Surganya Wisata Indonesia

45 Minuman dan Makanan Khas Semarang Jawa Tengah

0

Makanan Khas Semarang – Siapa bilang Semarang hanya terkenal akan kawasan industrinya? buktinya Semarang punya beragam makanan dan minuman yang menggugah selera. Soal harga, tentunya ada rasa ada harga dong, tapi jangan takut karena kebanyakan makanan disini bersahabat dengan dompet alias murah. Disini, kami punya list makanan khas Semarang yang wajib banget kamu coba apabila sedang berkunjung ke Semarang. Ingin tahu selengkapnya? Cek dulu ulasan dibawah ini!

Lumpia Semarang

Lumpia_semarang
by Instagram @all_abouttastes

Makanan khas Semarang yang terkenal ini ada dua jenis, yaitu basah dan kering. Lumpia Semarang mempunyai kekhasan tersendiri karena berisi perpaduan rebung muda, udang, dan telur ditambah dengan saus serta daun bawang segar. Warung lumpia tertua di Semarang berada di gang lombok nomor 11.

Rumah Makan Asem-asem Koh Liem

rumahmakanasemkohliem
by Instagram @janti_villa_putih_bandung

Tempat makan enak di Semarang ini mempunyai menu andalan yang diberi nama asem-asem. Sesuai namanya, asem-asem berisi daging sapi yang dipotong kotak-kotak dicampur dalam semangkuk kuah manis asam.

Mie Siang Kie

miesiangkie
by Instagram @indonesianfoodphoto

Makanan khas kota Semarang selanjutnya adalah mie siang kie yang merupakan olahan mie pangsit yang diberi topping ayam suwir, kuah kaldu, sawi rebus, dan sebagai pelengkap kerupuk pangsit berisi daging babi. Mie siang kie ini dapat kamu dapatkan di gang lombok, Semarang.

Rumah Makan Kampung Laut

rumahmakankampunglaut
by Instagram @kampunglaut

Rumah makan kampung laut menyediakan makanan khas di Semarang berupa olahan seafood dan beraneka ragam menu lainnya, seperti olahan ayam dan juga iga sapi. Suasana romantis akan disajikan oleh rumah makan ini ketika kamu datang disore atau malam hari.

Soto Bangkong

soto_bangkong_semarang
by Instagram @agung.praptapa

Soto bangkong sebagai katanya sudah ada sejak tahun 1950-an. Sajian soto bangkong yang legendaris ini terdiri dari bihun, irisan bawang, kuah, ayam suwir, dan tidak lupa ditaburi bawang goreng. Ingin mencoba? Datang saja ke jalan setiabudi nomor 229, Semarang.

Pisang Plenet

pisang_plenet
by Instagram @radjagowphal

Makanan ringan khas Semarang ini dapat kamu temukan di sekitar jalan gajah mada, Semarang dengan harga 6000 rupiah saja. Pisang plenet yang berarti pisang penyet atau pisang yang ditekan ini mempunyai rasa manis dan disajikan seperti sandwich karena ditangkupkan satu sama lainnya. Recommended!

Restoran Pesta Keboen

restoranpestakeboen
by Instagram @pestakeboen

Restoran ini menyediakan menu makanan khas kota Semarang yang cukup variatif. Restoran dengan konsep tema tempoe doeloe ini siap dijadikan tempat nostalgia untuk mengenang kenangan manismu. Ornamen uniknya menambah kesan vintage. Penasaran? Datang saja ke jalan veteran nomor 29, Semarang sebagai alamat dari restoran pesta keboen ini.

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

gule_kambing_bustaman_paksabar
by Instagram @timotyyoewana

Makanan ini terletak di kawasan kota tua, Semarang. Menu andalannya adalah olahan daging kambing yang disiram kuah gulai. Meskipun tempatnya masih berupa tenda, namun rasanya tidak kalah dengan restoran di hotel bintang lima.

Bebek Goreng Pak Thori

bebekgoreng_pak_thori
by Instagram @nurinalistyani

Makanan berikutnya berasal dari jalan raya gunung pati km. 15, Semarang. Apasih yang membedakan kuliner ini dengan bebek goreng lainnya? Daripada penasaran, mending kamu cobain langsung bebek goreng pak thori yang cukup terkenal ini dan rasakan sensasi cita rasa gurih, garing, dan lezatnya menjadi satu.

Angkringan Gaul Ampiran 3

angkringan_gaul_ampiran3
by Instagram @jktfooddestination

Di Semarang, ada juga tempat makan yang diperuntukkan untuk anak muda lho. Ya, angkringan gaul ampiran 3 ini kebanyakan pengunjungnya adalah anak muda. Menu makanan yang disajikan pun beragam. Angkringan ini terletak di jalan durian raya nomor 29C, banyumanik, Semarang.

Bakmi Jawa Pak Gareng

bakmi_jawa_pak_gareng
by Instagram @cintiaretno

Kudapan sangat cocok disantap pada malam hari bersama segelas teh hangat. Ada dua macam variasi mie yang menjadi primadona di warung bakmi jawa pak gareng ini, yaitu bakmi berkuah dan bakmi goreng.

Kunjungi :  22 Makanan Khas Cianjur Menarik, Populer dan Paling Dicari Wisatawan

Waroeng Semawis

waroeng_semawis
by Instagram @puspitop

Tempat yang menjual makanan ringan khas Semarang ini hanya buka pada malam hari dan hanya ada di hari-hari tertentu seperti jumat, sabtu, dan minggu. Disini kamu bisa mencicipi kuliner oriental hingga nusantara. Tertarik? Search saja di google maps pasar malam semawis yang akan menuntun kamu ke waroeng semawis.

Kue Leker Paimo

kue_leker_paimo
by Instagram @yuliusprabowo

Selain lumpia, makanan kering khas Semarang ini juga cukup fenomenal. Kue leker paimo cocok disajikan saat kamu sedang asyik nongkrong bersama sahabat. Kue ini berbentuk seperti martabak namun krispi dan mempunyai varian rasa yang beragam, seperti rasa coklat, keju, pisang, bahkan rasa pedas juga ada.

Tahu Gimbal

tahu_gimbal
by Instagram @javafoodie

Tahu gimbal yang merupakan makanan khas Semarang di simpang lima terdiri dari campuran irisan lontong, sayur kol, telur yang digoreng bersama potongan tahu, tauge serta ditambah taburan bawang goreng dan kerupuk. Rasanya sungguh lezat!

Soto Pak No Kuah Kuning

soto_pakno_semarang
by Instagram @enchanted.traveler

Soto ini cukup berbeda dengan soto biasa lainnya karena campuran bumbu rempah tradisional yang terpilih. Warung soto pak no ini buka setiap hari di kawasan jalan sukun nomor 4, banyumanik dan di jalan MH. Thamrin nomor 28, Semarang.

Nasi Kucing Pak Gik

nasi_kucing_enak
by Instagram @dewi.n.dewi

Satu lagi warung yang menjual makanan khas Semarang dan tidak pernah sepi pengunjung, yaitu nasi kucing pak gik. Harganya yang murah dan rasanya yang lezat membuat pengunjungnya betah berlama-lama menyantap masakan tersebut. Nasi kucing ini terletak di jalan wotgandul atau kali Semarang, buka jam 9 malam sampai jam 4 dini hari.

Tahu Pong

tahupong
by Instagram @fransiskafs

Oleh oleh makanan khas Semarang yang menjadi favorit salah satunya adalah tahu pong. Tahu pong enak dinikmati dengan dicocol petis udang yang encer ditambah acar dan cabai hijau yang ditumbuk kasar.

Mie Kopyok

miekopyok
by Instagram @danangnhartono

Mie ini cocok disantap pada siang hari karena rasanya segar. Mie kopyok termasuk dalam kuliner legendaris di Semarang. Mie kopyok terdiri dari campuran mie, lontong, tahu, tauge yang disiram kuah lezat nan gurih.

Tahu Baxo

tahu_baxo
by Instagram @ontajawa

Selain tahu pong, ada juga makanan oleh oleh khas Semarang tahu baxo. Tahu baxo ini memiliki tampilan berwarna coklat tebal yang tengahnya berisi adonan bakso sapi lezat. Tahu baxo dapat dinikmati langsung ditempat penjualnya dengan cara digoreng atau bisa juga dijadikan oleh-oleh untuk sanak keluarga setelah berkunjung ke Semarang.

Bandeng Presto Juwana

bandeng_presto_juwana
by Instagram @komunitassemarangsetara

Oleh oleh makanan khas Semarang lainnya adalah bandeng presto juwana. Durinya yang lunak dan di proses dari ikan bandeng pilihan menghasilkan produk olahan yang istimewa. Datang saja ke jalan pandanaran nomor 57, Semarang jika ingin membeli sekotak bandeng presto juwana.

Babat Gongso

babat_gongso
by Instagram @dapur_mamaalba

Babat gongso merupakan makanan tradisional khas Semarang yang wajib untuk dicoba. Babat gongso adalah potongan babat dan jeroan yang dimasak dengan bumbu kecap kental. Jika ingin mencobanya silahkan datang ke jalan pemuda (samping jembatan mberok), Semarang warung nasi goreng babat pak karmin.

Nasi Ayam Semarang

nasi_ayam_semarang
by Instagram @distikumala

Makanan ini sekilas mirip dengan nasi liwet solo. Nasi ayam berisi nasi putih gurih yang dimasak dengan santan dicampur dengan suwiran daging ayam, sambal goreng labu siam, krecek, tahu bacem atau tahu putih, dan telur pindang. Tidak lupa guyuran santan menambah cita rasa gurih pada nasi ayam ini.

Kunjungi :  49 Daftar Minuman dan Makanan Khas Solo Jawa Tengah

Es Conglik

esconglik
by Instagram @alfinpep

Tidak lengkap ke Semarang jika belum mencoba minuman khas Semarang jawa tengah, yaitu es conglik. Minuman pelepas dahaga ini dapat anda temui di samping Hotel Citraland. Rasanya yang manis dan segar serta harganya murah ini juga dijamin tanpa bahan pengawet.

Wingko Babat

wingko_babat
by Instagram @silviasimbolon

Jajanan makanan tradisional khas Semarang selanjutnya adalah wingko babat yang terbuat dari ulenan beras ketan dan kelapa yang dibakar. Rasanya gurih dan tersedia dalam berbagai varian rasa. Wingko babat ini sangat cocok dijadikan buah tangan bagi anda yang baru saja berkunjung ke Semarang.

Roti Ganjel Rel

roti_ganjel_rel
by Instagram @daliessiangadi123

Makanan khas Semarang ganjel rel ini mirip dengan roti gambang. Teksturnya padat dan sedikit alot. Bentuknya juga mirip dengan bantalan rel kereta api. Roti ini biasanya dijadikan sajian wajib dalam acara pawai sebelum bulan puasa tiba. Roti ganjel rel saat ini sudah mulai susah ditemui.

Soto Kudus Mbak Lin

soto_kudus_mbaklin
by Instagram @hobimakanenak

Perbedaan soto kudu ini dengan soto Semarang adalah kuahnya yang lebih keruh kekuningan serta penyajiannya yang diletakkan di mangkok kecil dari tanah liat.

Kedai Beringin

kedai_beringin
by Instagram @setiawati.henny

Jika anda ingin mencicipi makanan khas daerah Semarang, datang saja ke kedai beringin. Selain berkonsep kekeluargaan, kedai ini juga cocok untuk dijadikan tempat nongkrong sembari mencicipi cita rasa kuliner Semarang.

Gulai Kepala Ikan

gulai_kepala_ikan
by Instagram @sikdiprawiro

Makanan khas dari Semarang ini dimasak dengan beragam campuran bumbu rempah hingga rasanya menjadi sangat lezat dan segar. Aroma amis dari ikan pun sama sekali tidak tercium. Gulai kepala ikan ini bisa kamu dapatkan di warung pak untung spesialis masakan gulai kepala ikan di jalan siwalan nomor 1, Semarang.

Toko Oen

toko_oen
by Instagram @andykuncoro

Di toko oen ini kamu bisa menemukan berbagai macam es krim lezat dengan harga terjangkau. Kelezatannya berasal dari resep yang diwariskan secara turun temurun. Toko oen ini awalnya didirikan di yogyakarta dan malang, hingga kini ada juga di Semarang.

Mocha (Moaci Gemini)

moaci_gemini
by Instagram @e_ndro

Makanan oleh oleh khas Semarang ini cukup unik karena terbuat dari adonan tepung ketan berisi gula dan kacang yang ditumbuk kasar dan dibagian luar ditaburi wijen. Teksturnya kenyal dan legit. Ketahanan moaci ini hanya sekitar satu minggu saja sehingga harus segera dihabiskan.

Brillian Super Cake

Istana_brilian
by Instagram @istanabrilian

Makanan khas Semarang yang tahan lama ini menggunakan resep kuno warisan turun temurun sehingga rasa aslinya tetap terjaga. Varian rasnaya pun beragam sehingga cocok dijadikan oleh-oleh bagi keluarga. Kemasannya yang sudah modern pun menunjukkan bahwa tingkat higienitasnya tinggi. kamu bisa mendapatkannya di istana brilian jalan simpang lima, Semarang.

Warung Makan Gudeg & Opor Mbak Tum

Gudeg_Mbak_Tum
by Instagram @omynaomy

Gudeg dan opor Mbak Tum ini dapat kamu temui di jalan MT Haryono, Semarang. Menu favorit pengunjung adalah nasi koyor, yaitu nasi dicampur koyor yang merupakan bagian otot sapi yang telah dimasak dengan sambal goreng dan kuah gurih.

Nasi Goreng Babat Pak Hengky

nasi_goreng_babat
by Instagram @dianashop2211

Nasi goreng ini merupakan favorit warga Semarang karena rasanya yang lezat. Berlokasi di jalan pujasera puri anjasmoro, blok K, Semarang barat, warung pak hengky ini tidak pernah sepi pengunjung, apalagi ketika weekend tiba.

Nasi Pecel Mbok Sador

nasipecelmboksador
by Instagram @dr_iyas

Makanan khas Semarang di simpang lima ini recommended banget karena menyajikan nasi pecel yang dicampur dengan daun singkong, daun pepaya, kenikir, bayam, kacang panjang, dan juga tauge yang disiram sambal kacang. Tidak lupa ditambah dengan rempeyek kacang, rempeyek teri, dan kerupung gendar.

Kunjungi :  45 Daftar Makanan Khas Bogor Jawa Barat yang Paling Terkenal

Nasi Ayam Bu Wido

nasi_ayam_bu_wido
by Instagram @reginaandhiwinata

Nasi ayam Bu Widu menjadi makanan alternatif selain makanan khas Semarang lumpia, teksturnya yang mirip nasi liwet solo menjadikan nasi ayam bu wido memiliki rasa gurih. Uniknya, nasi ayam ini disajikan beralaskan daun pisang.

Nasi Kebuli Djawas

nasi_kebuli_djawas
by Instagram @siska_boo

Makanan khas Semarang yang satu ini enak dan populer. Berlokasi di jalan gatot subroto nomor 102, uangaran, kamu bisa menyantap seporsi nasi kebuli djawas ala timur tengah sambil menikmati hembusan angin Semarang yang sejuk.

Lontong Spekkoek Waiki

spekkoek
by Instagram @tamarachloe

Selain moaci, oleh oleh Semarang yang harus dicoba adalah lontong spekkoek waiki. Lontong yang satu ini merupakan kue lapis legit, berbeda dengan lontong beras yang dibungkus daun pisang. Spekkoek waiki ini dapat anda beli di Jalan Senjoyo 2 Nomor 1, Semarang.

Tumpi

tumpi_enak_semarang
by Instagram @tumpi.awesome

Minuman khas Semarang jawa tengah tumpi ini mempunyai tampilan seperti rempeyek bertopping kacang hijau. Rasanya gurih dan renyah.

Kue Sarang Madu

kue_sarang_madu
by Instagram @meitriwilda

Makanan kering khas Semarang ini dibuat dari tepung beras, santan, dan gula. Bentuknya serupa ranting bambu dan tidak lupa dioles gula merah di bagian atasnya. Rasanya manis dan gurih.

Torakur

torakur
by Instagram @camatbarokah

Makanan ini dipelopori oleh ibu sri ngestiwati. Torakur sekilas mirip kurma, padahal torakur ini adalah manisan yang terbuat dari tomat kering. Torakur merupakan singkatan dari tomat rasa kurma. Menarik ya?

Wedang Tahu

wedang_tahu
by Instagram @atinwa72

Wedang tahu termasuk minuman khas Semarang Jateng yang terbuat dari susu kedelai dicampur dengan agar-agar sehingga menjadi kembang tahu. Kuahnya berasal dari jahe yang dicampur dengan gula merah, gula putih dan rempah-rempah. Minuman ini berkhasiat melegakan tenggorokan dan mengobati masuk angin. Jika kamu berkunjung ke waroeng semawis, maka kamu akan menemukan minuman satu ini.

Bakso Kakap Pak Wahid

bakso_kakap_semarang
by Instagram @ruthluhukay

Bakso kakap ini dapat anda temukan di beberapa cabang di kota Semarang. Satu porsi berisi bakso kakap goreng, bakso kakap goreng isi tahu, serta bakso kukus ditambah kuah segar hanya dibanderol harga 14 ribu rupiah saja. Cukup murah bukan?

Sate Kalak By Grill On

sate_kalak_by_grillon
by Instagram @grillonresto

Makanan khas di Semarang sate kalak ini adalah sate ayam yang diberi bumbu kalak. Bumbu kalak merupakan bumbu yang diolah dengan resep turun temurun berasal dari bumbu jawa yang dipadukan dengan santan. Rasanya legit dan gurih.

Iga Bakar Tandhok Semarang

iga_bakar_tandhok_semarang
by Instagram @tastytalk

Iga Bakar Tandhok Semarang ini beralamat di jalan papandayan nomor 11 yang menyediaan menu iga sapi yang telah divariasi dan juga beragam menu non iga seperti nasi goreng sosis, oseng mercon, dan juga kopi. Tempat ini free wifi juga lho!

Semarang Wife Cake

semarang_wife_cake
by Instagram @perutendut

Makanan yang satu ini milik artis chelsea olivia ini banyak diminati pelanggan. Semarang wife cake memiliki tekstur renyah berlapis pada bagian atas dan lembut di bagian dalam. Bentuknya bulat dan rasanya sangat inovatif. Cocok dijadikan oleh-oleh juga nih, segera dapatkan di outlet wife cake jalan kapten pierre tendean (beringin) nomor 28, Semarang.

Gimana? Keliatan enak-enak semua ya. Dari sekian banyak rekomendasi makanan khas Semarang, anda pasti akan dapat menentukan mana yang hendak dicoba terlebih dahulu begitu sampai di Semarang. Selamat berburu kuliner khas Semarang dan jangan lupa baca juga tempat wisata Semarang yang instagramable.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */