Surganya Wisata Indonesia

29 Minuman Makanan Khas Minangkabau Murah dan Unik ini Bisa Anda Coba

0

Kali ini, tempatwisataindonesia.id ingin memberikan anda informasi mengenai beberapa sajian makanan khas Minangkabau yang harus anda coba ketika berkunjung ke Sumatera. Apa saja sih makanan khas Minangkabau yang masuk dalam top list makanan terenak dan terkenal di Tanah Minang? Simak ulasannya berikut ini :

Rendang

rendang
Instagram by @dapur.p.eto

Makanan khas Minangkabau rendang siapa yang tidak mengetahuinya. Bahkan masyarakat di dunia pun tahu masakan rendang ini dan menjadi makanan terlezat di dunia. Resep masakan rendang yaitu menggunakan bahan dasar daging, yang dimasak menggunakan santan kelapa dan campuran dari berbagai bumbu rempah yang dihaluskan diantaranya kunyit, jahe, cabai, lengkuas, serai, bawang putih, bawang merah dan bumbu penyedap lainnya. Makanan rendang biasanya bertahan hingga 1 bulan lamanya. Rendang dapat bertahan lama dikarenakan bumbu rempah yang digunakan menjadi antiseptik untuk mematikan kuman-kuman yang menyebabkan basi, selain itu cara memasaknya hingga tidak berkuah sehingga bertahan lebih lama. Rendang mempunyai cita rasa pedas dan cocok dimakan bersama nasi putih yang masih panas.

Gulai Tauco

gulai_tauco
Instagram by @wayanlessy

Makanan gulai tauco menggunakan tauco sebagai bumbu penyedap rasa. Gulai tauco biasa dijual diwarung makan di daerah Minangkabau. Gulai tauco menggunakan buncis sebagai bahan sayuran dan juga potongan tahu, tempe dan udang. Gulai tauco biasa disajikan dengan kuah berwarna putih. Selain gulai tauco, ada juga beberapa sajian makanan gulai khas Minangkabau yang berbahan dasar macam macam daging ataupun bahan bahan lainnya, diantaranya :

Gulai Itiak

Gulai Banak

Gulai Pucuk Ubi

Gulai Jariang

Gulai Paku

Dendeng Balado

dendeng_balado
Instagram by @najmisiddik

Masakan khas Minang selain rendang yang menggunakan daging sapi adalah dendeng balado. Dendeng balado disajikan dengan cara daging sapi diiris tipis dan lebar. Kemudian daging yang telah diiris dikeringkan. Setelah kering lalu digoreng dan diberi bumbu sambal balado khas Minang. Makanan dendeng balado biasanya dijual diwarung-warung pinggir jalan dan juga restoran di daerah Minang.

Katan Durian

katandurian
Instagram by @tansuomchenk

Makanan khas dari suku Minangkabau yang satu ini cocok untuk wisatawan yang menyukai buah durian. Katan durian adalah makanan khas Minang yang bahan utamanya menggunakan durian dan ditambah dengan campuran makanan lain sehingga rasa duriannya akan terasa lebih enak. Cara menyajikan katan durian adalah sebagai berikut, katan atau yang kita kenal dengan beras ketan dikukus hingga matang, saat di kukus beras ketan ditambah dengan irisan daun pandan agar beraroma lebih wangi. Dalam penyajiannya, katan ditaburi kelapa parut yang telah ditambahkan garam secukupnya. Katan yang telah siap disajikan dengan ditaburi kelapa parut dan buah durian yang sudah dikupas disampingnya. Manisnya rasa buah durian ditambah dengan gurihnya rasa ketan akan menambah kenikmatan saat memakannya.

Lamang

lamang
Instagram by @rancakbana_

Lamang adalah makanan yang menggunakan bahan utama adalah beras ketan putih santan kelapa, daun pandan dan garam. Cara memasaknya pun cukup unik, yaitu dengan menggunakan bambu muda. Beras ketan yang akan digunakan sebelumnya dicuci sampai bersih kemudian dimasukkan kedalam ruas bambu muda yang sudah diberi daun pisang sebagai pelapis. Beras ketan yang sudah didalam bambu muda kemudian diberi santan dan kemudian di bakar dengan bara api. Masyarakat Minang biasa memakan lamang dengan tambahan tapai diatasnya. Tapai yang digunakan adalah tape beras hitam yang dibuat dengan cara mencampurkan beras ketan dan ragi dan difermentasikan dahulu. Lemang selain menggunakan katan juga bisa menggunakan pisang sebagai pengganti katan.

Palai Rinuak

palairinuak
Instagram by @vernanda_emafdhal

Makanan khas masyarakat Minangkabau yang satu ini terbuat dari ikan yang berukuran mini. Bentuknya hampir sama dengan teri medan yang sudah terkenal. Palai rinuak ini adalah jenis makanan yang menggunakan daun pisang sebagai pembungkus masakan. Masakan palai rinuak hanya bisa dinikmati ditanah Minangkabau. Hal ini dikarenakan ikan rinuak akan mati setelah ditangkap. Tidak seperti ikan pada umumnya, yang diberikan oksigen di dalam plastik, ikan rinuak tetap akan mati walaupun di beri oksigen seperti ikan yang lainnya.

Kunjungi :  35 Daftar Minuman dan Makanan Khas Tangerang Banten Paling Populer

Teh Talua

teh_talua_enak
Instagram by @wibbyrinaldi

Teh talua atau dalam bahasa indonesia berarti teh telur. Minuman teh talua hanya bisa ditemukan di tanah Minangkabau. Minuman ini merupakan minuman favorit bagi kalangan pria masyarakat Minangkabau. Minuman ini berkhasiat untuk menghilangkan rasa letih sehabis bekerja dan menjadi lebih segar. Cara membuat teh ini menggunakan campuran telur ayam kampung yang dikocok dengan gula sampai mengembang. Setelah itu di tuang dengan air teh panas dan juga ditambah perasan jeruk nipis untuk menyegarkan aroma.

Karak Kaliang

karak_kaliang
Instagram by @adechandra005

Jika anda sedang berkunjung ke tanah Minangkabau, jangan lupa mampir ke toko oleh-oleh untuk membeli karak kaliang sebagai buah tangan untuk keluarga yang dirumah. Karak taliang adalah kue yang terbuat dari tepung ubi.ubi yang mau dibuat tepung diparut kemudian parutan ubi dicampur dengan bumbu rempah seperti bawang putih, kunyit, merica, garam dan bumbu lainnya. Setelah bumbu dicampur dengan tepung ubi kemudian dibentuk menyerupai angka delapan. Kemudian adonan yang sudah dibentuk digoreng hingga berwarna kekuningan dan karak kaliang siap disajikan.

Kacang Tojin

kacang_tojin
Instagram by @ahmadrazif17

Makanan ringan khas Minangkabau yang lainnya adalah kacang tojin. Makanan ini biasa disajikan pada waktu hari-hari besar seperti hari raya idul fitri, hari raya natal, dan hari raya lainnya. Cara mengolah kacang tojin sebenarnya sangatlah mudah. Kacang tersebut di kupas dari kulitnya kemudian dicampur dengan bawang goreng dan juga daun seledri sehingga selain rasanya yang renyah, aromanya pun akan lebih wangi. Makanan kacang tojin banyak dijual sebagai oleh-oleh khas tanah Minang.

Arai Pinang

arai_pinang
Instagram by @minangsaleroo

Makanan ringan yang satu ini juga merupakan makanan khas tanah Minangkabau. Makanan arai pinang mempunyai rasa yang renyah, gurih dan juga beraroma minyak kelapa sehingga orang yang mencoba ingin memakannya terus-menerus. Bahan dasar membuat arai pinang adalah campuran dari tepung beras, garam dan kapur sirih.

Kue Sapik

kue_sapik_enak
Instagram by @asadorimart

Makanan ringan khas Minangkabau kue sapik hampir sama dengan kue semprong tetapi berbeda bentuk. Perbedaan bentuk bisa dilihat karena kue sapik dilipat sedangkan kue semprong di gulung. Kue sapik dilipat karena pada saat diangkat dari panggangan dijepit kemudian dilipat. Bahan makanan kue sapik sangat mudah ditemukan, yaitu tepung beras, santan, gula pasir, telur, dan bubuk kayu manis.

Sala Lauak

sala_lauak
Instagram by @azzshaki.home

Makanan khas Minangkabau yang satu ini memiliki bentuk bulat seperti bakso tetapi disajikan dengan tidak memberi kuah. Makanan sala lauak cocok dijadikan cemilan atau makanan ringan. Sala lauak jika diartikan ke bahasa Indonesia berarti sala ikan. Bahan utama membuat sala lauak menggunakan ikan laut yang telah dihaluskan kemudian dicampur dengan tepung beras. Masyarakat Minangkabau biasanya menyajikan sala lauak sebagai makaan pelengkap lontong sayur.

Karupuak Sanjai

karupuak_sanjai
Instagram by @karupuakbalado_pakguru

Karupuak sanjai atau dalam bahasa Indonesia yang berarti kerupuk sanjai adalah makanan khas Minangkabau yang menjadi favorit oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke Minangkabau. Karupuak sanjai menggunakan ubi kayu sebagai bahan utamanya. Ubi kayu diiris panjang kemudian digoreng hingga matang. Setelah ubi kayu matang, kemudian diberi saus cabe yang dicampurkan dengan bumbu khas tanah Minang. Karupuak sanjai ada yang berbentuk seperti dadu, biasanya masyarakat Minang menamainya dengan nama karupuak dakak-dakak.

Galamai

galamai
Instagram by @yodiatmodjo

Makanan khas suku Minangkabau yang satu ini terbuat dari bahan dasar tepung beras ketan yang dicampur dengan santan dan juga gula merah. Makanan galamai hampir sama dengan dodol yang ada di tanah jawa. Galamai berbentuk persegi panjang berwarna coklat dan terlihat mengkilap. Makanan galamai saat dimakan berasa kenyal tetapi lembut ketika dikunyah. Anak kecil dalam masyarakat Minang menyukai makanan galamai karena rasanya manis seperti permen. Makanan galamai biasanya disajikan pada saat acara adat dan juga pada saat acara pernikahan masyarakat Minang.

Kunjungi :  20 Makanan Khas Madiun Jawa Timur Paling Endak dan Nagih Wisatawan

Aia Kawa

aiakawa
Instagram by @takanakafe

Minuman ini seperti minuman teh pada umumnya, tetapi bahan utama pembuatan minuman aika kawa bukan dari daun teh, melainkan dengan menggunakan daun kopi. Bagi kalian pecinta minuman kopi, tentunya anda harus mencoba minuman aika kawa ini. Daun kopi yang ingin dibuat minuman aika kawa dikeringkan dengan cara menyangrai selama kurang lebih 11 jam. setelah selesai disangrai, daun kopi kemudian diseduh seperti menyeduh teh. Rasanya hampir sama dengan rasa teh, tetapi aromanya sama dengan minuman kopi.

Aia Aka

aiaaka
Instagram by @budidhani

Walaupun minuman aika aka namanya hampir sama dengan aika kawa, tetapi minuman ini berbeda jauh dengan aika kawa. Minuman aia aka terbuat dari bahan dasar daun cincau hijau. Aia aka dalam bahasa indonesia yang berarti air kacang memiliki tekstur seperti cendol dan berasa lebih kenyal dibandingkan cendol. Minuman aia aka sangat cocok disajikan dengan di campur air santan, sehingga secara sekilas sangat mirip dengan cendol. Minuman ini dapat meredakan panas dalam sehingga cocok dijadikan pada saat siang hari pada cuaca yang panas.

Jus Pinang Muda

jus_pinang_muda_enak
Instagram by @kafeanugrah101

Minuman khas Minang ini sama halnya dengan teh talua, yaitu sama-sama digemari oleh pria masyarakat Minangkabau. Hal ini dikarenakan jus pinang muda berkhasiat bagi kesehatan tubuh dan menambah stamina. Jus pinang muda yang banyak dijual oleh pedagang keliling ini biasanya menambahkan telur, susu dan juga madu agar menambah khasiat minuman ini, kadang juga ditambahkan dengan jahe agar badan merasa hangat. Jus pinang muda disajikan dengan cara memblender bahan-bahan yang dipersiapkan yaitu yang terutama adalah buah pinang muda, gula merah dan irisan jahe. Jika ingin menambahkan telur, biasanya hanya dipakai kuning telurnya saja, kemudian dikocok dan diberi perasan jeruk nipis agar tidak berbau amis.

Es Tebak

es_tebak_enak
Instagram by @ritacarmelia

Nama makanan khas Minangkabau ini mungkin membuat orang yang baru mendengarnya akan menebak-nebak isi dari minuman tersebut. Es tebak adalah minuman dengan es yang disajikan sebagai hidangan penutup dan juga pelepas dahaga. Bahan yang digunakan sebagai minuman es tebak adalah cincau hitam, kolang-kaling, tape ketan hitam dan juga tidak lupa tebak. Tebak adalah adonan pelengkap yang terbuat dari tepung beras ketan dan tepung sagu yang dimasak dengan kampur sirih dn air garam. Setelah matang kemudian adonan tersebut di cetak menyerupai cendol. Sebagai pelengkap hidangan es tebak tidak lupa ditambahkan dengan sirup merah, susu dan krim kental yang membuatnya terasa menyegarkan.

Karupuak Jangek

karupuak_jangek
Instagram by @rooniesativa

Karupuak jangek atau dalam bahasa Indonesia yang berarti kerupuk kulit. Makanan khas Minangkabau karupuak jangek hampir mirip dengan kerupuk kulit yang berada di tanah jawa. Kerupuak jangek selain berbahan dasar kulit sapi, tetapi juga menggunakan kulit kerbau. Pengolahan karupuak jangek dari kulit hingga menjadi karupuak jangek memerlukan waktu yang cukup lama. Kulit yang akan dijadikan karupuak jangek direbus kemudian dipanaskan diatas api agar bulu yang ada di kerupuk bisa hilang seluruhnya. Setelah itu, kulit tersebut dijemur dalam 2 sampai 5 hari tergantung cuaca. Kulit yang sudah kering kemudian di potong membentuk persegi kemudian siap untuk di goreng. Biasanya kerupuk jangek ditambahkan dengan rasa balado agar terasa lebih enak.

Kunjungi :  44 Makanan Khas Bali yang Unik dan Menggoda untuk Dicoba

Palai Bada

palai_bada
Instagram by @firman1088

Selanjutnya ada palai bada makanan khas Minangkabau dan penjelasannya. Palai bada merupakan makanan yang berbahan dasar ikan teri basah kemudian dibungkus dengan daun pisang mirip dengan pepes. Rasanya sangat nikmat karena diolah menggunakan bumbu khas Minangkabau. Palai bada sering disajikan sebagai sajian menu makanan keluarga di Minangkabau.

Ampiang Dadiah

ampiang_dadiah
Instagram by @rizqfreak

Ampiang dadiah adalah kudapan khas Minangkabau yang merupakan kombinasi ampiang atau emping yang dibuat dari beras ketan dengan dadiah yang merupakan sejenis yoghurt tradisional khas wilayah Minangkabau. Tampilannya mirip dengan bubur sumsum. Dadiah ini berasal dari susu kerbau yang dimasukkan ke dalam bambu kemudian ditutup dengan daun pisang. Ketika disajikan, ampiang dadiah ini berisi ampiang, dadiah, kuah gula merah yang cair, kelapa serut, dan ditambah es serut.

Goreng Baluik (goreng belut)

goreng_belut
Instagram by @kardiovskuliner

Seperti namanya, makanan ini berbahan utama belut basah atau belut kering. Digoreng dengan campuran bumbu yang khas dan menggoda selera. Selain enak, makanan ini juga mengandung banyak protein karena menggunakan daging belut sebagai bahan utamanya.

Pangek Padeh (pangek pedas)

pangek_padeh_enak
Instagram by @shareresep

Pangek padeh atau pangek pedas ini berbahan utama ikan yang ditambah dengan kacang panjang ataupun buah nangka muda serta diberi tambahan cabai merah giling. Pangek padeh ini dimasak memakai periuk dari tanah yang disebut dengan balango di atas tungku.

Cancang

cancang
Instagram by @efiyuliani

Cancang dibuat dari daging yang dipotong kecil kecil ditambah dengan santan dan cabai merah giling. Rasanya pedas dan aromanya khas. Daging yang dipakai dalam cancang adalah daging kambing. Cancang pasti disajikan saat ada pesta adat Minang.

Sambalado Tanak dan Sambalado Matah

sambalado_tanak
Instagram by @diah_ayu83

Sambalado tanak dan sambalado matah sama sama berjenis sambal. Bedanya, sambalado tanak adalah sambal yang dimasak terlebih dahulu sedangkan sambalado matah adalah sambal yang tidak dimasak. Sambalado tanak biasa diberi campuran ikan teri berukuran sedang dan petai yang tidak dikuliti. Sedangkan sambalado matah biasanya dibuat dari cabai, tomat, bawang merah, bawang putih, garam, dan diberi sedikit jeruk nipis.

Kue Basung

kue_basung
Instagram by @rockstartiket

Kue tradisional khas Minangkabau ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan, gula merah, garam, dan juga air. Selain bahan membuat kue basung yang mudah ditemui, cara pembuatannya pun cukup mudah. Cetakannya dibuat dari daun pisang yang dibentuk kerucut.

Pinyaram

pinyaram
Instagram by @rijall88

Pinyaram mirip dengan kue cucur khas Betawi. Bahan dasar pinyaram adalah tepung beras ketan yang dicampur gula aren ataupun gula pasir kemudian digoreng dalam kuali yang sekaligus menjadi cetakannya. Pinyaram ada dua jenis, warna hitam atau warna putih. Rasanya dominan manis dan tentunya lezat.

Keripik Pisang Coklat

keripik_pisang_coklat
Instagram by @askhakeripik

Keripik pisang coklat yang satu ini berbahan dasar pisang tinalunn yang dipotong potong tipis kemudian digoreng. setelah itu diaduk dengan coklat bubuk. Jangan lupa tambahkan gula dan garam agar semakin gurih terasa. Keripik ini sangat cocok dijadikan cemilan atau oleh oleh untuk keluarga.

Katupek Pical Kapau

katupek_pical
Instagram by @lapau.bukittinggi

Bahan untuk membuat katupek pical kapau diantaranya adalah ketupat, mie kuning, kuah kacang, kuah gulai dan kerupuk merah. Katupek pical kapau khas Minangkabau ini bisa anda temukan jika anda mampir ke Nagari Kapau. Sekali mencoba dijamin akan ketagihan. katupek pical kapau nikmat dimakan selagi udara dingin ditemani segelas teh hangat.

Sekian ulasan mengenai makanan khas Minangkabau yang dapat kami berikan. Semoga bisa menambah wawasan dan dapat menjadi referensi bagi anda yang sedang berburu kuliner khas Minangkabau.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */