Surganya Wisata Indonesia

25 Makanan Khas Sukabumi Paling Enak dan Wajib Kamu Cobain

0

Pada kesempatan kali ini tempatwisataindonesia.id akan membahas tentang salah satu daerah yang terdapat di Pulau Jawa, tepatnya Jawa Barat. Yap, kali ini ulasan kami akan bercerita seputar makanan khas Sukabumi. Sukabumi merupakan sebuah kota kecil di Provinsi Jawa Barat. Kata Sukabumi sebenarnya berasal dari gabungan dua kata Sunda yaitu Suka dan Bumen. Suka artinya adalah suka atau senang, sedangkan bumen artinya menetap. Sehingga apabila digabung, Sukabumi mempunyai arti suatu wilayah yang disukai orang untuk menetap karena beriklim sejuk. Meskipun ada juga yang mengatakan bahwa Sukabumi berasal dari bahasa Sanskreta Suka dan Bhumi yang mempunyai arti bumi yang disukai. Terlepas dari kontroversi asal kata Sukabumi tersebut, lebih baik kita bahas saja sajian kuliner khas Sukabumi yang harus kamu coba ketika mempunyai kesempatan berkunjung atau mampir ke Sukabumi. Langsung saja, berikut ulasan tentang makanan khas Sukabumi yang berhasil kami himpun :

Bubur Ayam Bu Nut

bubur_ayam_bunut
Instagram by @sukabumifoodies

Makanan khas Sukabumi Jabar yang pertama adalah bubur ayam bu Nut. Bubur ayam bu Nut ini dijual di rumah makan yang membuka banyak cabang di Sukabumi, Jawa Barat. Rumah makan bu Nut berkonsep modern tradisional dan terdiri dari ruangan indoor maupun outdoor. Udara Sukabumi yang sejuk membuat sajian bubur ayam Bu Nut ini menjadi favorit banyak orang. Bubur ini bisa kamu dapatkan mulai dari jam 6 pagi sampai dengan 11 malam.

Mie Bakso Super H Achmad Sudja’i

mie_ayam_bakso
Instagram by @mayacastellany

Selanjutnya ada kuliner Sukabumi yang legendaris, yaitu mie bakso super H. Achmad Sudja’i yang beralamat di Jalan Ir. H. Juanda. Lokasinya yang strategis dan berada di tengah tengah kota Sukabumi membuat tempat makan ini mudah dan dekat dijangkau dari segala penjuru wilayah Sukabumi. Warung bakso ini sama populernya dengan warung makan bubur ayam bu Nut dan bahkan terkenal sampai ke luar kota. Satu porsi bakso disini dijual dengan harga 16 ribu saja.

Mie Goreng khas Sukabumi

mie_goreng_khas_sukabumi
Instagram by @eriscafuji

Satu lagi kuliner legendaris dari Sukabumi, yaitu mie goreng khas Sukabumi yang berada di Jalan Cimandiri. Rasanya sangat khas sehingga tidak akan kamu temui di daerah lainnya meskipun sama sama olahan mie. Satu porsi mie goreng khas Sukabumi dijual dengan harga 23 ribu saja dengan porsi yang sangat besar alias jumbo. Sangat mengenyangkan dan akan membuat ketagihan.

Bandros

bandros
Instagram by @themysticfall

Salah satu bandros yang terkenal di Sukabumi adalah bandros mang Ata yang berada di Jalan Jakse. Bandros menjadi primadona masyarakat Sukabumi dan juga para wisatawan serta para pendatang di Sukabumi karena enak disantap bersama dengan segelas teh hangat di malam hari. Harganya yang sangat murah menjadi daya tarik tambahan dari bandros ini. Hanya merogoh kocek sekitar 5 ribu rupiah saja kamu bisa mencicipi kue bandros nan enak ini. Penjual bandros yang berjualan di pinggir jalan biasanya mulai buka mulai pukul setengah 9 malam sampai 6 pagi. Tempat berjualan bandros juga kerap dijadikan tempat nongkrong bagi anak anak muda Sukabumi sembari berkumpul dengan teman sebayanya membahas berbagai macam hal.

Mochi

mochi_sukabumi
Instagram by @ari_dnd

Selanjutnya ada makanan khas Sukabumi mochi. Siapa yang tidak kenal dengan mochi? Cemilan enak ini menjadi favorit bukan hanya masyarakat Sukabumi saja, namun juga hampir setiap orang menjadikan mochi sebagai makanan favorit. Teksturnya sangat lembut dan kenyal ditambah dengan warna warni tampilannya menambah daya tarik tersendiri. Ada banyak sekali kue mochi yang dijual di Sukabumi, namun yang paling terkenal adalah kue mochi lampion. Rasa dan kualitas mochi lampion merupakan jaminan seumur hidup karena diolah dengan cara yang baik dan benar. Meskipun harganya sedikit mahal, namun mochi ini woth to buy dan cocok dijadikan oleh oleh khas Sukabumi untuk keluarga.

Kunjungi :  30 Minuman, Jajanan dan Makanan Khas Palu yang Enak dan Murah

Tutug Oncom

tutug_oncom
Instagram by @dodih97

Hmm… Makanan khas Sukabumi selain moci apa lagi ya? Oiya ada tutug oncom yang menjadi harta karun tersembunyi dari kota Sukabumi. Tutug oncom dijual di angkringan Kota Paris dan baru buka sekitar 1 tahun yang lalu. Meskipun baru, namun penjual tutug oncom ini selalu ramai didatangi oleh pembeli. Berdasarkan testimonial para pembelinya, angkringan yang menjual tutug oncom ini mempunyai sajian kuliner yang rasanya enak dan harganya murah. Salah satunya ya tutug oncom ini yang menjadi primadona hampir sebagian besar pembeli yang datang ke angkringan Kota Paris. Angkringan ini buka mulai jam 7 malam sampai jam 12 malam.

Geco

geco_sukabumi
Instagram by @utari_rev

Selain mochi makanan khas Sukabumi lainnya adalah geco atau tauge tauco. Salah satu penjual geco yang mudah ditemui berada di Jalan Jenderal Sudirman berseberangan dengan Rumah Sakit As-Syifa. Geco biasanya dijadikan menu sarapan pagi oleh masyarakat asli Sukabumi. Nikmat disantap di tempat masih fresh baru saja dibuat atau bisa juga dibungkus tergantung selera dari pembeli. Meskipun hanya dijual di pinggir jalan alias kaki lima, namun geco akan selalu habis laku terjual sebelum siang diburu oleh para pecinta kuliner. Satu porsi geco biasanya diberi harga 7 ribu rupiah saja. Sangat murah bukan?

Roti Priangan

roti_priangan
Instagram by @sukabumikuliner

Makanan tradisional khas Sukabumi yang satu ini juga cocok dijadikan oleh oleh setelah kamu berkunjung atau mampir ke Sukabumi. Rasanya sangat enak sehingga banyak sekali wisatawan dan pengunjung Sukabumi yang memburunya. Makanan tradisional berjenis kue ini dibuat dengan adonan khusus dan campuran khusus sehingga menciptakan sajian kuliner dengan cita rasa yang sangat lezat dan nikmat. Salah satu tempat yang menjual makanan tradisional ini adalah Toko Roti Priangan Oey Tjiang Lie yang sudah menjual roti priangan sejak jaman dulu kala. Meskipun dibuat oleh pribumi, namun cita rasanya khas Belanda. Roti pringan ini sehat karena dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet.

Nasi Uduk Ungu

nasi_uduk_ungu
Instagram by @purple_fhel

Makanan khas Sukabumi Jawa Barat selanjutnya adalah nasi uduk ungu yang cukup populer. Keunikan kuliner ini terletak pada warna nasinya yang berwarna ungu, berbeda dengan nasi uduk kebanyakan yang sering kamu temui. Warna ungu tersebut berasal dari buah bit atau ubi ungu yang digunakan sebagai pewarna makanan alami, bukan dari pewarna makanan berbahan kimia ya. Satu porsi nasi uduk ini berisi nasi dan campuran lauk lainnya berupa ayam goreng, tempe, tahu, telur dadar, sambal, dan juga lalapan. Siapapun yang mencoba nasi uduk ini pasti akan ketagihan.

Bolu Pisang

bolu_pisang
Instagram by @doyanbaking

Oleh oleh makanan khas Sukabumi yang satu ini rasanya sangat enak dan sering dijadikan buah tangan bagi mereka yang tengah berkunjung ke Sukabumi. Kepopuleran bolu pisang Sukabumi meroket berkat Ibu Onih yang berjualan bolu pisang ini di Jalan Raya Sukaraja Gang Mesjid Kota Sukabumi. Dari tangan ibu Onih, bolu pisang ini menjelma menjadi makanan bercita rasa sangat enak sehingga banyak diburu oleh para pecinta kuliner. Meskipun begitu, ada banyak merk bolu pisang lainnya. Tergantung selera kamu mau membeli bolu pisang merk apa dan dimana yang penting asli from Sukabumi.

Sekoteng Singapore

sekoteng_singapore
Instagram by @nesiayuliansyah

Selain makanan tradisional, ada juga sekoteng singapura yang sangatlah enak. Sekoteng singapura ini konon katanya memang benar benar berasal dari Singapura, negeri tetangga. Cita rasanya khas dan hangat memberikan manfaat bagi tubuh sehingga tubuh ikut menjadi hangat saat meminumnya. Katanya, sekoteng singapore ini merupakan sajian minuman satu satunya di dunia karena penjualnya mirip dengan orang Singapura. Ada ada saja ya. Semangkuk sekoteng singapura yang lezat dan hangat ini berisikan kuah khas sekoteng yang dicampur dengan jahe cocok disantap saat udara malam sedang dingin dinginnya. Jika kamu penasaran dengan rasanya, datang saja ke Jalan Jenderal Ahmad Yani, Sukabumi. Disitu ada penjual sekoteng singapore yang terkenal.

Kunjungi :  23 Makanan Khas Bengkulu beserta Gambar dan Penjelasannya

Surabi Sukabumi

surabi_sukabumi
Instagram by @kapinisresto

Tidak hanya Bandung, makanan enak khas Sukabumi yang satu ini juga dinamakan surabi. Surabi Sukabumi merupakan satu dari sekian banyak kuliner khas Sukabumi yang diburu para pecinta kuliner. Makanan ringan ini selain rasanya enak juga mudah didapat. Berbahan dasar durian membuat surabi Sukabumi ini berbeda dengan jenis surabi terkenal lainnya. Surabi Sukabumi dapat kamu peroleh di Jalan Jenderal Soedirman, Sukabumi. Jangan sampai melewatkan surabi Sukabumi ini ya karena dijamin kamu akan menyesal.

Bubur Ayam

bubur_ayam
Instagram by @vv_luv_eat

Bubur ayam khas Sukabumi ini banyak dijual oleh para pedagang di sekeliling kota Sukabumi. Lain halnya dengan bubur ayam bu nut yang sudah masuk resto dan dijual di rumah makan, bubur ayam Sukabumi yang satu ini banyak dijual di pedagang kaki lima saja. Harganya murah namun rasanya tidak murahan karena enak dan lezat. Bubur ayam Sukabumi pas kamu jadikan sebagai menu sarapan saat berada di Sukabumi karena porsinya bisa membuat perut yang lapar menjadi kenyang. Makanan khas Sukabumi ini mempunyai ciri khas tersendiri dengan tambahan jeroan ayam dan tambahan bumbu rempah khas Sukabumi. Apalagi ditambah dengan kerupuk, bawang goreng ataupun emping. Terbayang kan kelezatannya?

Coklat Unaichoco

coklat_unai_choco
Instagram by @unaichoco

Bagi kamu pecinta coklat yang sedang berkunjung ke Sukabumi, kamu harus mampir ke dapur unaichoco yang menjual sajian olahan coklat khas Sukabumi. Terbuat dari 100% coklat asli membuat coklat unaichoco ini kebanjiran order. Coklat tersebut diolah dengan teknik khusu dan menghasilkan banyak varian rasa, diantaranya coklat keju, coklat mete, coklat strawberry, coklat blueberry, dan juga coklat permen. Satu toples coklat ini diberikan harga 35 ribu rupiah, namun ada juga yang dijual eceran dengan berbagai kemasan menarik. Selain bisa dijadikan oleh oleh, unaichoco ini juga bisa dijadikan souvenir pernikahan karena tahan lama dan tidak mudah meleleh.

Kuliner Odeon

bubur_odeon
Instagram by @fredytamrin

Kawasan wisata kuliner odeon di Sukabumi ini punya sajian makanan khas yang terkenal akan kelezatannya berupa bubur, yaitu bubur ayam odeon. Lokasi kuliner yang berada di Pecinan Sukabumi ini selain menyediakan bubur ayam odeon juga menyediakan kuliner khas peranakan seperti aneka bakmi dan wedang. Meskipun sama sama bubur, namun bubur odeon berbeda dengan bubur ayam bu Nut karena ada campuran kaldu ayam kampung di satu porsinya yang ditambah dengan taburan daun bawang, pangsit, bawang goreng, sawi asin, tumisan kentang dan juga irisan daging ayam serta tidak lupa irisan mentimun.

Wedang Ronde

wedang_ronde
Instagram by @niken24_fernanda

Makanan khas Kab Sukabumi yang satu ini dijual di warung makan bandros mang Atta juga. Kawasan kuliner yang kerap menjadi tempat nongkrong anak muda ini hanya berada di trotoar pinggir jalan. Namun selalu ramai dikunjungi oleh pembeli. Di warung ini, selain kamu bisa mencicipi bandros dan wedang jahe, kamu juga harus mencicipi wedang ronde yang merupakan minuman penghangat tubuh. Wedang ronde ini hanya bisa kamu dapatkan di malam hari saja.

Nasi Hijau

nasi_hijau
Instagram by @makfoodies

Kreasi makanan khas Sukabumi lainnya adalah nasi hijau yang terbuat dari bahan alami daun bayam dan dicampur bumbu bumbu khas lainnya. Disajikan lengkap dengan ayam goreng, telur dadar, tahu dan tempe goreng, kerupuk, taburan bawang goreng, serta sambal yang tidak boleh ketinggalan. Cara membuatnya cukup mudah, kamu bisa menemukan resepnya di internet. Namun, apabila tidak ingin repot kamu bisa saja mencari penjual nasi hijau di Sukabumi.

Kunjungi :  43 Minuman dan Makanan Khas Bandung yang Wajib Dicoba

Leor Daging

mie_leor
Instagram by @silvana.crysdian

Makanan khas dari Sukabumi selanjutnya adalah leor daging. Leor daging mempunyai tekstur mirip semur namun memakai daging dari pipi sapi. Cita rasa yang dihasilkan dari leor daging ini adalah pedas manis menggunakan berbagai macam rempah rempah yang khas. Leor daging sangat cocok disajikan di tempat sedingin Sukabumi.

Kue Jahe

kue_jahe
Instagram by @winawaas

Makanan ciri khas Sukabumi lainnya adalah kue jahe. kue jahe ini sebenarnya merupakan cemilan yang terbuat dari jahe parut yang dicampur dengan gula. Rasanya manis dan hangat serta termasuk kue legendaris karena sudah dikenal sejak jaman belanda. Kue jahe Sukabumi nikmat disajikan bersama dengan segelas teh panas ataupun sirup yang dingin.

Sagon Bakar

sagon_bakar
Instagram by @_sugaraddict

Berikutnya ada sagon bakar yang terbuat dari parutan kelapa. Sagon bakar biasanya disajikan berbentuk persegi panjang atau kotak. Rasanya sangat gurih khas dari rasa kelapa. Sagon bakar bisa kamu jadikan cemilan sembari berkeliling kota Sukabumi atau bisa juga kamu bawa pulang sebagai oleh oleh khas Sukabumi.

Pisang Coklat Cakra

pisang_coklat_cakra
Instagram by @sheftyaniajwah

Makanan khas Sukabumi bahan dasar pisang yang satu ini dibuat dari pisang dan coklat yang dibalut dengan kulit lumpia. Berbentuk pipih dan memanjang. Saat makan pisang coklat cakra ini, kamu akan merasakan gurihnya kulit lumpia berpadu dengan manisnya coklat yang lumer di mulut. Pisang coklat cakra ini sudah dikemas dengan cantik sehingga cocok juga bila akan dijadikan oleh oleh.

Pepes Ikan

pepes_ikan
Instagram by @dhilasina

Pepes ikan enak di Sukabumi adanya di Pepes Ikan Mas Ibu Tatty yang terletak di Jalan Gotong Rotong, Villa Ibu Tatty, Tegalpari Nomor 64, Sukabumi. Menu andalannya adalah pepes ikan mas duri lunak. Sesuai dengan namanya, duri dari ikan mas ini lunak dan bisa dimakan sehingga kamu tidak akan ribet. Kemasannya juga unik dan menarik. Pas juga dijadikan oleh oleh khas Sukabumi atau langsung kamu santap di tempat.

Ciuk

ciuk_sukabumi
ciuk_sukabumi

Makanan ringan khas Sukabumi bernama ciuk ini banyak disajikan saat bulan Puasa. Berbahan dasar tepung sagu atau aci dan bawang menjadikan ciuk ini bercita rasa gurih. Disajikan dengan tambahan siraman bubur kacang tanah atau dikenal dengan sebutan suuk. Sepotong ciuk hanya diberi harga seribu rupiah saja. Biasanya ciuk dijual sepaket dengan dua buah gorengan kroket.

Deblo

deblo_sukabumi
Instagram by @yenysurya

Kudapan ini memang sekarang sulit untuk didapatkan seiring dengan perkembangan jaman. Deblo dibuat dari singkong yang diberi bumbu berupa bawang putih, kunyit, daun bawang, garam, dan juga merica kemudian ditumbuk hingga halus dan digoreng hingga kering. Rasanya campuran antara gurih dan asin.

Sate Aci

sate_aci
Instagram by @anahmaya

Terbuat dari tepung kanji atau aci yang ditusuk dengan batang lidi kemudian disiram dengan bumbu kacang membuat sate aci ini mudah untuk dibuat sendiri dirumah. Aci sebelumnya diolah terlebih dulu dengan dicampur penyedap rasa dan air. Aduk diatas kompor dengan api yang kecil jangan sampai adonan menggumpal ya. Setelah mendidik, tuangkan aci ke dalam cetakan, tunggu hingga dingin kemudian potong potong dan siram dengan bumbu kacang.

Pokoknya sajian kuliner khas Sukabumi di atas jangan sampai kamu lewatkan ya karena pasti kamu akan menyesal jika tidak mencobanya barang satu jenis saja. Tidak usah khawatir akan kesusahan menemukannya, karena hampir sebagian jenis kuliner tersebut masih mudah untuk ditemui di seantero Sukabumi. Jangan lupa bawakan juga sanak saudara dan teman teman kamu yang belum sempat berkunjung atau mampir ke Sukabumi dengan oleh oleh khas Sukabumi. Sekian tambahan informasi dari tempatwisataindonesia.id dan semoga dapat menambah wawasan kamu tentang makanan khas Sukabumi serta kekayaan kuliner Indonesia ya. Terimakasih!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */