebih mirip dengan ubi madu. Ubi Cilembu merupakan makanan khas Sumedang yang berasal dari Kecamatan Pamulihan, Tanjungsari. Produk unggulan Pemerintah Kabupaten Sumedang ini memiliki satu keunikan berupa hasil getah yang meleleh dan mempunyai rasa manis nan lengket seperti madu ketika dipanggang di dalam oven. Ketika digigit pun rasanya sangat manis serta teksturnya pulen dan lembut. Ubi Cilembu sudah populer sejak tahun 1990-an dimana rasa manis alami dari ubi Cilembu ini terbukti dapat memberi tambahan tenaga bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Berani membuktikan?

Soto Bongko

soto_bongko_sumedang
Instagram by @asfarini

Selanjutnya ada soto bongko yang mempunya arti bungkusan besar. Soto bongko disajikan bersama dengan lontong yang ditaruh dalam bungkusan besar. Selain menggunakan lontong, soto bongko juga disajikan bersama dengan potongan tahu kuning yang sudah digoreng, tauge, serta siraman kuah kari bersantan yang berisikan tubuh ayam seperti kepala, sayap atau pun ceker. Cukup unik ya! Tidak lupa taburan bawang goreng sebelum soto bongko ini siap untuk disantap serta tambahan telur rebus dan satu sendok sambal agar cita rasanya lebih mantap dan lezat. Anda pasti akan menyesal jika berkunjung ke Kabupaten Sumedang tanpa mencicipi soto bongko khas Sumedang ini.

Oncom

oncom
Instagram by @rora.orelie

Makanan khas Sumedang Jawa Barat ini banyak anda temukan di Desa Pasireungrit, Kecamatan Paseh. Oncom sebagai makanan yang populer di seantero Jawa Barat ini juga sudah go international. Jika oncom biasanya dibuat dari ampas tahu, oncom Pasireungrit dibuat dengan ampas ketela yang dicampur olahan kacang tanah atau disebut sebagai bungkil. Semakin banyak bungkil yang dicampurkan, maka rasanya akan semakin lezat dan kualitas oncomnya akan semakin baik. Oncom biasanya diolah menjadi dua jenis masakan dibawah ini, yaitu :

Kunjungi :  27 Kuliner Makanan Khas Garut yang Paling Terkenal, Enak dan Lezat

Tutug Oncom

tutug_oncom_khas_sumedang
Instagram by @reenaokta

Makanan yang populer di tanah Sunda ini menjadi salah satu makanan khas Sumedang yang patut anda cicipi. Tutug oncom khas dengan aroma kencurnya dan campuran oncom bakarnya yang khas.

Sambal Oncom

sambal_oncom
Instagram by @pendhina.as

Selain itu ada oncom yang diolah menjadi sambal oncom. Namanya juga sambal sudah pasti oncom diolah dengan campuran bawang merah, bawang putih, serta cabai dan beberapa bumbu khusus lainnya. Untuk rasa jangan ditanya, anda lebih baik langsung mencobanya saja sendiri.

Salak Bongkok

salak_bongkok
Instagram by @nunnurfajriah

Siapa sangka jika Sumedang memiliki jenis salak yang mempunyai rasa lezat. Namanya adalah salak bongkok. Rasa salak bongkok dominan manis dan asam serta memberikan sensasi menyegarkan saat dimakan. Ukuran salak bongkok pun lebih besar dari salak pada umumnya. Aroma buahnya harum dan menjadi buah yang istimewa karena memakai air Sumedang. Jika ditanam di laur tanah daerah Bongkok, katanya rasanya menjadi tidak istimewa lagi. Salak ini banyak dihasilkan oleh penduduk yang bermukim di daerah Bongkok, Kecamatan Paseh, Sumedang. Salak bongkok bisa anda jadikan alternatif oleh oleh khas Sumedang untuk sanak saudara maupun teman dekat anda.

Tape Singkong

tape_singkong_enakbanget
Instagram by @doyanbaking

Tape singkong dikenal dengan nama peyeum sampeu merupakan makanan asli Sumedang yang terbuat dari ketela pohon atau singkong pilihan. Makanan ini populer di tanah Priangan, namun banyak dihasilkan oleh para pengusaha yang berada di daerah Cigandel. Singkong yang dijadikan bahan dasar membuat tape singkong biasanya adalah jenis singkong mangu atau singkong mentega sehingga cita rasanya menjadi khas tidak tertandingi lagi. Cara membuat makanan khas Sumedang bernama tape singkong atau peyeum sampeu ini cukup mudah. Anda bisa langsung menanyakannya kepada pengusaha tape singkong saat membeli panganan khas Sumedang ini. Yang menarik lagi, tape singkong saat ini sudah diinovasikan menjadi berbagai varian rasa dan dikemas dalam kemasan yang menarik. Sangat layak dijadikan oleh oleh khas Sumedang karena rasanya nikmat dan mudah untuk dibawa.

Opak Ketan

opak_ketan_bakar
Instagram by @padu_jepret

Opak ketan juga makanan khas Sumedang yang dikenal di tanah Priangan. Ragam pilihan olahan opak sangat banyak tersaji di seantero Sumedang, namun yang paling terkenal akan kelezatannya adalah opak ketan Sumedang. Jenis opak ketan Sumedang yang banyak diburu oleh masyarakat lokal maupun wisatawan adalah opak Conggeang dan opak Cimanggung. Opak Conggeang mempunyai keunggulan terbuat dari sari kelapa yang khas dicampur dengan beras ketan pilihan dan melalui proses pembuatan yang sempurna sehingga memberikan cita rasa khas yang tidak terlupakan di lidah. Sebagai sentra pembuatan opak, daerah Conggeang sampai mendirikan tugu opak yang berada di pertigaan Jalan Conggeang, Buah Dua, dan Ujungjaya, Sumedang. Sedangkan opak Cimanggung juga mempunyai rasa yang sama lezatnya dengan opak Conggeang. Bahkan opak Cimanggung konon katanya dulu merupakan makanan favorit dari raja dan bangsawan yang bermukim di wilayah Kerajaan Sumedang Larang. Opak ini mempunyai ciri khas menggunakan air dari santan kelapa dan diolah dengan cara yang khusus sehingga menghasilkan opak berkualitas tinggi. Kedua jenis opak ini sama enaknya, bisa menjadi rekomendasi bagi anda yang sedang bingung memilih varian opak mana yang akan dijadikan oleh oleh. Opak ini juga bisa anda jadikan teman berkeliling Kabupaten Sumedang sebagai cemilan yang kriuk kriuk.

Kunjungi :  48 Makanan Khas Jogja Murah Meriah Wajib Dicoba

Sawo Citali

sawo_citali_enak
Instagram by @yennysyen

Selain buah salak, sawo Citali juga masuk dalam daftar makanan khas Sumedang yang harus anda coba. Selain buah salak, Sumedang juga mempunyai buah varietas yang cukup unggul, yaitu buah sawo. Seperti namanya, sawo Citali banyak dihasilkan oleh petani sawo yang bermukim di daerah Citali,Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang. Sawo Citali terkenal dengan rasa manisnya yang begitu khas dan tekstur buah sawonya yang lembut saat menyentuh lidah. Bentuk dan warna dari sawo Citali pun berbeda dengan buah sawo pada umumnya. Hal inilah yang menjadi daya tarik tambahan dari sawo Citali hingga diburu oleh masyarakat lokal maupun para wisatawan yang datang ke Kabupaten Sumedang.

Sale dan Keripik Pisang

sale_pisang_enak
Instagram by @chief.b

Sale dan keripik pisang sama sama terbuat dari bahan dasar berupa buah pisang yang mempunyai ciri khas tekstur yang lembut, rasanya legit nan gurih, renyah, serta lezat. Pisang yang banyak tumbuh di tanah Sumedang dan dijadikan olahan sale dan keripik ini memang mempunyai rasa khas tersendiri yang berbeda dengan buah pisang yang tumbuh di daerah lainnya. Makanya tidak heran jika olahan pisang asli Sumedang bisa menciptakan kudapan dengan cita rasa terbaik dan lain daripada sale dan keripik pisang dari daerah luar Sumedang. Selain rasanya enak, sale dan keripik pisang khas Sumedang pun dijual dengan harga yang terjangkau sehingga anda bisa memborongnya untuk dijadikan cemilan dirumah setelah puas berkeliling Kabupaten Sumedang.

Asinan Sukasari

asinan_sukasari
Instagram by @diansyahsaputro23

Makanan khas Sumedang selanjutnya adalah asinan Sukasari. Asinan Sukasari terbagi menjadi 2 jenis sajian khas, yaitu asinan sayur dan asinan buah. Asinan buah terdiri dari potongan berbagai macam buah buahan yang direndam dalam air gula selama beberapa jam. Buah yang dipakai untuk diolah menjadi asinan ini biasanya buah kedondong, pepaya, jambu, bengkoang, salak, dan beberapa jenis buah lainnya. Sementara, untuk asinan sayur memakai sayur berupa timun, kol, wortel ataupun tauge yang dicuci bersih kemudian disajikan bersama dengan kuah asinan. Asinan sayur ini lebih terasa segar jika dibandingkan dengan asinan buah. Kedua jenis asinan tersebut lebih dikenal dengan sebutan asinan Sukasari. Belum diketahui mengapa asinan tersebut dikenal sebagai asinan Sukasari. Mungkin karena berasal dari daerah Sukasari atau entahlah, yang penting kedua jenis sajian asinan tersebut sama sama enak dan patut untuk dicicipi.

Emplod

emplod_khas_sumedang
Instagram by @mavisharoom

Berikutnya ada jajanan yang dibuat dari resep emplod khas Sumedang yang sepintas mirip dengan endog lowo khas Garut. Sama sama berbahan dasar singkong yang dihaluskan kemudian dicampur dengan parutan kelapa membuat kedua jenis olahan singkong ini dikatakan mirip. Berikut kami berikan ulasan mengenai resep makanan khas Sumedang berupa emplod yang bisa anda praktikkan di rumah. Bahan yang dibutuhkan adalah singkong, kelapa, garam, dan minyak goreng. Pertama tama, siapkan bumbu dan bahan sesuai dengan takaran. Kedua, kupas singkong hingga bersih dan cuci lalu tiriskan. Ketiga, parut kelapa dan campur bersama singkong yang telah bersih tadi untuk dikukus sampai matang. Kemudian angkat rebusan dan tumbuk bersama sama dengan ditambah garam hingga teksturnya benar benar halus. Ratakan campuran singkong yang sudah halus diatas tampah dan potong berbentuk belah ketupat atau sesuai keinginan. Setelah itu, goreng adonan yang telah dipotong potong sesuai selera di atas minyak panas sampai warnanya berubah kuning kecoklatan. Terakhir, angkat dan tiriskan serta tata di piring saji untuk disajikan.

Kunjungi :  33 Makanan Khas Pekanbaru yang Wajib untuk Kamu Nikmati

Kadedemes

kadededemes
Instagram by @manenoskitchen

Kadedemes merupakan makanan khas Sumedang Jawa Barat yang berupa oseng oseng kulit singkong. Seperti namanya, sudah jelas bahwa makanan ini dibuat dari olahan kulit singkong yang dicampur dengan bumbu dan dijadikan bahan utama dalam suatu hidangan. Jenis singkong yang dipakai untuk membuat kadedemes adalah ubi kayu atau ketela pohon. Biasanya, orang akan membuang kulit singkong setelah dikupas. Namun, di Sumedang kulit singkong dapat diolah menjadi masakan yang bercita rasa enak. Jangan salah ya, yang diolah menjadi kadedemes ini adalah bagian dalam singkong yang berwarna putih atau merah muda, bukan kulit bagian luarnya.

Opak Oded

opak_oded
Instagram by @isnamilad

Makanan ringan khas Sumedang yang satu ini sudah terkenal sampai mancanegara. Bentuknya bulat dan warnanya kecoklatan sudah menjadi ciri khas dari opak oded ini. Jangan dinilai dari tampilannya ya, karena rasa dari opak oded ini berbeda dari jenis opak pada umumnya. Opak oded terbuat dari beras ketan yang bertekstur renyah dan empuk saat digigit. Opak oded banyak dihasilkan oleh penduduk yang berdomisili di Conggeang.

Jeruk Cikoneng

jeruk_cikoneng
Instagram by @nitajunita85

Makanan khas dari daerah Sumedang berikutnya adalah jeruk Cikoneng. Buah yang sudah mulai susah ditemukan ini berasal dari Cikoneng, itulah mengapa dinamakan jeruk Cikoneng. Sejak meletusnya Gunung Galunggung dan abunya menyebar sampai ke daerah Cikoneng, tanaman buah jeruk Cikoneng menjadi sulit tumbuh padahal jeruk ini mempunyai rasa manis yang khas. Selain buahnya yang enak dimakan, daun bunga dan biji dari jeruk Cikoneng mempunyai khasiat untuk menyembuhkan batuk, demam dan juga sakit perut.

Bandrek

Bandrek
by instagram @grandgardencafe

Setelah puas membahas makanan khas Sumedang, saatnya membahas minuman khas Sumedang yang dikenal dengan nama bandrek. Minuman tradisional khas Sumedang ini sudah dimodifikasi oleh salah seorang Dosen dari PTM STKIP Sebelas April Sumedang menjadi minuman modern yang diberi label Elida Hot Bandrek. Pembuatan minuman bandrek modern ini berada di Dusun Mareleng, Desa Cipelang, Kecamatan Ujungjaya, Sumedang. Melalui inovasi salah satu warga lokal Sumedang ini, minuman bandrek yang keberadaannya mulai dipandang sebelah mata oleh masyarakat, menjadi lebih dikenal lagi dan membuat penasaran siapapun yang mendengar namanya. Bahkan bandrek hot ini sudah merambah pasar mancanegara seperti Australia dan Eropa.

Lahang

lahang_sumedang
Instagram by @wijanarkodito

Di Sumedang ada minuman isotonik yang dibuat dari bahan alami dan tidak mengandung zat berbahaya bagi tubuh, dikenal dengan sebutan lahang. Lahang merupakan minuman tradisional khas tanah Pasundan yang banyak dijual di Sumedang dengan rasa manis nan menyegarkan. Harga satu gelas lahang sangatlah murah yaitu 2 ribu rupiah saja. Lahang beraroma khas dan nikmat diminum saat matahari sedang bersinar dengan terik. Meminum satu gelas lahang mampu mengembalikan tenaga dan kebugaran tubuh anda yang mulai lelah di siang hari.

Jeruk Jahe

jeruk_jahe
Instagram by @juni_junichi

Minuman khas jeruk jahe disajikan oleh pelayan yang bekerja di Kampung Toga Leisure & Resort, Gunung Puyuh, Desa Sukajaya, Kabupaten Sumedang. Minuman ini disajikan setelah pengunjungnya melakukan serangkaian aktifitas outdoor yang cukup menguras tenaga. Jeruk jahe yang mempunyai banyak khasiat untuk tubuh juga terasa segar saat diminum. Minuman ini patut anda coba saat mampir ke resort tersebut.

Wah, ternyata sajian kuliner khas Sumedang cukup banyak juga ya! Daftar makanan khas Sumedang tersebut tentunya memberikan pemahaman kepada kita semua bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang berbeda beda. Hal itu menunjukkan bahwa Indonesia kaya akan sajian kuliner yang menggugah selera dan patut untuk dieksplore cita rasanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */