Surganya Wisata Indonesia

16 Minuman, dan Kuliner Makanan Khas Mojokerto Jawa Timur Terpopuler

0

Mojokerto adalah nama sebuah Kota yang cukup terkenal di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Terletak disebelah barat daya Kota Surabaya kurang lebih berjarak sekitar 50 km. Mojokerto merupakan daerah penyangga utama dan merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur. Kota kecil ini mengalami perkembangan yang cukup pesat dibandingkan dengan kota kota lain di Jawa Timur. Dilihat dari pesatnya penerimaan asli daerah yang meningkat setiap tahunnya. Perekonomian Mojokerto yang cukup maju juga diimbangi dengan berbagai macam tempat wisata di Mojokerto yang menarik minat wisatawan, sebut saja alun alun Kota Mojokerto, Klenteng Hok Siang Kiong, Keramaian di Jalan Benteng Pancasila dan beberapa tempat wisata lainnya yang dapat anda temukan di instagram dengan hastag #exploremojokerto. Selain dikenal akan tempat wisatanya, wisatawan yang berkunjung ke Mojokerto juga senang berburu makanan khas Mojokerto yang katanya mampu menggoyang lidah siapapun yang mencobanya. Penasaran dengan makanan khas Mojokerto apa saja yang menggugah selera dan wajib dicoba saat berkunjung ke kota kecil ini? Berikut ulasannya :

Onde onde

onde_onde
Instagram by @dparamita.h

Makanan khas Mojokerto Jawa Timur yang pertama adalah onde onde. Onde onde adalah salah satu makanan sekaligus jajanan yang banyak beredar hampir di seluruh penjuru Indonesia. Banyak diantara pembaca artikel ini pasti sudah pernah merasakan onde onde ini. Onde onde sebenarnya merupakan makanan khas dari Mojokerto yang dibuat dari campuran tepung ketan. Adonan tepung ketan tersebut kemudian dibentuk menyerupai bola bola kecil dan diisi dengan kacang hijau. Bagian luar onde onde diberi taburan wijen sehingga menghasilkan rasa jajanan yang sangat khas beda dari yang lain. Onde onde lebih nikmat disantap dalam keadaan masih hangat.

Kerupuk Rambak

kerupuk_rambak
Instagram by @hesti88

Jajanan makanan khas Mojokerto yang selanjutnya adalah kerupuk rambak. Kerupuk rambak khas Mojokerto yang cukup terkenal banyak dibuat oleh penduduk yang mendiami Desa Doas, Kecamatan Trowulan ataupun penduduk yang berdomisili di Desa Kauman, Kecamatan Bangsal. Kesemuanya masuk dalam daerah administratif Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Kerupuk rambak merupakan kerupuk yang dibuat dari kulit sapi kering kemudian diolah dengan cara khusus dan bumbu khas sehingga menghasilkan jajanan berjenis kerupuk. Kerupuk rambak bisa dengan mudah anda temukan di pinggir pinggir jalan. Satu plastik kerupuk rambak pas dijadikan teman untuk berkeliling Kota Mojokerto. Dalam membedakan kerupuk rambak yang enak dan kerupuk yang sudah basi tidaklah mudah, maka dari itu ajaklah satu teman anda ketika akan membeli kerupuk rambak ini agar tidak kecewa saat dicicipi.

Kerupuk Upil

kerupuk_upil
Instagram by @edy.s.wignyo

Makanan khas Kota Mojokerto selanjutnya yang namanya cukup unik adalah kerupuk upil. Kerupuk upil bukanlah sajian kuliner kerupuk yang terbuat dari kotoran hidung atau dikenal dengan nama upil yaa, melainkan kerupuk ini dibuat dari bahan dasar kerupuk sama dengan jenis kerupuk kerupuk lainnya. Di daerah lain, kerupuk ini biasa disajikan bersama dengan gado gado. Dinamakan kerupuk upil karena dalam proses penggorengannya, kerupuk ini tidak menggunakan minyak goreng atau minyak tanah. Kerupuk ini hanya digoreng dengan dicampur dengan pasir. Cukup unik ya ternyata. Nah, kerupuk upil ini sangat pas bila disajikan bersama dengan sambal petis serta lauk khas Mojokerto lainnya.

Sate Keong

sate_keong
Instagram by @belle93hyunji

Makanan khas Mojokerto sate keong mungkin banyak ditemukan juga di daerah lainnya. Sate sendiri merupakan sajian kuliner khas dari daerah lain, misalnya Medan dan Madura. Namun, di Mojokerto ada olahan sajian kuliner berjenis sate yang cukup unik, yaitu sate keong. Keong yang dijadikan bahan untuk membuat sate ini banyak ditemukan di persawahan milik masyarakat lokal Mojokerto. Cara membuat sate keong ini cukup mudah namun tetap harus memperhatikan faktor kebersihan dan dibutuhkan ketelatenan agar rasanya tetap menggoda. Sebelum melepas keong dari cangkangnya, keong harus direbus lebih dulu dengan air panas agar kotoran yang menempel pada keong bisa keluar. Barulah setelah itu, keong dikeluarkan dari cangkangnya untuk diolah menjadi sate. Kemudian tusuk keong dengan lidi dan siram dengan bumbu sate keong.

Kunjungi :  38 Minuman dan Makanan Khas Riau Beserta Penjelasannya

Sambal Wader

sambal_wader_mojokerto
Instagram by @sonyararyananta

Meskipun hanya sajian kuliner berupa sambal, namun sambal yang satu ini masuk dalam daftar makanan khas Mojokerto, namanya sambal wader. Seperti namanya, bahan utama untuk membuat sambal tersebut adalah ikan wader yang banyak hidup di air tawar. Masyarakat sekitar Mojokerto biasanya mencari ikan wader ini di sungai atau membudidayakannya secara langsung di empang yang dimiliki. Pengolahan ikan wader menjadi sambal sangatlah mudah dan simpel untuk diikuti. Pertama tama ikan wader dibersihkan dulu dari sisiknya maupun kotoran yang kebetulan menempel. Setelah itu langsung saja dicampur dengan bahan pembuat sambal lainnya seperti bawang dan juga cabai. Kemudian goreng hingga matang dan sambal wader siap disajikan bersama dengan sepiring nasi putih hangat dan lauk pauk menarik lainnya.

Es Gronjongan Majapahit

es_gronjongan_majapahit
Instagram by @heribertushs

Pada artikel kali ini, kami tidak akan membahas resep makanan dan minuman khas Mojokerto. Kami hanya akan memberikan ulasan tentang minuman khas Mojokerto yang dikenal dengan nama es gronjongan majapahit. Minuman ini masih terus eksis dan menjadi favorit masyarakat Mojokerto hingga saat ini. Apalagi saat bulan Ramadhan tiba, pasti sebagian orang muslim Mojokerto akan berlomba memburu es gronjongan majapahit ini. Es ini merupakan minuman yang legendaris karena sudah ada sejak dulu. Isi dari segelas es gronjongan majapahit ada agar-agar, santan yang direbus dengan daun pandan, sirup, dan juga es batu. Es gronjongan majapahit cocok dijadikan minuman penutup saat anda menyantap kuliner khas Mojokerto.

Es Cendol

es_cendol_enak
Instagram by @goelali_bistro

Minuman yang juga dikenal di daerah Bandung ini ternyata merupakan minuman khas Mojokerto juga loh. Masyarakat setempat sangat suka dengan rasa manis yang dihasilkan oleh es cendol ini sehingga menjadikan es cendol sebagai minuman khas daerahnya. Es cendol di Mojokerto juga sudah dikenal dari puluhan tahun silam, bahkan termasuk dalam kategori minuman legendaris. Meskipun rasanya sama dengan es cendol khas Bandung, namun es cendol khas Mojokerto ini mempunyai sajian yang berbeda dengan es cendol dari daerah lainnya. Penasaran kan? Langsung saja datang ke Mojokerto untuk mencobanya secara langsung.

Warung Cak Muk

warung_Cak_muk
Instagram by @abu.fariz

Warung cak Muk yang terletak di Jalan Sersan Harun Nomor 24 dan Jalan Residen Pamuji depan Pasar Tanjung ini menjual sajian makanan khas Mojokerto Jatim. Warung ini buka mulai pukul 9 pagi sampai dengan tengah malam. Beberapa menu masakan khas Mojokerto yang disajikan oleh warung makan ini diantaranya adalah tempe penyet, bebek goreng, ayam goreng, bandeng presto, lele dan lalapan, serta tahu gejrot. Nah, makanan yang menjadi favorit pengunjung warung makan ini adalah tahu gejrot yang berisikan tahu telur, lontong, dan siraman bumbu kacang. Harga makanan di warung makan ini pun bervariasi, mulai dari 2 ribu rupiah sampai dengan 17 ribu rupiah saja per porsinya. Untuk soal rasa, tergantung selera siapapun yang merasakan, jadinya mendingan anda langsung datang saja ke warung makan ini untuk membandingkan rasanya.

Kunjungi :  18 Makanan Khas Papua yang Mampu Menggoyang Lidah Penikmatnya

Pangsit Mie Benteng Pancasila

pangsit_mie_benteng_pancasila
Instagram by @cahya_n_huda

Tempat wisata kuliner di daerah Mojokerto selanjutnya adalah Pangsit mie Benteng Pancasila yang berad tepat di dekat perempatan tugu Jalan Pahlawan atau Jalan Benteng Pancasila. Disini, makanan yang dijual dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, seperti mie pangsit biasa seharga 7 ribu rupiah, dan mie pangsit bakso seharga 9 ribu rupiah saja. Namanya juga pangsit mie Benteng Pancasila, sudah pasti menu yang disajikan berasal dari olahan mie.

Bubur Srunthul Bu Saudah

bubur_sruntul_bu_saudah
Instagram by @kebabkebuddmlg

Makanan khas Mojokerto Jawa Timur selanjutnya adalah bubur srunthul. Bubur srunthul adalah salah satu nama makanan yang menjadi favorit masyarakat Mojokerto. Bubur ini dibuat dari tepung sagu yang diolah menjadi srunthul. Sajian bubur srunthul yang paling terkenal di Mojokerto dijual di warung makan Bubur Srunthul Bu Saudah yang terletak di Jalan Mayjen Sungkono atau Wates bertepatan dengan barat lapangan sepak bola. Bagi anda yang sedang berkunjung ke Mojokerto, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk mencicipi bubur srunthul ini. Tesktur bubur sruntul adalah legit dan kenyal ditambah dengan kuah buburnya yang kental. Rasanya sudah pasti sangat nikmat.

Sinom

sinom_seger
Instagram by @sitimuryati

Sinom merupakan minuman khas Mojokerto yang dibuat dari daun asam muda. Sinom sebenarnya merupakan nama lain dari daun asam muda. Minuman ini menyehatkan dan menyegarkan, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi terlebih saat cuaca di Mojokerto sedang panas-panasnya. Sinom masuk dalam kategori minuman herbal yang menyegarkan. Jika kebetulan anda haus setelah berkeliling Kota Mojokerto, jangan lupa untuk minta dibelikan sinom ini ya agar tubuh kembali segar dan bertenaga.

Kerupuk Memble

kerupuk_memble
kerupuk_memble

Makanan ringan khas Mojokerto yang satu ini juga memiliki nama yang unik. Setelah tadi dibahas mengenai kerupuk upil, sekarang ada kerupuk memble. Cara pengolahan kerupuk memble ini lain daripada yang lain karena memakai 2 wajan sekaligus. Wajan wajan tersebut dipakai lebih dari satu karena memang tahapan menggoreng kerupuk memble khas Mojokerto adalah lebih dari satu dimana satu wajan berisi minyak panas dan yang satunya bersuhu sedang. Itulah yang menjadi ciri khas dari kerupuk memble khas Mojokerto. Namun begitu, banyak orang yang mempraktikkan sendiri cara membuat kerupuk memble khas Mojokerto ini dan berujung failed.Kerupuk ini patut anda jadikan oleh oleh makanan ringan dari Mojokerto, selain harganya yang cukup terjangkau tentunya kemasannya sudah modern serta mudah dibawa.

Sate Bangil

sate_bangil
Instagram by @faizahkw

Satu lagi sajian makanan khas Mojokerto berjenis sate yang dikenal dengan nama sate bangil. Sate bangil sebenarnya adalah sate kambing biasa yang banyak kita temui di daerah lain. Namun disini, anda bisa memilih isi sate kambing sesuai selera, misalnya tanpa jeroan, atau malah jeroan semua, memakai atau tanpa lemak, semuanya tergantung permintaan anda sebagai pembelinya. Satu porsi berisi 10 tusuk sate dan bisanya disajikan bersama dengan bumbu kacang, irisan bawang merah, dan tidak lupa sambalnya. Salah satu penjual sate bangil yang cukup terkenal di Mojokerto adalah sate bangil milik Bang Soleh. Kedai Bang Soleh terletak di Jalan Majapahit Nomor 428, Mojokerto dan buka dari pukul 9 pagi sampai dengan 10 malam. Selain sate bangil, kedai Bang Soleh juga menyajikan menu lainnya seperti gulai kambing, sop kambing, kambing gulai, dan bahkan ada nasi kebuli.

Kunjungi :  22 Makanan Khas Cianjur Menarik, Populer dan Paling Dicari Wisatawan

Gulai Menthok

gulai_menthok
Instagram by @uswahkhasanahdwirahayu

Makanan khas Ngoro Mojokerto ini terbuat dari daging itik atau daging menthok. Menthok memang banyak diternakkan di sekitar Jawa Timur. Karena tekstur dagingnya yang tebal, maka daging menthok ini cocok diolah menjadi gulai. Gulai menthok merupakan sajian kuliner favorit masyarakat asli Mojokerto. Ada salah satu tempat makan legendaris yang menjual gulai menthok, yaitu Lesehan Paulina yang terletak di Jalan Residen Pamuji Nomor 99. Warung ini buka mulai pukul 5 sore sampai 3 dini hari. Satu porsi gulai menthok dijual dengan harga 10 ribu rupiah saja, cukup murah bukan?

Botok Tempe

botok_tempe
Instagram by @alya_dm12

Botok tempe terbuat dari ampas kelapa yang diambil sarinya. Ampas kelapa ini kemudian diberi bumbu dan dicampur dengan tahu, teri, udang, serta tempe seperti namanya. Botok tempe biasanya disajikan bersama dengan nasi jagung. Botok tempe yang terkenal di Mojokerto adalah Botok Mbah Parti yang terletak di depan Masjid Al Fatah dekat Alun Alun Mojokerto. Botok Mbah Parti baru buka sekitar pukul 6 sore dan biasanya tidak sampai pukul 11 malam sudah habis terjual. Satu porsi nasi jagung dan botok tempe dijual dengan harga yang sangat murah, yaitu 5 ribu rupiah saja.

Nasi Wader

nasi_wader_enak_mojokerto
Instagram by @angkringan.wong.ayu

Makanan khas Pacet Mojokerto ini sangat legendaris dan mempunyai rasa khas berasal dari bumbu yang diwariskan turun temurun. Kelezatan rasanya terletak pada sambal yang pedas dan segar yang ada dalam satu porsi nasi wader ini. Seperti namanya, nasi wader berbahan dasar ikan wader yang diberi bumbu berupa bawang merah, bawang putih, sambal, cabai, tomat, dan tumbukan jeruk nipis. Tidak lupa ditambah dengan lalapan jika menghidangkan nasi wader ini agar lebih nikmat rasanya. Jangan lupa juga segelas es teh saat menyantap nasi wader ini agar mengobati rasa pedas yang dihasilkan dari sambalnya.

Rawon Mojokerto

rawon_khas_mojokerto
Instagram by @asli_mojokerto

Terakhir akan kami berikan resep makanan khas Mojokerto yaitu rawon. Bahan bahan yang perlu disiapkan adalah daging berlemak, tauge, daun jeruk, serai, daun salam, laos yang dimemarkan, garam, merica, air, bawang merah, bawang putih, kemiri, kluwek, dan juga cabai murah. Pertama potong daging kecil kecil kemudian panaskan minyak untuk menumis bumbu yang telah dihaluskan bersama dengan daun salam, daun jeruk, serai, dan juga lengkuas. Jangan lupa tambahkan garam dan merica secukupnya. Setelah itu tambahkan 6 gelas air putih ke tumisan bumbu diikuti dengan daging yang telah dipotong potong. Tunggu hingga daging empuk dan kuah mendidih. Setelah matang, rawon siap untuk disantap dengan sepiring nasi putih hangat dan taburan tauge.

Sekian beberapa jenis makanan khas Mojokerto yang berhasil dihimpun dan diulas oleh tempatwisataindonesia.id. Beragam sajian menu kuliner tersebut wajib anda coba semuanya jika berkesempatan datang ke Kota Mojokerto. Jangan sampai terlewat satu pun karena pasti anda akan menyesal. Cukup sekian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba kuliner khas Mojokerto yang paling enak dan populer tersebut ya. Jika anda menemukan kuliner khas Mojokerto yang belum masuk dalam ulasan ini, anda bisa membagikannya di kolom komentar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */