Surganya Wisata Indonesia

18 Makanan Khas Papua yang Mampu Menggoyang Lidah Penikmatnya

0

Papua, provinsi yang terletak di ujung Indonesia ini selain mempunyai kenampakan alam yang indah juga tersimpan potensi wisata dan alam yang sangat beragam. Selain itu, budayanya yang masih kental dan masih sangat alami menambah kekhasan tersendiri dari alam Papua. Provinsi yang mempunyai makanan pokok berupa sagu ini juga mempunyai beragam sajian makanan khas Papua yang patut kamu coba. Tidak harus dengan berkunjung langsung ke Papua karena beberapa jenis sajian kuliner tersebut dapat kamu temukan di daerah lain dekat dengan kota asalmu. Cukup kunjungi warung makan atau restoran yang menyediakan menu khusus dari daerah Papua, maka rasa penasaranmu akan kelezatan makanan khas Papua niscaya akan terobati.

Bagi sebagian orang, berkunjung ke Papua tentunya membutuhkan budget yang tidak sedikit, mengingat kontur dan letak geografisnya yang kebanyakan berada di pedalaman membuat jangkauan transportasi di Papua sedikit susah. Maka dari itu harga tiket pesawat maupun kapal menuju ke Papua juga mahal. Meskipun begitu, keindahan alam dan kekayaan budayanya serta beragam potensi daerahnya yang belum sempat terekspose tentunya akan membuat kamu penasaran akan tanah Papua.

Pada kesempatan kali ini, kami tidak akan membahas tempat wisata di Papua, melainkan akan memberikan daftar makanan khas Papua dan penjelasannya. Mulai dari yang berbahan dasar sagu sampai dengan ikan serta beberapa sajian kuliner unik lainnya asli dari Papua. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ulasannya :

Sate Ulat Sagu

ulat_sagu
Instagram by @truongminhhieu1111

 

Makanan khas Papua Barat ini tidak akan ditemukan di daerah lain. Sajian makanan ini mungkin terdengar cukup ekstrim dan menggelikan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, ulat yang selama ini dianggap menjadi hewan yang menjijikkan atau malah menakutkan bagi sebagian orang malah oleh masyarakat Papua dijadikan makanan sate ulat sagu dan bahkan dianggap makanan yang paling lezat. Walaupun tampilannya tidak begitu menarik tetapi rasanya sangat enak. Tidak hanya itu, khasiat yang terkandung didalam ulat sagu tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh karena ulat sagu tersebut kaya akan gizi dan protein sehingga bisa menyehatkan tubuhmu. Tidak bisa terbayangkan bagaimana rasa gelinya ketika menyantap makanan yang katanya lezat versi masyarakat timur Indonesia ini.

Ikan Bungkus

ikan_bungkus
Instagram by @milasutar

Makanan khas daerah Papua ini berasal dari ikan laut. Apabila anda berwisata ke papua maka anda akan menemukan banyak sekali warung-warung bahkan restoran menyajikan ikan bungkus. Hal tersebut dikarenakan ikan bungkus merupakan makanan khas papua yang sudah terkenal hingga keseluruh Indonesia. Yang membedakan ikan bungkus dari papua dibandingkan dengan daerah-daerah lain adalah daun yang dgunakan untuk membungkus ikan tersebut menggunakan daun talas, sedangkan di daerah lain biasanya menggunakan daun pohon pisang. Ikan yang digunakan juga harus ikan laut, bukan ikan tawar. Ikan bungkus menggunakan bumbu rempah yang khas agar menciptakan cita rasa yang enak dan berbeda dari lainnya.

Aunu Senebre

aunu_senebre

Aunu senebre masuk dalam daftar makanan dan minuman khas Papua yang wajib kamu coba. Aunu senebre adalah makanan yang bahan pokoknya yaitu nasi dan ikan teri. Bumbu yang disiapkan juga sedikit. Makanan khas papua ini biasanya banyak ditemukan disekitar pesisir pantai, dan banyak dijual diwarung-warung dekat pantai. Hal tersebut dikarenakan bahan utama membuat aunu senebre adalah ikan teri yang hanya bisa didapatkan dilaut.

Papeda

papeda
Instagram by @christinamurni

Resep makanan khas Papua papeda terbuat dari sagu yang kemudian dijadikan bubur. Papeda tersebut bertekstur lengket dan berwarna putih. Rasa yang dihasilkan dari papeda adalah tawar, sehingga masyarakat papua biasanya menambahkan ikan tongkol yang telah dibumbui agar papeda lebih enak. Biasanya masyarakat papua memasak papeda pada saat ada acara adat.

Kunjungi :  30 Minuman, Jajanan dan Makanan Khas Palu yang Enak dan Murah

Ikan Bakar Manokwari

ikan_bakar_enak
Instagram by @dave_26

Ciri khas makanan Papua ini sudah tak asing lagi bagi pecinta wisata kuliner. Yang membedakan ikan bakar manokwari dengan ikan bakar lainnya adalah bumbu yang dipakai dalam penyajian masakannya. Cara membuat ikan bakar manokwari sangat mudah. Yang pertama bakar ikan menggunakan arang, biasanya menggunakan ikan tongkol yang sudah diberi perasan jeruk. Masak hingga matang lalu ditaruh diatas piring saji, yang membedakan ikan bakar manokwari dengan yang lainnya adalah bumbu rempah yang digiling bertekstur kasar dan ditaruh diatas ikan yang sudah matang tersebut.

Kue Lontar

kue_lontar
Instagram by @windiskitchen

Makanan khas Papua ini sebenarnya berasal dari belanda. Tetapi karena dulu pada zaman penjajahan yang sebenarnya bernama Rontart akhirnya oleh masyarakat papua diberi nama lontar karena pelafalan yang lebih mudah. Kue ini sekarang menjadi makanan khas papua yang disajikan disetiap hari perayaan seperti hari ulang tahun, lebaran, tahun baru, hari natal dan acara adat lainnya. Resep kue lontar ini menggunakan susu , telur, tepung terigu dan menggunakan margarine.

Martabak Sagu

martabak_enak
Instagram by @kuninganrepost

Makanan khas Papua dari sagu salah satunya adalah martabak sagu. Martabak ini beda dengan martabak yang selama ini kita temui di sekitar kita. Bahan utama membuat martabak khas papua adalah sagu dan gua merah. Cara membuatnya sebenarnya sangat mudah. Yang pertama sagu dihaluskan kemudian di goreng beberapa menit kemudian diberi gula merah. Bila anda datang ke papua anda wajib mencoba makanan khas ini. Maratabak sagu biasanya banyak ditemui di kabupaten fak-fak di papua barat.

Udang Selingkuh

udang_selingkuh
Instagram by @rynnapong

Makanan khas Papua Timur ini membuat orang yang baru mengetahuinya dibuat penasaran. Bukan hanya penasaran makanannya seperti apa, tetapi juga dari namanya terdengar aneh. Makanan khas papua udang selingkuh ini sebenarnya tidak ada resep yang khusus, hanya saja nama yang digunakan yang membuat orang ingin mencobanya. Dinamakan udang selingkuh karena berbentuk udang tetapi terdapat capit seperti kepiting, sehingga dinamakan udang selingkuh. Penyajiannya pun cukup biasa, tidak memerlukan bumbu khusus, bisa digoreng ataupun direbus.

Sagu Lempeng

sagu_lempeng
Instagram by @fesiang

Sagu merupakan Makanan tradisional khas Papua, salah satu olahan yang terkenal adalah sagu lempeng. Sebenarnya sagu lempeng bukan hanya makanan khas papua, tetapi juga makanan khas maluku, riau dan kalimantan. Cara pembuatan sagu lempeng ini juga tidak jauh beda dengan pembuatan roti basah lainnya, hanya saja bahan utamanya menggunakan sagu. Kue ini jarang ditemukan di warung-warung maupun toko roti. Hal tersebut dikarenakan masyarakat papua membuat sagu lempeng hanya untuk dikonsumsi sendiri. Selain itu makanan sagu lempeng paling enak kalau dimakan pada waktu masih panas, sehingga bila ada yang menjual sagu lempeng maka orang yang membelinya harus memasak lagi agar bisa dimakan pada saat masih panas.

Kue Bagea

kue_bagea_enak
Instagram by @v3nty_80

Kue bagea adalah makanan khas papua yang terbuat dari tepung sagu. Biasanya orang yang berkunjung ke papua membeli kue bagea sebagai oleh-oleh untuk keluarga yang dirumah. Rasa kue bagea juga bermacam-macam sesuai selera orang-orang. Rasanya yang gurih dan tidak terlalu manis membuat semua orang yang mencoba ingin memakannya terus-menerus. Kue bagea banyak ditemukan di toko oleh-oleh di papua. Kue bagea tahan lama sehingga setiap orang yang membeli tidak perlu khawatir apabila membeli dalam jumlah yang banyak untuk oleh-oleh keluarga yang dirumah.

Kunjungi :  30 Minuman, Kuliner dan Makanan Khas Kudus Jawa Tengah Terpopuler

Colo colo

sambal_colo_colo
Instagram by @serba_serbi_jualan

Selain makanan olahan sagu yang merupakan makanan khas Papua, terdapat juga sambal colo colo yang merupakan sambal khas papua. Colo colo paling nikmat disajikan dengan ikan bakar. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat colo colo sangat mudah ditemukan. Yaitu cabai rawit dan bawang merah yang diiris kasar, tomat hijau, air jeruk nipis, gula pasir, dan air secukunnya.

Aunuve Habre

aunuvehabre
aunuvehabre

Nama makanan khas Papua ini mungkin terdengar asing bagi sebagian besar masyarakat indonesia, saya sendiri pada waktu pertama kali mendengar nama ini mengira bahwa makanan ini merupakan makanan dari luar negeri. Ternyata makanan tersebut merupakan makanan khas papua. Aunuve habre adalah makanan khas papua yang terbuat dari ikan cakalang. Resep makanan aunuve habre sebenarnya sangat mudah. Yang perlu disiapkan antara lain, daun talas sebagai pembungkus, ikan cakalang, garam, asam jawa dan air secukupnya. Cara membuatnya yang pertama rebus daun talas hingga layu, kemudian masukkan ikan cakalang yang telah diberi garam dan asam jawa, kemudian kukus ikan yang dibungkus tersebut hingga matang dan aunuve habre siap disantap.

Petatas

petatas
Instagram by @tri27sujarwo

Makanan khas Papua Tengah yang digunakan masyarakat untuk kebutuhan pangan sehari-hari. Petatas atau yang lebih kita kenal dengan nama ubi jalar bagi masyarakat papua, khususnya yang bertempat tinggal di daerah pegunungan merupakan makanan pokok sehari-hari. Berbeda dengan kebanyakan orang makanan pokoknya adalah nasi, di papua tengah makanan pokoknya adalah petatas. Hal tersebut dikarenakan tanah dipapua tidak subur apabila ditanam padi, sehingga sebagian masyarakat menanam petatas untuk kebutuhan pangan sehari-hari. Selain itu, masyarakat papua juga tidak sanggup apabila harus membeli beras yang harganya mahal. Hal tersebut dikarenakan beras yang didapat adalah kiriman dari luar papua sehingga biaya pengirimannya menjadi mahal. Petatas juga mempunyai kandungan gizi yang baik sama halnya nasi, sehingga petatas bisa dijadikan pengganti nasi yang sepadan.

Ikan Bakar Colo

ikan_bakar_colo
Instagram by @eviekawati123

Ikan bakar colo merupakan makanan khas Papua yang berasal dari suku Kamoro atau lebih dikenal dengan masyarakat daerah Timika. Mereka tinggal di daerah pesisir pantai sehingga mau tidak mau hidupnya bergantung pada kekayaan yang dihasilkan oleh laut, salah satunya adalah ikan laut. Makanan favorit dari masyarakat suku Kamoro adalah ikan bakar colo yang juga mejadi makanan khas masyarakat Timika. Banyak sekali warung yang menjual makanan dengan menu andalan ikan bakar colo ini jika kamu berkunjung ke Papua. Ikan bakar colo ini sebenarnya menggunakan ikan dabu-dabu sebagai bahan dasarnya yang kemudian diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan unik. Selain enak, ikan dabu-dabu juga mengandung banyak sekali gizi dan protein yang baik untuk tubuh. Dengan menyantap sajian kuliner ikan bakar colo ini, tentunya kamu akan merasakan kenyang dan juga sehat karena mendapat asupan gizi dan protein yang cukup untuk tubuh.

Keripik Keladi

keripik_keladi
Instagram by @mopie_homemade

Oleh-oleh makanan khas Papua ini terdapat di kota sorong. Keripik keladi terbuat dari jenis umbi keladi yang menjadi khas umbi dipapua. Cita rasa yang ditawarkan biasanya rasa pedas manis dan gurih. Keripik keladi merupakan oleh-oleh yang paling diminati di kota sorong. Hampir di setiap toko oleh-oleh terdapat keripik keladi. Rasanya yang yang gurih membuat hampir semua orang menyukainya. Apalagi sekarang ini makin banyak cita rasa yang dibuat oleh produsen keripik keladi, sehingga orang-orang tidak bosan dengan rasa yang biasa dikonsumsi dan bisa mencoba cita rasa baru yang lebih nikmat.

Kunjungi :  32 Minuman dan Makanan Khas Tulungagung yang Wajib Kalian Cicipi

Abon Gulung

abon_gulung
Instagram by @say.ss

Kota sorong selain terkenal dengan keripik keladinya juga tidak kalah terkenal dengan abon gulungnya. Abon gulung merupakan makanan khas papua yang sudah terkenal ke semua orang di indonesia. Roti abon gulung ini tidak seperti roti gulung pada biasanya. Roti abon gulung khas papua mempunyai ukuran yang lebih besar dari yang lainnya. Tidak hanya ukuran saja yang membuatnya istimewa, tetapi abon yang terdapat didalam roti gulung tersebut sangat banyak dan mempunyai cita rasa yang sangat enak. Abon gulung juga bisa dibeli di toko oleh-oleh di sorong. Akan tetapi roti abon gulung tidak terlalu lama bertahan, sehingga kalau buat oleh-oleh dirumah harus segera dimakan atau agar lebih awet bisa disimpan didalam lemari es.

Sarang Semut

sarang_semut
Instagram by @bakingcooking_

Siapa yang belum pernah mengetahui tentang sarang semut di papua. Sarang semut khas papua sudah terkenal di dalam negeri dan luar negeri. Sarang ini terbuat dari tanah yang dibuat rumah oleh sekelompok semut yang besarnya mencapai rumah yang dihuni oleh manusia. Sarang semut papua ternyata bisa dijadikan makanan untuk obat yang mujarab. Sarang semut bahkan bisa menghancurkan hingga menghilangkan sel kanker yang terdapat didalam tubuh manusia. Selain itu, sarang semut juga bisa menyembuhkan penyakit seperti tumor, asam urat, rematik, TBC dan masih banyak lagi. Maka tidak heran sarang semut khas papua ini sudah dijual hingga keluar wilayah papua. Bahkan apotek juga ada yang menjual sarang semut khas papua dalam bentuk kemasan bagus dan juga dalam bentuk kapsul.

Cacing Laut

cacing_laut
Instagram by @juliamoy89

Mungkin mendengar cacing sebagai makanan terdengar aneh. Tetapi di papua barat cacing laut menjadi makanan yang sangat lezat. Cacing laut sebagai makanan khas papua barat mengandung gizi yang sangat baik bagi tubuh. Bahkan sebagian orang mempercayai bahwa makanan cacing laut dipercaya sebagai sumber keperkasaan dan kejantanan pria. Biasanya masyarakat papua menyajikan cacing laut dengan cara menggoreng, atau dengan dibumbui balado atau bahkan dijadikan sate. Bahkan makanan cacing laut pernah dipamerkan di acara pameran potensi budaya daerah raja ampat.

Demikian hasil potensi dan kreatifitas masyarakat Papua dalam mengolah makanan khas Papua yang menjadi aset dan kebanggan bangsa Indonesia yang harus kamu ketahui. Tidak menyangka kan kalau daerah paling Timur dari Indonesia ini menyimpan segudang potensi alam dan potensi kuliner yang menggoda selera? Itu pun hanya sebagian kuliner yang berhasil terekspose, tentunya masih sangat banyak olahan kekayaan hasil alam dari tanah Papua yang belum sempat tersentuh oleh media. Semoga ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan kecintaan kamu terhadap budaya nusantara ya. Agar lebih nasionalis, jangan lupa kunjungi halaman tempatwisataindonesia.id untuk destinasi wisata menarik lainnya di Indonesia yang menunggu untuk dikunjungi. Jangan melulu pergi ke luar negeri kalau wisata di daerah sendiri saja kamu belum khatam.

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */