Surganya Wisata Indonesia

33 Makanan Khas Pekanbaru yang Wajib untuk Kamu Nikmati

0

Kali ini, kami akan memberikan informasi wisata Pekanbaru. Pekanbaru merupakan ibu kota Provinsi Riau. Selain dikenal sebagai kota perdagangan dan jasa, juga dikenal dengan budaya dan kegiatan tradisionalnya yang masih sangat sering dilestarikan oleh masyarakatnya. Selain kesenian tradisional dan upacara adatnya yang masih sering dilaksanakan, sajian kuliner khas Pekanbaru juga sangatlah beragam. Berikut ini akan kami sajikan ulasan mengenai sajian makanan khas Pekanbaru yang berhasil dihimpun oleh tempatwisataindonesia.id dan menarik untuk disimak.

Roti Jala

roti_jala_pekanbaru
Instagram by @miorabdulmalekraiyani

Salah satu makanan khas dari kota Pekanbaru adalah roti jala, roti ini pada dasarnya berasal dari Melayu Sumatera tapi ada juga yang berpendapat roti ini berasal dari India karena teksturnya yang keindia – indianan. Dalam penyajiannya roti ini dihidangkan bersama kuah dari melayu yang pasti rasanya sangat nikmat.

Roti Canai

roti_canai_pekanbaru
Instagram by @timckie

Roti canai merupakan makanan khas pekanbaru yang wajib dicoba karena cocok dan pas untuk dijadikan cemilan pendamping minum teh saat santai. Roti ini banyak persamaannya dengan roti pratha yang ada di India dan Singapura yang membuat berbeda terletak pada rasa dan cara menyantapnya.

Bolu Kemojo

bolu_kojo
Instagram by @ratu_fortuna

Ada lagi nih makanan khas pekanbaru yaitu bolu kemojo, mungkin agak asing bagi yang belom pernah tahu tapi bolu kemojo ini salah satu kue khas pekanbaru yang sudah lama keberadaanya. Pada awalnya bolu kemojo ini dipopulerkan oleh Ibu Dinawati hanya di makan saat kumpul santai bareng keluarga. Bolu kemojo ini bisa dijadikan salah satu aternatif oleh-oleh ketika berkunjung ke pekanbaru, jangan takut basi karena bolu ini dibuat dengan bahan alami yang mampu bertahan lama.

Asidah

asidah_pekanbaru
Instagram by @fi3_an1

Kue asidah ini mempunyai tekstur yang lembut dan rasa yang manis, karena dibuat dari perpaduan rempah-rempah, seperti kayu manis, daun pkamun dan cengkeh. Bentuknya sendiri bisa dibentuk apa saja sesuai yang kamu mau. Anehnya kue ini dimakan dengan bawang goreng, tertarik mencoba?

Kue Bangkit

kue_bangkit_pekanbaru
Instagram by @hestiiko

Kue bangkit ini adalah nama salah satu kue yang ada di Kepulauan Riau, diamakan kue bangkit karena ukuran kue ini menjadi dua kali lipat ketika selesai dioven. Kue ini berwarna putih kekuningan dan biasanya di hiasi mahkota berwarna merah yang di letakan diatas kue. Kue bangkit ini bertekstur halus dan mudah remuk ini akan serasa lembut ketika sudah ada di dalam mulut. Kue akan pecah dengan rasa renyah ketika digigit dan dikunyah. Untuk mendapatkanya kamu bisa langsung mencarinya di pusat perbelanjaan oleh-oleh Riau.

Cencaluk

cencaluk_enak
Instagram by @mazalia

Sudah pernah dengar cencaluk? Cencluk merupakan makanan tradisional melayu yang biasa dihidangkan atau disajikan saat acara tertentu. Makanan ini terbuat dari udang yang sudah dihaluskan terlebih dahulu ini mempunyai protein yang tinggi dan dapat dijadikn sebagai lauk.

Lempok Durian

lempok_durian
by Instagram @fiamettafebie

Kalau yang satu ini pasti sudah sering dengar kan? Makanan yang berbentuk seperti dodol ini terbuat dari buah durian ini merupakan makanan favorit di Riau. Asal usul makanan ini berasa dari salah satu Kabupaten di riau yaitu Kabupaten Bengkalis. Empok durian ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena mudah dibawa, murah dan tahan lama cocok buat kamu yang tidak mau ribet untuk membawa oleh-oleh.

Es Laksana Mengamuk

laksamana_mengamuk
Instagram by @petra_momong

Minuman yang namanya unik ini merupakan salah satu minuman khas Pekanbaru. Isi dalam minuman ini adalah buah kuini yang memiliki rasa segar dan manis apalagi ketika dicmpur dengan es. Sagat pas jika diminum di siang hari yang panas.

Es Air Mata Pengantin

es_air_mata_pengantin
Instagram by @warungbaksopaktogar

Minuman yang namanya tak kalah unik yaitu es air mata pengantin. Minuman ini berisi agar-agar yang berwarna warni, selain itu es air mata pengantin ini ini juga berisi biji selasih, nata de coco, bewah, dan serutan es batu. Sangat cocok buat kam yang lagi kepanasan di Kota Pekanbaru.

Kunjungi :  36 List Makanan Khas Daerah Lombok Nusa Tenggara Barat

Mie Sagu

mie_sagu
Instagram by @aruaiskha

Kuliner yang satu ini merupakan makanan favorit dan populer di kalangan masyarakat Selatpanjang yang berada di Kabupaten Meranti, Provinsi Riau, tepatnya berada di sekitar Pulau Tebing Tinggi. Jika kamu berkunjung ke Riau jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas yang satu ini.

Ikan Salai

ikan_salai_balado
Instagram by @tiaapusvita

Makanan yang berasal dari olahan ikan ini merupakan makanan populer dari kabupaten Pelalawan terletak di sepanjang sungai-sungai besar yang berada di Provinsi Riau . Untuk membuat hidangan ikan elai ini dibutuhkan ikan yang masih segar dan bash oleh air laut, setelah itu ikan yang masih sangat segar tersebut dikeringkan dengan cara di asap. Selain dibuat dengan ikan yang segar, cara penyajian ikan selai yang unik, rasanya pun pasti akan membuat nafsu makan bertambah.

Gulai Ikan Patin

gulai_ikan_patin
Instagram by @mariana_ahun

Salah satu kuliner yang spesial dan mempunyai banyak penggemar di Provinsi Riau khususnya Pekanbaru adalah gulai ikan patin karena kuliner yang satu ini mempunyai cita rasa yang sunguh nikmat dan bisa menggoyang lidah siapapun yang mencobanya. Menu ini sangat mudah ditemukan di restoran taupun warung- warung makan yang ada di kota Pekanbaru. Gulai ikan patin ini merupakan makanan yang berisi potongan-potongan besar ikan patin dan direndam dengan kuah berwarna kuning pekat.Untuk menambah nikmat maka saat pembuatanya ditambahkan denga bunga kecombrang yang berfungsi sebagai penyedap rasa. Makanan ini biasanya disantap bersama nasi hangat dan lauk pelengkap serta beberapa sayuran seperti pucuk daun ubi rebus.

Asam Pedas Ikan Baung

asam_pedas_ikan_baung
Instagram by @nickzanaa

Kuliner olahan ikan popule lainya yang tak kalah dengan makanan khas Pekanbaru sebelumnya adalah asam pedas ikan baung. Untuk membuat asam pedas ikan baung, penduduk Riau membuat bumbunya dengan memakai beragam rempah tradisional seperti bawang merah, bawang putih, jahe , kunyit, lengkuas, dan serai. Sementara cita rasa asam dihasilkan dari penggunaan asam kandis atau air asam Jawa sebagai rendaman bumbu-bumbu dan ikan. Ikan yang digunakan adalah ikan baung yang bentuknya miri dengan lele. Ikan ini mempunyai tekstu daging yang lembut padat tanpa dri halus dengan warna putih terang. Di Pekanbaru, kamu bisa menemukan rumah makan yang menghidangkan menu ini salah satunya adalah warung makan Pondok asam Pedas Baung yang terletak di Jalan Jenderal sudirman.

Nasi Lemak

nasi_lemak_enak
Instagram by @dada.tastes

Nasi Lemak adalah makanan khas Riau yang berupa nasi yang dimasak dengan santan keapa dan daun pkamun untuk memberikan cita rasa gurih dan aroma yang harum. Nasi lemak pada umumnya dihidangkan dengan lauk pauk seerti telur, ikan teri goreng, sambal cabi, irisan metimun dan lauk pendamping lainya. Nasi lemak ni mudah ditemukan di warung – warung dan rumah makan yang ada di Pekanbaru.

Mieso

mieso_pekanbaru
Instagram by @ivanpermanatan

Miso atau mieso adalah makanan khas Pekanbaru berupa makanan berkuah yng mberisi berbagai ragam bahan seperti mie kuning, mie putih, suwiran ayam, tahu kering, kulit ayam renyh, dan potongan tulang ayam. Harga yang ditawarkan pun cukup murah yaitu sekitar Rp15.000 per porsinya. Mieso ini dapat ditemukan di salah satu rumah makan bernama Mieso Pak Lek yang terletk di Jl. Thamrin Ujung.

Sate dan Sop Rusa

sop_rusa
Instagram by @nurasri05

Salah satu kuliner khas pekanbaru yang unik adalah sate dan sop rusa, menu ini bisa menjadi alternatif buat kamu yang bosan dengan kuliner olahan dagng sapi atau daging ayam. Di Pekanbaru menu sate dan sop rusa ini dapat di temukan di salah watu warung makan yang unik dan terkenal yakni Warung era 51 yang berada di Jl. Kaharuddin Nasution No.31.

Kunjungi :  22 Macam Macam Makanan Khas Daerah Gorontalo Beserta Penjelasannya

Sup Tunjang

sop_tunjang
Instagram by @evinovrita

Sup tunjang adalah makanan khas Pekanbaru yang dibuat menggunakan tulang kaki sapi yang masih berbalut dengan daging. Tulang-tulang tadi direndam ke dalam kuah yang berwarna bening kekuningan dengan bahan pelengkap seperti irisan wortel, kentang, tomat, dan daun bawang. Rasa sup kuah tunjang gurih dan kuat karena menggunakan rempah-rempah seperti bwang putih, bawang merah, kayu manis, cengkeh,dan jahe. Saat di sajikan biasanya diberikan sedotan untuk menyedot sumsum langsung dari tulangnya. Nikmat bukan ?.

Ikan Asap Selais

ikan_salai_asap
Instagram by @theootifalas10

Kuliner ikan khas Pekanbaru ini biasanya diolah dengan cara diasap atau dijadikan pindang maupun gulai. Agar siap disantap ikan selais perlu diasap selama krang lebih delapa jam. Setelah diasap, ikan selais akan digoreng, digulai dpindang. Bisa juga dijadikan oleh-oleh karena bisanya ikan selais yang sudah diasap ini dikemas di dalam styrofoam agar lebih praktis untuk dibawa.

Cincalok

cincalok_pku
Instagram by @themeatmensg

Makanan khas pekanbaru ini terbuat dari udang kecil-kecil yang difermentasi dengan bantuan mikroba yang tergolong dalam kelompok bakteri asam laktat yang mempunyai kemampuan menciptakan senyawa dengan aroma dan rasa yang khas, membunuh mikroorganisme, dan meningkatkan nilai cerna makanan. Untuk membuat makanan ini, pertama-tama udang harus dibersihkan dengan air laut. Setelah dicuci, udang yang sudah bersih akan dicampur dengan garam. Campuran udang dan garam akan didiaamkan pada wadah tembikar yang ditutup kain atau penutup tembikar selama 20 smpai 30 hari. Setelah melewati masa pengawetan, cicalok siap dijadikan bahan peengkap menu-menu lain seperti sambal atau ikan asin agar menggugah selera.

Gulai Belacan

gulai_belacan
Instagram by @cetakankue

Makanan khas Pekanbaru ini berbahan dasar udang laut maupun udang sungai yang disajikan dengan kuah bercampur santan dan bumbu rempah seperti asam jawa, kemiri, dan lada. Selain itu gulai belacan bisa disajikan menggunakan petai sebgai bahan pelengkap.

Bacah Daging

bacah_daging

Salah satu ikon kuliner khas Pekanbaru lainnya adalah bacah daging , makanan ini hampir serupa dengan dendeng batokok atau rendang yang berasal dari tanah Minang. Makanan ini terbuat dari bahan utama daging sapi, perbedaanya hanya jika rendang disajikan bersama nasi dan keberdaannya pun tidak musiman sedangkan bacah daging disajikan bersama ketupat lebih utama muncul saat hari raya Idul fitri.

Ikan Cuka

ikan_cuka
Instagram by @steffy_fab

Olahan ikan lainya di Pekanbaru yang bisa kamu coba yakni Ikan Cuka. Makanan ini berasal dari riau yang diolah dengan cara digong. Setelah itu akan diberi kuah brnama cuka yang terbuat dari berbagai bahan seperti cabai merah iris, cabai giling, lada, paa, daun jeruk, jahe, garam, gula pasir, dan serai. Ikan yang sering digunakan adalah ikan tenggiri.

Gulai Siput

gulai_siput
Instagram by @marzlyfah

Jika bosan dengn olahan ikan ataupun daging kamu bisa mencoba olahan khas Pekanbaru yang satu ini namanya Gulai Siput. Ya sesuai namanya gulai siput bahan utamanya pun menggunakan siput yang di masak dengan bumbu rempah khas melayu.

Mie Lendir

mie_lendir_pku
Instagram by @limei_65

Makanan khas Pekanbaru satu ini disajikan hampir sama dengan mie ayam biasanya. Yang membedakan adalah kuah yang dipakai dalam masakan mie lendir dan juga aneka tambahan agar lebih lezat saat dimakan. Mie lendir menggunakan kuah yang kental mirip lendir. Kuah lendir tersebut terbuat dari ubi, bumbu rempah, dan juga kacang tanah. Mie lendir disajikan dengan ditambahkan telur rebus, tauge, dan irisan cabai rawit. Bila kamu berkunjung ke Pekanbaru dan ingin mencoba masakan mie lendir, kamu bisa temukan diwarung-warung pinggir jalan dan harganya pun sangat murah.

Kunjungi :  16 Minuman, dan Kuliner Makanan Khas Mojokerto Jawa Timur Terpopuler

Mie Tarempa

mie_tarempa
Instagram by @mei.lan.756

Resep makanan khas Pekanbaru yang satu ini berbeda dengan mie lendir diatas. Resep makanan mie tarempa sebenarnya hampir mirip dengan mie lendir. Isi masakan yang ada didalamnya pun sama hampir sama persis dengan mie lendir. Yang membedakan adalah mie tarempa biasanya disajikan dengan cara di goreng dan juga diberi kuah yang lebih banyak mengandung kuah, tetapi kuah tersebut tidak sekental mie lendir.

Lakse Kuah

lakse_kuah
Instagram by @yuli_jun

Makanan khas Pekanbaru lakse kuah sajian makanannya hampir mirip dengan mie tarempa. Yang membedakan adalah bahan dasar yang digunakan. Lakse kuah menggunakan bahan dasar ikan tonggol dan ikan teri. Rasa lakse kuah yang sangat nikmat membuat makanan ini menjadi makanan yang sangat favorit di kota Pekanbaru.

Lopek Bugi

lopek_bugi
Instagram by @liamarta

Lopek bugi yang sudah terkenal ke seluruh daerah di Indonesia sebenarnya adalah makanan khas Pekanbaru. Pada zaman dahulu, yang bisa merasakan nikmatnya makan lopek bugi adalah kaum bangsawan. Tetapi pada zaman sekarang, lopek bugi bisa dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat, dan menjadi oleh oleh bila berkunjung ke Pekanbaru.

Kacang Pukul Bagan Siapi Api

kacang_pukul
Instagram by @meueat

Makanan khas Pekanbaru yang satu ini sebetulnya merupakan makanan yang berasal dari keturunan Tionghoa. Tetapi seiring berjalannya waktu, makanan kacang pukul bagan siapi api merupakan makanan khas Pekanbaru. Makanan ringan ini memiliki cita rasa yang manis dan lebih padat dibandingkan dengan olahan kacang lainnya.

Viz Cake

viz_cake
Instagram by @oleholehpku

Tempat makanan khas Pekanbaru yang menjual viz cake terdapat di toko oleh-oleh yang berada di Pekanbaru. Viz cake adalah hasil olahan kue yang bentuknya hampir sama dengan kue bolu. Yang membedakannya adalah viz cake mempunyai motif bulu yang unik. Varian rasa kue viz cake sangat beraneka ragam. Varian rasanya antara lain, rasa durian, rasa nanas, rasa pisang dan rasa buah-buahan yang lain.

Keripik Nanas

keripik_nanas
Instagram by @thelittlesnacks

Makanan ringan khas Pekanbaru harus kamu coba jika berkunjung ke Pekanbaru. Keripik nanas mempunyai cita rasa yang sangat enak dan gurih. Keripik nanas menjadi makanan ringan yang sangat populer untuk dijadikan oleh-oleh.

Dodol Kedondong

dodol_kedondong
Instagram by @deminirose

Pekanbaru mempunyai banyak varian makanan yang bisa dibeli untuk oleh-oleh, salah satunya adalah dodol kedondondong. Dodol yang satu ini mungkin terdengar agak aneh, tetapi rasa yang dihasilkan dari olahan kedondong ini terasa sangat enak.

Sate Ikan Sinapelan

sate_ikan_enak
Instagram by @gams.id

Sate ini merupakan makanan khas yang berada di Pekanbaru, dinamakan sinapelan karena merupakan daerah yang memperkenalkan sate ikan pertama didaerah Pekanbaru.

Sate Padeh

sate_padeh
Instagram by @mommykhanzaandazka

Sate padeh wajib dicoba bagi wisatawan yang doyan makanan pedas. Sate yang satu ini mirip dengan sate padang pada biasanya. Hanya saja disajikan dengan kuah yang sangat pedas sehingga bisa membuat orang yang mencoba akan terasa seperti terbakar.

Nah, sekian daftar makanan khas Pekanbaru yang harus kamu coba saat mengunjungi tempat wisata Pekanbaru. Agar lebih afdhol, jangan lupa juga berbelanja oleh oleh khas Pekanbaru sebelum pulang ke daerah asal kamu untuk dibagikan ke sanak saudara dan teman teman. Bagikan juga keseruan kamu ketika berkunjung ke Pekanbaru ke sosial media agar kekayaan dan potensi Pekanbaru semakin terekspose. Baiklah, sekian dulu ulasan dari kami, semoga bermanfaat! Ditunggu kedatangannya di Pekanbaru ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */