Surganya Wisata Indonesia

49 Daftar Minuman dan Makanan Khas Solo Jawa Tengah

0

Makanan Khas Solo – Setiap daerah sebagai destinasi wisata pasti mempunyai aneka kuliner dan oleh-oleh yang khas. Begitu juga dengan wisata solo, kota kecil yang masuk dalam wilayah propinsi Jawa Tengah. Kota yang kaya akan ragam seni budaya batiknya ini mempunyai banyak sekali sajian makanan khas solo yang tidak kalah menarik dengan daerah lain. Berikut kami sajikan ulasan mengenai daftar kuliner khas solo yang wajib kamu coba.

Nasi Liwet

Nasi_liwet
by Instagram @ompapi

Makanan solo yang terkenal ini sekilas tampak sama dengan nasi pada umumnya, yang membuat istimewa adalah nasinya yang gurih karena dimasak dengan santan. Seporsi nasi liwet solo dihargai mulai dari 8000 rupiah saja. Murah kan?

Selat Solo

selat_solo
by Instagram @lutfiana.maryetin

Makanan khas kota solo ini memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan serta sehat karena terdiri dari campuran daging dan sayuran segar serta kentang yang disiram dengan kuah manis berbumbu khusus. Pas dengan lidah orang Indonesia deh.

Tengkleng

tengkleng
by Instagram @jogjabikinlaper

Tengkleng sebagai makanan khas solo malam hari memang pas menemani makan malam kamu. Berbahan utama daging kambing yang dibumbui mirip dengan gulai kambing. Kuahnya encer dan penyajiannya unik karena antara tulang dan daging disajikan dalam satu wadah.

Timlo

timlo
by Instagram @shabrina_aulia

Makanan khas daerah solo yang satu ini mungkin terdengar asing ditelinga kamu. Namun, jika kamu sudah mencicipi sajian kuliner khas solo timlo yang berisi kembang tahu, telur, dan daging ayam atau sapi ini, pasti kamu akan ketagihan. Timlo lebih lezat disantap jika dalam keadaan masih hangat lho.

Wedangan

wedangan_solo
by Instagram @dyahkiranakusumo

Wedangan sangat cocok untuk anda yang suka begadang. Tempat makan layaknya angkringan ini akan memuaskan rasa penasaranmu dengan beragam sajian dengan harga murah, mulai dari sate kikil, kerang, telur, puyuh, ati ampela, aneka macam gorengan dan baceman serta beragam jenis minuman.

Gudeg Ceker

gudeg_ceker
by Instagram @ekasarimaryono

Gudeg Ceker ini terdiri dari nangka muda, krecek, telur, daging ayam dan ceker ayam (kaki ayam). Salah satu penjual makanan yang terkenal di solo terdapat di trotoar Margoyudan dekat SMA N 1 Solo, dekat stasiun solo balapan. Tempat tersebut buka dari jam 1 dini hari sampai dengan jam 5 pagi.

Pecel

pecel
by Instagram @voilajogja

Makanan tradisional solo ini bisa kamu temui juga di luar kota solo. Pecel merupakan sajian makanan yang terdiri dari beragam sayuran seperti bayam, nikir, bunga turi, kacang panjang, dan jantung pisang yang disiram dengan saus sambal kacang.

Sate Buntel

sate_buntel
by Instagram @thoryc.id

Sate Buntel terbuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing untuk kemudian dibakar. Arti kata buntel dalam bahasa jawa adalah bungkus.

Sate Kere

sate_kere
by Instagram @tikasturi

Makanan khas solo ini bukan berarti sate miskin ya. Dinamakan sate kere karena dijual dengan harga yang murah. Sate kere terbuat dari potongan tempe gembus yang ditusuk dengan tusuk sate kemudian dibakar di atas arang. Sebelum disajikan, sate kere yang telah matang disiram dengan bumbu bacem yang lezat.

Bakso Titoti

bakso_titoti
by Instagram @rizkavalentine

Bakso titoti membuka cabang di berbagai daerah di kota solo. Salah satu best sellernya adalah bakso urat yang dimasak dengan bumbu khusus. Rasanya lezat dan patut dicoba!

Tahu Kupat

tahu_kupat
by Instagram @devililian

Tahu Kupat ini juga banyak kamu temui di luar kota solo. Terdiri dari ketupat, mie basah, tauge, tahu goreng, bakwan goreng, dan taburan kacang goreng kemudan disajikan dengan bumbu kecap manis encer ditambah bawang goreng.

Srabi Notosuman

srabi_notosuman
by Instagram @surakartaculinary

Oleh oleh makanan khas Solo Jawa Tengah ini sebenarnya semacam pancake berbahan adonan dari tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandan yang dimasak dalam satu cetakan wajan kecil kemudian ditutup dengan tutup dari tanah liat supaya mengembang. Kamu bisa membeli srabi notosuman di Jalan Moh. Yamin, Notosuman.

Kunjungi :  40 Minuman Makanan Khas Magelang Jawa Tengah yang Paling Populer

Sosis Solo

sosis_solo
by Instagram @ayudiahrespatih

Makanan ringan khas Solo Jawa Tengah ini terbuat dari daging sapi atau ayam giling yang dibungkus dengan telur dadar. Ada dua jenis sosis solo, yaitu sosis solo basah yang dikukus dan sosis solo kering yang digoreng. Keduanya sama-sama enak dan cocok dijadikan makanan suguhan kepada tamu yang datang kerumah.

Soto Gading

soto_gading
by Instagram @tendyxandro

Nasi dengan bihun ditambah suwiran daging ayam disiram kuah bening beraroma rempah ini dinamakan soto gading. Soto gading menjadi makanan khas daerah solo yang patut anda santap ketika sarapan. Warung soto gading terletak di Jalan Brigjen Sudiarto Nomor 75, Pasar Kliwon dan menjadi langganan bagi para pejabat negara yang sedang berkunjung ke solo.

Sambal Tumpang Pecel

sambal_tumpang
by Instagram @doni_dce

Sambal Tumpang Pecel ini dijual di warung bu kis. Cita rasa gurih, manis, dan sedikit pedas membuat sambal ini cocok disantap dengan nasi hangat plus bayam segar dan tauge. Warung pecel bu kis buka dari jam 7 pagi hingga jam 2 siang beralamat di belakang Pengadilan Negeri Solo.

Cambuk Rambak

cambuk_rambak
by Instagram @lyessany

Makanan dari solo ini cocok juga dijadikan cemilan ketika sarapan, makan siang, maupun makan malam. Cambuk rambak disajikan dengan pincuk semacam wadah yang terbuat dari daun pisang. Cambuk rambak bisa kamu temui ketika pagi hari di sekitar Stadion Manahan Solo.

Tahok Pak Citro Pasar Gede

tahok
by Instagram @ingsunvq

Berasal dari Cina, makanan khas solo ini berbahan dasar kacang kedelai yang dihaluskan. Tahok tidak jauh berbeda dengan tahu putih. Tahok disajikan dengan kuah yang berasal dari campuran gula jawa dan rempah-rempah. Tahok ini dapat menghangatkan tubuh juga lho ketika disantap.

Es Gempol Pleret

esgempolpleret
by Instagram @dewiik_twd

Minuman ini pas menemani istirahat siangmu sembari melepas dahaga. Es yang sangat digemari oleh warga lokal ini tidak ada salahnya kamu coba ketika berada di solo.

Es Dawet Telasih

esdawet_telasih
by Instagram @tity_batik

Minuman khas dari solo ini dapat kamu temui di Pasar Gede. Ketika cuaca sedang terik, kamu bisa berjalan ke warung es dawet bu dermi untuk menyantap satu mangkuk kecil es dawet telasih yang menyegarkan. Harganya murah, hanya 5000 rupiah saja. Selain segar juga mengenyangkan.

Pecel Ndeso Solo

pecel_ndeso_solo
by Instagram @pristian_2322

Pecel ndeso  memiliki keunikan tersendiri karena disajikan dengan nasi merah. Kamu bisa mencobanya di Jalan Dr. Supomo Nomor 55 tepatnya di Pasar Mbeling.

Sup Matahari

sup_matahari
by Instagram @almazyy

Satu lagi makanan khas solo yang terkenal, yaitu sup matahari. Sup matahari ini berisi galantin ayam yang dicampur dengan berbagai macam jamur serta wortel kemudian dibungkus telur dadar. Galantin akan disajikan di piring dengan kuah panas, seketika bungkus telur tadi akan terbuka mekar seperti bunga.

Mie Gajah Mas

mie_gajah_mas
by Instagram @galih_putri

Mie yang satu ini berada di Suryopranoto Nomor 1, depan Pasar Gede. Keunikan dari mie gajah mas ini adalah pilihan mie yang berwarna-warni berasal dari pewarna alami sayuran. Sajian ini selain enak, tentunya juga sehat.

Bestik

bestik
by Instagram @prabudajoen

Bestik hampir mirip dengan selat solo, hanya saja isian dalam satu porsinya lebih beragam terdiri dari daging atau potongan lidah sapi, kentang, wortel, daun selada, tomat, acar timun, ditambah dengan mayonaise khas solo yang dikenal dengan moster.

Susu Shi Jak

susu_shijack
by Instagram @javafoodie

Minuman khas solo malam hari ini cocok dijadikan teman nongkrong. Ada banyak sekali cabang dari warung susu shi jack ini di seantero kota solo. Buka mulai sore hari seringkali menjadi salah satu tempat tujuan warga solo untuk sekedar nongkrong sembari menikmati segelas susu sapi segar yang menyehatkan dengan berbagai varian rasa.

Kunjungi :  25 Makanan Khas Kota Batam Riau yang Tidak Boleh Terlewatkan

Soto Seger Mbok Giyem

soto_seger_mbokgiyem
by Instagram @thenekatchef

Soto yang satu ini menjadi favorit baik warga lokal maupun pengunjung karena mempunyai rasa yang sangat lezat. Soto seger mbok giyem berisi potongan daging, tauge, daun selederi serta bawang goreng yang disiram dengan kuah bening. Rasanya gurih dan segar. Jangan lupa tambahkan kecap, sambal, dan sedikit perasan jeruk nipis ketika menyantapnya.

Torpedu Yu Rebi

torpedu_yu_rebi
by Instagram @nunuwdyk

Makanan ini terdengar cukup ekstrim bukan? Ya Torpedo disini bukan senjata, melainkan jeroan sapi atau kambing yang berkhasiat menambah vitalitas bagi pria dewasa. Bagi kamu yang ingin mencoba, datang saja ke belakang stadion sriwedari tempat warung sate yu rebi berada.

Es krim Tentrem

eskrim_tentrem
by Instagram @ika_april12

Makanan khas kota solo yang legendaris ini berdiri sejak tahun 1952 dan terletak di Jalan Urip Sumoharjo. Menu yang disajikan adalah aneka macam es krim rumahan alias home made dengan cita rasa warisan leluhur yang sangat menggoda. Beberapa sajian es krim disini juga dicampur dengan rum.

Lenjongan

lenjongan
by Instagram @shushieshafira

Makanan ringan khas Solo ini sebenarnya merupakan pangan yang terdiri dari berbagai jenis jajanan pasar. Isinya adalah tiwul, ketan hitam dan putih, gethuk, cenil, dan juga klepon yang dibungkus menggunakan daun pisang.

Solo Prabu

solo_prabu
by Instagram @butikmykebaya

 

Makanan khas solo untuk oleh-oleh yang baru launching bulan Juni lalu ini dimiliki oleh Febri Utomo atlet basket dari Solo. Solo prabu merupakan kue berbentuk bulat, ada pastry dibagian atas dan soft cake dibagian bawahnya yang dijual dengan varian rasa yang beragam. Jajanan kekinian yang recommended nih.

Intip

intip_solo
by Instagram @rilyulil

Resep makanan khas solo intip dapat dengan mudah kamu temukan di mesin pencarian google. Makanan yang terbuat dari kerak nasi tersebut mempunyai rasa gurih asin dan renyah. Intip cocok juga dijadikan oleh-oleh khas solo dengan harga yang murah sekitar 5000 hingga 10.000 saja per bungkus.

Rengginang

rengginang
by Instagram @snackcemilan5213

Makanan kering khas solo bertekstur renyah dan gurih ini mirip dengan intip. Proses pengeringannya pun sama dengan intip dengan memanfaatkan cahaya matahari. Bedanya, rengginang terbuat dari ketan yang ditanak setengah matang.

Ampyang

ampyang
by Instagram @ryan_gandhy

Selain makanan intip khas solo, ada juga ampyang yang merupakan gula kacang. Makanan tradisional ini berkomposisi kacang, gula merah, dan jahe. Rasanya manis dan legit.

Roti Kecik Ganep

roti_kecik_ganep
by Instagram @rotiganep_tradisisolo

Oleh oleh Solo Jawa Tengah ini merupakan roti yang diolah menggunakan tepung ketan. Rasanya manis dan gurih serta mampu bertahan lama, cocok dijadikan oleh-oleh setelah berkunjung ke solo.

Abon Mesran Solo

abon_mesran_solo
by Instagram @liaa_san

Abon Mesran merupakan makanan kering khas solo yang terbuat dari olahan daging ayam atau sapi ini rasanya cenderung manis, pas dimakan dengan sepiring nasi hangat.

Rambak Petis

rambak_petis
by Instagram @wewentweshare

Rambak Petis ini berbahan dasar kulit sapi atau kerbau yang digoreng sampai kering. Rambak petis biasanya dimakan dengan cara dicocol dengan petis. Rasakan sensasi gurih dan pedas saat menyantapnya.

Brem Solo

brem_solo
by Instagram @snack_foodies

Brem Solo ini terbuat dari olahan ragi air tape. Rasanya masam, dingin, dan lumer di mulut. Brem solo dapat kamu temukan di setiap sudut kota solo.

Serbat Jahe

serbat_jahe
by Instagram @luthfiahandayani

Serbat Jahe ini pembuatannya dari kering kentang yang dibumbui dengan rempah-rempah ini begitu nikmat disajikan sebagai pelengkap makanan. Serbat jahe banyak dijual di toko oleh-oleh yang ada di kota solo.

Kunjungi :  44 Makanan Khas Bali yang Unik dan Menggoda untuk Dicoba

Srundeng

srundeng
by Instagram @save.our.tummy

Srundeng ini bisa dibuat dari parutan buah kelapa dan juga bisa dibuat dari daging yang disuwir sangat halus. Srundeng daging mempunyai tekstur mirip abon, namun tetap memiliki rasa yang berbeda. Srundeng cenderung lebih basah dibandingkan dengan abon.

Mata Maling

mata_maling
by Instagram @onet_76

Makanan ringan khas Solo Jawa Tengah mata maling merupakan camilan yang terbuat dari kulit mlinjo. Kulit mlinjo digoreng dengan terlebih dahulu dicampur bumbu rempah, gula, dan cabai. Rasanya gurih, manis, dan pedas.

Balung Kethek

balung_kethek
by Instagram @budhi_98

Makanan khas solo untuk oleh-oleh ini memiliki arti tulang monyet. Padahal balung kethek ini mirip dengan keripik singkong balado, hanya saja lebih tebal.

Karang Gesing

karanggesing
by Instagram @yunitapuspanitnot

Karang gesing merupakan makanan tradisional khas solo yang pengolahannya dengan pisang dikukus kemudian dicampur dengan santan dan gula. Rasa gurih dan manis akan terasa dalam sekali gigit karang gesing yang dibungkus dengan daun pisang ini.

Klengkam

klengkam
by Instagram @sambel_kampung

Makanan khas solo yang satu ini terbuat dari kentang goreng yang diberi bumbu rempah. Klengkam cocok dijadikan cemilan maupun pelengkap makanan pokok kamu.

Kue Mandarin

kue_mandarin
by Instagram @irisbyms

Kue Mandarin merupakan oleh-oleh khas yang ada di solo yang tahan lama beberapa hari. Teksturnya lembut dan beraroma wangi mirip dengan roti lapis. Makanan khas dari solo ini bisa dibeli di Toko Roti Orion yang berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo Nomor 80. Jam buka toko orion dari pukul 07.30 sampai dengan 20.00 WIB.

Dongo

wedang_dongo
by Instagram @karinatheresia

Dongo hampir mirip dengan wedang ronde, hanya saja rondenya lebih besar dan jumlahnya lebih sedikit. Bahan utama dongo ini adalah air jahe dan ronde. Konon katanya dongo ini dahulu merupakan minuman khusus keluarga kerajaan.

Aneka Wedang, Wedang Ronde, Wedang Uwuh, Wedang Asle

wedang_uwuh
by Instagram @isnasutanto

Minuman khas solo malam hari yang patut kamu coba adalah aneka wedangan. Wedang ronde terdiri dari rebusan jahe yang disiram air panas ditambah sedikit gula jawa. Isinya ada kacang tanah, kolang kaling dan bulatan kenyal berisi tumbukan kacang wijen. Wedangan yang kedua adalah wedang uwuh, yaitu minuman yang terbuat dari daun cengkeh kering, daun kayu manis kering, gula batu, butir cengkeh, dan jahe kering. Sedangkan wedang asle terdiri dari santan panas yang diberi beras ketan, ditambah agar-agar dan roti tawar sebagai pelengkap. Paduan yang pas di malam hari.

Beras Kencur

beras_kencur
by Instagram @riztimedisa

Makanan dan minuman khas solo jawa tengah yang satu ini lebih dikenal sebagai jamu. Minuman ini sudah mulai punah seiring dengan perkembangan jaman. Selain sebagai jamu, minuman ini juga cocok disajikan dengan es batu.

Es Potjong

espotjong
by Instagram @septiannitasari

Es Potjong terbuat dari bubur dicampur sirup dan mochi, creamer plus topping beraneka ragam. Dan dapat kamu temukan minuman yang satu ini di kawasan sriwedari city walk slamet riyadi.

Es Dawet Jeruk Nipis

es_dawet_jeruk_nipis
by Instagram @yukke_dazhuna

Minuman khas daerah solo menyegarkan yang terakhir adalah es dawet jeruk nipis. Warnanya merah dengan rasa asam manis berasal dari perasan jeruk nipis yang dicampur dengan bubuk ketan merah.

Solo Pluffy

solo_pluffy_enak
by Instagram @solopluffy

Solo Pluffy dimiliki oleh artis cantik jessica mila. Layaknya kue kekinian lainnya solo pluffy merupakan roti yang bertekstur lembut hampir mirip dengan brownies. Solo pluffy dapat kamu dapatkan di outletnya langsung yang teletak di Jalan Ronggowarsito nomor 145.

Demikian sedikit ulasan dari kami mengenai makanan khas solo. Bagi kamu yang sedang berkunjung ke kota solo, silahkan mampir ke ulasan mengenai oleh-oleh khas Solo Jawa Tengah dan wisata kuliner solo.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */