Surganya Wisata Indonesia

30 Minuman, Jajanan dan Makanan Khas Palu yang Enak dan Murah

0
30 Minuman, Jajanan dan Makanan Khas Palu yang Enak dan Murah
Nilai Artikel Ini

Para wisatawan yang berkunjung ke Kota Palu, selain ingin menikmati keindahan tempat wisata Palu juga pastinya ingin berburu makanan kuliner khas Palu yang menggoda selera. Mungkin banyak dari kita yang belum mengenal sajian kuliner apa saja yang berasal dari Palu. Nah, kali ini tempatwisataindonesia.id akan memberikan ulasan mengenai makanan khas Palu yang cukup populer dan wajib anda coba ketika berkunjung ke Palu. Selamat membaca!

Wempoy

wempoy
Instagram by @mirfdna

Wempoy merupakan kuliner khas Palu yang mirip dengan sayur asem yang biasa anda kenal. Satu hal yang membuat wempoy berbeda dengan sayur asem dan menjadi ciri khas wempoy adalah adanya buah okra, jantung pisang, dan potongan labu siam. Wempoy dikenal sebagai sayur asam versi Palu.

Duo Sale

duo_sale

Duo sale merupakan jenis sambal yang berasal dari Palu. Sambal khas Palu ini dibuat dari ikan teri yang telah dikeringkan. Rasa sambal duo sale ini pedas namun tidak membakar lidah. Cara membuatnya pun mudah, ikan teri yang telah dikeringkan kemudian digoreng dan langsung dicampur dengan sambal yang dibuat dari cabai merah, bawang merah, dan tomat. Sambal duo sale nikmat disantap dengan nasi jagung yang juga merupakan makanan khas Palu.

Sayur Daun Kelor atau Uta Kelo

sayur_daun_kelor_utakelo
Instagram by @phutrywardhana

Makanan khas Palu uta kelo atau sayur daun kelor dalam bahasa Indonesia merupakan makanan yang banyak disukai oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Makanan yang satu ini termasuk makanan yang unik karena dibuat dari daun kelor yang dimasak dengan bumbu bumbu khusus. Kata sebagian besar orang Palu, uta kelo atau sayur daun kelor ini merupakan sajian berbentuk sayur yang paling enak diantara jenis sayur lainnya. Tidak mengherankan jika siapapun yang sudah mencoba uta kelo ini akan ketagihan dan ingin mencoba lagi.

Nasi Jagung

nasi_jagung
Instagram by @revina_tjoo

Dari namanya sudah bisa ditebak kalau makanan ini berbahan dasar jagung. Jagung yang dipakai pun tidak sembarang jagung karena hanya dipakai jagung yang sudah tua dan sudah dikeringkan kemudian dikeringkan dan ditumbuk kasar hingga sebesar beras jagung. Kemudian beras jagung tersebut dicampur dengan beras yang berasal dari padu. Setelah itu, direbus dan dimasak menggunakan kukusan yang terbuat dari bambu. Rasa nasi jagung ini gurih dan sedap, enak dipandang enak juga dilidah tentunya juga pas diperut.

Kaledo

kaledo
Instagram by @aikua1mu

Makanan khas Palu kaledo terbuat dari tulang sumsum yang diolah sedemikian rupa sehingga mempunyai cita rasa pedas dan asam. Tulang sumsum yang sering digunakan berasal dari tulang sumsum sapi terpilih. Cita rasa kaledo sangatlah enak, selain itu juga mengandung banyak kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, zat besi, omega 3, kalsium, dan kandungan berguna lainnya. Pengolahan kaledo juga memakai bumbu alami sehingga menambah sehatnya masakan khas Palu ini. Kaledo lebih nikmat jika disantap saat masih panas.

Palumara

palumara
Instagram by @riri.tara

Palumara dimasak menggunakan bahan dasar ikan laut misalnya ikan tongkol, ikan bandeng, dan kakap merah. Palumara sebenarnya merupakan sajian masakan berupa sup ikan khas Palu yang bercita rasa khas, yaitu pedas dan asam. Rasa pedas diperoleh dari cabe keritingnya yang dicampur dengan bumbu khasnya, sedangkan rasa asam diperoleh dari buah asam muda yang menjadi salah satu bahan masakannya. Palumara mampu memanjakan lidah para penikmatnya serta menjadi sajian yang wajib dicoba.

Labia Dange ( Sagu Dange )

labiadange

Labia dange atau sagu dange seperti namanya, terbuat dari sagu yang dimasak menggunakan wajan dan tungku tanah liat. Biasanya sagu dange diolah bersama dengan gula merah atau dengan ikan. Harga labia dange atau sagu dange ini tidaklah mahal, cukup 5 ribu rupiah saja anda dapat menikmati dan merasakan rasa khas dari kuliner ini. Biasanya anda menemukan sajian kuliner ini dibuat oleh ibu ibu berjejer jejer di kawasan dekat Jembatan Kuning ke arah Taman Ria.

Kunjungi :  27 Kuliner Makanan Khas Garut yang Paling Terkenal, Enak dan Lezat

Kapurung

kapurung
Instagram by @kulinerpalopo

Meskipun kapurung berasal adri Sulawesi Selatan, namun secara geografis Sulawesi Selatan berdekatan dengan Palu. Maka dari itu, kapurung juga bisa anda temukan di Palu. Kapurung terbuat dari sagu yang diolah dengan cara diaduk dengan air panas hingga bertekstur kental menyerupai lem kertas. Cara makan kapurung cukup unik, anda diminta meletakkan bola bola sagu dalam mangkuk kemudian masukkan sayur yang sudah direbus, siram dengan kaldu ikan serta tambahkan mangga dan udang rebus. Rasanya sudah dijamin enak.

Tabaro Dange

tabaro_dange
Instagram by @rullihadriansya

Tabaro dange atau juga dikenal dengan nama depa terbuat dari campuran sagu dan kelapa parut yang diberi tambahan isi di dalam adonannya. Camilan ini masih dibuat dengan cara tradisional menggunakan tungku dan belanga yang dibuat dari tanah liat. Isi dari tabaro dange biasanya terdiri dua macam, yaitu gula merah atau ikan. Tabaro dange merupakan sajian kuliner yang harus masuk dalam daftar makanan khas Palu yang wajib anda coba saat berkunjung ke Palu.

Onyop

onyop_enak
Instagram by @nena_larekeng

Onyop sekilas mirip dengan jenang yang berasal dari Jawa Timur. Onyop terbuat dari sagu dengan bentuk yang tidak beraturan dan teksturnya kenyal. Di Palu, onyop disajikan bersama dengan kuah ikan yang memiliki cita rasa asam. Onyop banyak didapat di daerah Sulawesi Tengah. Meskipun onyop dan kuah asam adalah dua kuliner yang berbeda, namun setiap anda membeli onyop anda juga akan mendapatkan kuah asam.

Lalampa

lalampa
Instagram by @kikyfauzy.id

Makanan ringan khas Palu ini sangat populer terbuat dari beras dengan isian ikan cakalang yang sekilas mirip dengan lemper yang lebih tersohor. Lalapa disajikan dengan dibungkus daun pisang yang telah dibakar lebih dulu. Itulah perbedaan lemper dengan lalapa, jika lemper diolah dengan cara dikukus, lalampa diolah dengan cara dibakar. Sudah tentu rasanya menjadi beda dan mempunyai ciri khas tersendiri.

Milu Siram

milu_siram
Instagram by @sherlyrahmad

Makanan khas Palu yang satu ini dibuat dari jagung muda. Nama lain dari milu siram adalah binte biluhuta atau sup jagung. Makanan khas Palu binte berisikan beberapa campuran bahan makanan diantaranya jagung, ikan dan udang. Cita rasa makanan ini campuran antara rasa manis, pedas, dan asin. Seiring perkembangan jaman, milu siram saat ini sudah dimodifikasi dengan beberapa varian rasa. Selain enak, makanan ini juga mempunyai manfaat menghancurkan kolesterol jahat yang ada ditubuh anda.

Tinutuan

tinu_tuan
Instagram by @hardiantiipermata

Makanan Palu yang cukup populer di kawasan Sulawesi ini dikenal juga dengan sebutan bubur Manado. Tampilannya memang mirip dengan bubur, hanya saja ditambah dengan sayur sayuran yang menyehatkan. Tinutuan biasanya dijadikan menu andalan saat sarapan oleh masyarakat Palu.

Saraba

wedang_saraba
Instagram by @eddykurniawan

Bagi anda pecinta minuman hangat khas dari suatu daerah, anda diwajibkan mencoba saraba ini. Saraba biasa disajikan dalam bentuk panas atau hangat dan cocok diminum saat musim hujan tiba. Rasanya mirip dengan wedang jahe, sedikit pedas namun tetap segar. Selain itu, minuman ini mampu membuat tubuh anda menjadi lebih hangat. Saraba terkadang juga disajikan dengan campuran susu kental manis agar lebih terasa manisnya.

Kunjungi :  29 Daftar Minuman Makanan Khas Jambi yang Ciamik beserta Penjelasannya

Burasa atau Bubur Beras Ada Rasa

burasaaaa
Instagram by @lenny_simman

Berasa sebenarnya adalah sajian makanan buras atau lontong gepeng yang sering diartikan sebagai bubur beras ada rasa oleh sebagian besar masyarakat Palu. Makanan ini dibuat dari adonan beras yang ditanak bersama dengan santan kemudian diberi bumbu dan dibungkus daun pisang setelah itu direbus selama kurang lebih 4 jam. Dulu, burasa hanya disajikan saat ada hajatan adat Palu, namun sekarang burasa sudah banyak ditemui di pasar pasar tradisional yang ada di Palu. Burasa bisanya dijual dengan lalampa dalam satu paket dengan harga 6 ribu rupiah per ikatnya.

Es Palu Butung

es_palu_butung
Instagram by @duniakulinersurabaya

Minuman khas Makassar, khususnya daerah Palu ini merupakan minuman favorit warga setempat. Rasanya enak dan cara membuatnya mudah membuat es palu buntung ini banyak diburu oleh wisatawan juga. Berbahan dasar pisang kepok atau pisang raja, yang dicampur dengan santan kental, daun pndang, gula pasir, tepung beras, air, dan terakhir tambahkan sirup kental merah sudah cukup untuk membuat sajian minuman khas Palu es palu butung ini.

Es Pisang Ijo

es_pisang_ijo
Instagram by @medanfoodhunter

Mirip dengan es palu butung, sajian minuman yang satu ini juga berbahan dasar pisang. Hanya saja perbedaannya dilihat dari adonan pembungkus kulit pisangnya. Jika es palu butung pisangnya tidak dibungkus dengan adonan apapun, es pisang ijo dibalut dengan bungkusan adonan berwarna hijau. Untuk rasa, keduanya sama sama enak dan menyegarkan.

Sambal Roa

sambal_roa
Instagram by @cynthia_lamusu

Makanan khas Palu Sulawesi Tengah yang satu ini terbuat dari campuran suwiran daging roa, sejenis ikan laut yang banyak ditemukan di perairan Sulawesi. Ikan roa baisanya hidup bergerombol dan langsung masuk ke jaring nelayan sehingga mudah untuk ditangkap. Ikan roa ini juga dapat diolah menjadi ikan asap yang kemudian ditumbuk halus sehingga menghasilkan sajian kuliner sambal roa.

Kerak Sagu

kerak_sagu

Makanan khas Palu berikutnya adalah kerak sagu yang teknik olahannya mirip dengan kerak telor khas Betawi. Hanya saja, sesuai namanya, kerak sagu ini dibuat dari sagu yang dicampur kelapa parut kemudian diolah layaknya kerak telor dengan cara dituang ke loyang panci yang sudah diberi minyak. Anda dapat menambahkan telur ayam atau telur bebek yang sudah dikocok di atas adonan kerak sagu ini agar rasanya lebih mantap.

Goreng Bawang

goreng_bawang
Instagram by @andini_overfield

Oleh oleh khas Palu ini dibuat dari bawang merah Palu yang konon katanya hanya ada satu satunya di dunia. Goreng bawang bisa dengan mudah anda temukan di toko oleh oleh yang tersebar di Kota Palu. Makanan yang cocok dijadikan cemilan ini sudah dikemas dengan kemasan yang modern sehingga mudah untuk dibawa. Satu bungkusnya dipatok harga 10 ribu rupiah saja. Cukup murah bukan? Cara membuat goreng bawang ini cukup mudah, pertama tama bawang diprotolo untuk dikupas dan diiris lalu ditaburi garam dan aduk merata. Setelah itu goreng dengan minyak panas.

Uta Dada

utadada
Instagram by @lenny_simman

Cara membuat makanan khas Palu uta dada cukup mudah, pertama potong terlebih dulu ayam sesuai selera kemudian bersihkan. Setelah bersih, bakar ayam sampai matang. Setelah itu, panaskan santan cair dan masukkan ayam yang telah dibakar bersama dengan bumbu bumbu yang telah dihaluskan. Aduk hingga mendidih dan masukkan tomat serta serai. Terakhir siram dengan santan kental dan tunggu hingga mendidih.

Kue Broncong

kue_broncong
Instagram by @irmabakri

Makanan khas Kota Palu kue broncong biasanya dimasak menggunakan cetakan kue pukis di atas kayu bakar. Terbuat dari adonan campuran terigu, kelapa muda, gula dan ditambah dengan ragi. Satu buah kue broncong dijual dengan harga yang sangat murah, yaitu 500 rupiah saja. Pedagang kue broncong bisa anda temukan di jalan masuk menuju Pasar Lama sekitar pukul 7 pagi sampai 11 siang.

Kunjungi :  24 Oleh Oleh Minuman Makanan Khas Lampung yang Wajib Dicicipi

Kue Paranggi

kue_paranggi
Instagram by @ruddywalakandou

Kue paranggi punya sebutan lain yaitu bolu gula merah. Bentuknya setengah lingkaran mirip dengan kue apem dari Jawa. Kue paranggi dibuat dari campuran terigu, gula merah, minyak, dan juga soda kue. Rasa dari kue paranggi dominan manis dan bisa bertahan hingga 7 hari. Cocok dijadikan oleh oleh makanan khas Palu.

Pondi Pondi

pondi_pondi
Instagram by @pondipondis

Pondi pondi terbuat dari parutan kelapa yang dicampur dengan tepung beras dan gula pasir. Makanan ini dulunya merupakan makanan favorit masyarakat Kota Palu, namun seiring dengan perkembangan jaman, makanan ini sudah mulai dilupakan. Satu bungkus pondi pondi dijual dengan harga 2.500 rupiah saja.

Nasi Kuning

nasi_kuning_enak
Instagram by @davidjajan

Keunikan nasi kuning khas Palu adalah rasanya yang mirip dengan nasi campur dengan berbagai campuran lauk dalam satu porsinya. Selain itu, nasi kuning Palu biasanya disajikan bersama dengan kuah santan dan taburan bawang goreng khas Palu. Salah satu warung makan yang menyediakan menu nasi kuning khas Palu berada di Jalan Pattimura Nomor 4, Palu.

Ikan Bakar

ikan_bakar
Instagram by @amyzayu

Ikan bakar tidak boleh anda lewatkan ketika berkunjung ke Palu karena hampir sebagian besar rumah makan menyediakan menu berbahan dasar ikan yang dibakar ini. Ada beberapa jenis ikan yang biasanya dijadikan menu masakan ikan bakar, diantaranya ikan sunu, ikan mubara, dan ikan kakap. Ikan bakar sangat banyak disajikan di Palu karena sebagian besar penduduk Palu berprofesi sebagai nelayan dan ikan merupakan hasil kekayaan alam yang mudah ditemukan di Palu.

Kue Tetu

kue_tutu_palu
Instagram by @thesupersaviour

Makanan khas Palu Sulteng yang satu ini akan banyak anda temui ketika anda berkunjung ke Palu saat musim lebaran tiba. Kue tetu berbentuk perahu yang dibuat dari adonan tepung terigu yang dicampur dengan gula dan santan. Kue ini dimasak dengan dikukus dengan cetakan daun pandan. Rasanya dominan manis dan ada yang disajikan dengan varian rasa durian.

Putu

putu_bojonegoro
Instagram by @nefidsutansyahril

Jajanan khas Palu ini terbuat dari ketan yang dibentuk silinder dicampur dengan bumbu khusus dan ditaburi denagn parutan kelapa. Putu khas Palu disajikan bersama dengan penja saus. Putu dapat dengan mudah anda temukan di seantero Kota Palu. Rasanya begitu khas sehingga sedikit berbeda dengan sajian kue putu yang berasal dari daerah lainnya.

Barongko

barongko_enak
Instagram by @carrickferguson

Satu lagi jajanan khas Palu yang cukup populer dan dapat dengan mudah anda temukan, yaitu barongko. Kue barongko dibuat dari pisang yang telah dihaluskan kemudian dicampurkan ke dalam adonan yang terbuat dari telur, santan, gula pasir, dan garam. Setelah itu adonan dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. rasanya manis dan lembut. Agar lebih nikmat, sebaiknya barongko anda simpan di kulkas terlebih dahulu sebelum disantap.

Ayam Bambu

ayam_bambu
Instagram by @samuel_stemi

Terakhir ada ayam bambu khas Palu. Masakan ini sebenarnya merupakan sajian masakan berkuah bumbu yang dicampur dengan ayam yang dimasak menggunakan bambu. Cita rasa yang dihasilkan bumbu tersebut sangat menggugah selera dan bisa membuat anda ketagihan. Cara pengolahan ayam yang dimasak dengan bambu inilah yang menjadi keunikan tersendiri sajian kuliner khas Palu ini.

Demikianlah ulasan mengenai makanan khas Palu yang dapat kami berikan kepada anda. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda untuk berburu kuliner khas Palu, disamping mengunjungi berbagai tempat wisata Palu. Ditunggu kedatangannya di Palu, para pembaca!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */