Surganya Wisata Indonesia

30 Minuman dan Makanan Khas Melayu dengan Kelezatan Maknyus

0
30 Minuman dan Makanan Khas Melayu dengan Kelezatan Maknyus
Nilai Artikel Ini

Tanah Melayu mempunyai beragam sajian kuliner khas yang tidak biasa dan banyak dipengaruhi oleh kekayaan budayanya. Makanan khas Melayu kebanyakan memiliki cita rasa yang khas dan kuat akan bumbu rempahnya. Jika anda berkesempatan berkunjung ke Tanah Melayu, ada beberapa sajian kuliner yang harus anda coba. Berikut tempatwisataindonesia.id berikan daftar makanan khas Melayu yang patut anda coba :

Bolu Kemojo

bolu_kemojo
Instagram by @kireynevia

Makanan khas Melayu yang satu ini berbentuk kue bolu. Makanan bolu kemojo berasal dari daerah Pekanbaru. Dahulu, kue bolu kemojo hanya dikonsumsi pribadi bagi masyarakat melayu. Tidak ada yang menjual makanan bolu kemojo ini. Tetapi seiring berjalannya waktu, kue bolu kemojo banyak dijua di toko-toko kue dan toko oleh-oleh. Bahan yang digunakan untuk membuat kue bolu kemojo adalah tepung terigu, margarine, gula pasir vanili bubuk, telur ayam, santan kelapa, air perasan daun suji, dan garam halus. Cara membuatnya dengan mencampurkan bahan diatas hingga merata, tuang adonan kedalam cetakan yang sudah dipanaskan, kemudian panggang dengan oven selama 45-50 menit. Kue bolu kemojo khas Melayu siap dihidangkan.

Roti Jala Kari Ayam

roti_jala_pekanbaru
Instagram by @miorabdulmalekraiyani

Roti jala kari ayam adalah salah satu jenis makanan khas tanah Melayu. Walaupun dinamakan dengan nama roti, tapi bentuk roti jala ini tidak mirip dengan bentuk roti pada umumnya. Roti ini disebut roti jala karena bentuknya yang tipis dan mempunyai rongga-rongga yang bentuknya hampir mirip dengan bentuk jala, sehingga dinamakan roti jala. Roti jala menjadi makanan khas Melayu yang sangat disukai oleh masyarakat setempat. Bahkan negara seperti malaysia dan singapura juga menyukai roti jala tersebut. Makanan roti jala sebenarnya berasal dari negara India, pada zaman dulu orang yang merantau dari india pergi ke tanah melayu untuk berdagang, kemudian memperkenalkan masakan khas dari India salah satunya adalah roti jala. Di negara India, roti jala ebih dikenal dengan nama roti prata. Di daerah Melayu, roti jala sering dipadukan dengan kari ayam agar semakin nikmat. Roti jala kuah kari biasanya ditambahkan dengan acar mentimun atau bisa juga dengan acar nanas. Roti jala kari ayam biasa disajikan pada waktu hari-hari besar seperti, hari raya idul fitri, hari raya natal, upacara adat, dan masih banyak lagi. Tetapi bagi anda yang ingin mencicipinya, anda tidak usah khawatir karena roti jala kari ayam banyak dijual oleh masyarakat Melayu.

Roti Canai

roti_canai
Instagram by @xinjie_o.k_mummy

Makanan khas Melayu roti canai sebenarnya mirip dengan roti jala. Roti canai juga berasal dari masyarakat India yang merantau hingga ke tanah Melayu dan membagi kebudayaan mereka termasuk dalam makanan. Roti canai berbentuk persegi yang sangat tipis, kemudian dilipat dan dan dipanggang menggunaan minyak. Perbedaan roti canai dengan roti jala adalah hanya pada bentuknya saja. Sedangkan untuk bumbu-bumbu yang digunakan dalam membuat adonan hampir sama persis. Roti ini sudah sangat terkenal di Negara Malaysia, sedangkan di Indonesia, roti canai disajikan dengan tambahan kuah kari kambing.

Asidah

kue_asidah
Instagram by @mommykhanzaandazka

Makanan khas Melayu Kepri sebenarnya adalah makanan yang berasal dari arab kemudian di masak dengan cara masyarakat riau. Sehingga bila dibandingkan dengan asidah arab, asidah khas riau rasanya akan berbeda. Tidak hanya itu, penyajian asidah khas melayu juga sangat unik dan menarik. Asidah di sajikan sesuai dengan orang yang membuatnya. Masyarakat riau biasa menyajikan asidah dengan bentuk seperti bunga mawar, jambu, daun, dan berbentuk bulat.

Kunjungi :  29 Daftar Minuman Makanan Khas Jambi yang Ciamik beserta Penjelasannya

Kue Bangkit

kue_bangkit
Instagram by @juwitacc

Kue bangkit atau biasa masyarakat melayu menyebutnya kue bangket. Kue yang merupakan kue khas Melayu ini banyak ditemukan di negara Malaysia dan di Indonesia, tepatnya di riau, jambi, dan sumatera barat. Warna kue bangkit berwarna putih dengan diberi hiasan diatasnya dengan noktah yang berwarna merah. Tektur kue yang yang halus dan empuk membuat kue bangkit sangat lezat pada saat dikunyah. Anak-anak banyak yang menyukainya karena rasanya yang manis.

Cencaluk

cencaluk
Instagram by @puan_hassniza

Cencaluk adalah makanan khas melayu yang terbuat dari udang. Udang yang digunakan untuk membuat cencaluk dinamakan udang geragau. Namun sekarang ini udang geragau sulit untuk didapat, udang tersebut banyak ditemukan pada waktu-waktu tertentu saja. Makanan cencaluk ini melalui proses panjang sebelum siap untuk disajikan. Cencaluk menggunakan udang geragau yang di haluskan dan dicampur dengan bumbu rempah yang sangat khas. Tektur makanan cencaluk hampir mirip dengan bubur.

Lempok Durian

lempok_durian
by Instagram @fiamettafebie

Makanan khas Melayu Siak lempok durian sebenarnya bukan hanya terdapat di Riau saja, tetapi di daerah palembang, samarinda dan pontianak juga mempunyai makanan lempok durian khas masing-masing daerah. Lempok durian khas riau menggunakan daging buah durian yang dicampur dengan sedikit gula pasir. Gula pasir yang dicampur bertujuan agar duriannya lebih awet dan tahan lebih lama. Dengan dicampurkannya gula, lempok durian bisa bertahan selama lebih dari 4 bulan jika disimpan didalam lemari es. Cara memasaknya cukup mudah, setelah durian dicampur dengan gula kemudian dimasak menggunakan kwali dengan api sedang hingga adonan tidak lengket kemudian adonan dibungkus menggunakan plastik dan siap untuk dinikmati

Es Laksamana Mengamuk

es_laksamana_mengamuk
Instagram by @qhiqhio

Makanan dan minuman khas Melayu Riau sangat banyak macamnya. Salah satunya adalah es laksamana mengamuk. Walaupun memiliki nama yang terdengar menyeramkan, tetapi minuman es laksamana mengamuk terasa menyegarkan. Es laksamana mengamuk terbuat dari potongan mangga, kelapa muda, biji selasih, es batu dan air santan sebagai bahan untuk mencampurkan semua buah-buahan yang telah siap, jangan lupa di beri sirup agar es laksamana mengamuk terasa lebih manis

Es Air Mata Pengantin

es_air_mata_pengantin
Instagram by @warungbaksopaktogar

Minuman khas yang satu ini disajikan dengan menarik dan terihat menyegarkan. warna es air mata pengantin yang berwarna merah segar yang dicampur dengan agar-agar putih dan sebagai pelengkap menggunakan biji selasih menjadikannya terlihat sangat menyegarkan dan ingin segera menghabiskan minuman es air mata pengantin, apalagi pada waktu siang hari saat cuaca sedang terik, tentunya dahaga yang drisakan akan hilang seketika saat meminum es air mata pengantin.

Mie Sagu

mie_sagu
Instagram by @aruaiskha

Makanan khas Melayu Bengkalis yaitu mie sagu menjadi makanan favorit bagi masyarakat setempat yang selalu menjadi makanan sehari-hari dari zaman dulu sampai sekarang ini. Ciri khas mie sagu buatan masyarakat Melayu Bengkalis terletak pada tambahan penyedap mie sagu seperti ikan teri, potongan daun kucai dan tauge. Mie sagu akan terasa lebih kenyal jika dibandingkan dengan mie yang kerap kita jumapi yang terbuat dari terigu.

Ikan Salai

ikan_salai_balado
Instagram by @tiaapusvita

Makanan ikan salai menjadi lauk favorit masyarakat Riau. Makanan ikan salai atau dalam bahasa Indonesia yang berarti ikan asap khas Melayu menggunakan ikan limbat sebagai bahan utamanya. Cara memasaknya dengan cara ikan limbat dimasak dengan kuah santan kental dan dicampurkan dengan bumbu rempah yang khas hingga kuah ikan salai akan terlihat berwarna kuning kemerahan dan sangat kental.

Konde Cik Puan

cik_puan
Instagram by @cik_puan_mawar

Nama nama makanan khas Melayu Riau bagi yang belum pernah mendengarnya akan terasa aneh. Salah satunya adalah konde cik puan yang terbuat dari bahan utama yaitu talas. Cara memasaknya dengan cara mengukus talas yang sudah dihaluskan dan ditambahkan bumbu-bumbu yaitu tepung kanji, garam dan bumbu penyedap lainnya, setelah itu dicampur menggunakan tangan. Setelah adonan jadi kemudian taruh adonan di dalam mangkuk dan ditambahkan dengan kacang hijau lalu di kukus hingga matang dan siap disajikan.

Kunjungi :  32 Minuman dan Makanan Khas Tulungagung yang Wajib Kalian Cicipi

Batu Permata di Sungai Rokan

batu_permata
batu_permata

Nama minuman yang satu mungkin membuat siapa saja yang mendengarnya akan bertanya-tanya. Bahkan yang belum tau pasti tidak mengira kalau batu permata di sungai rokan adalah nama minuman khas masyarakat Melayu, khususnya didaerah Riau. Minuman ini terbuat dari nangka, mentimun, cincau, kelapa muda, gula pasir, vanili, garam, es batu dan air secukupnya lalu dicampurkan menjadi satu dan jadilah minuman batu permata di sungai rokan.

Soto Mak Lung Terkejut

soto_maklung_terkejut
soto_maklung_terkejut

 

Makanan khas Suku Melayu yang satu ini juga terbilang cukup aneh. Dinamakan soto mak lung terkejut karena rasa bumbu rempah-rempah yang sangat banyak sehingga berasa asam dan pedas sehingga dinamakan soto mak lung terkejut. Nama tersebut tentunya menjadi ciri khas bumbu masyarakat Riau yang menggunakan bumbu rempah yang sangat banyak. Bahan utama membuat soto mak lung terkejut adalah menggunakan daging sapi, tauge, mie soun, kentang, kacang kedelai, emping dan dicampur dengan kuah yang sudah diberi bumbu rempah yang khas.

Gadih Berondo

Makanan gadih berondo apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia yang berarti gadis bersembunyi. Tampilan makanan gadih berondo hampir sama dengan tahu telur yang berada di tanah jawa. Perbedaannya terdapat pada bahan yang digunakan. Gadih berondo makanan khas Riau menggunakan singkong sebagai bahan utamanya.

Asam Pedas Patin

asam_pedas_patin
Instagram by @pijarayyancaca

Makanan khas Melayu Riau yang satu ini menggunakan bahan utama yaitu ikan patin. Cara membuat asam pedas patin adalah sebagai berikut. Siapkan bahan-bahan seperti ikan patin, garam, perasan jeruk nipis, lengkuas, kunyit, jahe, serai, daun jeruk tomat dan air secukupnya kemudian di masak dengan tambahan sedikit minyak goreng. Apabila anda sedang berkunjung di daerah Riau, jangan lupa untuk mencicipi makanan asam pedas patin yang dijual di rumah makan di sekitar Riau, dijamin rasanya akan lebih enak jika dibandingkan dengan asam pedas patin buatan sendiri.

Gulai Lada Hitam

gulai_lada_hitam
gulai_lada_hitam

Makanan khas melayu memang sangatlah banyak. Salah satunya adalah gulai lada hitam. Seperti makanan khas Melayu lainnya. Gulai lada hitam menggunakan bumbu rempah yang sangat khas dan tidak lupa menggunakan lada hitam agar rasa yang dihasilkan akan menimbulkan rasa dengan sensasi pedas yang menusuk sampai ke lidah.

Nasi Kunyit

nasi_kunyit
Instagram by @ninaiskandar

Makanan yang satu ini menggunakan olahan nasi dengan dicampurkan dengan kunyit dan bumbu lainnya. Makanan nasi kunyit atau yang lebih dikenal dengan nasi kuning adalah masakan khas melayu yang sudah sangat terkenal ke seluruh daerah di Indonesia.

Gulai Rampai

gulai_rampai
Instagram by @daniar_ismail

Makanan gulai rampai juga menggunakan bumbu rempah yang sangat banyak. Tetapi makanan gulai rampai sangatlah baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan tambahan yang dicampur dengan gulai rampai. Sayuran seperti kacang panjang, petula, terong, rimbang, kincung dan udang kering dijadikan satu dalam mangkok kemudian di beri kuah gulai yang sangat kaya dengan bumbu rempah akan terasa lezat dan tentunya menyehatkan bagi badan kita.

Gulai Ayam Kuning

gulai_ayam_kuning
Instagram by @fitrianadyar

Makanan khas Melayu Sumatera Utara yang satu ini bila dilihat pasti sudah dapat menyimpulkan bahwa gulai ayam kuning menggunakan kuah dengan bumbu rempah yang sangat khas. Bahan utama membuat gulai ayam kuning adalah daging ayam dan ditambah dengan potongan kentang. Kuah yang digunakan menggunakan campuran bumbu yaitu kunyit, jahe, ketumbar, serai, kayu manis, cengkeh, daun jeruk, daun salam, bawang putih, bawang merah, dan santan secukupnya.

Kunjungi :  48 Makanan Khas Padang Sumatera Barat Cocok untuk Oleh Oleh

Keripik Patin

keripik_ikan_patin
Instagram by @ketoholic2017

Makanan ringan khas masyarakat Melayu yang satu ini sangat mudah ditemukan di toko oleh-oleh di sekitar Riau. Makanan keripik patin menggunakan ikan patin yang dikeringkan kemudian di goreng sampai garing kemudian siap untuk di makan. Keripik patin bisa bertahan hingga berbulan-bulan sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga yang dirumah.

Nasi Dagang

nasi_dagang
Instagram by @rlina_

Makanan nasi dagang merupakan makanan tradisional khas melayu. Nasi dagang banyak di konsumsi dari masyarakat Malaysia dan juga Indonesia. Makanan nasi dagang adalah makanan yang terbuat dari nasi yang dicambur dengan santan kelapa kemudian disajikan bersama lauk kari ikan tongkol.

Nasi Kerabu

nasi_kerabu
Instagram by @aydarhmn

Makanan khas Melayu yang satu ini menggunakan nasi yang mempunyai warna biru. Cara memasak nasi kerabu sehingga nasi bisa berwarna biru dikarenakan campuran bunga telang yang dicampur dengan nasi hingga berwarna biru. Sementara itu kerabu yang berarti daun mentah. Nasi kerambu banyak ditemukan di Negara Malaysia, sementara di Negara Indonesia makanan nasi kerabu jarang ditemukan.

Keropok Lekor

keropok_lekor
Instagram by @mamat_bora

Bagi masyarakat melayu, makan tanpa menambahkan keropok lekor akan terasa ada yang kurang. Keropok telor jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti kerupuk ikan menjadi makanan favorit masyarakat Melayu. Keropok lekor terbuat dari campuran ikan laut yang dicampur dengan tepung sagu yang kemudian di goreng.

Gulai Tempoyak

gulai_tempoyak
Instagram by @bakedalicious

Makanan khas Melayu Riau gulai tempoyak adalah makanan yang hanya terdapat di tanah Melayu. Campuran bumbu rempah yang dicampur dengan ikan nila dan tidak lupa dengan tempoyak akan menjadi cita rasa yang sangat enak. Tempoyak adalah durian yang sudah difermentasi terlebih dahulu. Cara membuat gulai tempoyak hampir sama dengan membuat gulai lainnya khas Melayu. Yang membuatnya berbeda adalah campuran tempoyak yang menjadikannya lebih nikmat.

Nasi Goreng Teri Medan

nasi_goreng_teri_medan
Instagram by @silfanik

Nasi goreng tentunya menjadi makanan yang sering kita makan, banyak aneka nasi goreng di seluruh Indonesia, salah satunya adalah nasi goreng teri Medan. Nasi goreng ini menambahkan teri ke dalam masakan nasi goreng sehingga rasanya berbeda dengan nasi goreng lainnya.

Gulai Ketam atau Gulai Kepiting

gulai_ketam
Instagram by @madurazulkafli

Makanan yang satu ini sama dengan gulai khas melayu, yang membedakan adalah bahan utama yang digunakan, yaitu menggunakan kepiting.

Mie Lendir

mie_lendir_pku
Instagram by @limei_65

Makanan khas Melayu Kepulauan Riau mie lendir berbeda dengan mie yang selama ini kita makan. Mie lendir menggunakan kuah yang terbuat dari sagu yang dicampur dengan bumbu lainnya sehingga akan terasa lebih kenyal.

Nasi Sombang

nasi_bakar_sombang
Instagram by @shitty_vince

Resep makanan khas Melayu Riau yang satu ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan cabe merah dan bumbu rempah khas sumatera yang dibungkus dengan daun pisang untuk kemudian di bakar. Nasi sombang biasanya di makan dengan lauk ayam mogab.

Nasi Minyak

nasi_minyak
Instagram by @khai2509

Makanan khas Melayu Deli nasi minyak adalah nasi yang dimasak dengan dicampurkan bumbu rempah khas Deli sehingga akan berwarna kuning dan sangat lezat.

Sekian ulasan mengenai makanan khas Melayu yang dapat kami berikan. Semoga bisa bermanfaat dan menambah referensi anda tentang sajian kuliner khas Tanah Melayu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */