Surganya Wisata Indonesia

44 Makanan Khas Manado Tradisional, Edan dan Menggugah Selera

0

Makanan khas Manado terkenal dengan cita rasa pedas dan bumbu khas yang menggoda selera. Sajian kuliner eksotis dari tanah nyiur melambai ini kebanyakan berbahan dasar yang diperoleh dari kekayaan hasil laut Manado. Jika anda berencana berlibur ke Manado, tidak ada salahnya untuk membaca ulasan berikut ini agar tidak kebingungan saat akan berburu sajian kuliner makanan khas Manado besok. Berikut daftar lengkap kuliner Manado yang bisa anda coba :

Tinutuan

tinutuan
Instagram by @wiyoktochristian

Resep makanan khas Manado bernama tinutuan bisa anda temukan di internet. Sajian kuliner ini merupakan campuran beragam sayuran hijau yang dimasak dengan bubur beras dan labu kuning. Tinutuan pas disantap untuk sarapan. Bagi anda yang menanyakan bagaimana rasa dan sajian bubur ayam Manado? Maka anda harus memesan tinutuan ini ke penjual makanan karena sejatinya tinutuan merupakan bubur khas Manado.

Cakalang Fufu

cakalangfufu
Instagram by @zahrazidane

Cakalang fufu merupakan sajian makanan berupa ikan cakalang atau ikan tongkol putih yang diasapi dan diolah menjadi beragam menu makanan. Olahan ikan cakalang yang paling enak menurut kebanyakan orang adalah cakalang fufu saus atau cakalang fufu santan.

Dabu Dabu

dabu_dabu
Instagram by @lisa_cha2

Kuliner khas Manado bercita rasa pedas ini terdiri dari berbagai macam varian diantaranya dabu-dabu bakar, dabu-dabu iris, dabu-dabu lemong, dan dabu-dabu lilang. Kesemuanya akan mudah anda jumpai di beberapa rumah makan yang menyajikan ikan bakar.

Sambal Roa

sambal_roa
Instagram by @the2_utami

Sambal roa terbuat dari cabai yang diolah dengan ikan roa atau ikan terbang asap. Sambal roa cocok disajikan dengan makanan tinutuan. Jangan kaget ya kalau sambal roa ini harganya lumayan mahal karena bahan bakunya juga agak sudah didapat.

Woku Blanga

woku_blanga
Instagram by @laluasroger

Woku blanga dimasak menggunakan blanga dari tanah liat. Woku sendiri merupakan campuran bumbu daun jeruk, daun kunyit, daun serai, daun pandan, kemangi, dan juga tambahan bumbu lainnya sehingga memiliki cita rasa pedas segar dan juga aroma yang wangi.

Nasi Kuning

nasi_kuning
Instagram by @makanterusss

Makanan khas Manado halal yang satu ini merupakan olahan nasi kuning layaknya nasi kuning yang banyak di temui di Jawa. Bedanya jika di Jawa penjual nasi kuning kebanyakan berjualan di pagi hari, sedangkan di Manado mereka berjualan mulai malam hingga dini hari.

Pisang Goreng

pisang_goreng_manado
Instagram by @carolinelc88

Pisang goreng Manado mempunyai cara memakan yang unik dimana pisang goreng tersbeut disantap dengan sambal dabu-dabu atau sambal roa. Pisang goreng Manado yang terkenal ada dua macam, yaitu pisang sepatu dan pisang goroho yang digoreng dulu sebelum dimasak.

Es Brenebon

es_brenebon_manado
Instagram by @angel_budiawan

Racikan minuman es paling terkenal di Manado ya es brenebon namanya. Es brenebon merupakan es kacang merah. Salah satu rumah makan legendaris yang menyajikan es ini adalah rumah makan es Miangas yang berada di samping jembatan Miangas.

Klapertaart

klapertaart
Instagram by @nchiehanie

Kuliner yang merupakan warisan Belanda ini biasa dijadikan dessert dengan rasa yang gurih. Klapertaart nikmat disantap dalam kondisi masih dingin, sehingga harus disimpan terlebih dulu di dalam kulkas.

Gohu

gohu_manado
Instagram by @im.grisella

Gohu merupakan salah satu jenis makanan khas Manado yang menjadi favorit. Terbuat dari buah pepaya mengkal yang diiris memanjang kemudian dicampur deang air, cuka, cabe halus, gula aren, bakasang, dan jahe. Rasanya merupakan kombinasi dari pedas, asam, dan manis.

Ayam Tuturuga

ayamtuturuga
Instagram by @shirleen_i

Mirip dengan opor ayam, sajian kuliner ayam tuturuga ini sering disajikan sebagai menu makanan sehari-hari yang memiliki cita rasa gurih dengan paduan sedikit pedas. Meskipun mirip dengan opor ayam, namun pengolahannya jelas berbeda karena ayam tuturuga diolah menggunakan tambahan sayur-sayuran berupa daun kemangi, daun pandan, dan juga jeruk nipis.

Kunjungi :  50 Makanan Khas Banjarmasin Paling Menggugah dan Wajib Dicicipi

Nasi Jaha

nasi_jaha_enak
Instagram by @bator.bali

Nasi jaha mudah ditemukan di Manado karena hampir setiap rumah makan menyediakan menu nasi jaha ini. Cara memasak nasi jaha cukup unik, beras dan ketan awalnya dimasukkan ke dalam sebilah bambu kemudian dibakar hingga beras di dalam bambu menjadi matang. Setelah itu nasi jaha siap untuk disantap.

Sambal Bakasang

sambal_bakasang
Instagram by @clairineaurellia

Salah satu sambal yang cukup populer di Manado ini terbuat dari campuran telur ikan. Bahan dasarnya inilah yang membuat sambal bakasang menjadi sajian sambal khas Manado yang berbeda dari jenis sambal lainnya. Rasa pedasnya mantap dan tidak mengecewakan. Jika anda berkunjung ke Manado dan tidak mencicipi cita rasa sambal bakasang, dijamin anda akan menyesal.

Ayam Woku Woku